Tuliskan Nama Negara Negara Yang Berbatasan Wilayah Daratannya Dengan Indonesia – Halo apa kabar mu hari ini? Pernahkah Anda mendengar atau membaca tentang ASEAN? Penasaran ingin tahu kondisi di negara-negara ASEAN? Mari kita pelajari lebih lanjut dengan membaca artikel Geografi Kelas 8 di bawah ini!

Tahukah Anda bahwa ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah organisasi yang terdiri dari negara-negara Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh lima negara: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Tuliskan Nama Negara Negara Yang Berbatasan Wilayah Daratannya Dengan Indonesia

, Bagus sekali, negara kita adalah salah satu negara pendiri. Setelah berdirinya lima negara lain yang bergabung, antara lain Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Mengenal Karakteristik Wilayah Indonesia

Sebagian besar negara ASEAN mempunyai luas lautan sekitar 5.060.100 km² dan luas daratan sekitar ± 4.817.000 km². Berdasarkan letak astronomisnya, kawasan ASEAN terletak pada 28º LU – 11º LS dan 93º BT – 141º BT, sehingga sebagian besar negara ASEAN mempunyai iklim tropis karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Sedangkan berdasarkan letak geografisnya, ASEAN terletak di antara dua samudera yaitu Hindia dan Pasifik, serta dua benua yaitu Asia dan Australia. Nah, sudah tahu kalau negara-negara ASEAN punya geografi yang unik, yuk kita bahas!

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan dikelilingi oleh garis khatulistiwa. Relief Indonesia bentuknya bervariasi dan melewati dua wilayah yaitu pesisir Pasifik dan Mediterania. Selain itu, Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng besar dunia, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Oleh karena itu, Indonesia mempunyai potensi terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami.

Malaysia terdiri dari dua wilayah utama, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Wilayah Malaysia Barat terhubung dengan formasi pegunungan. Sedangkan Malaysia Timur umumnya sempit, berawa, dan memiliki sungai pendek berliku. Malaysia berada di lempeng Eurasia, namun tidak berada di batas lempeng sehingga aman dari bencana geologi.

Baca Juga  Karakteristik Negara Singapura

Batas Batas Wilayah Benua Asia Beserta Iklim Di Benua Asia

Tahukah anda kalau luas wilayah Singapura hampir sama dengan provinsi DKI Jakarta yaitu sekitar 664 km2. Singapura berbatasan dengan Malaysia di utara, Selat Singapura di selatan, dan laut Indonesia di timur dan barat. Kondisi alam Singapura umumnya nyaman. Namun di beberapa tempat Anda bisa melihat perbukitan, hutan hujan tropis, dan rawa-rawa di sekitar pantai. Kawasan ini juga aman dari bencana geologi karena tidak berada di perbatasan lempeng.

Filipina adalah negara kepulauan. Dua pulau terbesar di sana adalah Luzon dan Mindanao. Ada juga banyak gunung berapi aktif di Filipina. Negara ini dikelilingi oleh Lingkar Pasifik dan terletak di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Filipina. Oleh karena itu, Filipina rawan terhadap gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Topografi Thailand terdiri dari permukaan tanah dengan sungai di tengah, dataran tinggi di timur laut, hutan, pegunungan dan perbukitan di utara, dan sangat lebat di selatan. Daerah yang menjadi pusat aktivitas di negara ini biasanya berada di dataran rendah yaitu Sungai Chao Phraya. Thailand berada di Dataran Tinggi Eurasia, namun dekat dengan Samudera Hindia sehingga rawan terhadap tsunami dan gempa bumi.

Laos berada di Dataran Tinggi Eurasia. Berbatasan dengan Thailand dan Myanmar di barat, Tiongkok dan Vietnam di utara, Vietnam di timur, dan Kamboja di selatan. Laos adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki daratan, oleh karena itu dinamakan “Negara Daratan”. Sebagian besar wilayah Laos bergunung-gunung dan wilayah lainnya tinggi.

Letak Astronomis & Kondisi Geografis Negara Negara Asean

Myanmar terdiri dari dua barisan pegunungan di barat dan satu blok di timur. Keduanya tersusun dari utara ke selatan. Di barisan barat terdapat Pegunungan Letha, Perbukitan Chin dan Pegunungan Arakan Yoma yang ditutupi hutan lebat. Myanmar terletak di Dataran Tinggi Eurasia dan berbatasan langsung dengan Lempeng Hindia. Inilah sebabnya mengapa negara ini menyebabkan gempa bumi dan tsunami di Samudera Hindia.

Laos berada di Dataran Tinggi Eurasia. Berbatasan dengan Laos di utara, Vietnam di timur dan selatan, Thailand di barat dan utara. Wilayah Kamboja berbentuk seperti piring. Di tengahnya terdapat dataran besar Tonle Sap, sedangkan pantainya dibentuk oleh rangkaian pegunungan. Negara ini dikelilingi oleh Sungai Mekong (DAS). Saat ini, Sungai Mekong merupakan sungai terpenting di negara ini.

Baca Juga  Di Bawah Ini Yang Termasuk

Brunei terdiri dari dua wilayah berbeda yaitu wilayah barat dan timur. Wilayah barat merupakan wilayah dataran rendah dan gurun pasir, sedangkan wilayah timur merupakan wilayah perbukitan. Di bagian selatan, barat, dan timur negara ini berbatasan langsung dengan Malaysia Timur yaitu Sarawak, sedangkan di utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Secara geografis, Vietnam terdiri dari lima wilayah, yaitu wilayah pegunungan di utara, Delta Sungai Merah, Pegunungan Annamite yang menghubungkan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, garis pantai sempit antara Pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan, serta delta Sungai Vietnam di Selatan.

Negara Terbesar Di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Bagaimana dengan ini, menarik untuk mengetahui letak astrologi dan letak geografis negara-negara ASEAN. Rasanya ingin berjalan kaki, bukan? Hehehe… Nah, kalau kamu ingin mengetahui lebih jauh letak geografis negara-negara ASEAN, kamu bisa mengetahuinya melalui aplikasi Ruangbelajar. Tahukah Anda bahwa ada banyak sekali video dan berbagai macam soal yang kualitasnya sangat tinggi. Ayo unduh sekarang!

Mukminan, Andang Mulyani, M. Nursa’ban, dan Supardi. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara-negara di kawasan Asia Selatan dan anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) memiliki kondisi alam yang berbeda. Apa saja perbedaan kondisi alam di masing-masing negara ASEAN?

Perlu diketahui bahwa geografi merupakan salah satu kekuatan pendorong berdirinya ASEAN. Selain letak geografisnya yang dekat, negara-negara ASEAN juga mempunyai kondisi alam yang serupa.

Namun selain itu, ada juga beberapa hal yang melatarbelakangi berdirinya ASEAN yang dipaparkan dari buku Informasi ASEAN dan Negara-Negaranya (2019) karya Tri Prasetyono, antara lain:

Kondisi Geografis Kabupaten Natuna

Saat ini total ada 10 negara dari Asia Tenggara yang telah bergabung dengan ASEAN. Kondisi alam negara-negara ini sangat berbeda.

Indonesia merupakan negara terluas di kawasan Asia Tenggara dengan luas 1,905 juta km2 dari Aceh hingga Papua.

Selain wilayah tersebut, Indonesia juga mempunyai lingkungan alam yang bercirikan iklim tropis dan curah hujan yang relatif tinggi dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Hal ini membuat Indonesia terkenal dengan banyaknya hutan, mulai dari hutan hujan tropis hingga sabana atau rawa.

Mengenal Letak Benua Afrika, Karakteristik, Pembagian Wilayah, Dan Negara Negaranya

Negara Melayu ini mempunyai iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Selain itu, Malaysia juga memiliki kawasan hutan tropis yang lebat dan banyak pegunungan tinggi, yang puncak tertingginya adalah Gunung Kinabalu (4.095,2 m) di kota Sabah.

Baca Juga  Sebutkan Dua Hal Penting Yang Ada Pada Cerita

Negara industri maju dan termaju di kawasan Asia Tenggara ini memiliki luas wilayah 728,6 km2 dan menjadi pusat pelabuhan laut di benua Asia.

Singapura juga merupakan negara yang menghubungkan Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan. Selain itu, Singapura juga didominasi oleh dataran rendah dan beberapa bukit kecil di sekitar pusat kota.

Filipina merupakan negara yang terdiri dari 7.641 pulau dan memiliki luas wilayah 300.000 km2. Negara Filipina yang alami berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi dan mempunyai tiga kelompok wilayah utama yaitu Luzon, Bisaya, dan Mindanao.

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

Di sisi lain, negara yang dipimpin oleh Bongbong Marcos ini memiliki iklim tropis dengan tiga musim yang berbeda. Ada musim hujan, musim dingin, dan musim panas atau kemarau.

Dikenal dengan sebutan Negeri Gajah Putih, negara ini memiliki luas 514.000 km2 dan terletak di pusat Asia Tenggara.

Pemandangan alam Thailand diberkahi dengan dataran pegunungan, dataran tengah, dan pegunungan tinggi. Thailand mempunyai iklim tropis yang sangat dipengaruhi oleh angin muson.

Negara tetangga Indonesia ini memiliki luas wilayah 5.765 km2 yang sebagian besar berupa rawa bakau dan perbukitan.

Apa Saja Karakteristik Wilayah Indonesia: Lautan, Perairan, Daratan

Seperti negara ASEAN lainnya, Brunei Darussalam mempunyai iklim tropis dengan curah hujan rata-rata 2000 mm/tahun.

Kondisi alam Vietnam penuh dengan dataran dan banyak gunung. Salah satunya adalah Gunung Annam yang puncaknya mencapai hingga 1.800 meter. Vietnam juga memiliki daerah dataran rendah yang dikenal dengan nama Delta Sungai Mekong.

Laos merupakan negara komunis dengan luas 236.800 km2 pegunungan berhutan lebat.

Gunung Phu di Laos, dipimpin oleh Thongloun Sisoulith, adalah puncak tertinggi di negara tersebut. Ada tiga musim di Laos, yaitu musim hujan panas, musim dingin, dan musim kemarau (pancaroba).

Batas Wilayah Jepang Sebelah Barat, Utara, Timur, Dan Selatan, Apa Saja?

Myanmar memiliki luas wilayah 676.578 km2 dan berbatasan langsung dengan India dan Bangladesh di sebelah barat serta Thailand dan Laos di sebelah timur.

Kondisi alam di Myanmar terbagi menjadi dua bagian, yaitu Myanmar Selatan yang beriklim tropis dan Myanmar Utara yang beriklim subtropis.

Terakhir ada Kamboja yang luasnya hanya 181.035 hektar dan berbatasan langsung dengan Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di selatan. Sekali lagi, iklim negara monarki ini adalah tropis dan suhu rata-rata sekitar 22 derajat. Tahukah Anda seberapa besar Indonesia? Simak penjelasan batas darat Indonesia baik darat, laut, dan udara pada artikel Geografi Kelas 11 dibawah ini.

Bagaimana jika mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia, Ibu Susi Pudjiastuti, suka menyebut nama kapal yang mencuri ikan dari negara lain yang melintasi perbatasan kita? Selain itu, mencuri ikan adalah suatu tindakan

Titik Titik Ujung Kepulauan Indonesia

Yang dilarang undang-undang, pemerintah daerah tidak boleh menangkap ikan tanpa izin dan masuk ke wilayah kedaulatan negara kita.

Kami mempelajari perbatasan negara kami, sehingga Anda dapat mencintai dan mengetahui lebih banyak