Sebutkan Nilai-nilai Yang Terkandung Dalam Sila Kedua Pancasila – Sila kedua Pancasila adalah “kemanusiaan yang adil dan beradab”. Nilai-nilai apa saja yang termasuk dalam sila kedua Pancasila? /tag/pancasila

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila adalah nilai-nilai kemanusiaan. Selain itu, nilai-nilai yang termasuk dalam sila kedua adalah nilai kemanusiaan, nilai keadilan, dan nilai keadaban.

Sebutkan Nilai-nilai Yang Terkandung Dalam Sila Kedua Pancasila

Sila kedua Pancasila, “kemanusiaan yang adil dan beradab”, merupakan perwujudan cita-cita kemanusiaan yang utuh, adil, dan beradab dalam perwujudan seluruh hakikat kemanusiaan. Kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan rumusan keluhuran budi pekerti manusia Indonesia yang dituangkan dalam buku Pancasila oleh tim Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Diklat Kementerian Keuangan.

Pancasila Dan Kemerdekaan Berpikir

Kemanusiaan yang adil dan beradab berarti setiap warga negara mempunyai kewajiban dan hak yang sama, serta terjamin hak dan kebebasannya secara setara dalam hubungan baik dengan Tuhan, manusia, negara, dan masyarakat.

Kemanusiaan yang adil dan beradab juga berarti bahwa manusia berhak atas kebebasan berekspresi dan berhak bekerja serta hidup bermartabat demi kemanusiaan.

Prinsip kedua tertanam dan terinspirasi dari prinsip pertama. Bagi masyarakat Indonesia, hal ini berarti asal muasal kemanusiaan yang adil dan beradab bersumber dari ajaran Tuhan Yang Maha Esa bahwa manusia adalah makhluk perseorangan, anggota masyarakat dan hamba Tuhan.

Pada alinea pertama Pembukaan UUD 1945: “Sesungguhnya kemerdekaan adalah hak semua bangsa, oleh karena itu penjajahan di dunia harus dimusnahkan karena tidak sesuai dengan kemanusiaan dan keadilan. »

Baca Juga  Mengapa Planet Luar Mempunyai Kepadatan Permukaan Yang Rendah

Jelaskan Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Pertama Pancasila

Lambang sila kedua pancasila, simbol sila kedua pancasila, makna yang terkandung dalam sila sila pancasila, sila kedua pancasila, makna yang terkandung dalam pancasila, makna yang terkandung dalam sila pertama pancasila adalah, lambang sila kedua pancasila adalah, makna yang terkandung dalam setiap sila pancasila, sila kedua pancasila berbunyi, gambar sila kedua pancasila, sila kedua pancasila dilambangkan dengan, makna sila kedua pancasila