Tarian Dengan Musik Bertempo Cepat Biasanya Gerakan Penarinya – Tari Japong merupakan salah satu bentuk seni gerak tradisional yang berasal dari Jakarta, khususnya suku Betawi. Bagi sebagian masyarakat yang belum familiar dengan jenis tari tradisional ini bisa membandingkannya dengan tari Jaipong yang berasal dari Jawa Barat. Sebenarnya kedua tarian ini sangat berbeda.

Salah satu yang membedakan kedua jenis tarian ini adalah sejarah tariannya. Menurut sejarahnya, tarian khas Betawi ini bermula dari tarian bebas yang berawal dari tarian pertunjukan.

Tarian Dengan Musik Bertempo Cepat Biasanya Gerakan Penarinya

Namun seiring berjalannya waktu dan ketertarikan masyarakat terhadap tarian ini, tujuan dari tarian Japong pun berubah. Dari tari masa kini menjadi tari pergaulan yang digunakan untuk mengisi berbagai acara.

Tari Yapong: Asal Usul, Properti Hingga Pola Lantai Dan Gerakannya

Tarian tradisional ibu kota provinsi ini menggambarkan interaksi sosial anak muda yang diciptakan oleh seniman lansia Indonesia Bagong Kusudiardya. Tarian ini akhirnya dipentaskan pertama kali pada tahun 1977 dalam rangka memeriahkan HUT Jakarta yang ke-450.

Tema tarian ini adalah tentang adegan atau prosesi penyambutan Pangeran Jayakartha. Dikisahkan seorang pangeran Jayakarta bernama Fatahilah ingin merebut pelabuhan Sunda Kelapa dari tangan penjajah. Peristiwa inilah yang digadang-gadang menjadi inspirasi cerita dalam tari Japong ini.

Penari dalam tarian ini digambarkan sebagai orang-orang kecil yang sedang mengekspresikan kebahagiaan dan kegembiraannya. Ia pun meneriakkan kata “yes yes yes” sambil menari. Sementara itu, musik latar akan berbunyi “pong pong pong”.

Oleh karena itu, tarian ini akhirnya mendapatkan namanya dan dikenal dengan nama tari Japong. Tidak ada makna khusus dalam pemilihan kata tersebut, hanya menggambarkan betapa bahagianya perasaan para penari.

Kegiatan Belajar Mandiri Dirumah Semester 2

Biasanya dibutuhkan sekitar 5-10 orang penari yang disusun secara simetris untuk menampilkan tarian ini. Namun terkadang ada juga yang tampil dengan pemain pria.

Sebagai salah satu tarian tradisional, Tari Yapong biasanya ditampilkan dalam acara-acara budaya atau upacara adat Betawi. Selain itu, tarian ini juga sering dijadikan hiburan pada hari ulang tahun di provinsi dan ibu kota, festival yang diadakan di Jakarta dan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga  Berilah Contoh Gerakan Pada Tari Indang

Pada awal kemunculannya, tari Jepang merupakan tari yang berjenis balet. Balet sendiri merupakan pertunjukan seni yang memadukan tari dan drama tanpa ada dialog apapun menjadi satu lakon atau pertunjukan yang unik.

Ide atau usulan pameran tari ini berawal dari inisiatif Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Kemudian usulan dan tugas ini mendapat amanah dari sutradara pertunjukan Bagong Kusudiardyo yang juga merupakan salah satu seniman besar saat itu.

Asal Usul Tari Jaipong

Gerakan-gerakan dalam tarian ini juga tidak dirumuskan atau dilakukan secara asal-asalan. Melainkan melalui penelitian dan observasi panjang terhadap budaya dan kehidupan masyarakat Betawi. Bagong yang menjabat sebagai sutradara mempelajari sastra khusus masyarakat Betawi serta seni drama dan tari atau biasa disebut sendratari.

Ia mengawali kisah perjuangan yang dekat dengan masyarakat Jakarta, yaitu perjuangan Pangeran Jayakarta sebagai latar belakang tariannya. Dalam lakonnya, para penari dikisahkan sangat menantikan kedatangan Pangeran Jayakarta.

Bagian sapaan ini pun menarik perhatian penonton. Mereka mengapresiasi dan merespon positif karena pergerakan pada bagian permainan ini sangat menarik.

Berkat antusiasme dan respon yang luar biasa, bagian penyambutan ini dipisahkan dari rangkaian balet yang kemudian dibawakan dalam satu tarian. Bagong Kussudiardya juga yang membuat tarian ini layak untuk dipentaskan sendiri.

Keunikan Tari Pendet: Sejarah, Makna Gerakan Dan Pola Lantainya

Tarian ini resmi terbentuk pada tahun 1977. Merupakan kelompok tari yang terbilang baru dibandingkan dengan tari tradisional daerah lain yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan diwariskan secara turun temurun.

Pameran pertama diadakan saat Jakarta merayakan hari jadinya yang ke-450, pada tanggal 20 dan 21 Juni 1977, di Gedung Kongres Senayan di Jakarta. Pada awal pertunjukan, ada sekitar 300 orang seniman yang merupakan musisi dan penari yang terlibat dalam pertunjukan balet ini.

Padahal, tari Jepang merupakan tarian yang merupakan wujud akulturasi budaya. Hal ini terjadi karena tari Japong berasal dari era modern dan sangat menonjolkan unsur budaya tradisional suku Betawi. Hal-hal yang menjadi dasar terbentuknya tari Yapong adalah :

Genre tari pop modern merupakan salah satu unsur keseharian yang terdapat dalam tari Japong. Contoh kecilnya adalah pada gerakan-gerakan yang bergantung pada tangan dan kaki.

Tarian Sulawesi Tenggara

Alasan mengapa tarian asal negeri Jakarta ini masuk dalam tari modern adalah karena japong tidak mempunyai standar khusus seperti tari tradisional lainnya. Hal ini menyebabkan gerakan yang dihasilkan tampak lebih dinamis, sehingga gerakan penari dilakukan dengan tempo yang cepat.

Baca Juga  Indeks Dapat Ditemukan Pada Halaman

Kesenian ini juga terus mengalami perkembangan dan variasi gerak tarinya. Bahkan, setiap pertunjukan bisa saja menampilkan gerak tari yang berbeda-beda meski mengusung tema yang sama.

Tarian khas suku Betawi ini cukup kaya akan pengaruh pop dance. Pasalnya, berbagai unsur tarian tradisional seperti Betawi dan Sumatera (Melayu) dimasukkan ke dalam gerakannya.

Hal ini tercermin dari gerak tarinya yang sederhana namun mempunyai dinamika gerak yang tinggi. Gerakan kaki, tangan, dan pinggul penarinya diambil dari tarian tradisional daerah lain seiring dengan aliran tari pop.

Seni Tari Adalah Ekspresi Jiwa Dalam Bentuk Gerak, Pahami Unsur Utama Dan Pendukungnya

Pakaian penari Japong sekilas mirip dengan Tari Topeng Bunga yang sama-sama berasal dari Betavia. Kemiripan lainnya terdapat pada warna cerah kostum dan detail aksesoris yang digunakan. Selain itu, terdapat hiasan yang digunakan di kepala dan selendang atau toka-toka untuk menutupi dada penari.

Ternyata, ada unsur Tionghoa dalam kostum tari ini. Maksudku motif naga merah. Diketahui motif ini juga digunakan dalam pertunjukan opera Tiongkok.

Latar musik tari Japong berasal dari iringan instrumen gamelan. Tak tanggung-tanggung, alat musik tradisional yang digunakan terdiri dari gamelan Betawi, gamelan Jawa Barat, dan gamelan Jawa Tengah. Setelah tarian ini lepas dari rangkaian sendratari, alat musik gamelan Betawi semakin populer di masyarakat.

Tari Japong mempunyai pakaian khusus yang dipakai untuk menampilkan pertunjukan tarinya. Pakaian yang dikenakan para penari Japong sebenarnya cukup mirip dengan pakaian yang dikenakan para penari Kembang Topeng yang sama-sama berasal dari Betawi. Namun yang berbeda adalah warna pakaian tari Japong yang lebih terang karena dipengaruhi oleh kesenian khas Tiongkok.

Tarian Tradisional Indonesia Yang Indah, Penuh Makna, Dan Bisa Disaksikan Dari Rumah!

Selain kostum yang dikenakannya, penari juga harus menggunakan berbagai alat peraga khusus untuk menunjang penampilannya selama pertunjukan. Properti yang digunakan dalam pertunjukan tari Yapong adalah:

Seperti yang telah disebutkan, pakaian yang dikenakan penari Japong memiliki warna yang cukup cerah. Oleh karena itu, pakaiannya dipadukan dengan kain batik khas Betawi. Cara memakainya pun cukup mudah, yaitu dengan melilitkan kain batik pada pinggang hingga menutupi bagian bawah lutut penari.

Atribut selanjutnya yang digunakan dalam pertunjukan tari Yapong adalah kepala. Kepala ini berbentuk mahkota yang dihias dengan bunga. Bentuk mahkota ini setengah lingkaran, bukan berbentuk bunga mawar.

Pada kostum tari khas Betawi ini juga ditambahkan aksesoris atau alat peraga berupa selendang atau toka-toka. Tujuan dari penggunaan selendang ini tentunya untuk mempercantik penampilan saat penari bergerak menarikan tari Yapong.

Baca Juga  Patung Asmat Yang Dibuat Oleh Suku Asmat Berasal Dari Daerah

Tari Ratoh Jaroe, Tari Kreasi Dari Aceh

Syal ini biasanya berwarna cerah dan dihiasi sulaman. Cara penggunaannya adalah dengan mengikatkan selendang pada bagian dada kemudian diikatkan dengan perhiasan pada bagian perut penari.

Tari Japong termasuk dalam daftar tari kontemporer yang berasal dari suku Betawi dan merupakan hasil perpaduan unsur tari pop dan tari Sumatera. Contoh gerak tari japong adalah gerak enjer lompat, ningel, singgetan, gerak tangan kanan megol lembehan dan gerak yapong sendiri.

Gerakan tarian tradisional ini bergantung pada gerakan kaki, pinggul, dan lengan. Saat menari, pemain akan melakukan gerakan bergantian dengan kaki dan lengannya. Saat penari berpindah dari satu titik ke titik lain, ada bagian tertentu yang memperlihatkan gerakan pinggul yang cukup erotis.

Untuk penggunaan model lantai, tari Yapong mempunyai alur imajinatif tersendiri yang dijalankan melalui kelompok penarinya. Tarian ini mempunyai dua pola lantai yaitu pola lantai lurus dan pola lantai melengkung.

Kearifan Lokal Minangkabau: Mengenal Tari Galombang

Tari Japong mempunyai gerak tari yang banyak dan bervariasi. Gerakan inilah yang kemudian digunakan pemain dari awal hingga akhir permainan.

, dan pergerakan Jepang sendiri. Namun gerakan-gerakan tersebut hanyalah gerakan utama saja. Karena pada dasarnya gerakan-gerakan tersebut terbagi menjadi beberapa bagian. Penjelasan lebih rinci mengenai gerak tari Japong berikut ini.

Pada gerakan ini penari akan mengambil posisi seperti berjalan di tempat. Selanjutnya tangan kiri penari diletakkan di dada dan diletakkan di pinggul penari. Setelah itu, sisi kanan dilemahkan dengan gerakan berulang-ulang ke samping.

Lompatan kanan dan kiri dilakukan dengan lengan kiri ditekuk di perut dan lengan kanan diluruskan lurus. Kemudian penari akan melompat tergantung lengan mana yang ditekuk.

Tarian Tradisional Banten Beserta Penjelasan Lengkapnya

Gerakan Japong merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara para penari saling menumpangkan tangan kemudian membuka telapak tangan seolah-olah mendorong angin ke kanan dan ke kiri.

Gerakan ini merupakan gabungan dari gerakan kedua tangan yang diluruskan dan bahu yang digerakkan maju mundur. Pada ketukan tertentu, bahu akan bergerak maju dan mundur secara bergantian, serta lengan akan bergerak bergantian ke kanan dan ke kiri saat melompat.

Pada bagian ini tangan kiri penari diletakkan di pinggang, dan tangan kanan diluruskan lurus. Setelah itu penari akan berputar 360 derajat.

Pada gerakan ini, lengan kanan dan kiri penari akan direntangkan melingkari pinggang. Kemudian penari akan melakukan gerakan melompat dengan bertumpu pada lengan yang ditekuk. Yang membedakannya dengan gerakan biasa yang mereka lakukan adalah ketika bergerak, pemain melakukannya dengan cara jogging sesuai arah gerakan tangan.

Membentuk Karakter Melalui Seni Tari

Saat memasuki gerakan ini, pemain harus bergerak ke kanan dan kiri. Dan bila mereka bergerak ke kiri, kaki kanannya harus dilepas

Gerakan tarian kecak, gerakan tarian jaipong, gerakan tarian tradisional, gerakan tarian, gerakan tarian saman, gerakan tarian india, gerakan tarian yang mengutamakan keindahan disebut gerak, macam macam gerakan tarian, gerakan tarian daerah, tarian jali jali biasanya diiringi musik, gerakan janin tidak seaktif biasanya, gerakan tarian bali