Posisi Badan Yang Benar Setelah Menolak Peluru Adalah – 1. Teknik Memegang Bola 2. Teknik Bahu 3. Teknik Pemula 4. Teknik Mendorong 5. Teknik Tingkat Lanjut

Menembak merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang sering diikutsertakan dalam berbagai perlombaan di seluruh dunia. Bagi orang awam, olahraga ini mungkin terkesan mudah, meski cukup sulit untuk menempuh jarak jauh.

Posisi Badan Yang Benar Setelah Menolak Peluru Adalah

Menurut laman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Negara NTB, menembak merupakan olahraga yang melibatkan gerakan menolak atau mendorong peluru logam dengan berat tertentu. Proyektil ini tidak dilempar, melainkan didorong hingga mencapai jarak terjauh.

Latihan Pts 2 Worksheet

Sulitnya olahraga ini antara lain karena pelurunya yang cukup berat. Sedangkan bola ini harus diperas semaksimal mungkin. Hal ini membutuhkan teknik yang tepat agar Anda bisa mendorong bola sejauh mungkin.

Dilansir dikbud.ntbprov.go.id dan Kemendikbud, berikut beberapa teknik menembak yang perlu dipelajari agar bisa memukul bola dengan benar.

Teknik pertama yang harus dipelajari adalah penanganan bola. Cara memegang peluru yang benar adalah dengan meletakkannya di ujung telapak tangan, dekat pangkal jari. Pastikan ada lubang di telapak tangan. Anda dapat memilih tiga metode.

Setelah mengetahui cara memegang peluru, kamu harus mengetahui teknik penempatan peluru di bahu. Pegang peluru dari atas, lalu letakkan di bahu sebelah leher di bawah telinga. Siku sedikit terbuka ke samping.

Baca Juga  Keterampilan Bermain Rounders Dapat Ditingkatkan Dengan Cara

Teknik Dasar Tolak Peluru Yang Wajib Dikuasai

Setelah meletakkan peluru di bahu, sekarang ambil posisi awal. Berdirilah dengan punggung sedikit melengkung, lalu berbalik, lalu tekan lengan ke atas dan lepaskan bola ke bawah ke lapangan.

Teknik awal dilanjutkan dengan teknik pushback. Posisi kaki pada saat penolakan adalah salah satu kaki diletakkan di depan batas belakang lingkaran. Kaki lainnya diletakkan di sebelah kiri, dibuka selebar badan, searah dengan arah lemparan.

Pada saat yang sama ketika kaki depan diayunkan, kaki belakang mendorong kembali ke dalam lemparan dan mendarat di tengah lingkaran. Saat kaki yang lebih kuat mendarat, otomatis badannya condong ke arah lengan pelempar. Seimbangkan dengan tangan yang lain agar tidak terjatuh.

Untuk melatih teknik menembak, ada baiknya Anda melakukan pemanasan. Bagi yang belum pernah melakukan tembakan sebaiknya diawali dengan pengenalan menembak yaitu memegang bola dan bermain dengan dua tangan secara bergantian. Hal ini dilakukan agar Anda mengetahui berat pelurunya.

Macam Macam Teknik Dasar Tolak Peluru Yang Harus Dikuasai

Ada beberapa pemanasan yang bisa dilakukan. Pemanasan ini pada dasarnya melatih otot-otot yang berhubungan dengan penembakan. Seperti dilansir Penjaskesrek Prodi Pendidikan FKIP Untan oleh Ari Ramadan dkk, otot bahu dan otot menembak merupakan bagian yang paling dominan dalam menembak.

Teknik yang benar adalah dengan meletakkan peluru di telapak tangan bagian atas dekat pangkal jari, kemudian dilanjutkan dengan teknik lainnya. Kami harap ini bermanfaat. INDONESIA. 3 Faktor yang Membawa Indonesia Menang Besar Atas Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Klik Disini.

Pelempar peluru Filipina Aries Toledo saat mengikuti Turnamen Undangan Dasalomba Atletik di SUGBK, Jakarta, Minggu (11/2/2018). Acara ini merupakan pemanasan menuju Asian Games 2018. (/Vitalis Yogi Trisna)

Halodoc, Jakarta – Menembak merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Tembakan adalah suatu gerakan mendorong atau menyodorkan suatu alat berbentuk bulat yang disebut proyektil.

Kunci Jawaban Pjok Kelas 9 Smp Kurikulum Merdeka, Kupas Tuntas Ujian Semester 1 Tahun 2023 2024

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, menembak adalah olahraga yang melibatkan lemparan proyektil (alat berbentuk bulat seperti besi atau kuningan yang beratnya 4 kg untuk wanita, 7 ¼ kg untuk pria).

Baca Juga  Kalimat Yang Mengandung Kata Khusus Adalah

Seperti namanya, tembakannya bukan dilempar, melainkan didorong/didorong. Sesuai aturan, peluru harus didorong dengan satu tangan atau didorong dari bahu.

Mendorong dengan baik dan benar bukanlah suatu hal yang mudah. Ada beberapa metode atau teknik yang harus dikuasai.

B. Peluru diletakkan di telapak tangan bagian atas atau dekat ujung telapak tangan, di jari tangan.

Rpp 3.4 Tolak Peluru

D. Jari kelingking dan ibu jari digunakan untuk menahan/memegang bagian samping bola, khusus untuk mencegah peluru meluncur masuk atau keluar.

E. Jika cartridge sudah bisa dipegang dengan baik, maka letakkan di bahu dan tempelkan di leher. Siku diangkat ke samping sedikit ditekuk ke depan.

F. Saat memegang dan meletakkan peluru di bahu, usahakan jangan membuat seluruh tubuh dan lengan menjadi kaku, melainkan rileks. Tangan dan lengan lainnya membantu menjaga keseimbangan.

B. Kaki kiri lurus ke depan, kaki kanan dengan lutut sedikit ditekuk ke depan dengan sudut ke samping kanan.

Cara Mendarat Yang Benar Dalam Lompat Jauh Adalah Perhatikan Keseimbangan

D. Tangan kanan memegang bola di bahu, tangan kiri ditekuk ke depan dengan siku agak ditekuk ke atas.

A. Bersamaan dengan memutar badan ke arah tolakan, siku ditarik miring ke atas agak ke belakang (ke samping kiri), pinggul, pinggang, dan perut sedikit didorong ke depan ke atas.

B. Dorong hingga dada terbuka, condongkan tubuh ke depan searah dorongan. Dagu terangkat atau sedikit ditekuk, pandangan diarahkan ke biara.

B. Ketika dada berlawanan dengan arah recoil, segera dorong peluru ke depan sekuat tenaga searah dengan arah recoil, dengan bantuan mendorong ke belakang dengan kaki kanan.

Sejarah, Peraturan, Dan Cara Bermain Cabang Olahraga Olahraga Tolak Peluru

Postur tubuh setelah menolak peluru merupakan bentuk gerakan setelah bola lepas dari tangan. Gerakan ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tubuh tidak terjatuh ke depan.

Baca Juga  Jelaskan Asbabun Nuzul Surat Al-kafirun

A. Setelah proyektil yang digerakkan atau didorong lepas dari tangan, maka kaki yang digunakan untuk mendorong ke belakang segera diturunkan atau mendarat (kaki kanan) kira-kira di tempat kaki kiri (kaki depan) sebelumnya, dengan lutut sedikit ditekuk.

C. Badan ditekuk ke depan, dagu terangkat, badan sedikit ditekuk ke kiri, pandangan mengarah ke arah jatuhnya bola.

D. Lengan kanan, siku sedikit ditekuk, berada di depan sedikit di bawah badan, lengan/lengan kiri ditekuk lurus ke belakang untuk membantu menjaga keseimbangan.

Yuk, Pahami Peraturan Tolak Peluru

FIFA memberikan pujian kepada Jokowi atas keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 dan meraih medali emas SEA Games 2023.

Chinese Taipei mengalahkan tim Indonesia U-24 di Asian Games 2022. Dari Universitas, PLN, hingga Klub Atletik

2 10 kesalahan terburuk Eric musim ini menurut mantan kiper MU itu. Tinggalkan David De Gea, gantikan Andre Onana

Foto: Untuk menandai 100 tahun keluarga Agnelli mengendalikan klub, legenda Juventus memainkan pertandingan sepak bola mini 7v7.

Teknik Dasar Tolak Peluru

Foto. Daftar 5 pemain Spanyol yang berprestasi sejak hengkang dari Premier League, termasuk Joselu yang kini menjadi andalan Real Madrid.

Foto: 4 pemain naturalisasi melewatkan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia dan Brunei Darussalam

Foto: Daftar 5 Kiper Veteran yang Menjadi Suporter Melalui Klubnya di Liga Inggris Musim 2023/2024

Posisi tidur yang benar, posisi pumping yang benar, posisi memanah yang benar, posisi sholat yang benar, posisi parabola yang benar, posisi menyusu yang benar, posisi pelekatan yang benar, posisi dbf yang benar, posisi melahirkan yang benar, posisi asi yang benar, posisi bekam yang benar, posisi rahim yang benar