Lapangan Lempar Cakram Berbentuk – Lempar cakram merupakan salah satu cabang olahraga lempar dalam cabang olahraga atletik. Pemenang lomba lempar cakram ditentukan oleh jarak lempar cakram.

Melempar cakram bukanlah olahraga yang diciptakan tanpa alasan. Pada dasarnya melempar cakram merupakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan masyarakat saat berburu dan mengumpulkan makanan.

Lapangan Lempar Cakram Berbentuk

Jadi kegiatan seperti lempar cakram ini awalnya dilakukan manusia untuk kelangsungan hidup. Mereka yang mempunyai stamina, kecepatan, lari dan menembak akan mampu bertahan.

Olahraga Lontar Martil: Sejarah, Peraturan, Teknik Dan Cara Melakukannya!

Meskipun kegiatan seperti lempar cakram telah dilakukan sejak zaman kuno, namun baru pada tahun 1000 SM. Bukan berarti gerakan menjadi olahraga kompetitif.

Hal ini diperkuat dengan ditemukannya informasi dari kitab seorang penyair Yunani bernama Homer. Buku tersebut menceritakan kisah Odysseus, yang diperintahkan oleh raja Phaeacian Alcinous untuk memperagakan pelemparan cakram. Belakangan, olahraga ini menjadi populer di Olimpiade modern.

Pada Olimpiade modern pertama pada tahun 1896, lempar cakram menjadi simbol populer dari acara tersebut. Faktanya, edisi 1920 dan 1948 menggunakan gambar pelempar cakram sebagai poster Olimpiade.

Secara umum perlombaan lempar cakram dibagi menjadi 2 kategori yaitu putra dan putri. Masing-masing dibagi berdasarkan kategori umur atlet. Klasifikasi menunjukkan berat, diameter dan ketebalan piringan yang digunakan.

Lapangan Lempar Cakram

Pada dasarnya lemparan adalah suatu gerakan yang memindahkan gaya pada sesuatu ke atas atau ke depan sehingga menghasilkan tenaga.

Sementara itu, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan dalam melakukan gerakan lempar cakram agar hasil lemparan anda maksimal. Di bawah ini adalah beberapa tahapan gerak lempar cakram dan cara melakukannya.

Kemudian lanjutkan meregangkan leher, bahu, tulang belakang, tungkai, jari tangan, lengan, dan tungkai. Fungsi dari extension ini adalah untuk menghindari resiko cedera.

Jarak lempar cakram ditentukan dengan cara memukul cakram dengan benar. Cakram dipegang dengan cara meletakkan titik terberat dari cakram pada telapak tangan.

Baca Juga  Modem Khusus Yang Dirancang Untuk Tv Kabel Adalah

Solution: Lempar Cakram Kls Xi 3

Kemudian keempat jari tersebut meluncur di tepi piringan, jarak antar jari agak terpisah. Sedangkan ibu jari tetap bebas meluncur di permukaan piringan.

Setelah menangkap piringan tersebut, langkah selanjutnya adalah melemparkannya sejauh mungkin. Untuk melakukan lunge panjang, berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk. Posisi sebelum menembak ini berarti pusat gravitasi tubuh diletakkan pada kedua kaki.

Kemudian, piringan diputar beberapa kali ke kanan lalu ke kiri. Gerakan ini dimaksudkan untuk mengkondisikan dan membangun tenaga sebelum melempar cakram.

Langkah selanjutnya atlet mengambil posisi awal menembak dengan badan berdiri dibelakang lingkaran dan posisi badan menjauhi arah menembak.

Lempar Martil Besi 5kg Lmb 5

Lemparan cakram dimulai dari posisi badan menjauhi arah area lempar. Kemudian di saat kedua, badan berputar dan lengan kanan ditarik ke belakang.

Setelah itu, putar badan Anda ke arah putaran kaki kanan Anda. Saat kaki kanan mendarat, kaki kiri diayunkan ke kiri, dilanjutkan dengan gerakan melepaskan piringan ke area sasaran tembakan.

Melempar cakram diawali dengan pukulan menyamping dengan badan berdiri di samping sasaran. Kaki kiri berperan sebagai sumbu rotasi.

Saat tubuh mulai bergoyang, tangan ditarik ke belakang. Pada posisi menembak, badan sedikit diturunkan dan lengan kanan menggerakkan piringan ke arah sasaran tembak.

Lempar Cakram: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Aturan Dan Manfaat

Kemudian, saat cakram dilepaskan, kaki kanan bergerak ke depan untuk menopang kaki kiri yang ditekuk ke belakang.

Untuk mencapai jarak lempar yang paling jauh, atlet harus melempar piringan dengan kecepatan maksimal dan menggunakan tenaga yang sebesar-besarnya. Atlet juga sebaiknya mengambil sudut pukulan yang tepat, yaitu sekitar 45 derajat.

Permukaan lantai tempat lempar cakram dapat berupa aspal atau beton asalkan licin dan tidak dicuci.

Area piringan dilindungi oleh pagar yang terbuat dari kawat atau tali untuk melindungi petugas, penonton dan peserta.

Gawang Sepakbola Junior Gsj 01

Kawat pelindung berbentuk C dengan diameter 7 meter dan lebar tepi kawat 3,3 meter serta garis pemisah 40° sebagai arah tembakan.

Tergantung pada ukuran disk yang digunakan, disk dibagi menjadi 4 jenis. Empat sesuai dengan 4 kategori numerik dalam lempar cakram, yang dibagi menurut usia dan jenis kelamin atlet.

(2015) menurut Zikrur Rahmat, piringan yang digunakan pada pria lanjut usia adalah 2 kg dengan ketebalan 219-221 mm dan tebal 44 – 46 mm.

Untuk sosok pria muda, berat piringan 1,25 kg, diameter 180-182 mm, dan tebal 37-39 mm.

Baca Juga  Sebutkan Sikap Toleransi Yang Belum Pernah Kamu Lakukan Terhadap Tetangga

Olahraga Lempar Lembing: Sejarah, Teknik, Dan Peraturannya

Kemudian untuk sosok wanita lanjut usia, bobot cakramnya adalah 1 kg dengan diameter 180-182 mm dan ketebalan 37 mm hingga 39 mm.

Sedangkan untuk kompetisi junior putri, bobot piringannya 0,75 kg, diameter 145-170 mm, dan ketebalan 25 mm hingga 35 mm. Lempar cakram merupakan salah satu cabang olahraga menembak. Lihat harga di bawah ini untuk detail lengkapnya.

Lempar cakram merupakan salah satu cabang olahraga menembak. bahwa atlet harus melempar cakram maksimal 3 kali dalam setiap perlombaan.

Sedangkan piringan sendiri merupakan suatu benda yang terbuat dari kayu berbentuk piring dengan sabuk besi (Didi Sugandi, 1986: 51).

Olahraga Atletik: Pengertian, Sejarah, Dan Cabang [materi Lengkap]

Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa lempar cakram merupakan salah satu cabang olahraga lempar yang menggunakan benda berbentuk kayu yang dilengkapi dengan sabuk besi. atau bahan pipih dan bulat lainnya yang dibuang.

Menurut catatan sejarah, lempar cakram merupakan salah satu cabang olahraga. Yang ditemukan dalam buku Homer berjudul “Odyssey” pada zaman dahulu.

Dalam buku tersebut disebutkan bahwa gerak dasar atletik adalah jalan, lari, lari dan lempar yang telah dikenal sejak zaman dahulu.

Pada zaman dahulu, orang berjalan, berlari, melompat, dan menembak. Yang mana hanya untuk menjaga kelangsungan hidup di alam bebas.

Ukuran Lapangan Lempar Cakram

Jika mereka kurang tanggap dalam berjalan, berlari, jogging atau menembak. Kemudian mereka pada akhirnya akan mati kelaparan atau menjadi mangsa binatang buas. Atau Anda mungkin menjadi korban bencana alam.

Orang Belanda juga menyebut atletik dengan sebutan “Athletics a moerder der sporten”, yang artinya atletik merupakan induk dari segala cabang olahraga.

Padahal gerakan-gerakan olah raga dasar telah dikenal sejak adanya manusia di muka bumi. Namun perlombaan olah raga khususnya lempar cakram hanya terjadi pada zaman dahulu kala. Sekitar 1000 SM.

Hal ini ditegaskan oleh bukti puisi Yunani yang ditulis oleh Homer tentang atletik.

Teknik Dasar Lempar Cakram Dan Peraturannya

Buku tersebut juga menceritakan tentang petualangan Odysseus yang tinggal di pulau Phaiacia bersama rajanya yang bernama Alcinous.

Dalam resepsi tersebut diadakan serangkaian perlombaan yang diikuti oleh para pemuda Feaqya. Mereka menunjukkan kepiawaiannya dalam lari, gulat, lari, tinju, dan lempar cakram.

Mulanya Odysseus menolak permintaan raja. Namun, raja menyatakan bahwa keinginannya adalah untuk menunjukkan kepada para pemuda Phaeacian cara melempar cakram dengan sempurna.

Oleh karena itu, keinginan raja harus dipenuhi. Tanpa melepas baju besi logamnya, Odysseus berdiri dan meminta izin kepada raja.

Baca Juga  Contoh Hewan Yang Memiliki Siklus Hidup Sama Seperti Belalang Yaitu

Pdf) Meningkatkan Teknik Dasar Lempar Cakram Dalam Proses Belajar Mengajardengan Menggunakan Media Modifikasi

Kemudian Anda memasuki lapangan, ambil cakram terberat dan gunakan gaya termanis untuk melempar cakram tersebut. Cakram bergerak dan jatuh sesuai dengan jarak yang ditempuh atlet dari kepingnya (Sunaryo Basuki, 1979: 24).

Dari kutipan buku tersebut terlihat bahwa orang Yunani kuno sangat mengenal olahraga atletik. Di sini Anda dapat menemukan nomor-nomor lari, lari cepat, dan lempar cakram yang sekarang kita kenal sebagai nomor olah raga.

Permulaan ditunjukkan dengan posisi badan penembak pada saat persiapan. Dan pada posisi awal ini terdapat dua gaya lempar cakram, antara lain sebagai berikut:

Gaya lateral adalah dimana kekuatan atlet diarahkan ke samping pada saat persiapan/searah dengan tangan yang nantinya akan digunakan untuk menangkap cakram.

Lempar Cakram: Pengertian, Sejarah, Gaya, Teknik, Peraturan, Prinsip

Biasanya sisi yang digunakan adalah sisi kanan, karena sebagian besar pelempar cakram menggunakan tangan kanan untuk melempar.

Dengan menggunakan gaya ini, atlet dapat mempertahankan posisi dengan dua cara. Artinya, berayun dari sisi ke depan beberapa kali.

Pada dasarnya gaya cakram belakang hampir sama dengan gaya samping. Yang membedakan kedua gaya ini adalah posisi tubuh di awal.

Menggunakan gaya ini tentu memiliki kelebihan. dimana jarak untuk membuat pulsa penembakan menjadi lebih lebar. Jadi secara teoritis Anda mendapatkan kesempatan yang lebih lama.

Peraturan Lempar Lembing Beserta Gambar

Sebab ketika atlet dalam keadaan bersandar, ia tidak dapat menentukan titik pukulannya, meskipun dalam gaya samping.

Seperti pada gaya samping. Atlet profesional menggunakan cara kedua untuk mendapatkan hasil dari jarak jauh, dan tentunya cara ini sangat sulit.

Teknik dasar lempar cakram yang pertama kali diajarkan adalah teknik menangkap yang baik dan benar. Berikut cara melakukannya:

Teknik ini mutlak wajib dipelajari oleh semua pelempar cakram saat mulai melempar. Dengan permulaan yang ideal maka akan membuahkan hasil yang terbaik. Melempar cakram diawali dengan posisi badan berputar.

Lempar Martil Besi 3kg Lmb 3

Putaran dapat dilakukan dalam 1, 1¼ atau 1¾ putaran. Teknik awal ini sangat mempengaruhi hasil tembakan.

Teknik kunci terakhir yang harus dipelajari adalah posisi punggung saat melempar cakram, antara lain:

Biasanya piringan lempar memiliki ukuran 220 dan berat sekitar dua kg. Dan berat badan wanita adalah 1 kg.

Piringan ini dapat dibuat dari kayu dengan rangka berbentuk sabuk besi. Namun ada juga cakram yang terbuat dari karet keras, dan biasanya cakram tersebut hanya digunakan saat latihan.

Peraturan Lempar Lembing Terbaru Tahun 2016

Jika ditarik dari garis tengah, maka ukuran bidangnya adalah 2 panjang garis ke arah luar dengan sudut 40 derajat.

Permukaan lapangan harus licin, tidak licin dan boleh terbuat dari semen, aspal atau bahan lain yang tidak licin.

Seperti yang telah kita ketahui, gaya dalam lempar cakram berbeda-beda

Bentuk lapangan lempar cakram adalah, gambar dan ukuran lapangan lempar cakram, gambar lapangan lempar cakram lengkap dengan ukurannya, lapangan lempar cakram beserta ukurannya, gambar lapangan lempar cakram beserta ukurannya, bentuk lapangan lempar cakram, lapangan lempar cakram dan ukurannya, luas lapangan lempar cakram, ukuran lapangan lempar cakram, keterangan lapangan lempar cakram, gambar lapangan lempar cakram, lapangan lempar cakram