Contoh Materi – JENIS BAHAN AJAR 3 PRINSIP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR a. Menentukan ruang lingkup dan urutan penggunaan b. Menentukan sumber materi pembelajaran 4 Materi pembelajaran STRATEGI TINDAKAN Langkah-langkah penentuan materi pembelajaran Strategi urutan penyajian Strategi penyajian jenis materi Strategi pembelajaran materi pembelajaran

3 Materi pembelajaran Materi pembelajaran (learning materials) adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk pembentukan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dikuasai siswa untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan. Materi pembelajaran memiliki kedudukan yang sangat penting dalam keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai tujuan. Materi yang dipilih untuk kegiatan pembelajaran hendaknya merupakan materi yang benar-benar memenuhi standar kompetensi dan keterampilan dasar yang didukung.

Contoh Materi

Fakta material : segala sesuatu yang kokoh dan dapat dipercaya, termasuk nama benda, peristiwa sejarah, lambang, nama tempat, nama orang, nama bagian atau komponen suatu benda, dsb. Berdirinya pemerintahan Indonesia. Materi konsep: segala sesuatu yang berupa pemahaman baru yang dapat muncul sebagai hasil pemikiran, termasuk definisi, makna, ciri-ciri khusus, esensi, inti/isi dll. Contoh: Topik Biologi: Hutan hujan tropis di Indonesia sebagai sumber plasma nutfah, upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia secara in situ dan in situ.

Materi Skd Tiu. Silogisme, Modus Ponens&tollens Contoh Soal Serta Pembahasan

(selengkapnya….) Materi prinsip: berupa hal-hal pokok, hal-hal pokok, dan hal-hal tersebut memiliki kedudukan terpenting, meliputi asumsi, rumus, ucapan, asumsi, pola, teorema, serta hubungan antar konsep yang menggambarkan implikasi kausal. Contoh: Teks Fisika: Hukum Gerak Newton, Hukum I Newton, Hukum II Newton, Hukum III Newton, Gesekan Statis dan Gesekan Kinetik, dll. Materi prosedural meliputi langkah-langkah sistematik atau berurutan dalam melakukan suatu kegiatan dalam kronologi suatu sistem. Contoh: Topik TIK: langkah-langkah mengakses Internet, trik dan strategi menggunakan browser web dan mesin pencari, dll.

(lanjutan….) Materi sikap atau nilai adalah hasil dari belajar sikap afektif, misalnya nilai kejujuran, kasih sayang, suka menolong, semangat dan minat belajar dan bekerja, dll. Contoh: Topik Geografi: Pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip eko-efisiensi, pemanfaatan sumber daya alam dan pembangunan berkelanjutan, dll. Topik sosiologi: interaksi sosial dan dinamika sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, dll.

Baca Juga  10 Contoh Perubahan Fisika

Prinsip relevansi: Materi pembelajaran harus relevan untuk mencapai standar kompetensi dan keterampilan dasar. Jika keterampilan yang diharapkan dikuasai siswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta, bukan konsep atau prinsip atau jenis materi lainnya. Prinsip konsistensi: Jika ada empat jenis keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa, maka materi yang harus dipelajari juga harus mengandung empat jenis. Prinsip kecukupan berarti bahwa materi yang diajarkan cukup untuk membantu siswa menguasai keterampilan dasar. Bahannya tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak.

Dalam menentukan ruang lingkup atau ruang lingkup materi pembelajaran harus diperhatikan apakah materi itu berupa aspek kognitif (fakta, konsep, prinsip, prosedur), aspek afektif atau aspek psikomotorik, dan harus diperhatikan keluasan dan kedalaman Bahan.

Materi Daily Activity Beserta Contoh Teks Dan Soal Latihannya

Pendekatan prosedural Urutan materi pembelajaran secara prosedural menggambarkan langkah-langkah dalam urutan setelah langkah-langkah untuk melaksanakan suatu tugas. Misalnya, langkah-langkah melakukan panggilan, langkah-langkah mengoperasikan peralatan kamera video, cara menginstal program komputer dan sebagainya. Pendekatan Hirarkis Pengorganisasian materi pembelajaran secara hirarki menggambarkan urutan yang teratur dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah. Materi sebelumnya harus dipelajari terlebih dahulu sebagai prasyarat untuk mempelajari materi selanjutnya.

Materi pembelajaran Urutan penggunaan Perangkat periferal dalam sistem operasi (OS) komputer Bangun informasi tentang jenis dan fungsi masing-masing periferal untuk mengidentifikasinya. , menghubungkan variabel, merumuskan hipotesis, membuat keputusan)

Materi pembelajaran Urutan materi Menghitung untung rugi saat jual beli 1.1. 1.2. 1.3. Konsep/pengertian untung, rugi, jual, beli, modal dasar Rumus/dalil perhitungan untung rugi Menerapkan dalil atau prinsip jual beli

Kita dapat menggunakan sumber yang berbeda untuk mendapatkan beberapa materi pembelajaran. Seleksi harus tetap mengacu pada seluruh kompetensi dasar dan standar kompetensi. Sumber belajar merupakan acuan, artinya dari sumber belajar yang berbeda tersebut seorang guru harus menganalisis dan mengumpulkan materi yang sesuai untuk dikembangkan dalam bentuk bahan pembelajaran.

Jenis Materi Secara Fisika

Jurnal (hasil penelitian dan pemikiran ilmiah) Jurnal Ilmiah Kajian spesialis bidang studi Karya profesional Dokumen Kurikulum Publikasi berkala seperti harian, mingguan dan bulanan. Internet. Multimedia (televisi, video, VCD, kaset audio, dll) Lingkungan (alam, sosial, seni budaya, teknik, industri, ekonomi).

Menentukan materi pembelajaran Mengidentifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar bidang kognitif apabila kompetensi yang ditentukan meliputi pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan penilaian. Ranah psikomotor ketika rangkaian keterampilan meliputi gerak awal, semi normal dan normal. Ranah Afektif (Sikap) jika kompetensi yang ditetapkan meliputi pemberian tanggapan, apresiasi, penilaian dan internalisasi.

Baca Juga  Jelaskan Yang Dimaksud Persuasif Dalam Reklame

BAHAN BELAJAR FAKTA Contoh: jenis rum, tanaman berbiji tunggal, nama bulan dalam setahun, kata kunci: nama, jenis, jumlah, tempat, simbol Apakah keterampilan dasar berupa fakta? Memilih keterampilan dasar yang akan dipelajari Apakah keterampilan dasar berupa definisi, penjelasan, klasifikasi? BAHAN PEMBELAJARAN KONSEP Contoh: Persegi adalah persegi panjang yang keempat sisinya sama panjang Kata kunci: definisi, klasifikasi, identifikasi, ciri-ciri, aksioma

LANJUT… Apakah menjelaskan hubungan antara konsep kausal yang berbeda merupakan keterampilan dasar? Materi Pembelajaran PRINSIP Contoh: Jika permintaan meningkat sedangkan penawaran tetap, maka harga meningkat Kata kunci: teorema, rumus, hipotesis, hubungan sebab akibat, jika… maka… .Merupakan keterampilan dasar berupa penjelasan langkah-langkahnya untuk melakukan prosedur tertentu? Materi Pembelajaran Contoh Prosedur: Cara mengukur suhu tubuh dengan termometer Kata Kunci: Langkah-langkah mengerjakan tugas secara berurutan/prosedural

Materi ‘hobby’ (kegemaran) Beserta Contoh Kalimat Dan Soal Latihannya

LANJUTKAN… MATERI PEMBELAJARAN UNTUK SIKAP/SIKAP AFFEKTIF Contoh: Sikap jujur, motivasi tinggi, minat belajar yang besar, menghindari perbuatan yang merendahkan, dll. Kata kunci: sikap atau nilai Apakah siswa diminta untuk memilih sikap tertentu terhadap suatu objek atau peristiwa? BAHAN PEMBELAJARAN SIKAP PSIKOMORIK Contoh: lompat tinggi, lompat galah, lari 100 meter, renang, tinju, pencak silat, dll. Kata kunci: Aktivitas fisik Apakah siswa diminta melakukan aktivitas dengan tangan dan kaki?

18 URUTAN PRESENTASI Penyampaian serentak: seluruh materi disampaikan sekaligus, kemudian diperdalam satu per satu Penyampaian berturut-turut: materi disampaikan silih berganti secara mendetail kemudian juga secara berurutan materi berikutnya disampaikan secara mendetail.

Menyajikan fakta Ketika guru perlu menyajikan bahan ajar berjenis faktual (nama benda, nama tempat, peristiwa sejarah, nama orang, nama simbol atau lambang, dll) Langkah-langkah mengajar atau menyajikan bahan ajar berjenis faktual : Menyajikan fakta Berikan Dukungan dengan materi yang perlu diingat. Berikan pertanyaan ulasan. Berikan umpan balik. Ikuti tes.

20 Pengenalan Konsep Materi pembelajaran tipe konsep adalah materi yang berupa pengertian atau pengertian. Tujuan mempelajari konsep adalah agar siswa memahami, mampu menunjukkan ciri-ciri, unsur-unsur, membedakan, membandingkan, menggeneralisasikan, dsb. Langkah-langkah mempelajari atau menyampaikan materi pembelajaran Jenis konsep: Menyajikan konsep Bantuan (berupa isi inti, fitur utama, contoh dan noncontoh) Memberikan soal latihan dan tugas Memberikan umpan balik Memberikan tes.

Contoh Soal Materi Tiu Beserta Jawaban

Bahan ajar jenis-jenis prinsip antara lain proposisi, rumus, hukum (laws), hipotesis, teorema, dll. Langkah-langkah dalam mengajarkan atau menyajikan materi pembelajaran yang mirip prinsip adalah: Memberikan prinsip Memberikan dukungan berupa contoh-contoh penerapan prinsip Memberikan soal latihan Memberikan umpan balik Memberikan tes.

Baca Juga  Cara Mengatasi Korupsi Brainly

Prosedur Pengenalan Termasuk dalam prosedur jenis materi pembelajaran adalah langkah-langkah untuk melaksanakan suatu tugas secara berurutan. Misalnya langkah-langkah menyalakan TV, menyalakan komputer dan mematikannya. Langkah-langkah dalam mengajarkan prosedur antara lain: Memperkenalkan prosedur Memberikan dukungan dengan menunjukkan cara melaksanakan prosedur Memberikan latihan (practice) Memberikan umpan balik Memberikan tes.

Materi pembelajaran meliputi aspek sikap (afektif) memberi tanggapan, menerima nilai, menginternalisasi dan mengevaluasi. Beberapa strategi bahan ajar aspek sikap antara lain: menciptakan kondisi, model atau contoh, demonstrasi, simulasi, menyajikan ajaran atau dogma.

Agar situs web ini berfungsi, kami mencatat data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie. Pembahasan kegunaan, zat tunggal dan zat campuran di kelas 5, topik 9, subtopik 2 berkaitan dengan objek dan kegiatan ekonomi.

Contoh Materi Mentoring

Baca juga: Cari Jawaban Soal Kelas 5 Topik 9: Mengapa Air Sirup Campuran Homogen dan Kopi Campuran Heterogen?

Salah satu sifat benda atau materi yang berwujud padat adalah memiliki gaya tarik-menarik antarmolekul yang sangat kuat, sehingga pergerakan molekulnya tidak bebas.

Sifat cairan adalah bahwa mereka memiliki gerakan molekul yang relatif bebas dan tidak terikat, dan molekul dapat bergerak, dengan bentuk yang sedikit berubah sesuai dengan posisinya.

Baca juga: Temukan jawaban kelas 5 topik 6 subtopik 3: Apa yang terjadi jika Anda memegang batang besi dan tembaga panas dengan potongan plastik?

Contoh Soal Dan Pembahasan Materi Garis Dan Sudut Matematika Kelas 7

Sedangkan materi yang berbentuk zat gas memiliki sifat jarak molekul yang sangat jauh dan molekul senyawa bergerak sangat bebas, serta gaya tarik menarik antar molekul hampir tidak ada.

Zat murni disebut juga zat murni, artinya zat yang memiliki susunan dengan sifat tetap atau tetap serta memiliki sifat yang sama.

Ada dua jenis unsur, logam dan nonlogam. Contoh unsur logam seperti emas, besi atau perak.

Baca juga: 5 Benda Sekeliling Yang Termasuk Zat Campuran, Materi Kelas 5 SD Mata Pelajaran 9 Sub Mata Pelajaran 1

Materi ‘transportation’ Beserta Contoh Kalimat Dan Soal Latihannya

Campuran homogen adalah campuran dua bahan atau zat yang dapat digabungkan dan dicampur secara merata.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 Topik 9 Subtopik 1: Bisa Bedakan Air Laut dan Air Pegunungan?

Contoh campuran homogen adalah air dengan sirup, air dengan pewarna, air dengan garam dan udara yang mengandung campuran berbagai gas.

Sedangkan campuran heterogen adalah campuran dari dua bahan yang berbeda dan tidak dapat menyatu dengan sempurna.

Termodinamika: Pengertian, Hukum, Dan Contoh Soal

Air dengan pasir, air dengan tanah, air dengan minyak atau air dengan bubuk kopi adalah beberapa contohnya

Contoh materi pembelajaran, contoh materi power point, contoh resume materi kuliah, contoh materi promosi, contoh resume materi, contoh materi pembelajaran sd, contoh materi safety talk, contoh materi publik speaking, contoh materi psikotes, contoh materi kepemimpinan, contoh materi training, contoh materi motivasi