Konten postingan seperti foto dan video di WhatsApp seringkali berukuran cukup besar. Semakin banyak yang diterima, ruang memori internal ponsel juga semakin banyak digunakan.

Sebagian besar gambar dan video yang disediakan biasanya didapatkan dari berbagai grup yang diikuti pengguna di WhatsApp. Khususnya anggota grup WA yang aktif berkegiatan rajin membagikan foto dan video.

Jika tidak dipilih, cache akan habis dan sulit ditemukan kembali jika diperlukan. Karena hanya ada satu solusi, kami menghilangkannya.

Menguktip dari diskop mengatakan kalau pengguna WhatsApp dapat mengurangi penggunaan memori dengan beberapa cara, seperti menghentikan pengunduhan konten otomatis atau menghapusnya secara manual.

Untuk menghapus konten yang memenuhi memori smartphone, WhatsApp punya fitur yang lebih praktis bernama Storage Management.

Cara menghapus file, foto, dan video dari WhatsApp

Untuk melakukannya, buka menu Pengaturan di gb whatsapp dengan mengetuk tombol vertikal tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian pilih Penyimpanan & Data -> Kelola Penyimpanan.

Nantinya, semua file media yang tersimpan di WhatsApp akan muncul dengan keterangan ukuran filenya. Di bagian atas Anda akan melihat informasi tentang berapa banyak ruang penyimpanan yang telah digunakan (hijau) dan masih kosong (kuning).

/Wahyunanda Kusuma Cara menggunakan fitur manajemen data dan manajemen penyimpanan di WhatsApp. Berikut adalah berbagai kategori file, diurutkan dari yang terbesar hingga yang terkecil. Kategori mencakup file yang dikirim berkali-kali, file berukuran lebih dari 5 MB, dan percakapan.

Kategori obrolan menampilkan kontak yang paling banyak mengirim konten dan jumlah file yang dikirim.

Kemudian pilih kategori yang ingin Anda tinjau, seperti kategori “File lebih besar dari 5 MB “. Beberapa file dalam kategori ini sepenuhnya ditampilkan berdasarkan nama dan ukuran file dari yang terbesar hingga yang terbesar.

Baca Juga  Aplikasi Voila Ai Artist Apk Edit Foto Kartun Gratis, Ini Link Downloadnya

Pengguna dapat memilih semua file untuk dihapus secara permanen atau melihatnya satu per satu. Sebelum menghapus, pengguna dapat terlebih dahulu membuka file tersebut untuk melihat apakah benar foto, video, dokumen atau jenis file lainnya sudah tidak dibutuhkan lagi.

Jika sudah yakin, tekan dan tahan (tap and hold) file yang ingin dihapus untuk memilihnya. Anda dapat memilih beberapa file sekaligus. Kemudian klik ikon tempat sampah di pojok kiri atas untuk menghapusnya secara permanen.

/Wahyunanda Kusuma Cara Mudah Mengelola dan Menghapus File Foto, Video dan Dokumen di WhatsApp

Dengan menyortir file yang ditransfer berdasarkan ukuran, Storage Manager memudahkan pengguna untuk melihat file mana yang paling banyak menghabiskan ruang memori ponsel dan mana yang dapat dihapus saat tidak diperlukan lagi.

Cara ini juga lebih praktis dan aman dibandingkan menghapus secara manual karena langsung menampilkan semua file yang ada di folder aplikasi WhatsApp dan tidak menyalahgunakan aplikasi lain.

WhatsApp juga menyediakan tutorial penggunaan manajemen penyimpanan dalam bentuk video yang dapat dilihat melalui tautan berikut. Semoga beruntung!