Bangunan Piramida Seperti Yang Terlihat Pada Gambar Berbentuk – Mesir merupakan negara dengan peninggalan sejarah yang terkenal di dunia dan salah satu situs peninggalan yang paling populer adalah piramida. Banyak dari piramida yang bertahan hingga saat ini untuk kita lihat dan jelajahi. Piramida Mesir ini memukau wisatawan dari berbagai belahan dunia. Piramida Mesir ini membuat para wisatawan, ahli matematika bahkan arkeolog mengunjungi, mempelajari dan mendeskripsikan piramida tersebut dan semakin takjub.

Mungkin Anda juga bertanya-tanya bagaimana piramida ini dibangun? Siapa yang membangunnya? Mengapa piramida ini dibangun? Oleh karena itu, kami akan mempertimbangkan piramida Mesir lebih detail.

Bangunan Piramida Seperti Yang Terlihat Pada Gambar Berbentuk

Piramida Mesir adalah salah satu pencapaian arsitektur dunia kuno. Sekitar 138 piramida diketahui dari Mesir kuno saat ini. Tiga yang terbesar dan paling terpelihara berada di Giza pada awal Kerajaan Lama.

Piramida Louvre Dan The Inverted Pyramid Nya Berada Di Shopping Mall

Dibangun pada masa ketika Mesir adalah salah satu peradaban terkaya dan terkuat di dunia, piramida (terutama Piramida Agung Giza) adalah salah satu bangunan paling megah dalam sejarah. Meskipun piramida dibangun sejak awal Kerajaan Lama hingga akhir periode Ptolemeus pada abad ke-4 M, puncak pembangunan piramida dimulai pada akhir Dinasti Ketiga dan berlangsung hingga sekitar Dinasti Keenam (sekitar tahun 2325 SM). Lebih dari 4.000 tahun kemudian, piramida Mesir masih mempertahankan sebagian besar kemegahannya, memberikan gambaran sekilas tentang masa lalu negara yang kaya dan gemilang.

Tidak ada piramida yang lebih terkenal daripada Piramida Agung Giza, yang terletak di dataran tinggi di tepi barat Sungai Nil di dalam perbatasan Kairo modern. Piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida di Giza, yang dikenal sebagai Piramida Besar, adalah satu-satunya bangunan yang masih bertahan dan salah satu piramida Mesir yang terkenal, salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia yang terkenal. Piramida ini dibangun untuk Firaun Khufu (Cheops dalam bahasa Yunani), keturunan Sneferu dan raja kedua dari delapan raja Dinasti Keempat.

Meski Khufu memerintah selama 23 tahun (2589-2566 SM), relatif sedikit yang diketahui tentang pemerintahannya selain kemegahan piramida. Sisi utara piramida rata-rata memiliki tinggi 755,75 kaki (230 m) dan tinggi alasnya 481,4 kaki (147 m), menjadikannya piramida tertinggi di dunia. Tiga piramida kecil yang mengapit Piramida Besar dibangun untuk ratu Khufu, dan sebuah makam berisi sarkofagus kosong ibunya, Ratu Hetepheres, ditemukan di dekatnya. Seperti piramida lainnya, Khufu dikelilingi oleh deretan mastabas tempat dimakamkannya kerabat atau pejabat raja yang mendampingi dan mendukungnya di akhirat.

Baca Juga  25 Gram Berapa Sendok Makan

Piramida Pusat Giza dibangun untuk putra Khufu, Firaun Khafre (2558-2532 SM). Piramida Khafre adalah piramida tertinggi kedua di Giza dan berisi makam Firaun Khafre. Ciri unik kompleks piramida Khafre adalah Sphinx Agung, sosok penjaga yang diukir di batu kapur dengan kepala manusia dan tubuh singa.

Bebas Tunjuk Dan Angkat Piramida Mesir Dari Panorama Di Giza

Sphinx Agung adalah patung terbesar di dunia kuno, berukuran panjang 240 kaki dan tinggi 66 kaki. Selama Dinasti ke-18 (c. 1500 SM), Sphinx Agung dipuja sendirian sebagai patung lokal dewa Horus.

Selama bertahun-tahun, legenda telah diceritakan tentang Sphinx Agung. Kisah-kisah ini menceritakan tentang kekuatan dan misteri sphinx ini. Beberapa bahkan percaya ada lorong atau ruang tersembunyi di bawah Sphinx Agung, namun tidak ada yang ditemukan. Awal cerita tentang Sphinx Agung tertulis pada prasasti di antara cakar sphinx.

Ceritanya suatu hari seorang pangeran muda tertidur di sebelah Sphinx Agung. Dia telah berburu sepanjang hari dan sangat lelah. Dia bermimpi bahwa Sphinx Agung berjanji bahwa dia akan menjadi penguasa Mesir Hulu dan Hilir jika dia membersihkan pasir yang menutupi tubuhnya (Sphinx Agung ditutupi sampai ke leher).

Cerita selanjutnya telah hilang, jadi Anda harus menggunakan imajinasi Anda untuk menyelesaikannya. Prasasti ini dibuat oleh Firaun Thutmose IV yang hidup sekitar tahun 1400 SM.

Ajaib, 5 Bangunan Ini Bisa Terlihat Dari Luar Angkasa!

Piramida paling selatan Giza dibangun untuk putra Khafre, Menkaure (2532-2503 SM). Ini adalah piramida terpendek dari tiga piramida (218 kaki) dan merupakan cikal bakal piramida kecil yang dibangun pada Dinasti Kelima dan Keenam.

Kata “piramida” sebenarnya berasal dari kata Yunani “pyramis” yang berarti “kue gandum”. Kata “piramida” digunakan untuk menggambarkan struktur Mesir kuno karena mengingatkan orang Yunani pada tepi tajam kue gandum. Kata Mesir kuno untuk piramida adalah “mer”.

Ada piramida bertingkat dengan alas besar yang terkadang terlihat seperti tangga raksasa. Para arkeolog meyakini tangga tersebut dibangun sebagai tangga yang digunakan para raja untuk naik ke dewa matahari. Ada juga piramida yang lebih curam dan sisinya rata. Piramida ini melambangkan gundukan yang terbentuk pada permulaan waktu. Suryadev berdiri di atas bukit dan menciptakan dewa dan dewi lainnya.

Baca Juga  Segala Sesuatu Yang Berhubungan Dengan Kegiatan Memerankan Disebut

Meskipun beberapa versi sejarah yang populer mengklaim bahwa piramida dibangun oleh budak atau orang asing yang dipaksa, kerangka yang digali dari daerah tersebut menunjukkan bahwa para pekerja tersebut kemungkinan besar adalah penduduk asli Mesir yang bekerja di piramida tersebut selama tahun-tahun banjir Sungai Nil. Sebagian besar lahan berdekatan. Sekitar 2,3 juta balok batu (masing-masing rata-rata 2,5 ton) harus dipotong, diangkut, dan dirakit untuk membangun Piramida Besar Khufu. Sejarawan Yunani kuno, Herodotus, menulis bahwa dibutuhkan waktu 20 tahun untuk membangunnya dan membutuhkan 100.000 orang, namun bukti arkeologi kemudian menunjukkan bahwa jumlah tenaga kerja sebenarnya mungkin sekitar 20.000 orang.

Ruang Tersembunyi Ditemukan Di Piramida Mesir Yang Nyaris Runtuh Halaman All

Namun, pada tahun 1990-an, makam para pembangun piramida ditemukan. Ahli Mesir Kuno percaya bahwa mereka bukanlah budak, melainkan pembangun yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah. Penguburannya di pekuburan menunjukkan bahwa perannya dalam membangun piramida adalah sebuah kehormatan dan tentu saja bukan perlakuan terhadap budak.

Salah satu misteri besar piramida Mesir adalah teknik konstruksi yang digunakan dalam konstruksinya. Prestasi luar biasa orang Mesir bahkan lebih mengesankan jika kita memperhitungkan bahwa lebih dari 2 juta blok batu kapur dan granit digunakan untuk membangun Piramida Besar Giza. Setiap bongkahan batu memiliki berat sekitar 2,5 ton (2,3 ton).

Jadi bagaimana cara memindahkan balok besar ini? Sayangnya, orang Mesir tidak menyimpan catatan tertulis dan banyak teori telah diajukan selama bertahun-tahun. Sebuah studi tahun 2014 berteori bahwa hal itu bisa sesederhana air dan pasir. Berasal dari tahun 1900 SM, lukisan dinding tersebut menggambarkan prosesi laki-laki yang menarik sosok besar di atas kereta luncur saat sosok di depan menuangkan air ke pasir. Meski awalnya gerakan ini dianggap murni seremonial, namun terdapat bukti ilmiah bahwa lukisan ini memegang kunci untuk mengungkap seluruh misteri bagaimana gravitasi bergerak.

Para peneliti bereksperimen dengan menarik beban besar pada kereta luncur melintasi pasir dan menemukan bahwa menambahkan jumlah air yang tepat membuat tugas tersebut menjadi lebih mudah. Kadar air pasir mengurangi gesekan hingga 50%, sehingga memungkinkan untuk mengangkut beban yang lebih besar.

Bukit Piramida Bertuah Dan Sisa Pondasi Padepokan Raden

Piramida dibangun sebagai tempat pemakaman dan peringatan para firaun. Sebagai bagian dari agama mereka, orang Mesir percaya bahwa firaun memerlukan hal-hal tertentu agar berhasil di akhirat. Di dalam piramida, firaun dimakamkan dengan segala macam benda dan harta yang mungkin ia perlukan untuk akhirat.

Di dalam piramida terdapat ruang pemakaman firaun, yang berisi harta dan benda untuk digunakan firaun di akhirat. Dindingnya sering kali ditutupi dengan ukiran dan lukisan. Di sebelah kamar firaun ada ruangan lain tempat anggota keluarga dan pelayan dimakamkan. Seringkali terdapat ruangan kecil yang berfungsi sebagai kuil dan ruangan besar untuk penyimpanan.

Baca Juga  Ppkm Kepanjangan Dari Brainly

Lorong sempit menuju ke luar. Terkadang ruang pemakaman atau lorong palsu digunakan untuk menjebak perampok makam. Karena harta berharga terkubur di dalam piramida, perampok makam mencoba menerobos dan mencuri harta karun tersebut. Terlepas dari upaya terbaik Mesir, pada 1000 SM piramida telah dijarah hampir seluruh harta karunnya.

Ahli Mesir Kuno telah mengembangkan beberapa teori mengapa makam raja-raja awal dibangun dalam bentuk piramida. Berikut tiga gagasan berbeda:

Desain Arsitektur Art Deco: Fakta, Sejarah, & Karakteristik

Perampok makam dan pengacau lainnya di zaman kuno dan modern memindahkan sebagian besar jenazah dan barang-barang penguburan dari piramida Mesir, dan juga menjarah bagian luarnya. Terutama karena lapisan batu kapur putih halus, Piramida Besar tidak lagi mencapai ketinggian aslinya; Khufu, misalnya, tingginya hanya 451 kaki. Meskipun demikian, jutaan orang terus mengunjungi piramida setiap tahun, tertarik dengan kemegahannya yang luar biasa dan daya tarik abadi masa lalu Mesir yang kaya dan gemilang. Ada sekitar 138 piramida di Mesir yang menampung beberapa generasi raja. Salah satu piramida Mesir adalah Piramida Giza yang disebut-sebut sebagai salah satu keajaiban dunia.

Meski terkenal dengan piramidanya, Mesir bukanlah satu-satunya negara yang memiliki sisa-sisa piramida dari masa lalu. Mesir bahkan bukan negara dengan piramida tertinggi atau terbesar di dunia. Piramida berada di negara-negara berikut di dunia.

Sudan merupakan negara dengan jumlah piramida terbanyak di dunia. Negara di Afrika Utara ini memiliki sekitar 200 hingga 255 piramida, jauh lebih banyak dibandingkan piramida Mesir yang hanya memiliki 136 bangunan, seperti dikutip pada hal.

Piramida Sudan juga tidak dibangun oleh orang Mesir yang melakukan perjalanan ke selatan. Piramida tersebut dibangun oleh masyarakat Kerajaan Kush, sebuah peradaban kuno yang menguasai tepian Sungai Nil dari sekitar tahun 1070 SM hingga 350 M. Kawasan dengan jumlah piramida terbesar terletak di kota kuno Mero di Nubia (sekarang Sudan tengah).

Peradaban Dan Kebudayaan Mesir Kuno

Meskipun piramida Nubia dibangun sekitar 500 tahun setelah orang Mesir berhenti membangun piramida, piramida tersebut juga dibangun sebagai tempat peristirahatan terakhir keturunan raja dan bangsawan yang telah meninggal.

Bedanya, piramida Sudan memiliki kemiringan yang curam dan sempit. Piramida Sudan juga lebih pendek, sekitar 6-30 meter. Sedangkan piramida Mesir tingginya sekitar 138 meter. Piramida masih dapat dilihat di Sudan, meski beberapa di antaranya dihancurkan oleh perburuan harta karun Italia.

Piramida terbesar di dunia terletak di Meksiko yaitu Piramida Besar Cholula. apa ini

Kembang goyang berbentuk seperti, bangunan berbentuk kubus, keputihan berbentuk gumpalan putih seperti keju, keputihan berbentuk seperti keju, penderita hiv dapat terlihat seperti orang yang sehat, bahan bangunan seperti triplek, bangunan berbentuk segitiga, bangunan piramida, atap rumah gudang berbentuk seperti, apa yang menyebabkan mata kita terlihat seperti mata panda, doa terlihat cantik seperti bidadari, bangunan berbentuk kerucut