Apa Kelebihan Renang Gaya Bebas Dibandingkan Dengan Renang Gaya Lain – 1. Gerakan meluncur 2. Gerakan lengan 3. Gerakan kaki 4. Gerakan pernapasan 1. Melatih otak 2. Melatih ketahanan jasmani 3. Mengendalikan stres 4. Menerapkan pembentukan kebiasaan tubuh 5. Menguatkan jiwa

Kita mengenal banyak jenis renang, seperti renang, gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya katak, atau gaya dada. Salah satu gerakan yang sangat sederhana adalah berenang gaya bebas.

Apa Kelebihan Renang Gaya Bebas Dibandingkan Dengan Renang Gaya Lain

Meski terdengar sederhana, renang gaya bebas memerlukan koordinasi antara gerakan tubuh dan pernapasan. Selain itu, orang juga sering melakukan kesalahan saat berolahraga terlalu cepat.

Kelebihan Menggunakan Keramik Porselen Pada Kolam Renang

Lantas, bagaimana cara berenang yang benar? Apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya, ya!

Renang gaya bebas merupakan salah satu cara berbicara sambil berenang. Gaya ini juga dikenal sebagai front creep. Posisi badan telungkup, menunduk.

Dibandingkan gaya renang lain seperti gaya kupu-kupu, gaya dada, atau gaya punggung, renang gaya bebas lebih mudah dipelajari.

Diadaptasi dari modul Renang Gaya Bebas yang ditulis oleh Agus Supriyanto, renang gaya bebas sudah ada sejak lama dan terlihat pada lukisan-lukisan kuno.

Baca Juga  Contoh Limbah Bangun Datar

Manfaat Renang Gaya Dada

Kompetisi renang gaya bebas pertama diadakan oleh perenang India di London pada tahun 1844. Namun renang jenis ini dianggap kurang elegan karena menimbulkan kebisingan dan cipratan air kemana-mana.

Disadur dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan karya Muhi Farooq, teknik renang gaya bebas meliputi:

Untuk gerakan tangan, gerakan kanan dan kiri dilakukan secara bergantian. Pergerakan di sebelah kanan meliputi;

Pada renang gaya bebas, teknik pernafasan harus dilakukan dengan cepat. Selain itu, kepala tidak boleh sepenuhnya berada di atas permukaan air.

Pdf) Peningkatan Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Bebas Melalui Latihan Interval Akuatik Pada Atlet Para Renang

Menurut Rohman (2019) dalam repo.undiksha.ac.id, ciri-ciri renang gaya bebas adalah seluruh bagian tubuh berada pada satu garis lurus, serta gerakan lengan dan kaki bergantian.

Seperti halnya olahraga lainnya, berenang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Dilaporkan juga dari sumber yang sama, manfaat renang gaya bebas antara lain;

Saat berenang gaya bebas, kemampuan ingatan kita juga akan berkembang karena kita dapat melakukan berbagai gerakan dalam waktu yang bersamaan.

Bagi yang sedang diet dan tidak menyukai olahraga yang melibatkan keringat, Anda bisa mencoba berenang secara rutin.

Kelebihan Asam Sitrat Sebagai Pembersih Kolam Renang

Pada awalnya, teknik pernafasannya sulit. Namun jika Anda sudah mencapai keterampilan ini, renang Anda akan lebih baik.

Berenang gaya bebas dapat dimulai dengan mengambil posisi awal di atas bagasi, kemudian melompat ke dalam kolam. Setelah itu, teknik renang gaya bebas dapat dilakukan secara normal.

Renang gaya bebas harus dilakukan secara rutin dan disertai latihan, agar tubuh kita tidak kaku dan diperoleh kecepatan gerak yang baik.

Berenang gaya bebas dengan jarak 20-25 meter, ulangi. Olah raga bisa dilakukan dengan cara berputar-putar di sekitar kolam atau maju mundur.

Baca Juga  Apa Arti Last Name

Kemampuan Atlet Renang Siman Sudartawa Dinilai Mulai Kembali

Hanya saja koordinasi pernapasan dan gerak tubuh pada awalnya sangat sulit. Namun jika Anda sering berolahraga, tubuh Anda akan terbiasa. 4 keterampilan dasar renang gaya bebas meliputi posisi tubuh, gerakan kaki, gerakan lengan, dan pernapasan. Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Salah satu jenis bicara dalam renang adalah gaya bebas. Gaya ini dianggap paling mudah dikuasai dan direkomendasikan bagi pemula yang baru belajar berenang. Berikut teknik renang gaya bebas mulai dari gerakan kaki hingga pernafasan.

Menurut penjelasan Federasi Renang Internasional (FINA), ada empat jenis gaya renang, yaitu gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung.

Dibandingkan ketiga gaya renang lainnya, gaya bebas merupakan gaya yang paling umum digunakan oleh para atlet peserta renang. Jenis renang ini memungkinkan tubuh bergerak cepat di dalam air, sehingga sangat cocok digunakan dalam renang kompetitif untuk mengungguli lawan.

Manfaat Berenang Yang Melebihi Jenis Olahraga Lain

Renang gaya bebas diartikan sebagai berenang dengan badan menghadap ke depan, dan gerakan kedua kaki naik turun secara bergantian, sedemikian rupa

Berenang gaya bebas memiliki banyak manfaat fisik yang luar biasa, mulai dari membentuk otot, meningkatkan fungsi jantung-paru, latihan pernapasan, membakar kalori dalam tubuh, hingga menghilangkan stres.

4 Teknik dasar renang gaya bebas meliputi pengendalian posisi tubuh, gerakan kaki (leg), gerakan lengan dan pernafasan. Manfaat renang gaya bebas seperti yang telah disebutkan di atas, dapat diperoleh dengan baik jika Anda menerapkan keterampilan dasar dengan benar.

1. Posisi Tubuh Renang gaya bebas dilakukan dengan posisi tubuh sejajar dengan permukaan air. Saat melakukan peregangan, pastikan saraf tubuh Anda rileks.

Spesialisai Cabang Olahraga Renang

2. Gerakan kaki Dalam renang gaya bebas, gerakan kaki dan lengan bekerja sama untuk menghasilkan dampak.

Baca Juga  Sebutkan Karakteristik Benua Amerika

Gerakan kaki renang gaya bebas bergantian naik turun dan melintang. Dan bentuk gerakannya sama dengan berjalan.

3. Gerakan lengan Pada renang gaya bebas, gerakan lengan terdiri atas tiga tahap, yaitu tarikan, dorongan, dan pemulihan atau istirahat.

A. Peregangan Tahap peregangan diawali dengan telapak tangan masuk ke dalam air di depan kepala hingga lengan mencapai bidang vertikal. Kemudian tarik ke belakang sambil menekuk telapak tangan 90 derajat.

Pdf) Metode Drill Menggunakan Media Flipper Float Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Renang Gaya Bebas

B. Pada saat mendorong setelah mencapai titik dimana lengan membentuk sudut 90 derajat, perenang dapat melakukan tahap mendorong hingga lengan lurus ke belakang.

C. Pemulihan Tahap pemulihan dilakukan dengan mengeluarkan siku dari dalam air, kemudian tangan dan jari, kemudian dipindahkan ke mulut dekat badan. Gerakan pemulihan ini dilakukan secara lembut.

4. Teknik pernafasan Selain gerakan lengan dan kaki, teknik pernafasan pada renang gaya bebas juga tidak boleh dilupakan.

Dalam irama telaga, pernafasan dilakukan secara terus menerus dalam satu arah, ke kanan atau ke kiri. Cara ini digunakan untuk renang gaya bebas jarak pendek dan menengah.

Pdf) Gaya Mengajar Otoriter Dan Demokratis Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas

Namun, pada perenang gaya bebas dan pelari maraton jarak jauh, pernapasan ganda kiri dan kanan biasanya dilakukan secara bergantian.

Keterampilan pernapasan memerlukan latihan agar dapat tampil sempurna saat berada di dalam air. Setelah instruktur memahami teknik pernafasan pada renang gaya bebas, maka instruktur harus menerapkan 4 teknik dasar renang gaya bebas tersebut dengan benar dan berturut-turut.

Tarikan pada renang gaya bebas dilakukan dengan cara memutar kepala menghadap sumbu panjang badan. Proses pemintalan ini tidak memerlukan air sama sekali. Cukup dengan memutar kepala hingga seluruh mulut berada pada atau di atas permukaan air.

Perenang juga harus memahami apa yang harus dilakukan saat berenang, seperti pendinginan. Tujuannya untuk mengendurkan saraf dengan berenang.

Mengatasi Saraf Kejepit Dengan Berenang, Memangnya Ampuh?

Pengertian renang gaya bebas, rangkuman renang gaya bebas, artikel tentang renang gaya bebas, makala renang gaya bebas, nama lain renang gaya bebas, kelebihan renang gaya bebas, sejarah renang gaya bebas, nama lain dari renang gaya bebas, materi tentang renang gaya bebas, materi renang gaya bebas, penjelasan renang gaya bebas, artikel renang gaya bebas