Yang Bukan Merupakan Tujuan Promosi Menurut Sistaningrum Adalah – Periklanan adalah aliran informasi, satu arah, atau persuasi untuk mengarahkan individu atau organisasi melakukan tindakan yang menciptakan perubahan di pasar (Swastha dan Irawan, 2005: 349). Periklanan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang berarti kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan/atau mengingatkan pasar sasaran terhadap suatu perusahaan dan produknya, agar mereka bersedia membeli dan loyal terhadap produk yang ditawarkan. Dari perusahaan yang bersangkutan (Tjiptono, 2002: 219).

Tujuan periklanan adalah untuk mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Periklanan bukan hanya sekedar mengkomunikasikan atau menyampaikan informasi, tetapi juga menginginkan komunikasi untuk menciptakan lingkungan/keadaan sehingga pelanggan bersedia memilih dan memiliki produk tersebut. Menurut Swastha (2000: 245-246), tujuan dan fungsi periklanan adalah sebagai berikut:

Yang Bukan Merupakan Tujuan Promosi Menurut Sistaningrum Adalah

Iklan dapat memberikan nilai tambah pada suatu objek dengan memberikan informasi kepada pengguna. Iklan dapat memberikan informasi baik mengenai produknya, harga, atau informasi lain yang berguna bagi konsumen, jika tidak ada informasi tersebut maka masyarakat akan ragu atau tidak akan mengetahui banyak tentang suatu produk. Oleh karena itu, periklanan merupakan suatu cara bagi penjual dan pembeli untuk menginformasikan kepada pihak lain mengenai kebutuhan dan keinginan mereka sehingga kebutuhan dan keinginan tersebut dapat dipengaruhi dengan mempertahankan perubahan yang memuaskan.

Pdf) Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7p Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi

Iklan selain memberikan informasi juga merupakan salah satu bentuk persuasi khususnya kepada calon pembeli dengan mengatakan bahwa produk yang satu lebih baik dari yang lain.

Baca Juga  Musik Yang Secara Turun-temurun Lahir Dari Budaya Daerah Disebut

Iklan dapat memberikan kesan tertentu kepada calon pengguna tentang produk yang diiklankan, sehingga pemasar menciptakan iklan sebaik mungkin, misalnya untuk periklanan (iklan) dengan menggunakan warna, gambar, atau tata letak yang menarik.

Periklanan dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan, yaitu menciptakan pertukaran yang menguntungkan melalui komunikasi sehingga keinginan mereka terpenuhi. Dalam hal ini, komunikasi dapat menunjukkan cara untuk menjaga pertukaran yang saling memuaskan.

Bauran periklanan merupakan kombinasi strategis terbaik dari variabel periklanan, penjualan pribadi dan alat promosi lainnya, yang kesemuanya dirancang untuk mencapai tujuan program penjualan (Swastha & Irawan, 2005: 349). Bauran periklanan merupakan suatu alat yang digunakan dalam periklanan yang meliputi periklanan, promosi penjualan, dan pemasaran langsung.

Ph 2 Pkwu Promosi

Periklanan merupakan kegiatan periklanan yang digunakan untuk memadukan suatu produk atau jasa dengan sasaran pembeli dan masyarakat. Periklanan (advertising) adalah alat periklanan yang populer. Tujuan periklanan adalah untuk menjual atau meningkatkan penjualan dengan menyampaikan informasi tentang barang atau jasa.

Promosi penjualan adalah kumpulan besar, sebagian besar merupakan alat jangka pendek, yang dirancang untuk mendorong pembelian segera dan/atau lebih besar suatu produk atau layanan oleh konsumen atau pemasar. Aktivitas penjualan yang bersifat jangka pendek, tidak berulang, dan alami dimaksudkan untuk mendorong respons pasar yang lebih cepat. Tujuan dari promosi penjualan adalah untuk meningkatkan penjualan atau menambah jumlah pelanggan. Promosi penjualan dapat dilakukan dengan menawarkan diskon, kompetisi, kupon atau sampel produk.

Pemasaran langsung adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media periklanan untuk menghasilkan respon dan/atau transaksi yang dapat diukur pada satu lokasi. Tujuan pemasaran langsung adalah mengkomunikasikan suatu produk atau jasa secara langsung kepada konsumen yang dianggap mempunyai potensi tinggi. Kegiatan pemasaran langsung inipun dilakukan dengan pengukuran agar jelas mana usaha yang berhasil dan mana yang gagal.

Baca Juga  Tujuan Penulisan Teks Laporan Percobaan Adalah