Wiraga Yaiku – Tarian merupakan ekspresi jiwa manusia melalui gerakan ritmis yang indah. Ada tiga unsur dalam tari: Viraga, Virama dan Virasa.

Virag merupakan gerak dasar atau keterampilan tubuh seorang penari. Selain unsur gerak, hakikat seni tari adalah keseimbangan irama dan rasa. Ketiga faktor tersebut saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.

Wiraga Yaiku

Keterampilan motorik fisik meliputi gerakan jari, pergelangan tangan, siku, bahu, leher, wajah, kepala, lutut, mulut, dada, perut, pinggul, bola mata, alis, pergelangan kaki, dan jari tangan.

Gladhi Basa Kelas 7 Sem1 Lan 2 Rev 1 _compressed_compressed

Dalam struktur gerak suatu tari, berbagai gerak itu membentuk suatu kesatuan yang disebut satuan bentuk gerak. Namun diperlukan latihan yang serius untuk mencapai bentuk kesatuan gerakan yang diinginkan.

Kata taal artinya berirama. Dalam konteks tari, jeda merupakan suatu gerakan berirama yang dilakukan oleh seorang penari.

Salah satu fungsi tala adalah mengendalikan jenis dan kecepatan gerak tari. Sedangkan berdasarkan aksennya, ritme dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Virasa adalah kemampuan mengungkapkan dan menggambarkan tari yang dibawakan untuk menampilkan tari secara keseluruhan. Selain gerak, ekspresi juga penting dalam menentukan bentuk dan karakter tari.

Pts Genap Basa Jawa Worksheet

Selain itu, virasa tari digunakan untuk mengetahui tingkat penghayatan dan spiritualitas tari tersebut. Misalnya keras, lembut, senang, sedih yang diungkapkan melalui gerakan dan ekspresi wajah untuk menciptakan keindahan.

Geguritan yaiku, sesorah yaiku, yaiku, beskap yaiku, putrane puntadewa yaiku, ruwatan yaiku, sanepa yaiku, cerita rakyat yaiku, sage yaiku, wiraga, tanggap wacana yaiku, pengertian wiraga

Baca Juga  Berikut Perwujudan Kebudayaan Yang Dapat Dilihat Secara Nyata Adalah