Wawasan Nusantara Ditetapkan Agar Bangsa Indonesia Dapat – 2 Presiden Kelompok 1: Gabriel Renata Handoyo Anggota: Sri Ayu Wahyuni ​​Pipin SK Putri Wahyu Purvaning Tiyas Ni Putu Intan Justica Rini Devi Vera Silviana Sofranita Prativi Sindiesti Larisa Yusuf Selavijaya Fashfachish Evahyoya Selavijaya Sylvia Silvia Silvijaya Jamil Shofchavl

Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap manusia, bangsa, dan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia yang meliputi wilayah darat, laut, dan udara di atasnya sebagai faktor politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan. satuan. Wawasan nusantara sebagai pemahaman nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini oleh seluruh rakyat secara benar agar tidak terjadi kesalahan dan penyimpangan dalam mengejar dan mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.

Wawasan Nusantara Ditetapkan Agar Bangsa Indonesia Dapat

Tujuan internal adalah untuk menjamin terselenggaranya persatuan dan kesatuan dalam segala aspek kehidupan bangsa, yaitu politik, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Tujuan nasional yang terdapat pada awal UUD 1945 menjelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah “melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan rakyat dan. ikut serta dalam penyelenggaraan sistem dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.” “.

Kementerian Komunikasi Dan Informatika

5 3. Tujuan eksternal, yaitu menjamin kepentingan nasional dalam dunia yang terus berubah dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, serta pengembangan kerjasama dan saling menghormati.

Indonesia adalah negara kepulauan, artinya Indonesia terdiri dari pulau-pulau. Hal ini juga menunjukkan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa dengan bahasa yang berbeda, adat istiadat yang berbeda, kepercayaan, seni, ilmu pengetahuan, gaya hidup dan cara berpikir. Berkat kekuatan kerajaan Majapahit dan penjajahan Belanda, Indonesia mulai bersatu. Agar Indonesia menjadi negara merdeka, ia harus memiliki wilayah, penduduk, dan pemerintahan. Seluruh penduduk kepulauan Indonesia yang dijajah oleh Belanda sepakat untuk bersatu dan mendirikan satu negara melalui sumpah pemuda.

7 Untuk kemerdekaan Indonesia, Indonesia harus memiliki kemauan bersama. Setelah kemerdekaan Indonesia, Indonesia harus menjaga persatuan negara yang mereka perjuangkan dengan darah. Oleh karena itu, Indonesia harus memiliki pandangan yang sama tentang bangsa Indonesia terhadap negara Indonesia. Pandangan bangsa Indonesia tentang diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan yang berdasarkan Pancasila dengan segala aspek kehidupannya disebut pandangan nusantara. Pemahaman tentang nusantara dibentuk dan dijiwai oleh geopolitik. geopolitik adalah ilmu pemerintahan yang berfokus pada kondisi geografis. Geopolitik selalu dikaitkan dengan kekuasaan dan kekuatan yang mengedepankan paham atau mempertahankan paham yang dianut oleh suatu bangsa atau negara untuk menjaga persatuan dan kesatuannya.

Baca Juga  Berikut Ini Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Frekuensi Pernapasan Adalah

Wawasan Nusantara menjadi pedoman, penyemangat, motivasi dan indikator dalam menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan tindakan bagi penyelenggara pemerintahan di pusat dan daerah dan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Apa Saja Peran Warga Dalam Implementasi Wawasan Nusantara & Dampak

Pemahaman nusantara digunakan sebagai konsep stabilitas nasional, yaitu pemahaman nusantara digunakan sebagai konsep dalam pembangunan nasional, keamanan dan pertahanan wilayah. Pengertian nusantara sebagai pengertian pembangunan meliputi kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial ekonomi, kesatuan sosial politik dan kesatuan pertahanan keamanan. Pengertian nusantara sebagai pengertian pertahanan dan keamanan nasional merupakan pandangan geopolitik Indonesia dalam tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan seluruh kekuatan negara. Konsep kepulauan sebagai pemahaman teritorial yang bekerja dalam batas negara, tidak ada konflik dengan negara tetangga.

Hakikat pemahaman nusantara adalah keutuhan nusantara, cara pandang yang selalu relevan di seluruh nusantara dan lautan kepentingan nasional. Oleh karena itu, setiap warga bangsa dan aparatur negara hendaknya berpikir, bersikap, dan bertindak dalam kerangka dan untuk kepentingan bangsa.

Dengan latar belakang budaya, sejarah dan geografis serta konstelasi dan perhatian terhadap pengembangan lingkungan strategis, visi pemahaman nusantara adalah sebagai berikut: 1. Indonesia harus menerima bangsa dan berusaha mencegah dan memberantas sesegera mungkin. faktor-faktor yang menyebabkan disintegrasi bangsa dan berusaha memelihara dan memelihara persatuan.

Inilah ketentuan-ketentuan pokok yang harus dihormati, diikuti, dilestarikan dan dilaksanakan agar tetap patuh dan setia kepada komponen/unsur pembentuk bangsa Indonesia (suku/golongan), kesepakatan umum (perjanjian). Prinsip Vasantara adalah: 1. Kepentingan/tujuan bersama 2. Keadilan 3. Kewajaran 4. Solidaritas 5. Kerjasama 6. Loyalitas pada kesepakatan

Pdf) Strategi Penguatan Keamanan Maritim Nasional Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan Nkri

16 2. Isi Cita-cita bangsa Indonesia diungkapkan dalam pembukaan UUD 1945 yang menyatakan bahwa negara Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Bangsa Indonesia hidup sebagai bangsa yang merdeka. Asas penyambungan seluruh aspek kehidupan bangsa bercirikan kesatuan, keutuhan dan totalitas. 3. Kode etik Kode etik pemahaman nusantara mencakup dua hal, yaitu aspek internal dan aspek eksternal.

1. Konsep Nusantara Karakteristik Wilayah Lautan Nusantara 2. Geopolitik dan Geostrategi Geostrategi: Strategi adalah politik dalam tindakan, yaitu upaya untuk mencapai tujuan atau sasaran yang ditetapkan menurut kemauan politik. Geopolitik: pertimbangan utama dalam mengidentifikasi alternatif kebijakan nasional untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga  Sebutkan Empat Contoh

Sejak tanggal 17-8-1945 sampai dengan tanggal 13-12-1957, wilayah negara Republik Indonesia ketika merdeka dimasukkan ke dalam wilayah bekas Hindia Belanda berdasarkan ketentuan “Trritoriale Zee en Maritieme Kringen Ordonantie” dari tahun 1939. batas wilayah laut Indonesia. Sejak Deklarasi Juanda (13-12-1957) sampai – 2 – 1969, Deklarasi Juanda kemudian disahkan dengan UU No.2. 4/Prp/1960 mulai tanggal 18 Februari di perairan Indonesia Sejak saat itu telah terjadi perubahan bentuk wilayah negara dan cara perhitungannya.

19 Sejak tanggal 17-2-1969 (Deklarasi Landas Kontinen) hingga saat ini, Deklarasi Landas Kontinen Republik Indonesia merupakan konsep politik yang didasarkan pada konsep wilayah. Pernyataan ini juga dipahami sebagai upaya melegitimasi Wawasan Nusantara. Zona ekonomi eksklusif (ZEE) Pemerintah negara mengumumkan zona ekonomi eksklusif pada 21 Maret. Batas ZEE selebar 200 meter yang dihitung dari garis bawah laut Indonesia. Alasan penetapan KEK adalah sebagai berikut: 1. Stok ikan semakin terbatas. 2. Kebutuhan pembangunan nasional Indonesia. 3. Zona ekonomi eksklusif berlaku hukum internasional.

Pembangunan Daerah Berbasis Wawasan Nusantara

Untuk mempercepat tercapainya tujuan Wawasan Nusantara, selain implementasi sebagaimana tersebut di atas, juga perlu dilakukan sosialisasi materi Nusantara kepada seluruh masyarakat Indonesia. Gagasan korektif nusantara dapat diimplementasikan dengan cara-cara berikut:

1. Negara Indonesia mendapat tambahan wilayah perairan teritorialnya, yang dapat digunakan oleh negara Indonesia di wilayahnya dan mempunyai kekuatan politik. 2. Dampak positif pemahaman nusantara terhadap perekonomian yaitu Indonesia yang kaya akan sumber daya alam dipelajari untuk mempengaruhi pembangunan nasional.

Globalisasi serta kemajuan teknologi di bidang komunikasi telah membawa berbagai dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah sekarang generasi muda kita lebih tertarik dengan budaya asing sehingga nilai-nilai kebangsaan mereka semakin menurun. Banyak dari generasi muda kita yang tidak mengetahui betapa indah dan banyaknya objek wisata alam yang kita miliki di negara kita.

24 Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa yang aktif dan terbuka tentang persoalan ini, seiring dengan campur tangan negara, kita harus ikut serta menyeru dan menginformasikan kepada orang lain yang masih belum memahami negara kita, agar semangat nasionalisme dapat dikokohkan kembali. yaitu. bahwa cinta dan kebanggaan kita benar-benar dilandasi oleh nusantara ini

Wawasan Nusantara: Pengertian, Latar Belakang, Fungsi, Dan Implementasi

Penerapan atau penerapan pemahaman Wawasan Nusantara harus tercermin dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindakan yang selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. Bidang ekonomi Penyeimbangan keuangan pusat dan daerah dengan dikeluarkannya UU No. 25 Tahun 1999 tentang perimbangan keuangan antara pusat dan daerah.

Baca Juga  If Today Is Your Birthday I Give You Present

26 Pemilihan bidang politik bagi presiden, anggota Partai Rakyat Demokratik, dan kepala daerah harus berpegang pada prinsip demokrasi dan keadilan, agar tidak merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Bidang Sosial Pemerataan pendidikan di semua daerah dan program wajib belajar harus diprioritaskan untuk daerah tertinggal. Perlindungan budaya, pengembangan museum dan cagar budaya.

Kegiatan pembangunan pertahanan dan keamanan harus memungkinkan setiap warga negara untuk berperan aktif karena kegiatan tersebut merupakan kewajiban setiap warga negara, seperti menjaga kelestarian lingkungan, meningkatkan disiplin, melaporkan ancaman keamanan kepada aparat keamanan, dan pelatihan kemiliteran. .

28 KESIMPULAN Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pandangan kepulauan adalah keutuhan nusantara atau nasional, dalam arti merupakan pandangan yang sepenuhnya inklusif dalam nusantara dan untuk kepentingan nasional.

Cari Tahu Alat Alat Pemersatu Bangsa Kita

Agar situs web ini berfungsi, kami mengumpulkan data pengguna dan membagikannya dengan pemroses. Jika Anda ingin menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami.

Sebagaimana disebutkan dalam Buku Pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas X (2017), seiring dengan penggunaan Wawasan Nusantara dalam aspek kehidupan berbangsa yang berkaitan dengan hidup dan berintegrasi dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Upaya peningkatan stabilitas ekonomi adalah upaya peningkatan kapasitas produksi dan kelancaran serta pemerataan distribusi barang dan jasa di seluruh negeri, yang ditujukan untuk kesejahteraan rakyat. perlu untuk mencegah perekonomian nasional

Hakikat dari kelestarian budaya adalah penyelenggaraan dan pelaksanaan kehidupan sosial budaya, yang dapat mengembangkan kemampuan pribadi dengan segala kemungkinannya berdasarkan nilai-nilai pancasila.

Harkannas Ke 5

Penerapan wawasan nusantara dalam kehidupan pertahanan adalah pencarian stabilitas dan stabilitas untuk membangun kekuatan nasional dalam melawan dan mengalahkan ATHG, yang dapat mengancam identitas, keutuhan, dan kelangsungan hidup bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Hal ini terlihat dari bentuk pemerintahan yang kuat, ambisius dan kredibel. Sebuah pemerintahan yang kuat dibangun sebagai perwujudan kedaulatan rakyat.

, penerapan wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan suatu sistem ekonomi yang pada hakikatnya akan menjamin pemenuhan, peningkatan kesejahteraan dan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, implementasi Visi Nusantara mencerminkan tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam, dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat antardaerah berdasarkan asas timbal balik dan perlindungan sumber daya alam itu sendiri.

Dinamika Historis Dan Urgensi Wawasan Nusantara Sebagai Konsepsi Pandangan Kolektif Kebangsaan Indonesia Dalam Konteks Pergaulan Dunia P E N D I D I K.

Penerapan pandangan Nusantara dalam kehidupan bermasyarakat

Arti wawasan nusantara, wawasan nusantara, gambar wawasan nusantara, contoh wawasan nusantara, gambar peta wawasan nusantara, buku tentang wawasan nusantara, konsep wawasan nusantara, buku wawasan nusantara, rangkuman wawasan nusantara, apa makna wawasan nusantara bagi bangsa indonesia, jurnal wawasan nusantara, latihan soal wawasan nusantara