Untuk Mengetahui Ada Tidaknya Suatu Hantaran Listrik Digunakan Alat Berupa – Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang jenis-jenis solusi. Terutama larutan elektrolit dan non-elektrolit. Baca artikel ini sampai akhir. Ayo Belajar! –

Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan dapat dibagi menjadi dua jenis: larutan elektrolit dan larutan non-elektrolitik. Jadi, tahukah Anda larutan apa saja yang termasuk larutan elektrolit? Jadi larutan manakah yang bukan elektrolit? Jika belum mengetahuinya, kami akan membahasnya pada artikel kali ini.

Untuk Mengetahui Ada Tidaknya Suatu Hantaran Listrik Digunakan Alat Berupa

Sebelum kita bicara lebih lanjut pastikan Anda memahami solusinya terlebih dahulu. Sekarang, larutan adalah campuran pelarut yang homogen atau tercampur rata dalam bentuk air dan zat terlarut.

Pdf) Analisis Rugi Tegangan Jaringan Distribusi 20 Kv Pada Pt. Pln (persero) Cabang Merauke

Jika Anda bingung, solusinya bisa dipahami dengan beberapa contoh. Misalnya larutan adalah campuran air dan garam, air dan gula, atau campuran air dan urea.

Lalu apa yang dimaksud dengan larutan elektrolit dan non-elektrolit? Anda dapat melihat gambar eksperimen konduktivitas untuk berbagai solusi di bawah.

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Apabila arus listrik mengalir melalui larutan ini maka menimbulkan gejala berupa cahaya pada alat uji atau munculnya gelembung gas pada larutan.

Hasil percobaan ditunjukkan pada gambar (b) dan (c) yang menunjukkan bahwa larutan mempunyai cahaya terang dan gelembung gas. Oleh karena itu, kedua jenis larutan ini dapat kita klasifikasikan sebagai larutan elektrolit.

Baca Juga  Sebutkan Zat Yang Termasuk Ke Dalam Campuran

Instalasi Penerangan Listrik

Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena mengandung ion-ion bebas yang berasal dari zat terlarut dan terionisasi. Gejala pertama dalam menentukan larutan elektrolit adalah terjadinya rasa terbakar pada alat uji atau munculnya gelembung-gelembung gas pada larutan.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai larutan non-elektrolit, yuk kenali dulu fitur bank soal. Siapa tahu kamu bingung mencari latihan soal untuk meningkatkan pemahamanmu di sini! Untuk membaca informasi lebih lanjut, klik banner ini!

Selain itu, larutan yang bukan elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Seperti terlihat pada hasil pengujian (a), lampu alat uji padam dan tidak terbentuk gelembung gas pada larutan.

Larutan non-elektrolit ini tidak dapat menghantarkan listrik. Hal ini disebabkan tidak adanya ion bebas dalam larutan. Hal ini karena zat terlarut tidak terpisah satu sama lain.

Jawaban Uas Antara Tie 3112200007 Cicilia Mbaubedari

Jika kita melihat hasil pengujian solusi pada tabel diatas. Dapat disimpulkan bahwa larutan yang dapat menghantarkan listrik antara lain larutan amonia, larutan HCl, larutan cuka, air aki, air laut, air jeruk nipis, dan larutan H2S, karena larutan tersebut menghasilkan bola lampu dan gelembung gas.

Dalam situasi berikutnya, meskipun beberapa larutan tidak menimbulkan api, namun menyebabkan gelembung gas. Larutan tersebut masih tergolong larutan elektrolit.

Larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik antara lain larutan urea. Larutan alkohol dan larutan glukosa karena pada saat pengujian larutan jenis ini tidak akan menerangi tabung reaksi dan tidak akan menimbulkan gelembung-gelembung gas di dalam larutan.

Sekarang coba perhatikan kembali data larutan elektrolitnya. Ternyata terdapat larutan elektrolit yang menunjukkan tanda-tanda cahaya pada alat uji. Dan ada pula larutan lain yang tidak menunjukkan gejala namun semuanya menimbulkan gejala konduksi berupa gelembung gas.

Baca Juga  Penyampaian Artinya

Laporan Titrasi Konduktometri

Larutan elektrolit yang menimbulkan gejala berupa luka bakar dan gelembung gas disebut elektrolit pekat. Contohnya termasuk HCl, air baterai, air laut, dan jus lemon.

Elektrolit yang tidak menimbulkan silau tetapi menghasilkan gelembung gas merupakan elektrolit lunak. Contohnya meliputi: larutan amonia, larutan cuka, dan larutan H

Oleh karena itu, larutan elektrolit pekat merupakan larutan yang dapat menghantarkan listrik dengan baik. Hal ini karena zat yang dilarutkan dalam larutan elektrolit pekat terpisah atau terurai dalam air dan menjadi ion positif (kation) dan ion negatif (anion).

Oleh karena itu, ketika arus listrik yang merupakan arus listrik elektron dilewatkan melalui larutan elektrolit pekat, elektron dapat terbawa dengan baik melalui ion-ion dalam larutan.

Medan Listrik Dan Potensial Listrik

Sedangkan larutan elektrolit lemah juga merupakan larutan yang tidak dapat menghantarkan listrik. Hal ini karena zat yang dilarutkan dalam larutan elektrolit lemah sebagian terdisosiasi menjadi ion. Oleh karena itu hanya sedikit ion yang terbentuk. Akibatnya elektron sulit bergerak dan aliran listrik tidak mengalir sebagaimana mestinya.

Sekarang Anda mulai mengerti, bukan? Anda bisa belajar lebih banyak dengan instruktur yang berpengalaman dan pastinya akan menyenangkan. Untuk melakukan ini, yang harus Anda lakukan hanyalah mengunduh aplikasinya. Kemudian ajukan keanggotaan di Ruangblager!

Program yang dapat digunakan untuk membuat suatu file berupa presentasi adalah, untuk mengetahui apakah suatu zat makanan mengandung protein digunakan reagen, alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda adalah, amperemeter merupakan suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran, alat yang digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda adalah, tensimeter adalah alat yang digunakan untuk mengetahui, aplikasi untuk mengetahui jarak suatu tempat, alat yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda adalah, kayu yang biasa digunakan untuk pembangunan suatu bangunan, alat ukur yang digunakan untuk mengetahui suhu badan adalah, aplikasi untuk mengetahui titik koordinat suatu tempat, alat ukur berupa meteran kain digunakan untuk

Baca Juga  Penyebab Pencemaran Udara Brainly