Tulislah Lima Anggota Asean Beserta Hari Kemerdekaannya – Bendera Negara ASEAN – Sebagai salah satu negara yang menjadi anggota ASEAN tentunya kita sudah mengetahui negara mana saja yang menjadi anggota ASEAN. Pengetahuan ini sepertinya sudah diajarkan sejak sekolah dasar.

Namun jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang ASEAN, maka pada artikel kali ini kami akan membahas berbagai fakta unik mengenai bendera ASEAN. Anda pasti akan mendapat banyak ilmu baru dari artikel ini. Jadi tonton sampai akhir.

Tulislah Lima Anggota Asean Beserta Hari Kemerdekaannya

ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau yang kita kenal dengan Association of Southeast Asian Nations. Setiap negara yang tergabung dalam ASEAN tentunya mempunyai bendera dengan warna dan filosofi yang berbeda-beda.

Wilayah Negara Negara Asean Yang Berbentuk Kepulauan Adalah Indonesia, Kenali Negara Lainnya

Sebelum kita membahas lebih detail mengenai fakta unik bendera negara-negara ASEAN, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu negara-negara mana saja yang tergabung dalam ASEAN. Di bawah ini adalah daftar negara anggota dan tanggal aksesinya:

ASEAN merupakan organisasi yang didirikan untuk kemakmuran dan kemajuan negara-negara Asia Tenggara. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, yang dalam bahasa Indonesia disebut Association of Southeast Asian Nations.

ASEAN sendiri didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Sedangkan negara pendiri atau pendirinya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Kemudian pada tahun 1984 7 Januari bergabung dengan Brunei Darussalam pada tahun 1999. 30 April – Kamboja, 1995 28 Juli – Vietnam, 1997 23 Juli – Laos dan Myanmar.

Saat ini terdapat 10 negara yang menjadi anggota ASEAN. Anggota pendiri ASEAN adalah Adam Malik dari Indonesia, Tun Abdul Razak dari Malaysia, Narciso R. Ramos dari Filipina, S. Rajaratnam dari Singapura dan Thanat Khotman dari Thailand.

Baca Juga  Ayo Hitunglah Luas Permukaan Gabungan Bangun Ruang Berikut

Kerja Sama Asean Dalam Bidang Iptek, Pelajari Yuk!

Saat itu, kelimanya menandatangani perjanjian yang dikenal dengan Deklarasi ASEAN. Deklarasi singkat tersebut menyatakan berdirinya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dan tujuan didirikannya organisasi ASEAN itu sendiri.

Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan salah satu anggota pendiri ASEAN? Maka tidak mengherankan jika hampir seluruh kegiatan ASEAN terkonsentrasi di Indonesia. Kantor Sekretariat ASEAN sendiri berlokasi di Indonesia tepatnya di Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Halaman kantornya memiliki 11 bendera, salah satunya adalah bendera ASEAN dan 10 bendera negara anggota ASEAN dengan warna berbeda. Di bawah ini kita akan mengupas berbagai fakta unik dan menarik dari masing-masing bendera negara ASEAN, mulai dari warna hingga filosofi di baliknya. Baiklah, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui, bendera Indonesia disebut juga dengan warna merah putih dan terdiri dari dua warna yaitu merah dan putih. Masyarakat pada umumnya memahami bahwa merah berarti pemberani dan putih berarti suci.

Arti Dan Makna Lambang Asean, Lengkap Dengan Sejarah Terbentuknya

Namun dibalik gemerlapnya bendera Indonesia, terdapat filosofi menarik. Ia mengatakan warna merah putih pada bendera Indonesia berasal dari mitologi Austronesia, khususnya dari suku yang pernah mendiami kepulauan Indonesia. Dalam mitologi Austronesia, warna merah diartikan sebagai langit dan putih sebagai bumi.

Merah putih merupakan simbol perjuangan Indonesia yang telah menempuh perjalanan panjang. Mulai dari zaman kerajaan hingga perang kemerdekaan. Oleh karena itu, bendera Indonesia sangat sakral dan penggunaannya diatur dengan undang-undang.

Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia wajib mengibarkan bendera Merah Putih tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Karpet merah putih juga tidak boleh dilakukan sembarangan, sebaiknya setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam.

Bendera negara ASEAN yang tidak kalah unik dan menarik fakta serta filosofinya adalah bendera Malaysia yang dikenal dengan Garis Gemilang. Bendera Malaysia terdiri dari empat warna yaitu merah, putih, biru dan kuning dengan artinya masing-masing.

Peran Aktif Indonesia Dalam Asean

Merah melambangkan keberanian, putih melambangkan kesucian, dan biru melambangkan persatuan. Sedangkan warna kuning yang memuat bulan sabit dan bintang melambangkan warna raja.

Garis Gemilang terdiri dari 14 garis berwarna merah dan putih dengan lebar yang sama. Ini adalah simbol Kerajaan Federal dan 13 negara bagian Malaysia. Meskipun bulan sabit adalah simbol Islam, yang merupakan agama resmi di Malaysia, 14 bintang garis bujur mewakili 13 negara bagian dan Kerajaan Federal.

Baca Juga  Apa Perbedaan Teknik Pengolahan Makanan Dengan Cara Direbus Dan Dikukus

Bendera Malaysia sendiri merupakan gagasan arsitek Mohamad bin Hamzah. Setelah dilakukan amandemen, akhirnya disetujui menjadi bendera negara pada tahun 1950. pada bulan April, dan dibangkitkan pertama kali pada tahun 1950. di bulan Mei

Tahukah Anda kalau Singapura pernah menjadi negara bagian Malaysia? Meskipun Singapura merupakan bagian dari negara Malaysia, namun Singapura sudah memiliki benderanya sendiri yang diperkenalkan pada tahun 1959.

Bimbingan Dan Konseling#prodibk#prodibkuad#fkip Uad#muhammadiyah#uad#uadjogja#weareuad#universitas Ahmad Dahlan#medekabelajar#kampusmerdeka#merdekamengajar Archives

Bendera ini digunakan untuk menggantikan 140 tahun, dari tahun 1819. sampai tahun 1959, mengibarkan bendera Union Jack. Ketika pada tahun 1965 memutuskan untuk memisahkan diri dari Malaysia, Singapura tetap menggunakan bendera ini.

Bendera Singapura sendiri mirip dengan bendera Indonesia, terdiri dari warna merah dan putih. Namun bedanya, bagian berwarna merah memiliki bulan sabit dan lima bintang yang tersusun melingkar. Warna merah pada bendera melambangkan persaudaraan dan kesetaraan manusia.

Sedangkan warna putih melambangkan kesucian dan kemanfaatan. Bulan sabit melambangkan negara baru yang sedang berusaha untuk maju. Sedangkan bintang lima merupakan simbol demokrasi, kemajuan, keamanan, keadilan dan kesetaraan, prinsip-prinsip yang dipegang teguh oleh Singapura.

Dalam bahasa Thailand, bendera Thailand disebut Thong Trairong yang artinya bendera tiga warna. Bendera Thailand terdiri dari tiga warna yaitu merah, putih, dan biru yang disusun secara horizontal.

Dampak Positif Dan Negatif Letak Geografis Asean, Siswa Wajib Tahu!

Urutannya dimulai dengan warna merah, putih, biru, putih dan merah. Warna-warna tersebut masing-masing melambangkan keyakinan kepada Tuhan Raja, yang merupakan semboyan tidak resmi Thailand.

Setidaknya Thailand sudah tiga kali mengganti benderanya. Bendera pertama (1855-1916) berwarna merah tanpa pola dan menampilkan berbagai simbol gajah putih. Kemudian pada tahun 1916, bendera Thailand diubah menjadi bendera yang hampir sama dengan yang digunakan saat ini.

Satu-satunya perbedaan adalah garis biru dulunya berwarna merah. Bendera resmi Thailand mulai digunakan pada tahun 1917, ketika garis merah di tengah bendera diganti dengan warna biru. Bagi masyarakat Thailand, warna biru merupakan warna hari Jumat dan hari ulang tahun Raja Rama VI.

Makna warna pada bendera Filipina melambangkan perjalanan sejarah yang telah dilalui Filipina. Warna biru melambangkan masa damai, merah melambangkan masa lalu yang bermasalah dan dilanda perang, dan putih melambangkan kemurnian. Sedangkan segitiga sama sisi berwarna putih melambangkan triad politik.

Baca Juga  Kegiatan Ekonomi Singapura

Contoh Puisi Kemerdekaan Untuk Memeriahkan Hut Ke 77 Republik Indonesia

Terakhir, ada 3 bintang kecil yang melambangkan agama utama masyarakat Filipina yaitu Katolik, Protestan, dan Islam. Pengibaran bendera Filipina sendiri cukup unik. Jika warna biru berkibar di atas berarti Filipina sedang tenang. Namun jika dikibarkan dengan atasan berwarna merah, berarti Filipina sedang dalam masa perang.

Selain lima negara di atas, masih ada 5 negara lagi di ASEAN. Masing-masing negara tersebut mempunyai bendera yang unik dan makna yang sangat mendalam.

Brunei Darussalam adalah bekas jajahan Inggris. Ketika Inggris berkuasa di Brunei Darussalam atau sering disingkat Brunei, negara di pesisir barat laut Kalimantan Utara ini sudah memiliki benderanya sendiri.

Bendera ini diperkenalkan pada tahun 1959. Bendera Brunei didominasi warna kuning, dengan garis-garis hitam putih di tengahnya. Kemudian di atasnya terdapat lambang bulan sabit, payung obor, sayap dan sepasang tangan terbalik.

Sejarah Pendirian Dan Daftar Anggota Asean Sampai Saat Ini

Simbol-simbol ini mempunyai arti khusus. Pertama, lambang bulan sabit merupakan lambang agama Islam, karena mayoritas penduduk Brunei beragama Islam. Kemudian payung obor mempunyai arti pemerintahan Sultan.

Sedangkan lambang Saar melambangkan keadilan, perdamaian, kemakmuran dan keamanan. Di dalam bulan sabit terdapat semboyan yang ditulis dengan huruf Jawi yang artinya “Selalu mengabdi pada petunjuk Tuhan”. Sedangkan negara Brunei Darussalam tertulis di bawah bulan sabit.

Bendera Vietnam terdiri dari dua warna – merah dan kuning. Meski terlihat sederhana, namun bendera Vietnam mempunyai makna yang dalam. Dimana warna merah pada bendera melambangkan perjuangan dan keberhasilan revolusi Vietnam.

Kemudian bintang kuning di tengah bendera melambangkan kepemimpinan Partai Komunis. Sementara itu, bintang berujung lima melambangkan lima kelompok sosialisme – intelektual, tetangga, petani, pekerja, dan pemuda.

Kl 6 Ips

Bendera Vietnam ini telah digunakan oleh Vietnam Utara sejak tahun 1955. Sedangkan Vietnam Selatan juga memiliki benderanya sendiri yang didominasi warna kuning dengan tiga garis merah horizontal di tengahnya.

Namun dengan berakhirnya Perang Indochina dan bersatunya kembali kedua negara, akhirnya disepakati penggunaan bendera yang kini menjadi kebanggaan masyarakat Vietnam.

Bendera Laos diperkenalkan pada tahun 1975. Bendera Laos terdiri dari warna biru dan merah yang disusun secara horizontal. Ukuran bagian berwarna biru biasanya lebih besar dibandingkan bagian berwarna merah.

Di tengah bendera terdapat simbol cakra atau lingkaran berwarna putih. Warna bendera Laos mempunyai arti yang berbeda-beda. Dimana warna merah melambangkan darah prajurit yang gugur. Warna biru kemudian melambangkan kekayaan sumber daya dunia. Sedangkan lingkaran berwarna putih melambangkan pantulan bulan purnama di Sungai Mekong dan juga merupakan simbol keharmonisan negara.

Letak Astronomis Dan Geografis Negara Negara Di Asean

Meskipun Laos adalah negara komunis, namun ia tidak mengadopsi lambang bintang yang biasa digunakan negara komunis lainnya pada benderanya.

Bendera negara ASEAN yang terletak di wilayah paling barat ini terdiri dari warna kuning, hijau, dan merah yang disusun secara horizontal.

Di bagian