Tuliskan Rumpaka Kawih Bubuy Bulan – Lagu Sunda ciptaan Benny Corda ini awalnya dipopulerkan oleh Nina Kirana (istri Benny Corda) melalui Studio Lokananta di Solo, Jawa Tengah. Lagu Bubuy Bulan menjadi lagu yang benar-benar melegenda di wilayah Jawa Barat pada tahun 1960an. Dan lagu ini sering kita dengar disetiap warung bahkan di cafe, dan merupakan pelajaran menyanyi daerah yang wajib disetiap sekolah.

Selain lagu “Bubuy Bulan”, lagu berjudul “Seruling Senja”, “Padamu Srikandi” dan beberapa lagu lainnya juga merupakan karya Benny Corda. Pada tahun 80an, lagu “Bubuy Bulan” kembali dipopulerkan oleh diva penyanyi Sunda Nining Meida.

Tuliskan Rumpaka Kawih Bubuy Bulan

Anda tidak bisa memahami secara langsung makna lirik lagu “Bubuy Bulan”. Pertama-tama perlu anda ketahui bahwa lagu ini mengandung unsur sindiran atau pantun dalam bahasa sunda Sisindiran merupakan salah satu bentuk puisi yang setiap baitnya terdiri dari empat baris dan mempunyai akhiran serta isi.

Bab 5 Kawih

Jika dilihat dari segi sindiran (pantun dalam bahasa Indonesia), teks tersebut termasuk dalam pantun asmara. Isi lirik “Bubuy Bulan” menggambarkan seorang wanoja (perempuan) yang jatuh cinta pada seorang laki-laki. Ia sangat merindukan sosok idolanya hingga ia memintanya untuk datang kepadanya.

Bubuy Bulan Bubuy Bulan Sangray Béntang Panon Poépanon Poédisasaté Bulan Bulan Ungal Bulan Abdi Téang Bulan Poéunggal Poéogéhadé

Terdapat baris murwakanti (berirama) dengan setiap bait (kuplet) terdiri atas empat baris berima (a-b-a-b). Dimana ujung sampiran beserta isinya adalah renggang dan téang, serta disasaté dan téang.

Baca Juga  Sumber Daya Alam Laos

Pilihan kata (diksi) pada bait pertama terkesan sedikit kaleuleuwihi (berlebihan) ketika bulan bisa direbus (dikukus dengan bara panas), seperti memasukkan beberapa jenis makanan ke dalam abu panas seperti ubi, singkong, terasi dan segera. . Atau sampiran lain yang mana: panon poédisasaté (bunyi disate). Namun, ini hanyalah pilihan pembuat kata untuk sampul dan konten.

Contoh Kawih, Seni Suara Masyarakat Sunda

Pada bait kedua, nama Situ Ciburuy yang berada di kawasan Padalarang Kab. Bandung Barat dalam lirik lagu ini. Konon ikan di Situ Ciburuy sulit ditangkap. Dan hal ini sesuai dengan cerita rakyat setempat bahwa ikan di danau ini sangat sulit ditangkap. Lirik Lagu Bubuy Bulan – Dalam pembelajaran bahasa sunda kawih sebenarnya bertujuan agar siswa dapat memahami dan menyikapi rumpaka kawih atau lagu, seperti menulis pesan atau makna yang terkandung dalam lirik lagu dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari, menelaah unsur keindahan kawih dan lain sebagainya.

Memangnya apa sih maksud dan makna dari lagu ini sendiri? Karena liriknya yang tidak biasa, banyak orang yang bertanya-tanya tentang arti sebenarnya sehingga menimbulkan banyak penafsiran terhadap arti lagu ini.

. Sebaliknya kekasihnya berada jauh dan sangat sulit ditemukan sehingga membuatnya mencari setiap bulan bahkan setiap hari dengan harapan bisa bertemu dengan orang yang dicintainya.

Dari terik matahari hingga dinginnya malam berbintang, ia terus mencarinya, namun orang yang dicintainya sangat sulit ditemukan, ibarat seorang pemburu ikan yang ikannya sulit ditangkap, sehingga ia merasa hatinya berdebar-debar. selalu rindu. untuk kekasihnya.

Analisis Pakeman Basa Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (rpp) Mulok Basa Sunda

Setiap pagi ia selalu melakukan kontak mata dengan seseorang yang lewat dan seolah merasakan jantungnya berdebar-debar melihat sorot mata mereka saat memandangnya, yang membuatnya semakin jatuh cinta padanya.

Baca Juga  Sugih Mukti Hartina

Secara tidak langsung lirik lagu Bubuy bulan ini juga mengandung makna yaitu pengenalan sebuah tempat di Jawa Barat, Situ Ciburuy yang terletak di kawasan Bandung Barat, Padalarang.

Konon tempat ini dulunya merupakan peninggalan Prabu Siliwangi dan awalnya tempat ini digunakan sebagai arena pertarungan para jagoan dari pulau jawa. Kini, Ciburuy menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat.

Namun meski begitu, lagu melankolis ini tetap melekat di hati banyak orang dan disukai karena gerakan melodinya yang indah.

Rpp 04 Kawih

Lagu Sunda ini diciptakan oleh Benny Corda, seorang komposer, penyanyi dan gitaris terkenal di tahun 50an. Lagunya yang terkenal adalah lagu Bubuy Bulan dan kini menjadi lagu Sunda populer.

Lirik lagu ini mencerminkan suasana hader jalmi anu keur mikacinta, naggi jalmi anu dishalved kasebat sesah pisan ditengengyan, hehlu narja di harb Bulan garen dinjan dina pangarepan tiasa tepung ka jalmi nu dibelah dua.

Panasnya panon poé dugi ka wengi anu dibéstreanan hehlu terasa sengak, dar teu ka tengah tutada setu ciburuy nu sesah fishing. Di erak enjing, hemhu berpura-pura mengabaikan jalmi anu ngalangkung di pusat perhatian socana anu ngemutkeun auaa ka jalmi nu dishalved kasebat.

Dalam lirik lagu Bubuy Bulan Ie ogae memberikan arti yaitu mengetahui tempat di Jawa Barat yaitu iei sétu Ciburuy nu aya di kecamatan Bandung Kulon Padalarang. Namanya Keun Yén, dimana dulunya tempat ini adalah Janedan Patilasan Prabu Siliwangi, Jawa Barat destinasi wisata Nu Kitiga Mangrupa Jandan Sahiji.

Lirik Lagu Daerah ‘bubuy Bulan’, Asal Daerah Dan Artinya

Baiklah mungkin itu saja informasi tentang Lirik Bubuy Bulan, Arti dan Pesan yang ada didalamnya, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel diatas, semoga dapat membantu anda untuk memperluas persepsi anda terhadap lagu atau kawih. dalam bahasa Sunda. wilayah, terima kasih atas waktunya.

Baca Juga  Lagu Matahari Karya Nurhasanah Mempunyai Tempo

Rumpaka kawih, kawih sunda bubuy bulan, rumpaka kawih sunda, contoh rumpaka kawih