Bersamaan dengan seri iPhone 14, Apple telah meluncurkan tiga model jam tangan pintar baru: Apple Watch Series 8, Apple Watch SE, dan Apple Watch Ultra.

Pelanggan sudah bisa mendapatkan Apple Watch Series 8 pada 16 September. Sementara itu, Apple Watch Ultra diluncurkan pada 23 September.

Dalam model ini, Apple telah menambahkan beberapa fitur baru ke jam tangan pintar. Salah satunya adalah keadaan darurat.

Fungsi ini untuk pengguna yang dalam keadaan darurat dan sulit untuk meminta bantuan di sekitar.

Dalam fungsi darurat, pengguna dapat menemukan detektor kecelakaan mobil atau detektor kecelakaan mobil. Fitur ini secara otomatis diaktifkan ketika sensor perangkat mendeteksi pengguna yang terlibat dalam kecelakaan.

deteksi kecelakaan mobil

Fitur ini menggunakan sensor yang terpasang di perangkat Anda untuk membaca akselerometer, barometer, mikrofon, GPS, dan sensor lainnya untuk menentukan kondisi Anda saat terjadi kecelakaan.

Ketika perangkat menerima stimulus ini dari sensor, fungsi segera diaktifkan dan layanan darurat dipanggil.

Pemberitahuan panggilan muncul sebagai pop-up di layar Apple Watch. Pengguna dapat membatalkan panggilan.

Sensor dapat salah mendeteksi ini, mengaktifkan fungsi, dan kemudian mengirim peringatan pemberitahuan tentang insiden tersebut.

Namun, jika pengguna tidak membatalkan peringatan dalam waktu 10 detik, perangkat akan segera memicu protokol untuk memanggil layanan darurat untuk memberi tahu mereka tentang insiden tersebut.

Apple Watch membagikan lokasi perangkat dengan layanan darurat, bersama dengan kontak darurat yang dapat menemukan lokasi kejadian dan menghubungi pihak yang terlibat.

Harga mulai dari $799. Apple Watch Ultra memiliki dua fitur baru yang mendukung fitur Waypoint dan Backtrack.

Kedua fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang menyukai aktivitas di luar ruangan seperti hiking.

Baca Juga  Google Meet Kini Memudahkan Pengguna Untuk Melakukan Live Streaming Di YouTube

Fitur Waypoint memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa lokasi penting seperti tempat pemasangan tenda, rambu yang baru saja dilewati, persimpangan atau sumber air.

Ini menghilangkan kebutuhan pengguna untuk berjuang mengingat lokasi ini saat bergerak atau mendaki. Ini karena perangkat dapat memandu pengguna ke lokasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Pengguna dapat menekan tombol aktif berwarna oranye di samping Apple Watch Ultra.

Sementara itu, jika tersesat, pengguna dapat memanfaatkan fitur Backtrack yang didukung GPS untuk membantu pengguna kembali ke lokasi sebelumnya.

Fitur pintar lain dari Apple Watch Ultra. Perusahaan telah mengembangkan speaker kuat yang terletak di samping Apple Watch Ultra untuk membantu aktivasi sirene.

Ini menampilkan suara sirene hingga 86 desibel, dan perusahaan mengklaim dapat didengar hingga 180 meter atau lebih.

Apple menyertakan fitur ini yang dapat Anda gunakan dalam situasi di mana Anda membutuhkan bantuan dan menarik perhatian orang-orang di sekitar Anda.

Suara keras dari sirene membantu pengguna untuk mendapatkan bantuan bahkan di tempat yang sulit.