Temukan 3 Karakteristik Dari Wilayah Tersebut – Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia? Nah, bagaimana bisa salah? Tahun ini saja, negara kita memiliki sekitar 16.671 pulau dari Sabang hingga Merauke.

Indonesia mempunyai banyak pulau, sekitar 9.000 diantaranya berpenghuni dan sisanya tidak berpenghuni. Meski memiliki banyak pulau, Indonesia hanya menempati peringkat kelima negara kepulauan terbanyak di dunia, setelah Swedia, Finlandia, Norwegia, dan Kanada.

Temukan 3 Karakteristik Dari Wilayah Tersebut

. Selain memiliki banyak pulau, Indonesia juga merupakan negara maritim, artinya sebagian besar daratannya merupakan lautan. Hal inilah yang menyebabkan sifat wilayah Indonesia terbagi menjadi dua yaitu perairan dan daratan.

Kebetulan Luar Biasa, Pria Ini Gak Sengaja Temukan Fosil Dinosaurus Di Halaman Rumahnya

Luas wilayah kepulauan Indonesia sekitar sepertiga luas wilayah Indonesia. Namun tahukah anda apa itu bumi?

Tanah merupakan bagian permukaan bumi yang membeku dan tidak tergenang. Tanahnya tidak selalu datar, namun ada juga pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan lembah. Mari kita bahas satu per satu agar lebih memahaminya.

Pegunungan merupakan dataran yang lebih tinggi dari sekitarnya, dan ketinggiannya 800 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Gunung itu sendiri merupakan rangkaian pegunungan. Pegunungan ini panjangnya ribuan kilometer dan telah terbentuk selama jutaan tahun.

Indonesia sendiri memiliki banyak pegunungan mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi hingga Papua. Pegunungan ini menjadi ekosistem penting bagi makhluk hidup dan menyumbang banyak potensi wilayah Indonesia.

Baca Juga  Fase Menstruasi Brainly

Letak Astronomis Dan Geografis Indonesia, Lengkap Dengan Pengaruhnya

Contoh pegunungan yang ada di Indonesia adalah Pegunungan Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan di Pulau Sumatera, Pegunungan Kapur Utara, dan Pegunungan Menore yang memanjang di sepanjang pantai utara Pulau Jawa khususnya di Jawa Tengah. dan wilayah Jawa Timur. . Gunung yang menjadi batas alami antar kabupaten seperti Kulon Progo, Provinsi Magelang, dan Provinsi Purworejo di Jawa Tengah.

Dataran tinggi dan pegunungan berbeda. Dataran tinggi adalah dataran luas di daerah pegunungan yang terbentuk akibat erosi dan sedimentasi selama ratusan tahun.

Dataran tinggi juga dapat terbentuk dari kaldera kuno yang terkubur dalam material lereng sekitarnya. Daerah dengan ketinggian minimal 700 m di atas permukaan laut dapat disebut dataran tinggi.

Indonesia memiliki beberapa dataran tinggi, antara lain Sumatera bagian barat, Jawa bagian selatan, sebagian besar Sulawesi, dan Papua bagian utara. Contoh pegunungan tinggi yang ada di Indonesia adalah Dataran Tinggi Atlas di Aceh, Dataran Tinggi Barul di Sulawesi Tengah, dan Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.

Hutan Mangrove: Ciri Ciri, Fungsi Dan Manfaatnya (terbaru)

Berbeda dengan dataran tinggi, dataran rendah merupakan dataran dengan ketinggian sekitar 200 hingga 300 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah sering dijadikan habitat, sehingga dataran merupakan hal yang umum di Indonesia.

Karena suhu di dataran rendah tidak terlalu dingin sehingga cocok untuk pemukiman. Contoh dataran rendah di Indonesia adalah dataran rendah Cianjur di Jawa Barat.

Dataran rendah di Indonesia terdapat di Sumatra bagian timur, Jawa bagian utara, sebagian besar Kalimantan, dan Papua bagian selatan.

Indonesia juga mempunyai banyak lembah. Lembah adalah suatu kawasan alami yang luas beberapa ribu kilometer persegi, dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang terbentuk oleh beberapa proses geologi. Lembah dengan pemandangan istimewa di Indonesia antara lain Lembah Sianok di Sumatera Barat, Lembah Baliem di Papua Barat, dan Lembah Pantunan di Bali.

Baca Juga  Salah Satu Pemanfaatan Magnet Jarum Adalah Pada Alat

Persebaran Fauna Di Dunia Beserta Contohnya Di 8 Wilayah

Oh iya, Indonesia juga merupakan tempat bertemunya lempeng tektonik Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik sehingga menciptakan barisan pegunungan aktif di kawasannya. Dengan kata lain, Indonesia merupakan bagian dari apa yang disebut Cincin Api. Cincin Api melintasi hampir seluruh wilayah Indonesia, kecuali Pulau Kalimantan. Oleh karena itu, gempa bumi jarang terjadi di wilayah Kalimantan.

Namun daratan Indonesia memiliki tanah yang subur karena curah hujan yang terus menerus dan banyaknya gunung berapi. Artinya, Indonesia mempunyai jenis tanah yang berbeda-beda, mulai dari tanah humus (tanah paling subur), tanah aluvial, tanah vulkanik, regosol, gambut, laterit, litosol, dan tanah kapur.

, Selain daratan, perairan juga merupakan bagian dari wilayah Indonesia. Air sendiri merupakan bagian permukaan bumi yang meliputi wilayah yang luas dan tertutup oleh air. Wilayah Indonesia mempunyai lautan yang sangat luas, yaitu 2/3 dari luas daratan.

Oh, dan air tidak terbatas pada laut. Ya? Namun juga mencakup selat, teluk, sungai, dan danau. Mari kita lihat satu per satu agar Anda bisa melihat perbedaannya.

Pertamina Temukan Cadangan Minyak Baru Di Timur Bekasi

Menurut definisinya, lautan adalah kumpulan air laut yang terdapat di perairan yang luas. Laut menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya. Dibandingkan lautan, lautan masih lebih kecil. Dengan kata lain, laut merupakan kumpulan dari banyak samudera. Di Indonesia, banyak sekali penamaan laut berdasarkan nama tempat atau wilayah di sekitarnya, seperti Laut Jawa, Laut Sulawesi, dan Laut Banda.

Indonesia merupakan negara yang mempunyai wilayah laut yang lebih luas dibandingkan dengan wilayah daratannya. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya yang berasal dari laut, sehingga tidak heran jika banyak masyarakat yang bermatapencaharian dari penangkapan ikan di laut.

Baca Juga  Berikut Yang Bukan Merupakan Planet Dalam Adalah

Selat merupakan bagian dari lautan. Selat sangat mudah ditemukan di Indonesia karena hampir seluruh pulau di Indonesia dipisahkan oleh selat besar dan selat kecil. Dengan kata lain selat adalah laut sempit yang berada di antara dua pulau dan menghubungkan keduanya.

Teluk adalah suatu wilayah perairan yang mengalir ke daratan dan dikelilingi oleh daratan pada ketiga sisinya. Di Indonesia banyak sekali teluk yang dijadikan tempat tujuan wisata, seperti Labuan Bajo, atau tempat perahu nelayan seperti Teluk Jakarta.

Macam Macam Aspek Fisik Dan Sosial Geografi Beserta Penjelasannya

Danau adalah cekungan di daratan yang dibanjiri air. Air yang menjadi sumber air danau bisa berasal dari mana saja: mata air, air tanah, air sungai, atau air hujan. Danau-danau besar di Indonesia antara lain Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Ranau di Sumatera Selatan, dan Danau Paniai di Papua.

Nah, itulah penjelasan mengenai ciri-ciri wilayah Indonesia. Sekarang anda tahu kan, Indonesia tercinta ini sangatlah luas, terdiri dari daratan dan perairan. Tentunya masing-masing daerah tersebut kaya akan sumber daya alam yang harus selalu dijaga. Jadi, jika Anda ingin mempelajari materi ini lebih mendalam melalui video bergerak yang bagus, bukalah ruang kelasnya!

“Jumlah Pulau”. Direktorat Pemanfaatan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Direktorat Pengelolaan Ruang Laut [Online]. Tautan: https://kkp.go.id/djprl/p4k/page/4270-besar-Island (Diakses: 15 Juli 2021)

Karakteristik wilayah, karakteristik biogeografi dan sosioantropologi wilayah jawa barat, karakteristik wilayah daratan dan perairan indonesia, fauna tersebut terdapat di wilayah, jelaskan karakteristik pembagian wilayah fauna di dunia