Teknik Pembuatan Sabun – 27 November 2021 pukul 20.00. 27 November 2021 20.00 Diperbarui: 27 November 2021 23.30 472 2 2

Semarang (27 Nov) – Indonesia telah berjuang melawan Covid-19 sejak tahun 2019. Banyak peristiwa yang terjadi, mulai dari puncak yang tinggi hingga keruntuhan yang parah. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19. Salah satu pedomannya adalah Pemberlakuan Pembatasan Pergerakan Masyarakat (PPKM). Saat ini jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sudah mengalami penurunan, khususnya Kota Semarang yang sudah mencapai PPKM level 1. Namun, disarankan agar kewaspadaan terhadap virus Covid-19 tidak berkurang sehingga penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan.

Teknik Pembuatan Sabun

KKN Tematik bekerjasama dengan UNICEF Indonesia mengangkat tema “Kolaborasi akademisi dan pemerintah untuk mendukung pencapaian SDGs dengan mencegah penyebaran HIV-19 di Provinsi Jawa Tengah”. Mahasiswa UNDIP Fakultas Teknik Kimia Alzena Mile dengan dosen pembimbing Dr. Kahya Tri Poornami, S.KM., M.Kes. Mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Pdf) Langkah Pembuatan Sabun Menggunakan Pour Soap Base & Melt

Tangan merupakan wahana yang sangat mudah menularkan penyakit dan infeksi karena tangan masyarakat sering bersentuhan dengan lingkungan. Di masa pandemi ini, penggunaan sabun tangan ini sangat penting untuk mencegah penyebaran covid-19.

Daun seledri (Apium Graveolens L.) umumnya digunakan sebagai penyedap sayur dan obat herbal. Meskipun mengandung flavonoid, saponin, tanin dan minyak atsiri, namun pemanfaatannya masih kurang. Minyak atsiri merupakan senyawa yang mempunyai efek antibakteri. Daun seledri banyak ditemukan di dapur dan harganya murah.

Baca Juga  Anak Yang Optimis Bahwa Segalanya Akan Berhasil Menunjukkan Perilaku

Memanfaatkan potensi daun seledri, Alzena Mille berinisiatif membuat program kerja yang menyasar warga RW 02, Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Dr Kahya menyampaikan, KKN tidak hanya fungsi penyediaan barang saja, namun juga fokus pada transfer ilmu pengetahuan dan edukasi masyarakat. Program ini mencakup pelatihan pembuatan sabun tangan dengan menggunakan poster dan video edukasi.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Minggu (11 Juli) di acara pertemuan sosial PKK RW 02. Beberapa topik yang dibahas antara lain pemanfaatan daun seledri terkini, potensi daun seledri, dan pembuatan sabun tangan dari daun seledri. Bahan yang digunakan adalah daun seledri, air matang, texapon, gliserin, sari dan pewarna. Juga perlengkapannya seperti botol pompa plastik, pengaduk, sendok, alat masak, saringan dan baskom.

Cara Membuat Sabun Cair

Link video edukasi tersebut dibagikan oleh Ketua RW 02 Bapak Eko Rianto untuk lebih mengedukasi warga RW 02 dan tersedia pada link https://youtu.be/GA3Hih76qzs

Salah satu inisial warga mengatakan: “Saya senang percobaan sabun tangan ini menunjukkan kepada warga betapa mudahnya membuat sabun tangan tanpa memperhatikan bahan-bahan di sekitarnya.

Program edukasi pembuatan sabun cuci tangan dari daun seledri untuk mencegah penyebaran covid-19, kurangnya pasokan cairan disinfektan khususnya di RW 02 Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang dan Dapat meningkatkan perekonomian warga jika dimanfaatkan dengan baik untuk berwirausaha. Cara kerja sabun cair mungkin terkesan rumit, namun sebenarnya Anda hanya perlu memahami empat langkah penting.

Anda mungkin ingin membuat sabun cair sendiri di rumah untuk memastikan bahan-bahan dalam sabun Anda alami dan aman untuk digunakan keluarga Anda. Membuat sabun cair sendiri lebih ramah lingkungan. Anda dapat menghindari bahan kimia dengan menggunakan minyak nabati alami. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan botol plastik bekas dibandingkan membuang atau membakarnya. Anda bisa membuat sabun sendiri di rumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga  Uu Yang Mengatur Kewarganegaraan Indonesia Yang Sekarang Berlaku Adalah

Homemade Dishwashing Soap Recipe

Banyak bahan kimia berbahaya yang digunakan untuk memproduksi sabun cair. Lengkapi diri Anda dengan perlengkapan keselamatan seperti kacamata pengaman, masker hidung, dan sarung tangan karet. Selain itu, pastikan Anda bekerja di ruangan dengan jendela terbuka. Keuntungan dan kerugian penggunaan sabun cair dalam kehidupan sehari-hari

Sabun cair memiliki berbagai manfaat dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, sabun cair lebih higienis karena tidak bersentuhan langsung dengan tangan. Hal ini membantu mengurangi penyebaran kuman dan bakteri. Selain itu, sabun cair yang mudah digunakan dan diaplikasikan secara merata juga efektif menghilangkan kotoran dan minyak pada kulit. Sabun cair mengandung bahan yang menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering. Keunggulan lainnya adalah sabun cair hadir dalam berbagai versi, seperti antibakteri, pelembab, dan wangi yang menarik. Ini memberikan lebih banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Mengingat semua manfaat tersebut, penggunaan sabun cair merupakan pilihan cerdas dan praktis untuk kebersihan dan kesehatan sehari-hari.

Sabun cair dari daftar sabun cair di bawah ini bisa Anda gunakan sebagai sabun mandi, sabun cuci tangan, atau untuk mencuci pakaian seperti baju bayi.

Resep ini akan memberi Anda sekitar 2,5 kg bahan dasar sabun. Anda tidak harus menyelesaikan semuanya sekaligus. Air mendidih dengan perbandingan 1:1 diperlukan untuk melarutkan bahan dasar sabun.

Pdf) Pembuatan Sabun Transparan Berbasis Minyak Kelapa Dan Minyak Jarak Dengan Penambahan Ekstrak Lidah Buaya (aloe Vera) Sebagai Bahan Antioksidan Alami

Saat ini, Anda bisa menuangkan sabun cair ke dalam wadah plastik atau kaca. Pastikan untuk membilas wadah secara menyeluruh terlebih dahulu dengan produk pembersih seperti Rinso. Tambahkan cairan atau bubuk pencuci, tambahkan air dan kocok selama beberapa menit. Cuci dengan air dingin.

Baca Juga  Sebutkan Empat Keuntungan Anak Yang Pantang Menyerah

Membuat sabun tangan tidak berbeda dengan resep di atas. Namun, setelah sabun mendingin, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavendel untuk pewangi. Anda juga bisa menambahkan pewarna makanan untuk membedakan sabun mana yang cocok untuk tangan dan sabun mana yang cocok untuk mencuci.

Jika Anda hanya ingin menggunakan bahan-bahan alami dalam pembuatan sabun, membuat sabun cair sendiri sangatlah memuaskan. Anda juga bisa membantu mengurangi sampah dengan menggunakan kembali wadah plastik atau kaca bekas. Caranya tidak sulit. Namun, timbang bahan-bahannya dengan hati-hati dan kenakan peralatan keselamatan. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel kami tentang cara membuat sabun sendiri.

Teknik pembuatan akta notaris, teknik pembuatan, teknik pembuatan batik pekalongan, teknik pembuatan spanduk, teknik pembuatan jaket, teknik pembuatan anyaman, teknik pembuatan hidroponik, teknik pembuatan akta, teknik pembuatan kerajinan sabun, teknik pembuatan pupuk organik, teknik pembuatan sumur bor, pembuatan kerajinan sabun ditampilkan dalam teknik