Teknik Mencapai Finish Dalam Perlombaan Lari Dilakukan Dengan Cara Mendahulukan – Teknik dasar lari jarak pendek berbeda dengan teknik dasar lari jarak jauh. Perbedaannya terletak pada manajemen energi saat berlari.

Atletik dianggap sebagai ibu dari semua olahraga yang diciptakan di dunia. Hal ini dikarenakan atletik melibatkan aktivitas dasar yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik Mencapai Finish Dalam Perlombaan Lari Dilakukan Dengan Cara Mendahulukan

Aktivitas atletik telah dilakukan sejak zaman kuno. Dulu kemampuan atletik sangat berguna untuk kelangsungan hidup. Misalnya, kemampuan berlari atau melompat mungkin telah membantu manusia di zaman dahulu untuk berburu atau menghindari serangan predator.

Sejarah Lari Jarak Pendek Lengkap Manfaat & Penjelasanya

Lari merupakan salah satu cabang olahraga atletik terpopuler saat ini. Berlari adalah gerakan yang sangat cepat.

Selain meningkatkan kecepatan berjalan, lari juga dapat memberikan efek ringan bagi tubuh. Artinya saat berlari, kedua kaki atau salah satu kakinya tidak boleh menyentuh tanah sama sekali. Untuk memaksimalkan kemampuan berlari, seseorang memerlukan kecepatan lari dan kekuatan kaki.

Sebagai salah satu cabang olahraga atletik, lari dibagi menjadi beberapa nomor, mulai dari lari jarak pendek, lari jarak menengah, hingga lari jarak jauh.

Perlombaan jarak pendek dipertandingkan pada jarak 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Sedangkan perlombaan jarak jauh biasanya dipertandingkan dengan jarak 3 km hingga 10 km.

Kunci Dan Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek

Setiap perlombaan lari menuntut atlet untuk menguasai teknik yang berbeda-beda. Lantas, apa saja teknik lari jarak pendek dan lari jarak jauh?

Mengutip Modul Pendidikan Jasmani SMA (2020) terbitan Kemendikbud, seorang pelari jarak pendek memerlukan kecepatan reaksi, efisiensi gerak, kemampuan menjaga kecepatan lari dan tentunya penguasaan teknik yang baik.

Ada 3 teknik dasar lari jarak pendek yang perlu dikuasai setiap atlet pada salah satu nomor cabang atletik tersebut. Berikut penjelasannya.

Start merupakan tahap awal dan persiapan sebelum berlari. Sangat penting untuk menguasai tekniknya terlebih dahulu untuk menjaga pola saat berlari. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan start pelari terdapat pada momen gerak pada saat aba-aba lari dimulai.

Baca Juga  Berikut Ini Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kegagalan Usaha Kecuali

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek (sprint)

Pada saat yang sama, tangan diletakkan tepat di belakang garis start dan ibu jari serta jari diletakkan di depan lintasan membentuk huruf V terbalik. Lalu, mata melihat ke garis start.

Berikutnya adalah tahap antrian. Saat mendengar isyarat siap, pelari menarik napas dalam-dalam, lalu mengangkat panggul hingga lebih tinggi dari bahu.

Setelah panggul terangkat, lutut pun memanjang di atas permukaan lintasan. Tundukkan kepala, jaga leher tetap kendur. Pertahankan pandangan Anda ke arah garis start. Beban tubuh bertumpu pada kedua lengan yang berada pada posisi lurus.

Saat itu, pelari harus fokus pada suara senjata untuk maju ke tahap berikutnya. Langkah selanjutnya adalah mendorong. Pelari mengayunkan salah satu lengannya ke depan sambil mengayunkan lengan lainnya dengan kuat ke belakang.

Pdf) Analisis Teknik Jalan Cepat Atlet Indonesia

Untuk memindahkan beban tubuh. Jadi, ambillah langkah secepat mungkin lalu larilah dengan kecepatan penuh.

Seorang pelari harus mempunyai keseimbangan dan koordinasi kaki yang baik untuk memenangkan perlombaan lari jarak pendek. Tujuannya agar pelari tetap menjaga kecepatan larinya. Selain itu, pelari juga harus menguasai teknik gerakan lari berikut ini.

Angkat lutut Anda setinggi pinggul saat Anda melakukan push up. Selanjutnya, ambil langkah lebar dengan kaki bagian bawah ditekuk ke depan. Tubuh ditekuk ke depan dengan sudut lutut antara 25 dan 30 derajat.

Selanjutnya, letakkan lengan Anda di samping tubuh, tekuk siku hingga membentuk sudut 90 derajat. Telapak tangan mengepal, tapi rileks. Selain itu, punggung harus vertikal dengan kepala menghadap ke depan.

Macam Macam Start Dalam Lari Beserta Tekniknya Yang Perlu Diketahui

Pemenang suatu perlombaan balap ditentukan berdasarkan kecepatan menyentuh garis finis. Oleh karena itu, pelari juga harus menguasai teknik memasuki garis finis. Ini akan sangat berguna bila jarak antar pelari pendek.

Teknik memasuki garis finis dilakukan dengan terus berlari tanpa mengubah arah atau kecepatan. Kemudian, badan dicondongkan ke depan dan kedua lengan ditekuk ke belakang.

Sesaat sebelum menyentuh garis finis, putar dada lalu angkat tangan ke depan. Memutar lengan Anda akan menggerakkan bahu Anda ke depan.

Teknik dasar lari jarak jauh dan cara lari jarak jauh disebut juga dengan istilah marathon. Meski jaraknya jauh, cabang yang sudah berjalan ini rupanya mempunyai banyak penggemar. Buktinya, banyak maraton di berbagai negara seringkali diikuti ribuan peserta.

Materi Revisi Atletik Kelas Ix

Untuk memenangkan perlombaan jarak jauh, pelari memerlukan teknik lari yang berfungsi mengatur energi agar tubuh tidak cepat lelah. Ada 3 teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pelari maraton, seperti dijelaskan pada penjelasan di bawah ini.

Baca Juga  Berikut Adalah Peran Indonesia Dalam Kancah Percaturan Internasional Kecuali

Dalam perlombaan lari jarak jauh, ada tiga jenis start yang biasa digunakan, yaitu start jongkok, start terbang, dan start berdiri. Pada awal jongkok, pelari mengambil posisi berdiri dengan lutut ditekuk sebelum bergerak maju. Dalam lomba lari estafet, permulaan drift biasanya dilakukan oleh pelari kedua atau pelari ketiga. Kemudian, mulailah gerakan berlari secara perlahan sambil berlari dan terima tongkatnya.

Seperti start jongkok, start berdiri juga memiliki tiga fase. Pada fase siap, pelari mengambil posisi berdiri dengan satu kaki berada di belakang garis start dan lutut sedikit diturunkan.

Saat memasuki fase siap, pelari mencondongkan tubuh ke depan. Letakkan tangan Anda di depan kaki dengan telapak tangan rileks. Cobalah untuk melihat lurus ke depan.

Cara Melakukan Teknik Lari Cepat Jarak Pendek Dan Lari Jarak Jauh

Saat fase isyarat dimulai, pelari mendorong dengan tangan dan kakinya. Ambil langkah dengan kaki belakang terlebih dahulu. Dadanya terbuka lebar sehingga tidak ada kesulitan dalam bernapas.

Teknik lari jarak jauh sangat berbeda dengan teknik lari jarak pendek. Lari jarak pendek menuntut pelari untuk melakukan sprint dan mengerahkan tenaga sebanyak-banyaknya.

Sebaliknya saat lari jarak jauh, seorang pelari harus pandai-pandai mengatur tenaga agar tidak cepat lelah dan mampu menjaga kecepatan tetap konsisten saat berlari.

Dalam lari jarak jauh, teknik lari diterapkan sejak awal perlombaan. Awalnya, pelari jarak jauh sebaiknya memulai lomba dengan berlari dengan kecepatan sedang.

Sejarah, Geliat, Dan Popularitas Maraton

Saat berlari, pernapasan harus dikontrol agar tidak terjadi kelelahan. Namun bila jarak garis finis 1 km hingga 500 m, kecepatan lari sebaiknya ditingkatkan secara bertahap.

Mengontrol pernapasan adalah aspek terpenting dalam memenangkan perlombaan jarak jauh. Sebab, lari mendorong otot untuk bekerja dalam waktu lama.

Dalam keadaan seperti ini, pasokan oksigen menjadi berlebihan. Paru-paru harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan oksigen yang kemudian disuplai ke otot. Oleh karena itu, teknik pernafasan yang baik sangat penting agar performa otot dapat tetap terjaga hingga akhir lomba.

Pelari jarak jauh harus bisa bernapas melalui mulut. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pasokan oksigen lebih banyak. Pernapasan mulut juga dapat membantu pelari tetap bebas stres.

Lari 800 Meter

Pelari jarak jauh harus mengembangkan kebiasaan bernapas perut selain bernapas melalui mulut. Artinya oksigen diambil dari diafragma, bukan dari dada.

Perbedaan pernapasan perut dan dada terletak pada pergerakan rongga perut. Saat bernapas secara perut, gerakan naik turunnya perut akan lebih terlihat dibandingkan dengan gerakan dada.

Mengambil napas pendek dan dangkal juga dianjurkan saat berlari jarak jauh. Tujuannya agar pelari dapat dengan mudah mengontrol pernapasannya namun tetap berirama dan konsisten. Ketika kecepatan lari meningkat, laju pernapasan tersebut juga harus dijaga.

Baca Juga  Jika Ada Teman Yang Kesusahan Hendaklah Kita

Teknik pernapasan yang tak kalah penting untuk diterapkan adalah mendengarkan napas. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan posisi tubuh dengan kecepatan lari Anda.

Soal Kelas 3

Jika Anda tidak bernapas, kecepatan lari Anda harus dikurangi. Jika pernapasan Anda mulai stabil, Anda dapat meningkatkan kecepatan lari Anda.1. Teknik start 2. Teknik lari 3. Teknik finishing 1. Peraturan perlombaan 2. Diskualifikasi atau hal-hal yang dianggap tidak sah 3. Ofisial atau juri

Sprint atau lomba lari jarak pendek merupakan salah satu jenis lomba lari dengan jarak 100 meter, 200 meter, dan 400 meter yang dijalankan dengan usaha mencapai kecepatan maksimal. Atlet atau pelari jarak pendek disebut dengan sprinter.

Lari jarak pendek memerlukan kombinasi kecepatan dan kekuatan yang tinggi dari awal hingga akhir, sehingga diperlukan ketahanan kecepatan.

Pelari jarak pendek perlu menguasai tiga teknik dasar lari jarak pendek, yaitu teknik start, teknik lari, dan teknik penutup.

Jenis Start Lari Jarak Menengah: Pengertian Dan Tekniknya

Dilansir dari buku Pendidikan Jasmani Irwansyah dan Target Nilai Serba Baru 100 Ulangan Harian SMP Kelas VIII, berikut teknik lari jarak pendek.

Teknik atau posisi awal lari jarak pendek adalah memulai dengan posisi jongkok atau membungkuk. Dalam lari jarak pendek, teknik start merupakan kunci utama dalam mencapai kecepatan maksimal.

Ada tiga fase awal start, dimulai dengan fase “siap”, dimana pelari meletakkan tangannya di garis start dan membentuk huruf V terbalik dengan jari-jarinya, dengan badan condong ke depan.

Mata tetap fokus pada jarak 2 meter ke depan, sedangkan pikiran tetap fokus pada isyarat “ya” atau suara pistol.

Yang Bukan Merupakan Tahapan Dalam Olahraga Jalan Cepat Adalah

Setelah mendengar kata “siap”, atlet mengangkat pinggul di atas bahu, menatap lurus ke depan, dan mengambil napas dalam-dalam untuk menciptakan ketegangan.

Pada aba-aba “ya” atau bunyi pistol, lengan kanan terayun ke belakang, lengan kiri ke depan, sedangkan kaki kanan bergerak maju cepat dan kaki kiri mendorong dengan kuat.

Seorang pelari dianggap telah mencapai garis finis apabila bagian depan tubuhnya menyentuh bidang vertikal garis finis. Berikut ini adalah teknik dan hal yang perlu diperhatikan saat memasuki bahasa Finlandia:

Dikutip dari buku Mengenal Atletik (Lari dan Lempar), peraturan perlombaannya ditetapkan oleh IAAF (Federasi Atletik Amatir Internasional) atau di tingkat nasional oleh PASI (Persatuan Atletik Indonesia), peraturan mengenai lari jarak pendek kompetisi, yaitu::

Pengertian Lari Estafet, Sejarah, Syarat, Jenis, Teknik, Dan Peraturannya

Nah itulah penjelasan tentang lari atau lari jarak pendek. Teknik lari jarak pendek dibedakan menjadi teknik start, teknik lari, dan teknik penutup. Saya harap artikel ini dapat membantu para Deticker. Para pelari bertanding pada nomor estafet 4×100 meter putra senior pada Kejuaraan Nasional Atletik 2019 di Stadion Paksansaari, Rabu (8/8). Kejuaraan Atletik Nasional akan digelar pada 3 hingga 7 Agustus. (bola.com/pexi kahyo)

Halodoc, Jakarta – Pengertian lari jarak pendek mirip dengan lari. Pelari jarak pendek disebut sprinter. Jarak lari sprint meliputi 100 meter, 200 meter atau 400 meter. Bagaimana cara melewati garis finis dalam perlombaan jarak pendek?

Oleh Yahya Ako Nopiyanto dan Septian Rybovo menjelaskan cara online