Teknik Dasar Pencak Silat Yang Harus Dikuasai Seorang Atlet Adalah – YOGJAKARTA – Teknik dasar pencak silat wajib dikuasai oleh para guru, baik pemula maupun tingkat tinggi. Teknik ini dibandingkan dengan dasar serangan dan gerakan bela diri yang terdapat dalam pencak silat.

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa teknik dasar yang diajarkan dalam olahraga pencak silat. Tekniknya adalah sebagai berikut.

Teknik Dasar Pencak Silat Yang Harus Dikuasai Seorang Atlet Adalah

Tidak hanya pada penchak silat saja, jurus merupakan teknik dasar dalam setiap pencak silat yang wajib dikuasai. Jurus ini merupakan jurus yang sempurna untuk membantu mengatur serangan dan pertahanan diri.

Sparing Adalah Bentuk Latihan Tinju, Berlatih Mengalahkan Lawan

Cara melakukan jurus adalah dengan meletakkan kaki di tanah dalam posisi terbuka dengan posisi badan tegak dan kedua lengan rapat sejajar pinggang. Sekilas posisi ini seperti pengendara.

Gerakan dasar yang kedua adalah sikap berdiri. Jabatan ini juga menjadi modal dasar dalam membela diri setelah menduduki jabatan tersebut. Cara melakukan jurus dalam penchak silat adalah dengan menggabungkan jurus, namun lebih fleksibel tergantung situasi yang dihadapi pesilat.

Penchak silat juga dilengkapi pola langkah yang membantu pesilat menyamarkan gerakannya. Cara membuat pola langkah adalah dengan mengubah pijakan kaki dari satu titik ke titik lainnya sesuai pola yang telah ditentukan.

Baca Juga  Gambarkan Diagram Yang Dapat Menjelaskan Proses Terjadinya Pembiasan Pada Sendok

Teknik ini menentukan ke arah mana Anda akan bergerak, baik secara ofensif maupun defensif. Dalam pencak silat, gerakan dasarnya adalah delapan arah mata angin dengan satu titik pusat. Teknik pengarahan dapat berupa melompat, meluncur, mengangkat atau bergerak.

Asalamualaikum Kakak Yang. Adik Hatinya Tolong Ya Aku Kasih 40 Poinrom 2=1 Soal 1 Pointrom 3=1 Soal 2

Dalam pencak silat dikenal dengan teknik pukulan. Sedangkan tendangan dasar yang digunakan adalah tendangan lurus atau depan, tendangan pendulum atau sangkol, tendangan lokomotif, tendangan tegak. Teknik ini wajib dikuasai oleh pemula dan dapat dikembangkan menjadi suatu gerakan.

Selain pukulan, dalam pencak silat juga dikenal dengan teknik pukulan. Pukulan merupakan jurus yang cukup efektif dalam melumpuhkan lawan. Teknik dasar memukul adalah sebagai berikut.

Penchak silat tidak hanya mengandalkan serangan saja, namun juga tangkisan dalam bertahan. Tangkisan biasanya digunakan untuk menangkis serangan lawan berupa pukulan atau tendangan. Teknik menangkis dilakukan dengan cara melakukan kontak langsung dengan bagian tubuh lawan yang digunakan untuk menyerang.

Tangkisan dapat dilakukan dengan gerakan tangan, lengan, siku, kaki, bahkan kombinasi. Teknik-teknik yang harus dikuasai adalah sebagai berikut.

Persaudaraan Setia Hati Terate

Teknik gunting merupakan teknik yang digunakan untuk menjatuhkan lawan dengan cara meremas leher musuh dengan menggunakan kaki. Mencubit juga bisa dilakukan pada bagian tubuh lainnya seperti pinggang, kaki, lengan dan lain sebagainya.

Teknik kuncinya sering diidentikkan dengan teknik guntingan. Keduanya mempunyai fungsi yang berbeda. Teknik gunting untuk menjatuhkan lawan, sedangkan teknik kuncian adalah teknik untuk menghalangi gerak lawan.

Teknik ini akan mengunci bagian vital tubuh, misalnya menyasar bagian vital seperti pergelangan tangan atau leher. Penguncian diterapkan beberapa saat hingga lawan menyerah atau kehabisan energi.

Baca Juga  Beruang Walabi Dan Kuskus Termasuk Fauna Indonesia Tipe Bagian

Teknik berbaring digunakan ketika ada sudut atau pada kondisi tertentu. Misalnya saja ketika seorang petarung tidak sengaja terjatuh dan tidak mempunyai kesempatan untuk bangkit. Atau bisa juga dilakukan saat pertarungan berada di tempat yang ketat.

Mengenal Pencak Silat, Manfaat Dan Teknik Dasarnya

Itulah beberapa teknik dasar penchak silat yang wajib dikuasai oleh para atlet pemula maupun profesional. Untuk informasi menarik lainnya kunjungi