Tari Nusantara Yang Pola Lantainya Segi Empat Diantaranya Adalah Tari – Piala Asia U-23: Suasananya mirip Piala Dunia 2002, netizen Korea menyebut Shin Tae-yong Guus Hiddink untuk timnas Indonesia. Klik disini!

Halodoc, Jakarta – Pola lantai merupakan suatu bentuk kedudukan atau bentukan dalam seni tari. Pola lantai dalam tarian dibuat untuk menyempurnakan pertunjukan tari. Dalam membuat pola lantai ini harus memperhatikan hal-hal seperti jumlah penari, ruangan atau panggung dan gerak tarinya.

Tari Nusantara Yang Pola Lantainya Segi Empat Diantaranya Adalah Tari

Pola lantai terbagi menjadi dua yaitu garis lurus dan garis lengkung. Setiap desain pola lantai mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini tentunya disesuaikan dengan makna dari tarian itu sendiri.

Tari Yapong: Asal Usul, Properti Hingga Pola Lantai Dan Gerakannya

Pola lantai mengacu pada posisi atau formasi dalam tarian. Pada beberapa tarian yang dibawakan secara perorangan, berpasangan, atau berkelompok, biasanya para penari akan mengambil posisi tertentu. Oleh karena itu pola lantai merupakan posisi atau formasi tertentu dalam tarian.

Tujuan dari pola lantai adalah untuk meningkatkan penampilan karya tari. Beberapa hal perlu Anda perhatikan, antara lain bentuk pola lantai, maksud atau makna pola lantai, jumlah penari, ruangan atau lokasi, dan gerak tari.

Baca Juga  Iklim Negara Laos

Grafik Motion News transfer pemain Januari termahal dalam sejarah Premier League. Chelsea baru-baru ini mengontrak Mykhaylo Mudryk dari Shaktar Donetsk.

Penari Bali menampilkan tari pendett saat pembukaan Kejuaraan Dunia Junior, Kadet, dan U-21 WKF 2015 di ICE Serpong, Banten, Kamis (12/11/2015). Acara ini diikuti 1.425 peserta dari 91 negara. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ensiklopedia Suku, Seni Dan Budaya Nasional Abal Sampai Berangas (jilid 1) (m. Junus Melalatoa) (z Lib.org)

Jenis pola lantai yang pertama terdiri dari garis lurus. Pola garis lurus terdiri dari pola lantai horizontal, vertikal dan diagonal.

Pola lantai lurus banyak dijumpai pada pertunjukan tari tradisional di Indonesia. Pola lantai yang horizontal dan lurus menunjukkan hubungan antarmanusia. Jika garis lurus ini mengarah vertikal atau ke atas, menandakan adanya hubungan dengan Tuhan sebagai pencipta.

Perkembangan garis lurus pada pola lantai dapat berupa pola zigzag, segitiga, persegi, segi lima. Garis lurus juga bisa diartikan memiliki sikap jujur.

Pola lantai lurus dapat dibuat pada tingkat yang berbeda. Pola lantai lurus dapat dilakukan secara berpasangan atau dalam pertunjukan tari kelompok.

Tari Serimpi Berasal Dari Mana? Sejarah, Properti, Dan Gerakannya

Contoh tarian tradisional yang menggunakan pola lantai lurus mendatar yang berbeda adalah tari Gantar dari Kalimantan Timur, tari Ratoe Jaro dari Aceh, tari Srimpi Pandelori dari Yogyakarta, tari Baris Cengkedan dari Bali dan tari Beskalan Putri dari Malang.

Pola lantai yang berbeda-beda bisa berbentuk garis lengkung selain garis lurus. Pola lantai dengan garis lurus dan garis lengkung biasanya merupakan tarian yang berkaitan dengan hal magis atau keagamaan dan sering digunakan dalam tarian tradisional.

Sedangkan garis lengkung dapat membentuk lingkaran, angka delapan, lengkungan seperti busur yang mengarah ke depan dan ke belakang, serta lengkungan yang berliku-liku.

Baca Juga  Tuliskan Tiga Nama Hari Besar Keagamaan Berikut Agamanya

Contoh tari tradisional yang menggunakan pola lantai lurus mendatar antara lain tari Pendet dari Bali, tari Sekapur Sirih dari Jambi, tari Kecak dari Bali, dan tari Seudati dari Aceh.

Buku 1/2] Prosiding Tugas Akhir 2020/2021 Universitas Pancasila By Taawards2021

Enam+ 02:32 VIDEO: JDM Funday 2024 akan digelar di Sirkuit Mandalika dan akan menjadi Time Attack Race terbesar di Indonesia

Bali United lolos ke Seri Kejuaraan BRI Liga 1 dan akan menghadapi Persib di babak semifinal. Stefano Cugurra: Musim ini tidak mudah!

Peluang PSIS Lolos Seri Kejuaraan BRI Liga 1 Masih Ada, Yoyok Sukawi: Mari Kita Ciptakan Sejarah Bersama, Yoh Iso Yoh!

Beli tiket PLN Mobile Proliga 2024 di PLN Mobile dan dapatkan diskon ekstra listrik dan voucher token listrik!

Mengarahkan Pembelajaran Seni Dan Prakarya Ii

Hasil PLN Mobile Proliga 2023 hari ini: Firma Fastron Pertamina Jakarta di Puncak, Tuan Rumah BJB Tandamata Libas Bandung

VIDEO: Jakarta BNI 46 menutup putaran pertama PLN Mobile Proliga 2023 dengan kemenangan atas Bank Palembang Sumsel Babel

Kebijakan Ekstrim FIFA: Piala Dunia U-17 Digelar Setahun Sekali Mulai 2025, Qatar Jadi Tuan Rumah Hingga 2029

VIDEO: Timnas U-23 Indonesia melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 usai mengalahkan Korea Selatan dalam adu penalti yang menegangkan!

Tari Yang Berasal Dari Jawa Barat Adalah Tari Jaipong, Kenali Tarian Lainnya

VIDEO: Marcelino Ferdinand untuk pertama kalinya mencapai perempat final Piala Asia U-23, berharap bisa mengukir sejarah baru bersama timnas U-23 Indonesia

Foto: Kekecewaan Jurgen Klopp usai hasil imbang West Ham memastikan Liverpool mengibarkan bendera putih dalam perburuan gelar Liga Inggris

Baca Juga  Berikut Ini Merupakan Teknik Pembuatan Batik Kecuali