Sumber Sejarah Berikut Ini Merupakan Sumber Tertulis Kecuali – 1. Tuliskan nomor dan nama Anda pada lembar jawaban yang tersedia 2. Periksa dan bacalah soal dengan teliti sebelum Anda mulai mengerjakan 3. Ajukan pertanyaan Anda pada lembar jawaban 4. Gunakan waktu Anda secara efektif dan efisien 5. Periksa kembali hasil kerja Anda sebelum mengirimkannya kepada atasan Anda

1. Pengertian sejarah adalah sesuatu yang istimewa dan menunjukkan bahwa sejarah terjadi… A. Terjadi hanya sekali dan buruk. B. Dapat diulang berkali-kali. C. Tentang kehidupan manusia yang selalu berubah.D. Memiliki arti penting dalam kehidupan manusia. E.Peristiwa lampau. 2. Kata sejarah berasal dari bahasa Arab yang berarti pohon. Kata yang dimaksud adalah …. A. Sejarah D. Syajarotun B. Geschicte E. Tanggal C. Istoria3. Budi berkunjung ke Perpustakaan Nasional untuk mencari dan mengumpulkan sejarah perang 10 November 1945 di Surabaya, karya Budi termasuk dalam kategori penelitian sejarah yang disebut… .Kontrol B. Interpretasi E. Sejarah C. Pengetahuan 4. Sebagai berikut sumber sejarah adalah sumber tertulis, kecuali … A. Koran D. Sejarah B. Dokumen E. Relief C. Sejarah 5. Orang yang berkewarganegaraan Yunani dan dianggap sebagai Bapak Sejarah adalah …. A. Hippocrates D. Herodotus B. Aristoteles E. Cicero C. Socrates6. Cara menentukan umur suatu peninggalan sejarah berdasarkan sifat peninggalannya disebut …. A. Sigilografi D. Struktur B. Topografi E. Partisipasi C. Klasifikasi 7. Konsep waktu sangat diperlukan dalam kajian sejarah, konsep ini bertujuan untuk … A. Mendapatkan panduan tentang hal-hal penting B. Menampilkan berbagai peristiwa C. Membuat urutan peristiwa sesuai dengan waktu kejadiannya D. Membuat arsip E. Melihat perubahan di setiap peristiwa sejarah8. Kritik terhadap peninggalan sejarah bertujuan … A. Keaslian peninggalan sejarah B. Wujud peninggalan sejarah C. Waktu peninggalan sejarah D. Keaslian peristiwa sejarah E. Isi sumber sejarah 9 Sejarah dapat menginspirasi dan memotivasi orang yang mempelajarinya . , istilah ini adalah penggunaan sejarah sebagai … A. Seni D. Tinjauan B. Sejarah E. Ekstraksi C. Inspirasi 10. Jenis sejarah yang mengkaji pemikiran atau gagasan orang di masa lalu adalah … A. Sejarah intelektual B .Sejarah sosial C. Sejarah budaya D. Sejarah politik E. Sejarah ekonomi 11. Bagaimana cara menentukan umur warisan budaya manusia berdasarkan tanah yang disebut ..A. Arkeologi D. Geologi B. Klasifikasi E. Partisipasi C. Formasi

Sumber Sejarah Berikut Ini Merupakan Sumber Tertulis Kecuali

12.Menjelaskan peristiwa atau membuat asumsi tentang peristiwa sejarah disebut… A. Penyebab D. Pengendalian B. Inspirasi E. Heuristik C. Penjelasan 13. Sejarah adalah ilmu pengetahuan karena memiliki semua hal berikut kecuali …. A Penelitian objek B. Konsep C. MetodeD. Empiris E. Struktur 14. Sejarah dapat menjadi penghubung antara generasi sekarang dan generasi sebelumnya melalui…. A. Pengaruh B. Tulisannya C. Peristiwa D. Peninggalannya E. Pemikirannya 15. Metode penelitian dan penelitian kepustakaan adalah … A Penelitian lapangan langsung B. Penelitian lapangan C. Koleksi sejarah D. Penelitian dokumenter E. Wawancara dengan pelaku sejarah 16. Salah satu ciri sejarah nasional adalah… A. Demokrasi D .Berdasarkan agama B. Berdasarkan wilayah E. Indonesia -C. Kuil Tengah-17. Sejarah Propinsi Jawa Timur merupakan salah satu contoh jenis sejarah ini…. A. Umum D. Politik B. Kedaerahan E. Sosial C. Kelembagaan18. Bukti sejarah dan bahan yang tergolong primer adalah informasi dari…. A. BabadB. Dokumen C. Pelaku sejarah D. PrasastiE. Warisan Budaya 19. Sejarah tidak bergerak maju dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti kurva melewati pasang surut kehidupan manusia. Referensi di atas diutamakan…. A. Ibn Khaldun B. Herodotus C. AristotelesD. TIDAK. Ali E. Hippopotami 20. Kritik kritis terhadap peninggalan sejarah bertujuan …. A. Isi dan peninggalan sejarah B. Era peninggalan sejarah C. Kebenaran peninggalan sejarah D. Sejarah peristiwa sejarah E. Subjektivitas dalam sejarah 21. Penulisan tentang sejarah yang tidak sesuai urutan kronologis menimbulkan kesalahpahaman sejarah.temuan disebut …. A. Tinulad D. Sejarah B. Web E. Arkeologi C. Cetakan23. Sejarah mempelajari perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia sebagai makhluk hidup, perubahan yang paling cepat dan mendasar disebut… A. Evolusi D. Revolusi B. Reformasi E. Kesinambungan C. Rekonstruksi 24. Di bawah ini adalah sumber-sumber sejarah dalam bentuk teks, kecuali … A. ArsipB. ArtefakC. Laporan tertulis D. Naskah E. Buku penghargaan 25. Ilmu sejarah sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena …. A. Kajian tentang peristiwa masa lalu B. Sejarah tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat. Sejarah dapat dijadikan pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Jelajahi cerita yang berbeda. Sejarah tidak pernah lepas dari masa lalu. Penyebab unik Perang Dunia I di Eropa adalah pembunuhan Putra Mahkota Austria Francois Ferdinand oleh Gavrillo Princip Serbia. Studi tentang peristiwa di atas diklasifikasikan sebagai jenis sejarah.

Baca Juga  Sistem Pemerintahan Pada Masa Jahiliah Adalah

Mengenal Keraton Yogyakarta, Warisan Budaya Jawa

A. Sejarah dunia D. Sejarah sosial B. Sejarah umum E. Sejarah politik C. Sejarah lokal 27. Pemerataan memegang peranan penting dalam penelitian sejarah karena… A. Berkaitan dengan tempat terjadinya peristiwa B. Untuk mengetahui lingkungan alam C. Berkaitan dengan manusia bagaimana kejadiannya para pelaku D. Ikut pada saat peristiwa E. Perasaan bahwa kehidupan rakyat itu ada 28. Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan peristiwa yang istimewa karena . .A. Mengenal kehidupan bangsa Indonesia B. Berdampak besar C. Terjadi hanya sekali dan tidak berubah di masa lalu D. Menjadi perantara dalam kegiatan lain E. Peristiwa sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia. 29. “Jangan pernah lupakan sejarah” kalimat ini adalah pesan negara Indonesia dari foto… A. Soekarno D. Hos Cokroaminoto B. Hatta E. Sultan Syair C. Bung Tomo 30. Adanya perbedaan pemahaman sejarah peristiwa oleh saksi-saksi sebelumnya tergantung pada … A. Pengetahuan tentang sejarah para saksi B. Pendapat yang berbeda C. Apa yang dilihat para saksi D. Keberadaan para saksi tidak diharapkan E. Saksi-saksi melebih-lebihkan penemuannya

31. Contoh peristiwa dalam sejarah nasional Indonesia adalah… A. Perang Dunia I B. Perang Dunia H C.G 30S/PKI D. Revolusi Industri E. Revolusi Prancis 32. Sejarah lisan sejarah disebut juga . .. A. Sejarah lisan D. Legenda B. Cerita E. Dongeng C. Cerita33. Dalam meneliti sejarah lisan perlu adanya sumber primer, yaitu A. MushayidiB. bertanggung jawabC. Tokoh Masyarakat D. PahlawanE. Musuh34. Sumber informasi dari saksi mata sejarah adalah… A. Kuat D. Permanen B. Lemah E. Labil C. Sementara 35. Untuk mengatasi kekurangan penelitian sejarah lisan, pertanyaan diajukan sekaligus, yang artinya.. A.pembahasan bersifat rahasia dan hasilnya tidak dapat dipublikasikan selama pemirsa masih hidup. B. Wawancara dilakukan dengan beberapa pelaku atau saksi sejarah sekaligus untuk mendapatkan hasil yang mendekati kebenaran. Pertanyaan dan D. Pertanyaan dua arah yang mengharuskan orang tersebut menceritakan kisah dengan gaya naratif E. Pertanyaan yang diajukan setelah pemimpin tidak lagi hadir. Kekurangan sejarah lisan adalah…. A. Pengumpulan data dan dua arah B. Penulisan sejarah menjadi demokratis. Isikan informasi yang hilang atau informasi yang tidak dicantumkan dalam teks D. Pengingatan peristiwa yang terbatas oleh pelaku atau saksi. Pada saat yang sama, penelitian sejarah tidak akan menghasilkan subjektivitas37. T. Apa arti rumus 5W 1H bagi sejarah… A. Apa sifat dari proses ini? B. Dimana peristiwa itu terjadi? C. Apa yang menyebabkan peristiwa itu terjadi? D. Kapan peristiwa ini terjadi? E.Apa yang terjadi? Perencanaan sejarah membutuhkan penelitian ilmiah dengan menggunakan sumber statistik. Jenis sumber sejarah untuk pengumpulan penelitian sejarah atau sumber sejarah dapat dibedakan menurut sifat dan konteksnya.

Baca Juga  Makna Ungkapan Tangan Kanan

(1963), ilmu sejarah adalah cabang ilmu yang mengkaji dan meneliti proses umum perkembangan sosial dan manusia pada masa lalu dan masa kini.

Penelitian dan investigasi dimaksudkan untuk diteliti secara mendalam sehingga semua hasil dapat digunakan sebagai pedoman untuk menilai situasi saat ini dan arah masa depan.

Mungkinkah Mengangkat ‘londo’ Menjadi Pahlawan?

Sejarah adalah peristiwa masa lampau dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kehidupan manusia. Hal-hal yang harus ada di dalamnya adalah orang dan waktu. Hal utama dalam kajian sejarah adalah manusia (peradaban) dan aktivitasnya.

Selain itu, suatu periode waktu akan menentukan peristiwa mana yang dapat dianggap sebagai peristiwa sejarah. Secara khusus, masa lalu memiliki nilai historis yang signifikan jika waktu dibagi menjadi masa lalu seseorang atau pengalaman masa lalunya.

Pentingnya sejarah harus ditemukan dengan mempertanyakan masa lalu. Manusia dan tindakannya menentukan makna masa lalu. Peristiwa yang ada kemudian disebut peristiwa sejarah.

Yang terpenting, data sejarah harus bermakna dan mudah diingat. Oleh karena itu, diperlukan peran serta orang-orang yang berkompeten yang mampu menjelaskan dan memberikan penjelasan tentang fakta sejarah.

Buku Ii Panduan Pengelolaan Aset Tetapbarang Ptma

Jenis cerita Perencanaan cerita tidak terlepas dari cerita yang diperoleh. Dari situ, rekonstruksi dan interpretasi peristiwa masa lalu dapat dilakukan.

(2005), sumber sejarah bersifat material dan non material dan berguna dalam kajian sejarah Indonesia dari zaman dahulu hingga sekarang. Sumber sejarah bisa dalam bentuk lisan, tertulis atau audio-visual.

Sumber primer adalah sumber yang asal ada atau dapat disebut sebagai sumber utama obyek penelitian. Sumber primer dapat berupa informasi langsung dari sejarawan dan saksi, arsip, dokumen asli, laporan atau dokumen, foto, artefak, film, dan artefak.

Baca Juga  Bagaimana Sikapmu Ketika Mendapat Nilai Yang Kamu Harapkan

(2011:3) menjelaskan, berdasarkan disiplin metode sejarah, sumber utama dan kedudukan tertinggi adalah arsip. Ini karena arsip dibuat bersamaan dengan acara.

Soal Pilihan Ganda Sejarah X

Dengan kata lain, semua informasi yang terkandung dalam arsip dapat menjelaskan iklim yang berkaitan dengan keadaan yang menyebabkan terciptanya dokumen tersebut.

Menurut Sartono Kartodirdjo (1982: 35), sumber kedua adalah kesaksian seseorang yang tidak melihat atau tidak hadir pada saat peristiwa itu terjadi.

Sumber sekunder juga dapat dikatakan sebagai sumber yang diambil langsung dari pelaku sejarah. Sumber sejarah sekunder ini dapat berupa buku, tesis, tesis, disertasi, jurnal penelitian dan sumber lainnya.

Sumber yang terdaftar sebagai sumber sejarah tersedia untuk sisanya

Sumber Sejarah: Pengertian, Jenis Jenis & Manfaat

Berikut ini merupakan sumber pembangkit listrik energi terbarukan kecuali, berikut ini yang merupakan sumber pembangkit listrik energi terbarukan kecuali, berikut merupakan izin usaha kecuali, berikut merupakan contoh layanan hosting kecuali, berikut merupakan alat musik melodis kecuali, berikut ini merupakan syarat wajib zakat mal kecuali, berikut ini merupakan sumber pembangkit listrik energi terbarukan kecuali a angin b matahari c air d gas, berikut ini merupakan penyakit yang terjadi pada kulit kecuali, berikut ini yang merupakan perlengkapan dari socket wrench set kecuali, berikut ini merupakan sumber energi alternatif kecuali, dibawah ini merupakan sumber protein nabati kecuali, berikut ini merupakan kelebihan dari sumber energi alternatif kecuali