Sudut Datang Sinar Matahari Kecil – Mata kuliah mikrometeorologi ini mengantarkan saya dan teman-teman melakukan pengamatan cuaca selama 24 jam di halaman kampus IPB Baranangsiang, hal ini sangat menyenangkan karena pengamatan tersebut bertepatan dengan perayaan Tahun Baru 2003/2004.

Selain melakukan observasi, latihan ini juga mengasah kemampuan saya dan teman-teman dalam menerapkan ilmu yang dipelajari pada mata kuliah Instrumentasi Meteorologi untuk membangun beberapa anemometer IoT portabel dengan antarmuka USB-2 untuk transmisi langsung data yang dihasilkan guna menyelamatkan komputer. untuk analisis lebih lanjut. Saya bertanggung jawab untuk mengamati radiasi bersih, mencatat dan menganalisis data. Selain itu, saya harus membandingkannya dengan perkiraan nilai radiasi menggunakan pendekatan rumus empiris.

Sudut Datang Sinar Matahari Kecil

Slide di bawah ini berasal dari ceramah Ny. Tanya Jean seminggu yang lalu tentang radiasi matahari sebelum observasi lapangan kami.

Hari Di Singapura: Perpaduan Budaya, Kuliner, Dan Atraksi Mutakhir » Agoda: See The World For Less

Berdasarkan hasil sebenarnya terlihat bahwa jumlah radiasi bersih berubah pada siang dan malam hari. Satuan milivolt (mV) menunjukkan bahwa pengukuran radiasi bersih ini menggunakan radiometer bersih dan DVM (voltmeter digital) dan diukur setiap 30 menit. Nilai radiasi bersih pada siang hari ditunjukkan di bawah ini:

Selanjutnya, saya harus membandingkan nilai radiasi yang diukur dengan hasil prediksi menggunakan rumus empiris. Saya mengacu pada Dokumen FAO 56: Evapotranspirasi Tanaman – Pedoman untuk Menghitung Kebutuhan Air Tanaman – Dokumen Irigasi dan Drainase FAO 56 (http://www.fao.org/3/x0490e/x0490e00.htm#Contents): Bab 3 Diskusikan sub-topik data meteorologi dan radiasi: http://www.fao.org/3/x0490e/x0490e07.htm#radiation

Radiansi permukaan atmosfer bagian atas bumi yang tegak lurus sinar matahari disebut konstanta matahari, yaitu sekitar 0,082 MJ m-2 menit-1. Intensitas radiasi lokal ditentukan oleh sudut antara arah sinar matahari dan permukaan atmosfer. Sudut ini berubah pada siang hari dan juga bervariasi pada garis lintang yang berbeda dan musim yang berbeda. Radiasi matahari yang diterima permukaan horizontal atmosfer atas bumi disebut radiasi luar angkasa, Ra. Jika Matahari berada tepat di atas kepala, sudut datangnya nol dan radiasi luar bumi adalah 0,0820 MJ m-2 menit-1. Seiring bergantinya musim, posisi matahari dan lamanya hari pun berubah, sehingga Ra pun ikut berubah. Oleh karena itu, radiasi luar angkasa merupakan fungsi dari garis lintang, tanggal dan waktu.

Baca Juga  10 Sifat Nabi Muhammad

Ra dapat diperkirakan dari konstanta matahari, deklinasi matahari, dan waktu harian dalam setahun pada garis lintang yang berbeda:

Gerhana Matahari Cincin 2019 Dan Pengaruhnya Pada Cuaca Dan Iklim

Ra = (24(60))/π * Gsc* Dr* [ωs* sin(Φ) * sin(δ) + cos(Φ) * cos(δ) * sin(ωs)] (Rumus 1)

Dalam persamaan evapotranspirasi FAO Penman-Monteith, radiasi yang dinyatakan dalam MJ m-2 hari-1 dapat dikonversi menjadi evapotranspirasi ekuivalen dalam mm hari-1 (1/L) menggunakan faktor konversi yang sama dengan kebalikan dari panas laten penguapan = 0,408):

Pada rumus di atas, Ra diwakili oleh MJ m-2 hari-1. Ra dikalikan dengan 0,408 untuk mendapatkan evaporasi dalam mm hari-1 (Persamaan 2). Lintang φ dinyatakan dalam radian positif untuk Belahan Bumi Utara dan radian negatif untuk Belahan Bumi Selatan. Konversi dari derajat desimal ke radian diberikan oleh:

Dimana J adalah tanggal dalam kalender Julian (https://landweb.modaps.eosdis.nasa.gov/browse/calendar.html), antara 1 (1 Januari) dan 365 atau 366 (31 Desember). J dapat ditentukan untuk setiap hari (D) dalam bulan (M):

Contoh Puisi Tentang Bunga Matahari Yang Penuh Makna

Karena fungsi arccos tidak tersedia dalam semua bahasa komputer, Anda juga dapat menggunakan fungsi arctan untuk menghitung sudut waktu matahari terbenam:

Untuk periode per jam atau lebih pendek, sudut jam matahari pada awal dan akhir periode harus diperhitungkan saat menghitung Ra:

Ra = (12(60))/π * Gsc* Dr* [(ω2 -ω1)* sin(φ) * sin(δ) + cos(φ) * cos(δ) * (sin(ω2)-sin( ω1)] (Rumus 10)

Tentu saja, jika w ws pada Persamaan 13 berarti matahari berada di bawah cakrawala, maka menurut definisi Ra adalah nol.

Sinar Datang,sinar Pantul,dan Garis Normal Berpotongan Pada Satu Titikdan Terletak Pada Satu Bidang

Jika radiasi matahari Rs tidak dapat diukur, maka dapat dihitung berdasarkan rumus Angstrom yang menghubungkan radiasi matahari dengan radiasi luar angkasa dan durasi insolasi relatif:

Pada rumus di atas, Rs dinyatakan dalam MJ m-2 hari-1. Kalikan Rs dengan 0,408 untuk mendapatkan evapotranspirasi ekuivalen dalam mm hari-1 (Persamaan 2). Nilai Angstrom AS dan BS akan bervariasi tergantung pada kondisi atmosfer (kelembaban, debu) dan kemiringan matahari (garis lintang dan bulan). Ketika data radiasi matahari aktual tidak tersedia dan parameter AS dan BS yang ditingkatkan tidak dikalibrasi, nilai yang disarankan adalah AS = 0,25 dan BS = 0,50.

Radiasi luar angkasa Ra dan lamanya siang hari atau durasi maksimum sinar matahari N diberikan oleh Persamaan 10 dan 16. Durasi siang hari sebenarnya N direkam dengan heliograf Campbell-Stokes.

Radiasi gelombang pendek bersih yang dihasilkan dari keseimbangan antara radiasi matahari datang dan radiasi matahari yang dipantulkan diberikan oleh:

Baca Juga  500 Ml Air Berapa Gelas

Fenomena Langka, Merkurius Tutupi Matahari Pada 9 Mei 2016

Emisivitas energi gelombang panjang sebanding dengan pangkat empat suhu absolut permukaan. Hubungan ini secara kuantitatif dinyatakan dengan hukum Stefan-Boltzmann. Namun, fluks energi bersih yang meninggalkan permukaan bumi lebih kecil dari fluks energi radiasi dan diberikan oleh hukum Stefan-Boltzmann akibat penyerapan dari langit dan radiasi ke bawah. Uap air, awan, karbon dioksida, dan debu merupakan penyerap dan pemancar radiasi gelombang panjang. Konsentrasinya harus diketahui ketika memperkirakan limbah bersih. Karena kelembapan dan kekeruhan memainkan peran penting, hukum Stefan-Boltzmann perlu dikoreksi untuk kedua faktor ini ketika memperkirakan aliran radiasi gelombang panjang. Oleh karena itu diasumsikan bahwa konsentrasi zat pereduksi lainnya adalah konstan:

Pangkat keempat dari rata-rata suhu maksimum dan minimum selama periode 24 jam biasanya digunakan dalam persamaan Stefan-Boltzmann. Suku (0,34-0,14√ea) mewakili nilai koreksi kelembapan udara. Dengan meningkatnya kelembapan, nilainya akan semakin kecil. Pengaruh kekeruhan dinyatakan sebagai (Rs 1,35/Rs – 0,35). Ketika kekeruhan meningkat, suku ini menjadi lebih kecil dan oleh karena itu Rs menurun. Semakin pendek periode koreksi, semakin rendah arus keluar radiasi gelombang panjang. Perhatikan bahwa suku Rs/Rs pada Persamaan 39 harus dibatasi sehingga Rs/Rs ≤ 1,0.

Jika radiasi gelombang pendek dan gelombang panjang yang masuk dan keluar dapat diukur pada langit cerah dan berawan, koefisien pada Persamaan 39 dapat dikalibrasi.

Radiasi bersih (RN) adalah selisih antara radiasi gelombang pendek masuk bersih (RNS) dan radiasi gelombang panjang keluar bersih (RNL):

Sudut Datang Cahaya Matahari

Selain itu, untuk memudahkan dalam menghitung radiasi harian selama setahun, saya menulis beberapa persamaan di atas menggunakan BASIC (kodenya dapat dilihat di bagian bawah artikel). Untuk melakukan perhitungan, saya menggunakan Visual Basic 6 untuk membuat antarmuka pengguna yang sederhana, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Matahari memancarkan sinarnya ke segala arah. Namun matahari sangat jauh dari kita, sehingga apa yang kita dapatkan hampir sejajar. Sudut maksimum antara dua berkas cahaya Matahari jika dilihat dari Bumi adalah 0,53°. Hampir paralel, tapi tidak sepenuhnya.

Untuk banyak tujuan, kita dapat menganggap sinar matahari sejajar. Namun untuk beberapa situasi, sudut sinar matahari menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.

Polaris sekilas tampak diam di langit karena letaknya yang sangat jauh dan tidak dapat terlihat lama.

Penganut Bumi Datar percaya bahwa Bintang Utara tidak bergerak dan menggunakannya sebagai “bukti” bahwa Bumi tidak bergerak. Faktanya, pada pandangan pertama, Polaris tidak tampak bergerak, seperti halnya pegunungan di kejauhan yang tidak tampak bergerak jika kita bergerak satu sentimeter pun.

Baca Juga  Bunyi Yang Getarannya Teratur Disebut

Fenomena Bayangan Raksasa, Ilusi Optik Cahaya Matahari

Matahari dan bulan tampak berukuran sama tetapi bentuknya tidak sama di langit. Mereka terlihat serupa hanya karena matahari 400 kali lebih besar namun juga 400 kali lebih jauh. Untuk menjelaskan hal ini, kami menggunakan perspektif paksa pada foto.

Penganut bumi datar bersikeras bahwa matahari dan bulan memiliki ukuran yang sama karena ukurannya tampak sama. Dengan “logika” yang sama, adik di atas sama tingginya dengan Menara Eiffel.

Pengukuran dapat dilakukan secara langsung, seperti menggunakan penggaris atau meteran untuk mengukur panjang; atau secara tidak langsung, seperti mengukur jarak dengan mengeluarkan bunyi, mendengarkan bunyi, kemudian mengukur waktu yang diperlukan agar bunyi kembali pulih setelah dipantulkan. objeknya.

Penganut Bumi datar suka mempertanyakan pengukuran (seperti jarak ke matahari), dengan alasan bahwa pengukuran tersebut merupakan perhitungan, bukan pengukuran langsung. Faktanya, banyak alat ukur yang kita gunakan mengukur secara tidak langsung. Alat ukur ini mengukur berbagai besaran kemudian menggunakan perhitungan untuk memperoleh hasil pengukuran yang diinginkan.

Efek Perbedaan Sudut Datang Cahaya Matahari

Dengan menggunakan timbangan digital yang akurat dan ponsel yang dilengkapi sensor tekanan, kita dapat dengan mudah mengukur berat benda dan perbedaan tekanan udara di berbagai lokasi.

Penganut Bumi datar mengklaim bahwa benda jatuh karena massa jenisnya lebih besar daripada massa jenis udara di sekitarnya. Namun eksperimen sebenarnya menunjukkan bahwa benda-benda lebih ringan di tempat yang lebih tinggi, di mana kepadatan udaranya lebih sedikit. Hal ini membantah klaimnya.

Kerangka acuan adalah sistem koordinat di mana suatu titik acuan berada. Kecepatan atau kecepatan adalah relatif terhadap suatu kerangka acuan. Kedua kecepatan tersebut mungkin relatif terhadap dua kerangka acuan yang berbeda dan tidak dapat dibandingkan secara langsung.

Penganut Bumi Datar sering membandingkan dua besaran kecepatan, misalnya pesawat terbang yang bergerak dengan kecepatan 900 km/jam dan permukaan bumi di dekat khatulistiwa yang bergerak dengan kecepatan 1674 km/jam. Mereka menyimpulkan bahwa jika bumi berotasi, pesawat tidak akan mampu mencengkeram permukaan bumi dan tidak dapat mendarat. Mereka salah. Kedua gerakan tersebut melibatkan kerangka acuan yang berbeda dan tidak dapat dibandingkan secara langsung.

Perbedaan Temperatur Saat Pagi, Siang Dan Sore Hari

Diagram Matahari, Bumi, Bulan, atau benda langit lainnya jarang digambar berdasarkan skala karena ukurannya sangat kecil dibandingkan dengan jarak yang sangat jauh antar objek tersebut.

Penganut Bumi Datar percaya bahwa foto langit yang tidak dibuat sesuai skala sebenarnya adalah hoax. Faktanya, tidak mungkin menggambar diagram benda langit yang sesuai dengan skala medium fisiknya sambil tetap menjelaskan apa yang ingin dijelaskan.

Gerak nyata suatu bintang relatif terhadap bintang jauh lainnya akibat gerak Bumi mengelilingi Matahari.

, atau bintang berputar ke arah yang salah, disebabkan oleh kesalahan pengukuran sehingga menyebabkan bintang jauh menjadi bintang dekat dan sebaliknya.

Mengenal Sinar Ultraviolet (uv)

Penganut Bumi Datar mengklaim bahwa cahaya bulan bersifat dingin dan memberikan efek mendinginkan pada objek yang terkena sinar bulan. hal tersebut

Penginapan sinar matahari sawarna, sinar matahari pagi, manfaat sinar matahari, sudut datang, pengertian sudut datang, pemanas air sinar matahari, sinar matahari resort, sinar matahari, sudut datang sinar matahari, lampu sinar matahari, lampu dari sinar matahari, jaring penahan sinar matahari