Software Desain Grafis Yang Mirip Dengan Corel Draw Adalah – Perkembangan dunia desain grafis sudah bergerak pesat. Perangkat lunak desain adalah suatu keharusan mutlak bagi seorang desainer lepas atau siapa pun yang bekerja langsung untuk sebuah agensi.

Hal ini sejalan dengan pengembangan perangkat lunak pada versi PC/Laptop dan Seluler sebagai desainer grafis utama. Ada yang berbayar dan gratis. Namun hingga saat ini software produksi Adobe dan Corel masih dominan dan banyak diminati di kalangan desainer.

Software Desain Grafis Yang Mirip Dengan Corel Draw Adalah

Sayangnya, setelah masa uji coba berakhir, kita harus membayar sewa software tersebut setiap bulan atau setiap tahun untuk dapat menggunakan software berbayar tersebut.

Pengertian Desain Grafis, Prinsip Dan Beberapa Jenisnya

Soalnya biaya buy-to-let mahal, sehingga banyak yang menggunakan versi ilegal padahal sangat merugikan dan tidak diperbolehkan. Namun jangan khawatir, kini banyak sekali program desain grafis gratis yang bisa Anda gunakan untuk menyajikan ide Anda dalam bentuk visual.

Anda dapat menggunakan software desain gratis kapan pun Anda mau karena tidak ada masa percobaan, dll. Tidak ada situasi seperti itu. Fitur yang ditawarkan pada software gratis tidak kalah dengan fitur berbayar.

Dengan software gratis, Anda juga dapat membuat vektor, logo, atau desain lain apa pun yang Anda inginkan, seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, Photoshop, dan kru.

Jika Anda seorang profesional yang pernah menggunakan Adobe Illustrator sebelumnya tetapi terkendala oleh harganya yang tidak terlalu murah, Inkscape adalah solusinya. Perangkat lunak sumber terbuka ini dikenal sebagai versi gratis dari Adobe Illustrator.

Terkenal Beginner Friendly, Kenali Tools Coreldraw Dan Fungsinya

Inkscape adalah program pembuatan vektor yang sangat kuat dan saya juga menggunakannya di laptop saya. Format yang digunakan pada software ini adalah SVG. Jadi, jika Anda sudah terbiasa membuat vektor, Anda bisa dengan mudah menguasai software desain Inkscape ini.

Di sisi lain, Anda juga dapat menggunakan Inkscape sebelum beralih ke program yang lebih kompleks seperti Corel Draw atau Adobe Illustrator.

Muncul untuk Windows, Mac, dan juga Linux. Jika Anda tertarik, silakan kunjungi situs resminya di sini.

Software desain gratis selanjutnya adalah Canva. Canva biasanya menjadi andalan untuk pembuatan poster. Selain itu, Anda dapat membuat presentasi, poster, undangan, dan infografis di software ini. Hal baiknya adalah Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini tanpa harus mengunduhnya, tetapi Anda dapat menggunakannya secara online di browser Anda dan Anda perlu mengakses internet.

Baca Juga  Unsur Tari Yang Berfungsi Sebagai Pemikat Penampilan Tari Disebut Unsur

Buku Kelas X Tkj

Canva sangat cocok untuk pemula karena sangat mudah digunakan dan dipahami, secara umum kita hanya perlu drag, delete dan ubah tanpa bingung dalam memahami tools seperti software desain. Canva dikemas dengan cara yang sangat praktis untuk pemula.

Selain itu, mereka telah memberi Anda banyak templat desain gratis untuk menyesuaikannya sesuai keinginan Anda. Jika Anda tertarik dengan desain yang lebih menarik, mereka juga menawarkan versi berbayar.

Dari tampilan dan fiturnya, GIMP bisa dikatakan merupakan Photoshop versi gratis yang sangat mirip, selain desain vektor, Anda juga dapat mengedit atau memodifikasi gambar seperti Photoshop.

Berbeda dengan Photoshop yang menggunakan PSD sebagai format penyimpanannya, GIMP akan menyimpan lembar kerja Anda dalam format XCF; Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyimpan dalam format lain yang tersedia seperti RAW dan PSD.

Alternatif Aplikasi Pengganti Coreldraw Terbaik (+link Download)

Kelebihan GIMP adalah selain versi software yang perlu diinstal, juga tersedia GIMP versi online. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya mengedit di Photoshop, tapi yang harus Anda lakukan hanyalah membuka halamannya di browser? Bukankah ini menyenangkan?

Dengan versi online/web, Anda dapat menghubungkan komputer dan perangkat seluler/smartphone Anda, dan masih banyak fitur lainnya. Selain itu, mereka juga menawarkan versi premium seharga $7 per bulan, yang tentunya memiliki fitur lebih baik daripada versi gratis.

Jika Anda ingin mencobanya, silakan kunjungi situs resminya di https://www.gimp.org/, lalu unduh dan instal. Atau jika ingin menggunakan versi web, silakan kunjungi rollapp.com/launch/gimp.

Software desain berbasis website gratis lainnya yang bagus untuk pemula adalah SVG-Edit. Karena alat online ini bersifat open source, maka dipublikasikan di situs pengembangan aplikasi GitHub dan bukan di situs web resmi. Dengan SVG-Edit, Anda dapat membuat desain grafis mirip vektor menggunakan alat yang sangat dasar.

Adobe Illustrator, Aplikasi Desain Grafis Yang Diminati Oleh Para Desainer!

Berbeda dengan alat Canva online pada poin 2, Anda tidak diberikan template desain di sini. Itu sebabnya Anda harus memikirkan ide desain Anda.

Fitur yang tersedia antara lain gambar tangan bebas, garis, polyline, zoom, hapus, lingkaran, dan masih banyak lagi. Software ini dapat digunakan untuk mengedit file dengan ekstensi SVG dan outputnya dapat berupa SVG, PNG, JPG, WMP dan BMP. Untuk lebih jelasnya anda bisa mencobanya langsung dengan mengunjungi website SVG-Edit GitHub.

Software yang familiar bagi para desainer 3D adalah Blender. Blender adalah salah satu software pemodelan 3D terbaik, dan tidak mengherankan jika banyak digunakan oleh para desainer. Blender juga dapat digunakan untuk iklan luar ruang dan desain web.

Baca Juga  Memori Yang Berfungsi Untuk Tempat Penyimpanan Data Sementara Disebut

Anda juga bisa berkreasi dengan membuat model yang tidak ada di kehidupan nyata, seperti monster. Pasalnya, software ini didukung dengan banyak fitur untuk modeling, animasi, UV, VFX, editing video, rendering, dan lainnya.

Software Desain Grafis Gratis Terbaik Alternatif Corel Draw Dan Adobe

Bagusnya Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membuat kreasi 3D dengan Blender. Program ini sepenuhnya gratis dan open source.

Jawabannya tergantung kebutuhan dan kemampuan. Jika Anda ingin membuat desain yang mulus, Canva mungkin bisa menjadi solusinya. Jika Anda menginginkan software dengan fitur kompleks dan mirip dengan software berbayar, Inkscape dan GIMP bisa menjadi pilihan Anda.

Jawabannya sama dengan pertanyaan sebelumnya, tergantung kebutuhan dan kemampuan. Jika Anda mampu membeli software berbayar, ini akan sangat membantu Anda karena fitur yang tersedia lebih lengkap dan lebih baik.

Namun Anda tetap bisa menunjukkan gigi Anda hanya dengan menggunakan software gratis. Itu semua juga terletak pada kemampuan Anda dalam menguasai program atau program tersebut.

Inilah Aplikasi Desain Logo Pc Terbaik 2020

Itu saja, ini adalah software desain gratis yang dapat saya rekomendasikan kepada para desainer dan mereka yang hanya ingin mendesain sesuatu tanpa mengeluarkan uang. Halo teman-teman kreatif. Sejak era digital, desain grafis menjadi bidang yang diminati banyak orang. Bukan hanya seniman saja yang perlu paham desain, siapa pun bisa belajar desain grafis tanpa syarat apa pun. Mengingat pemasaran saat ini sering dilakukan secara digital, banyak bisnis yang membutuhkan keterampilan desain grafis. Jika seseorang ingin belajar tentang desain grafis, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan program desain grafis mana yang ingin digunakan untuk membantu kita mengolah gambar atau dokumen bergambar.

Software editingnya sendiri menawarkan beragam pilihan, mulai dari berbayar hingga gratis. Oleh karena itu, kita dapat memikirkan program yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Mimin akan langsung membahas 5 program desain grafis yang sering digunakan oleh banyak orang termasuk para profesional. Jangan lupa catat ini ya kawan!

Adobe Photoshop menduduki peringkat nomor satu dan sudah dikenal masyarakat luas, termasuk para desainer profesional. Program dengan ikon kotak dominan berwarna biru ini paling mudah digunakan oleh semua orang, termasuk pemula. Namun jangan salah, Adobe Photoshop memiliki alat pemotong, kuas penyembuh, alat pembentuk, pensil, dll. Ada banyak tools yang memudahkan kita dalam mengolah gambar, seperti:

Awalnya Photoshop hanya digunakan untuk memanipulasi atau mengedit foto dan gambar. Photoshop digunakan untuk membuat gambar berbasis piksel. Namun karena alatnya memudahkan pekerjaan pengguna dan dapat membuat pengaturan berbeda sesuai efek yang diinginkan, banyak orang menggunakan Photoshop untuk logo, spanduk, dan keperluan grafis serupa. Belajarnya tidak sulit karena banyak video edukasi di platform YouTube.

Baca Juga  Madenda Merupakan Salah Satu Jenis Tangga Nada

Software Desain Grafis Terbaik Dan Terpopuler

Program kedua yang mimin rekomendasikan adalah Corel Draw. Program ini memiliki basis penggemarnya sendiri, hampir sepopuler Photoshop. Walaupun sama-sama merupakan software editing seperti Photoshop, namun Corel Draw juga mempunyai perbedaan yang mencolok yaitu Corel Draw digunakan untuk editing berbasis vektor dan bukan untuk editing berbasis pixel seperti Photoshop. Corel Draw unggul dalam memudahkan pembuatan karya seni vektor sekaligus, termasuk logo, poster, spanduk, dan bahkan undangan pernikahan. Kelebihan menggunakan Corel Draw antara lain seleksi dan efek. Kemampuan menggunakan Corel Draw menjadi nilai plus bagi perusahaan. Faktanya, cara melakukan pekerjaan ini kini menjadi mata pelajaran di banyak sekolah.

Hampir mirip dengan Corel Draw dan Photoshop, Adobe Illustrator merupakan gabungan dari dua program sebelumnya yaitu Adobe Photoshop dan Corel Draw. Software ini dapat menangani gambar atau gambar berbasis vektor seperti Corel Draw namun juga memiliki tools dan sistem layer yang lengkap seperti Photoshop. Karena variasi warna pada program ini lebih lengkap, kita dapat bermain-main dengan transisi warna untuk menghasilkan gambar yang menarik. Selain itu, ukuran cetakan yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan Adobe Photoshop dan Corel Draw. Butuh waktu lebih lama untuk menggunakan software ini karena kurangnya fitur

Adobe InDesign adalah program menarik lainnya dari Adobe. Program ini sering digunakan untuk mendesain layout majalah, tabloid, dan surat kabar. Kelebihan Adobe InDesign adalah kemudahan dalam mengedit media cetak. Selain itu, software ini juga menyediakan fitur untuk memburamkan gambar dan membuat objek menjadi transparan. Kami juga dapat menyimpan atau mengimpor data dalam format berbeda agar kompatibel dengan komputer lain.

Jika program sebelumnya berbayar. Mimin akan memberikan pilihan software editing gratis dan open source yang berisi tools yang sangat lengkap. Nama programnya adalah Inkscape. Perangkat lunak pengeditan ini berbasis vektor dan tersedia untuk Linux. Jumlah toolsnya memang tidak sebanyak program lain, namun jika Anda pengguna biasa dan bukan profesional, program ini sudah cukup mengingat fitur-fitur yang dikandungnya. Inkscape juga mempunyai banyak kelebihan, diantaranya ringan sehingga tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi. Selain itu, ukuran file instalasinya juga relatif kecil dibandingkan program sebelumnya seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator. Jika Anda ingin mempelajari perangkat lunak pengeditan ini maka kami memerlukannya

Langkah Mudah Proses Sablon Dtf

Dari kelima program tersebut, manakah yang menarik minat Anda?

Aplikasi mirip corel draw, software corel draw, corel draw software free, software desain grafis yang sama seperti corel draw adalah, software corel draw x5, software yang mirip dengan corel draw, harga software corel draw, download corel draw software, desain grafis corel draw x7, desain grafis corel draw, software corel draw gratis, corel draw x7 software