Softball Termasuk Jenis Permainan – 1. Baseman Pertama 2. Baseman Kedua 3. Baseman Ketiga 4. Shortstop 5. Bean 6. Catcher 7. Fielder Kanan 8. Fielder Kiri 9. Fielder Tengah 1. Melempar Bola 2. Menangkap Bola 3. Memukul 4 5. Menggeser 6. Pencurian

Jumlah pemain softball pada setiap tim yang bertanding adalah 9 orang. Kesembilan pemain ini mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing serta berperan penting dalam menjamin kesuksesan tim.

Softball Termasuk Jenis Permainan

Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan rumput atau lapangan softball yang dirancang khusus. Tujuan permainan softball adalah untuk mencetak angka dengan mengarahkan pemain dari base ke base dan kembali ke home plate.

Mau Jadi Pemain Softball Profesional? Pahami Informasi Dasar Ini

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jumlah pemain softball dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan permainan tersebut. Untuk lebih jelasnya, yuk cek konten di bawah ini!

Dilansir dari esai berjudul Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Tangan-Mata Terhadap Keterampilan Bunt Shot di Klub Softball Universitas Jakarta karya Muchammad Zafar, Softball pertama kali dimainkan pada tahun 1887 di Chicago, Amerika Serikat.

Permainan ini awalnya disebut “bisbol dalam ruangan” karena dimainkan di dalam ruangan dan softball digunakan sebagai pengganti sepak bola. Permainan ini diciptakan oleh George Hancock, seorang jurnalis olahraga, yang ingin menciptakan permainan yang aman dan cocok untuk dimainkan di dalam ruangan.

Di Indonesia, softball mulai berkembang pada tahun 1964 dan sangat populer di kalangan pelajar dan mahasiswa. Pada tahun 1970-an, softball menjadi olahraga resmi di Indonesia dan terus berkembang hingga saat ini.

Mengenal Softball: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Dan Aturan Permainan

Softball merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) dan SEA Games. Para pemain softball tingkat nasional bersaing untuk menjadi tim terbaik.

Baca Juga  Lagu Rotiku Dinyanyikan Dengan Tempo

Jumlah pemain softball dalam satu tim adalah 9 orang, terdiri dari seorang pitcher, seorang catcher, seorang baseman pertama, seorang baseman kedua, seorang baseman kedua, seorang baseman ketiga, seorang shortstop, dan tiga orang outfielder. Disebutkan dalam buku Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan karya Muhajir, berikut fungsi masing-masing posisi softball.

Ada pemain bagus di jalur kanan. Tugas pemain ini adalah mencegah bola mengenai sisi kanan.

Fielder kiri ada di sisi kiri. Pemain pada posisi ini bertugas menjaga agar bola tidak mengenai sisi kanan.

Macam Macam Teknik Dasar Permainan Sofbol Yang Perlu Dipelajari Dan Dikuasai

Pemain tengah mengisi posisi lapangan tengah. Pemain di outfield bertanggung jawab untuk mengontrol posisinya dan mengendalikan pemain outfield.

Ada berbagai posisi dalam permainan softball yang berperan sebagai infielder. Dirangkum dari buku Belajar Bermain Softball, Panduan Praktis untuk Pemula yang ditulis oleh Ismawandi dan Eka Kurnia Darisman, inilah posisi pemain yang bertugas di tengah lapangan.

Posisi pemain luar juga dikenal sebagai pemain luar. Pemainnya berjumlah tiga orang yaitu pemain kiri, pemain kanan, dan pemain tengah.

Pemain asing bertanggung jawab untuk melindungi wilayah mereka. Fielders adalah tiga pemain yang berdiri di luar lapangan dan bertugas menangkap bola yang dilempar ke luar lapangan.

Permainan Softball: Pengertian, Sejarah, Peraturan, Dan Teknik Dasar

Untuk dapat bermain softball secara efektif dan efisien, Anda perlu mengetahui beberapa teknik dasar. Laporan dari majalah olah raga berjudul Pengaruh Latihan Sprint, Shuttle Run Dan Kelincahan Terhadap Kecepatan Lari Dasar Ekstrakurikuler Softball​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​Amirudin Fathoni, berikut dasar-dasar bermain softball.

Cara melempar bola dalam softball yang pertama adalah dengan memegang bola di tangan dan melempar bola tersebut. Pemain perlu memeriksa posisi tubuhnya dan mengarahkan bola ke tempat yang ingin dituju.

Cara menguasai bola dalam softball yang pertama adalah dengan mencoba menguasai bola. Pemain harus memastikan bahwa bola masuk ke dalam kaca dengan benar dan tidak melewatinya.

Kunci dalam memukul bola dalam softball adalah memastikan kesejajaran tubuh yang tepat dan mengarahkan pemukul ke arah bola. Pemain harus memastikan bahwa bola mengenai dengan baik dan mengarah ke tempat yang mereka inginkan.

Strategi Dan Taktik Dalam Permainan Softball

Pitching softball dasar membutuhkan keterampilan, teknik, ketangkasan dan kecepatan. Pemain harus memastikan kecepatan dan arah yang benar untuk mencapai lokasi yang aman.

Proses penting ini merupakan gerakan yang membuat tubuh mencapai tujuan yang diinginkan. Semua slip dibuat 2-3 meter dari alas yang ingin dijangkau.

Teknik yang digunakan pelari disebut “mencuri”. Keberhasilannya tergantung pada kecepatan dan kecerdasan pelari dalam melihat bola keluar dari keranjang.

Baca Juga  Apa Hubungan Gerak Dengan Tenaga Jelaskan

Laporan dari buku Sarana dan Prasarana Olahraga Bola Kecil karya Muhammad Kharis Fajar, dkk, induk organisasi softball di Indonesia adalah Persatuan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (PERBASASI). Organisasi ini telah berdiri sejak tahun 1967.

Olahraga Baseball Dan Softball Amatir Dengan 23 Istilah

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai jumlah pemain softball. Semoga informasi yang dibahas diatas dapat menambah pengetahuan anda mengenai game tersebut, artikel ini memerlukan referensi tambahan untuk memastikan kualitasnya. Bantu kami membangun artikel ini dengan menambahkan referensi ke situs terpercaya. Kata-kata yang lemah dapat ditantang dan dihilangkan. Cari dari: “Softball” – artikel · thread · buku · cendekiawan · JSTOR

Softball adalah permainan sepak bola dengan dua tim (bahasa Inggris: Softballcode: en sudah tidak digunakan lagi). Permainan softball lahir di Chicago, diciptakan oleh George Hancock di rumah Gardenia pada tahun 1887. Softball merupakan pengembangan dari permainan sejenis yaitu baseball atau hardball. Seorang pelempar melempar bola softball dan tujuan pemainnya adalah memukul bola dengan tongkat pemukul. Ada tim yang menguasai (defensif) dan ada tim yang menyerang (ofensif). Setiap tim berlomba untuk mencetak poin dengan cara mengitari base tiga pelari hingga menyentuh yang terakhir yaitu home plate.

Permainan softball berasal dari Amerika Serikat, ditemukan oleh George Hancock di Farragut Boat Club Sports Hall di Chicago, Illinois pada tanggal 16 September 1887.

Sebelumnya beberapa alumni Universitas Yale dan Harvard sedang mendengarkan hasil akhir pertandingan sepak bola Amerika antara Yale dan Harvard di Farragut Boat Club. Setelah skor akhir diumumkan sebagai kemenangan Yale, seorang mahasiswa Yale melayangkan pukulan ke pendukung Harvard. Seorang pria mengambil tongkat dan meninju. Untuk melihat hal ini dia memberikan reporter Chicago Board of Trade, George Hancock. Katanya mereka akan memainkan permainan di dalam rumah dengan menggunakan bola hasil pukulan yang sudah dilempar. Ia mengambil sarung tinju dan mengikatnya erat-erat dengan tali hingga menyerupai bola. Kemudian dengan kapur tulis, Hancock mengecat bagian bawah Perahu Farragut menyerupai lapangan sepak bola.

Teknik Dasar Yang Harus Dikuasai Oleh Pemain Softball

Seperti kelelawar, kuas digunakan. Kedua tim dibagi menjadi dua dan Hancock berteriak “Main sepak bola”, dan pertandingan dimulai dengan skor akhir 44-40. Sejak itu, permainan bisbol menjadi populer. Disebut bisbol dalam ruangan.

Karena bentuk bolanya berubah. Nama softball sebelumnya berasal dari bahan yang digunakan untuk membuat bola tersebut, sehingga nama yang digunakan pada saat itu adalah softball, bola tentara, bola bubur, dan bola indoor outdoor, bola rekreasi, dan bola lapangan.

Baca Juga  Dimana Raja Melakukan Pertapaan Asal Mula Telaga Warna

Pada awal tahun 1900-an, softball mulai dimainkan di luar dan dimainkan di dalam ruangan. Pada tahun 1908, National Amateur Playground Ball Association Amerika Serikat merekomendasikan agar permainan dimainkan di luar ruangan dengan menggunakan bola yang lebih besar. Pada tahun 1923 Konferensi Rekreasi Nasional meminta organisasi tersebut untuk mendirikan permainan tersebut, dan pada tahun 1926 nama “softball” digunakan, meskipun belum ditetapkan.

Pada tahun 1933, turnamen internasional pertama diadakan di bawah naungan Asosiasi Softball Amatir Amerika, yang diadopsi sebagai undang-undang utama di Amerika. Tim softball putra saat itu adalah J.L. Gills dari Chicago, dan tim putri adalah Great Northerns dari kota yang sama. Meskipun kompetisinya kompetitif, sering kali kompetisi ini disponsori oleh organisasi lokal.

Olahraga Softball Warna Putih, Olahraga, Softball, Putih Png Dan Vektor Dengan Background Transparan Untuk Unduh Gratis

Sejak tahun 1933 “softball” telah menjadi nama resmi. Dan pada tahun 1934, peraturan umum diperkenalkan untuk memperbaiki peraturan softball. Peraturan telah banyak berubah sejak saat itu, terutama pada tahun 1946, ketika jumlah pemain dalam tim berubah dari 10 menjadi 9 pemain. Pada tahun 1950 jarak antara pitcher’s plate dan home plate putra ditingkatkan dari 43 kaki menjadi 46 kaki (13.114 meter).

Dari sudut pandang pesertanya, softball telah berkembang menjadi olahraga tim yang besar dan populer. Tersedia daun yang lebih kecil. Baik wanita maupun pria bisa memainkannya. Selain itu, pria di atas usia atlet dapat bermain di acara di luar pertandingan resmi seperti piknik atau di jejaring sosial tanpa melalui acara fisik dan latihan yang diperlukan, seperti bisbol.

Pada tahun 1960-an, ada sekitar 125.000 tim yang terdaftar di Asosiasi Softball Amatir. Dan mereka memiliki enam kejuaraan nasional setiap tahun. Ini belum termasuk anggota pria dan wanita yang berkompetisi di kompetisi tidak resmi. Di negara lain, softball merupakan olahraga yang digandrungi baik tua maupun muda.

Pada tahun 1949, tim Kanada, Tip Top Tailors Toronto, memenangkan kejuaraan dunia yang diselenggarakan oleh Asosiasi Softball Amatir dan menjadi kejuaraan dunia putra pertama. Itu diadakan pada tahun 1966 di bawah naungan Federasi Softball Internasional. Australia memenangkan turnamen wanita pertama pada tahun 1965.

Alat Yang Diperlukan Dalam Permainan Kasti Adalah Bola Dan Alat Lainnya, Pahami Aturannya

Lapangan softball berbentuk persegi. Mereka terbagi menjadi tempat yang baik dan tempat yang buruk. Selain itu, tempat yang baik dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian dalam (Infield) dan bagian luar (luar).

Pada wilayah dalam terdapat 4 penanda (utama). Setiap tanda dibaca searah jarum jam, dimulai dengan tanda pertama yang disebut home plate, dan dilanjutkan dengan tanda pertama, kedua, dan ketiga. Catatan berbentuk kotak dengan sisi

Materi permainan softball, teknik dasar permainan softball, peraturan dalam permainan softball, peraturan permainan softball, permainan softball, lama waktu permainan softball, asal usul permainan softball, cara bermain permainan softball, tentang permainan softball, ukuran lapangan permainan softball, siapa pencipta permainan softball, sejarah permainan softball