Sistem Operasi Dan Aplikasi Dari Suatu Komputer Disebut Dengan Istilah – Sistem operasi [dalam bahasa Inggris: sistem operasi atau sistem operasi] adalah perangkat lunak komputer yang mengatur pelaksanaan berbagai program yang menggunakan perangkat keras komputer dan mengatur cara pengguna mengendalikan komputer. Sistem operasi juga merupakan bidang studi dalam komputasi terapan. Sistem operasi ditemukan di hampir setiap perangkat yang berisi komputer dengan berbagai program, mulai dari ponsel dan konsol video game hingga superkomputer dan server Internet. Sistem operasi adalah platform dua sisi, menyatukan konsumen (sisi pertama) dan pengembang perangkat lunak (sisi kedua) dalam satu pasar. Beberapa sistem operasi modern yang populer untuk komputer pribadi termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.

Karena komputer awal sering dibuat hanya untuk satu tugas, seperti kalkulator, tidak ada sistem operasi dalam bentuknya yang modern dan lebih kompleks hingga tahun 1960. Saat komputer berkembang menjadi perangkat yang dapat menjalankan berbagai program secara berurutan, pemrogram mulai memasukkan perangkat lunak bersama library (berupa kode komputer) pada komputer untuk menghindari duplikasi dan mempercepat proses. Akhirnya, komputer mulai dibangun untuk secara otomatis beralih dari satu tugas ke tugas lainnya. Kemudian muncullah pembuatan perpustakaan operasi untuk menangani kecepatan pemrosesan dan pencetakan, yang berkembang menjadi program yang dapat menerjemahkan berbagai jenis bahasa pemrograman ke dalam kode mesin. Ketika komputer pribadi yang dibuat oleh perusahaan seperti Apple Inc., Atari, IBM, dan Amiga menjadi populer di tahun 1980-an, vendor mulai menambahkan fitur seperti pemeliharaan perangkat lunak dan perangkat keras.

Sistem Operasi Dan Aplikasi Dari Suatu Komputer Disebut Dengan Istilah

Sebuah sistem operasi dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Salah satu bagian terpenting adalah kernel, yang mengontrol proses tingkat rendah yang biasanya tidak dapat dilihat oleh pengguna rata-rata: kernel mengontrol bagaimana memori dibaca dan ditulis, urutan operasi proses, bagaimana informasi diterima dan dikirim dari peralatan. seperti monitor, keyboard dan mouse dan memutuskan bagaimana menginterpretasikan informasi yang diterima melalui jaringan. Antarmuka pengguna adalah bagian dari sistem operasi yang berinteraksi langsung dengan pengguna komputer, memungkinkan mereka untuk mengontrol dan menggunakan program. Antarmuka pengguna terkadang grafis dengan ikon dan desktop, atau tekstual, dengan baris perintah. Fitur serupa lainnya adalah antarmuka pemrograman aplikasi, yang merupakan kumpulan layanan dan pustaka kode yang memungkinkan aplikasi berinteraksi satu sama lain serta sistem operasi itu sendiri. Bergantung pada sistem operasinya, banyak komponen mungkin tidak dianggap sebagai bagian nyata. Misalnya, Windows menganggap antarmuka pengguna sebagai bagian dari sistem operasi, sedangkan banyak versi Linux tidak.

Baca Juga  Tulislah Manfaat Dari Perkembangbiakan Secara Vegetatif Pada Kolom Dibawah Ini

Open Source: Jenis, Kelebihan Dan Contoh Softwarenya

Pada awal 1950-an, sebuah komputer hanya dapat menjalankan satu program dalam satu waktu. Setiap pengguna hanya dapat menggunakan satu komputer dan akan tiba pada waktu yang dijadwalkan dengan program dan data pada kartu kertas dan pita cetak. Program akan dimuat ke dalam mesin dan mesin akan mulai berjalan hingga program selesai atau macet. Program umum dapat di-debug melalui sakelar panel depan melalui sakelar dan lampu panel. Alan Turing dikatakan telah menguasai ini di awal mesin Manchester Mark 1, dan telah memperoleh konsep awal sistem operasi dari prinsip-prinsip Universal Turing Engine.

Mesin kemudian datang dengan pustaka perangkat lunak yang akan dikaitkan dengan program pengguna untuk membantu operasi seperti input dan output dan menghasilkan kode komputer dari kode simbolik yang dapat dibaca manusia. Ini adalah asal dari sistem operasi modern. Namun, mesin masih menjalankan satu tugas pada satu waktu.

Gambar 1. Mark Manchester menjadi lebih dari kalkulator yang rumit dengan membiarkan pemrogram menjalankan berbagai jenis proses, salah satu ide pertama sistem operasi.

Pada tahun 1950-an, banyak fitur utama diperkenalkan ke sistem operasi, seperti pemrosesan batch, interupsi I/O, buffering, multitasking, spooling, dan perpustakaan run-time. Fitur-fitur ini termasuk atau tidak dalam perangkat lunak aplikasi dalam opsi pemrograman aplikasi, bukan dalam sistem operasi terpisah yang digunakan oleh semua aplikasi. Pada tahun 1959, sistem operasi SHARE dirilis sebagai alat terpadu untuk mainframe IBM 704 dan IBM 709.

Lengkap! Ini 12 Jenis Utility Software Yang Perlu Anda Gunakan!

Konsep sistem operasi tunggal ini mencakup seluruh lini produk yang sangat penting bagi kesuksesan System/360, dan faktanya, sistem operasi mainframe IBM saat ini merupakan turunan jauh dari sistem aslinya; Aplikasi yang ditulis untuk OS/360 masih dapat berjalan di mesin modern. Pada pertengahan 1970-an, MVS penerus OS/360 memberikan implementasi pertama penggunaan RAM sebagai cache transparan untuk data.

Gambar 2. OS/360 berjalan di semua komputer mainframe IBM pada awal 1964, termasuk komputer yang membantu NASA menempatkan manusia di bulan

OS/360 juga memelopori konsep bahwa sistem operasi melacak semua sumber daya sistem yang digunakan, termasuk mengalokasikan ruang program dan data di memori utama dan ruang file di penyimpanan sekunder dan menutup file selama pembaruan. Saat proses ini terhenti karena alasan apa pun, semua sumber daya ini diklaim kembali oleh sistem operasi.

Baca Juga  Tuliskan Nama Bangun Segi Banyak Berikut Sesuai Banyak Sisinya

Control Data Corporation mengembangkan sistem operasi SCOPE pada tahun 1960 untuk pemrosesan batch. Bekerja sama dengan University of Minnesota, sistem operasi KRONOS dan kemudian NOS dikembangkan selama tahun 1970-an, yang mendukung pembagian waktu dan kelompok secara bersamaan. Seperti banyak sistem pembagian waktu komersial, antarmukanya merupakan perpanjangan dari sistem operasi Dartmouth BASIC, salah satu upaya perintis pembagian waktu dan bahasa pemrograman. Pada akhir 1970-an, Control Data dan University of Illinois mengembangkan sistem operasi PLATO, yang menggunakan panel layar plasma dan jaringan pembagian waktu jarak jauh. Plato sangat inovatif pada masanya, karena menyertakan obrolan waktu nyata dan permainan grafis multipemain. Burroughs Corporation memperkenalkan B5000 pada tahun 1961 dengan sistem operasi MCP (Master Control Program). B5000 adalah grup mesin yang dirancang untuk secara eksklusif mendukung bahasa tingkat tinggi tanpa bahasa mesin atau rakitan, dan sebenarnya MCP adalah sistem operasi pertama yang ditulis secara khusus dalam bahasa tingkat tinggi: ESPOL, dialek ALGOL. MCP juga memperkenalkan banyak inovasi lainnya, termasuk implementasi komersial pertama dari memori virtual. Selama pengembangan AS400, IBM beralih ke lisensi Burroughs MCP untuk berjalan di perangkat keras AS400. Proposal ini ditolak oleh manajemen Burroughs untuk melindungi fasilitas produksi yang ada. MCP masih digunakan sampai sekarang di jajaran komputer Unisys ClearPath/MCP.

Panduan Lengkap Mengatasi Spyware

UNIVAC, produsen komputer komersial pertama, memproduksi rangkaian sistem operasi EXEC. Seperti semua sistem mainframe sebelumnya, itu adalah sistem berorientasi array yang mengelola baterai magnetik, disk, pembaca kartu, dan printer garis. Pada tahun 1970-an, UNIVAC memproduksi sistem Real-Time BASIC (RTB) untuk mendukung pembagian waktu dalam skala besar, juga mencontoh sistem BASIC Dartmouth.

General Electric dan MIT mengembangkan General Electric Comprehensive Operational Supervisor (GECOS), yang memperkenalkan konsep tingkat hak istimewa keamanan cincin. Setelah diakuisisi oleh Honeywell, namanya diubah menjadi General Comprehensive Operating System (GCOS).

Digital Equipment Corporation mengembangkan banyak sistem operasi untuk berbagai lini komputer, termasuk sistem time-sharing TOPS-10 dan TOPS-20 untuk kelas sistem 36-bit PDP-10. Sebelum penggunaan UNIX secara luas, TOPS-10 adalah sistem yang populer terutama di universitas dan komunitas awal ARPANET.

Pada akhir 1960-an hingga akhir 1970-an, berbagai kemampuan perangkat keras dikembangkan yang memungkinkan perangkat lunak serupa atau porting berjalan di lebih dari satu sistem. Sistem sebelumnya telah menggunakan microprogramming untuk mengimplementasikan fitur dalam sistem mereka untuk memungkinkan arsitektur dasar yang berbeda tampil sama dengan arsitektur lain dalam satu seri. Faktanya, sebagian besar sistem 360 setelah 360/40 (kecuali 360/165 dan 360/168) menerapkan firmware. Namun beberapa saat kemudian, kompatibilitas aplikasi lain yang dicapai lebih signifikan.

Komponen Dan Sistem Komputer

Investasi besar dalam perangkat lunak sistem sejak tahun 1960 berarti sebagian besar produsen PC asli terus mengembangkan sistem operasi yang kompatibel dengan perangkat keras. Sistem operasi utama yang didukung meliputi:

Baca Juga  Titik Yang Berjarak 4 Satuan Terhadap Sumbu Y Adalah

Mikrokomputer awal tidak memiliki kemampuan atau kebutuhan untuk sistem operasi kompleks yang dikembangkan untuk mainframe dan mini; Sistem operasi minimalis semacam itu dikembangkan, terkadang dimuat dari ROM dan dikenal sebagai monitor. Sistem operasi berbasis disk awal yang terkenal adalah CP/M, yang kompatibel dengan banyak mikrokomputer awal dan ditiru dalam MS-DOS, yang menjadi sangat populer sebagai sistem operasi pilihan untuk IBM PC (versi IBM disebut IBM DOS). ). atau PC DOS).), penggantinya adalah Microsoft. Pada 1980-an, Apple Computer Inc (sekarang Apple Inc) meninggalkan seri mikrokomputer Apple II yang populer untuk memperkenalkan komputer Apple Macintosh dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) inovatifnya di Mac OS.

Gambar 4 (kanan). Mac OS Apple Computers menjadi sistem operasi utama pertama dengan GUI. Banyak dari fitur-fiturnya, seperti jendela dan ikon, akan menjadi umum di antarmuka pengguna grafis.

Pengenalan chip CPU Intel 80386 dengan arsitektur 32-bit dan kemampuan paging memberi komputer pribadi kemampuan untuk menjalankan sistem operasi multitasking seperti komputer mini dan mainframe sebelumnya. Microsoft menanggapi perkembangan ini dengan mempekerjakan Dave Cutler, yang telah mengembangkan sistem operasi VMS untuk Digital Equipment Corporation. Dia akan memimpin pengembangan sistem operasi Windows NT, yang tetap menjadi fondasi lini sistem operasi Microsoft. Steve Jobs, salah satu pendiri Apple Inc, memulai NeXT Computer Inc, yang mengembangkan sistem operasi NeXTSTEP mirip Unix. NeXTSTEP nantinya akan dibeli dan digunakan oleh Apple Inc., bersama dengan kode FreeBSD sebagai kernel Mac OS X.

Sistem Operasi Laptop Terbaik

Proyek GNU dimulai oleh aktivis dan pemrogram Richard Stallman dengan tujuan membawa perangkat lunak bebas yang sempurna ke sistem operasi UNIX. Walaupun proyek ini sangat sukses dalam menduplikasi fungsi dari berbagai bagian UNIX, pengembangan kernel GNU Hurd terbukti tidak produktif. Pada tahun 1991, mahasiswa ilmu komputer Finlandia Linus Torvalds, dengan bantuan sukarelawan di Internet, merilis versi pertama dari kernel Linux. Kemudian bergabung dengan pengguna GNU dan sistem perangkat lunak untuk membentuk sistem operasi yang mulus. Sejak itu, kombinasi dari dua komponen utama sering disebut sebagai “Linux” oleh industri perangkat lunak, konvensi penamaan yang Stallman dan Free

Semua peralatan fisik dari sistem komputer disebut, melempar bola pantul dalam permainan bola basket disebut dengan istilah, sakit maag disebut juga dengan istilah, penyakit radang lambung disebut juga dengan istilah, penyakit tekanan darah tinggi disebut juga dengan istilah, berdiri dengan tangan dalam senam lantai sering disebut dengan istilah, komputer dengan sistem operasi macintosh sering disebut, mengapa sistem operasi dikatakan sebagai bagian terpenting dari suatu komputer, aplikasi toko online sering disebut dengan istilah, sistem operasi komputer dan contohnya, sistem operasi dan aplikasi, radang tenggorokan disebut juga dengan istilah