Sikap Yang Harus Dikembangkan Dalam Mewujudkan Persatuan Dalam Keragaman Adalah – Fungsi keragaman budaya adalah untuk meningkatkan kekayaan dan keragaman masyarakat, sehingga berkontribusi pada pembangunan yang seimbang.

Untuk menghindari perpecahan di antara orang-orang, persatuan dalam keragaman harus dicapai. Lihat di bawah untuk sikap yang harus Anda kembangkan untuk mencapai persatuan dalam keragaman.

Sikap Yang Harus Dikembangkan Dalam Mewujudkan Persatuan Dalam Keragaman Adalah

Solidaritas dalam keragaman budaya mengacu pada kondisi di mana orang-orang dari latar belakang yang berbeda tetap bersatu dan bekerja sama untuk tujuan bersama.

Apakah Sikap Yang Harus Dikembangkan Dalam Mewujudkan Persatuan Di Sekolah

Sikap yang harus dikembangkan untuk mencapai kesatuan dalam perbedaan antara lain penerimaan, penghargaan dan toleransi terhadap perbedaan budaya lainnya.

Berpartisipasi aktif dalam acara yang menyatukan orang, seperti festival, acara olahraga, atau acara sosial, dapat membantu menumbuhkan rasa kebersamaan dan persatuan.

Dalam The Sociology of Ethnicity and Race, Evan Ramadan dan Imran menjelaskan bahwa integrasi dapat dicapai dengan berbagai cara, antara lain:

Sikap-sikap ini akan membantu menciptakan lingkungan yang saling menghormati dan menghormati perbedaan budaya dalam masyarakat.

Kelas 5: Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari

Di sisi lain, kita harus menghindari perilaku yang tidak menghormati keragaman. Beberapa contoh perilaku yang tidak menghormati keragaman:

Diskriminasi terhadap seseorang atau sekelompok orang atas dasar ras, agama, jenis kelamin, orientasi seksual, dan kemudian menolak untuk mempelajari atau menghormati perbedaan budaya, agama, dll.

Baca Juga  Latihan Berguling Ke Depan Termasuk Dalam Gerak Dasar

Mengejek, menghina atau menghina orang yang berbeda dengan kita, baik ditujukan kepada seseorang atau sekelompok orang.

Mengekspresikan perasaan negatif atau kekerasan terhadap orang atau kelompok berdasarkan perbedaan budaya. Menolak untuk menerima atau menghormati perbedaan budaya.

Universitas Negeri Manado

Misalnya, merupakan penghinaan terhadap keanekaragaman budaya jika seseorang menolak untuk menerima agama atau kepercayaan orang lain yang berbeda.

Demikian pula, jika seseorang mengolok-olok atau menghina budaya orang lain, itu merupakan penghinaan terhadap keragaman budaya.

Jadi, setiap orang, ada sikap yang harus dikembangkan dalam menemukan titik temu untuk melestarikan perbedaan, dan ada sikap tertentu yang tidak boleh dikembangkan. Toleransi sangat penting, oleh karena itu saling menghargai perbedaan, sikap mencari titik temu sambil menjaga perbedaan. .

Oleh karena itu, pendekatan untuk mencapai kesatuan dalam perbedaan adalah saling menghargai semua perbedaan.

Kenapa Kita Harus Menghargai Perbedaan? Berikut Alasannya

Begitu pula dengan perbedaan agama. Lantas bagaimana cara menjaga persatuan di antara keberagaman di Indonesia? Beberapa contoh toleransi antaragama diberikan di bawah ini.

Selain toleransi yang bisa menciptakan persatuan, ada banyak sikap yang harus dihindari karena menimbulkan perpecahan. Tidak ada kecenderungan untuk menemukan titik temu sambil mempertahankan perbedaan-perbedaan berikut.

Selain pendekatan di atas, ada cara lain di mana kita dapat menciptakan persatuan dalam keragaman. Berikut beberapa kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kesatuan dalam perbedaan.

Sikap Bhineka Tunggal Ika diawali dengan menghargai dan menghormati keyakinan dan agama orang lain. Terlibat dalam kegiatan gotong royong atau gotong royong untuk kebaikan bersama. Dialog dan keputusan bersama diprioritaskan.

Remidi Penilaian Harian Kelas 6 Tema 2 Ppkn

Oleh karena itu, pentingnya persatuan dalam kebhinekaan masyarakat Indonesia terletak pada kenyataan bahwa perbedaan suku bangsa yang hidup di Indonesia dengan perbedaan agama, ras, bahasa dan adat istiadat menjadi satu kesatuan yang harmonis.

Baca Juga  Tari Daerah Adalah

Tags: #Menciptakan Persatuan dan Kesatuan #Toleransi #Pendidikan #Bhineka Tunggal Ika #Persatuan Baca Juga Pengertian dan Alasan Mengapa Toleransi Penting Manfaat Toleransi Dalam Kehidupan Bermasyarakat Mengapa Kita Harus Menghargai Perbedaan? Berikut daftar negara dengan toleransi puisi terpendek di dunia: Rabu Abu, Hari Prapaskah Definisi, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Keragaman budaya indonesia harus dipandang sebagai, kontribusi agama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, akibat dari sikap kurang menerapkan persatuan dalam keluarga, sikap persatuan dan kesatuan, peran agama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, jelaskan sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan, makalah peranan agama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, contoh sikap persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat, sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan di lingkungan keluarga, sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin, akibat dari sikap kurang menerapkan persatuan di lingkungan masyarakat, sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan di lingkungan masyarakat