Senam Irama Dengan Musik Biasanya Menggunakan Dua Kali – Aerobik merupakan salah satu olahraga yang masih dilakukan masyarakat hingga saat ini. Senam ritmik awalnya merupakan olahraga yang populer di negara lain. Namun seiring berjalannya waktu, Indonesia fokus pada olahraga aerobik. Apa itu aerobik? Silakan lihat artikel selanjutnya!

Aerobik adalah melakukan gerakan-gerakan senam yang diiringi musik atau ritme. Penjelasan mengenai latihan ritmik aerobik gratis juga bisa diambil dari digilib.uns.ac.id.

Senam Irama Dengan Musik Biasanya Menggunakan Dua Kali

Secara keseluruhan, aerobik adalah latihan yang bagus untuk dipelajari karena unsur gerakannya yang menyenangkan dengan musik. Aerobik memerlukan kelenturan, keseimbangan, keanggunan, kesinambungan dan ketelitian dalam setiap gerakannya.

Hal Hal Yang Perlu Ditekankan Dalam Senam Irama Adalah Kontinuitas Gerakan, Pelajari Mendalam

Jenis-jenis senam aerobik terbagi menjadi dua kategori, yaitu senam aerobik dengan peralatan dan tanpa peralatan. Berikut rinciannya sebagaimana disebutkan Nenggala dalam buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan:

Contoh pertama adalah gerakan kaki. Tujuan dari latihan gerak kaki ritmis adalah untuk melatih koordinasi gerakan kaki.

Pada latihan pertama, latihan ritmis akan dilakukan dalam waktu 2×8. Pergerakan lengan ke kiri.

Latihan kedua menyusul. Seperti latihan 1, ini dilakukan dalam 2×8 hitungan. Bedanya, gerakan pada latihan kedua ini lebih mengelompokkan lengan atas dari bawah ke atas.

Pengertian Senam Irama Menurut Para Ahli, Sejarah, Jenis Jenis Gerakan, Dan Manfaatnya

Berikutnya adalah aerobik dengan bola. Dalam aerobik bola, gerakan dasar meliputi memutar, berputar, memantul, dan melayang.

Keuntungan yang pertama adalah keuntungan materi. Dari segi manfaat fisik, manusia dapat mengembangkan daya tahan, massa otot, kekuatan, tenaga, koordinasi, ketangkasan dan keseimbangan.

Manfaat mental juga berlaku untuk aerobik. Aerobik mendorong seseorang untuk menggunakan kemampuan berpikirnya secara aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah motorik.

Baca Juga  Ceritakan Secara Singkat Tentang Sultan Baabullah

Terakhir, ada manfaat sosial. Manfaat tersebut dapat diwujudkan dalam kegiatan olahraga yang dilakukan secara bersama-sama untuk menciptakan hubungan sosial.

Posisi Awal Melakukan Senam Irama Adalah Berdiri Condong​

Awalnya diambil dari file.upi.edu, aerobik merupakan suatu gerakan progresif (olahraga bebas) yang lambat dan diiringi lagu atau musik kolektif. Namun senam ritmik kemudian berkembang menjadi senam ritmik yang lebih kompetitif, terutama setelah berganti nama menjadi senam ritmik modern. Sejak itu, aerobik menghilang dari pendidikan jasmani di sekolah.

Aerobik berkembang di Eropa dan menjadi populer melalui klub dan pusat kebugaran khusus. Hanya dalam waktu singkat, latihan ini telah menarik perhatian penggemarnya di banyak negara, termasuk Indonesia.

Itulah inti dari aerobik. Sekarang, jaga kesehatan Anda dengan melakukan olahraga yang menyenangkan atau menarik agar Anda tetap sehat dan terhibur! Masih ada peluang untuk menghadiri Olimpiade di Paris. Klik disini!

Pesenam putri Indonesia Wahyu Yolanda tampil di cabang senam all around SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia (28 Agustus). (AP/Vincent Thian)

Senam Lantai Adalah Kegiatan Olahraga Yang Menggunakan Matras, Ketahui Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Aerobik merupakan kegiatan senam atau gerakan bebas yang diiringi musik atau nyanyian berirama.

Aerobik, disebut juga aerobik, adalah gerakan yang dilakukan mengikuti irama musik, atau olahraga bebas yang dilakukan mengikuti irama.

Aerobik dapat dilakukan dengan atau tanpa peralatan. Alat yang biasa digunakan adalah berpasangan, cincin, tongkat, pita dan topi.

Motion News menggambarkan deretan pemain bintang muda yang juga bersemangat menyambut Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Pemain ajaib Chelsea Andrey Santos juga ada dalam daftar.

Apa Itu Gimnastik? Pengertian Dan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Datang dan bergabunglah di channel WhatsApp untuk mendapatkan berita terkini seputar Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Nasional Inggris, Liga Nasional Italia, Liga Nasional Spanyol, Bola Voli, MotoGP, dan Bulu Tangkis. Klik di sini (BERGABUNG)

Sejarah senam aerobik diawali dengan gagasan Jean-Georges Noverre (1727-1810), Francois Delsarte (1811-1871) dan Rudolf Bode (1881-1970). Keduanya meyakini pentingnya gerakan ekspresif di mana seseorang menggunakan tubuh untuk menciptakan keindahan melalui serangkaian gerakan.

Ide ini dikembangkan oleh Peter Henry Ling kemudian pada abad ke-19 dalam sistem pelatihan yang dikenal sebagai sistem gerakan bebas di Swedia, yang kemudian mempromosikan “aerobik”, yang memungkinkan Atlet mengekspresikan perasaan dan emosinya melalui gerakan tubuh.

Ide ini dikembangkan oleh Catharine Beecher, pendiri Western Institute for Women di Ohio, AS pada tahun 1837.

Gerakan Senam Ritmik Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Dalam program latihan yang diciptakan oleh Beecher yang dijuluki “rahmat tanpa tarian”, pesenam wanita berlatih mengikuti musik dari gerakan sederhana hingga gerakan kompleks.

Baca Juga  Tempat Untuk Menaruh Kanvas Yang Telah Diberi Frame Adalah

Sejak saat itu, pionir gagasan tentang tubuh, ekspresi fisik, gerak dan musik mulai bermunculan dalam berbagai bentuk.

Kemudian pada tahun 1900-an, semua gaya tersebut digabungkan di sekolah senam ritmik Swedia dan kemudian banyak sekolah senam yang mengembangkan gaya serupa.

Berdirilah dalam posisi tegak. Melangkah ke depan dengan kaki kiri dan kedua tangan di samping tubuh Anda. Melangkah ke depan dengan kaki kanan dan dorong tumit, lalu berjalan bergantian dengan kaki kiri.

Jenis Senam Beserta Penjelasannya Yang Perlu Diketahui

Gunakan ritme 2/4 (dd), 3/4 (ddd), 4/4 (dddd) dengan berdiri tegak, berjalan dengan kaki kiri, lengan bertumpu pada kedua sisi tubuh. Pada hitungan ke 1, langkahkan kaki kanan ke depan dengan meletakkan tumit di depan kaki kiri, lalu kaki terakhir.

Berdirilah dalam posisi tegak. Langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri. Lalu, letakkan kaki kiri di depan kaki kanan, dan satukan kedua kaki. Langkah penutupan dilakukan dengan 1 hitungan di sebelah kanan, 2 hitungan di sebelah kiri, dan 3 hitungan dekat.

Berdirilah dalam posisi tegak. Hitung satu, langkahkan kaki kiri ke depan. Selama dua hitungan, ikuti kaki kanan dan melangkah maju. Sebelum kaki kanan menginjak tanah (tumit masih tegak), kaki kiri melangkah mundur, lalu kembali mendekat ke kaki kanan.

Berdiri di sisi kiri. Pada hitungan ke 1, langkahkan kaki kiri di depan kaki kanan. Kraissprong juga bisa dilakukan secara terbalik. Langkah silang ini dimainkan dalam 2/4 waktu.

Apa Itu Senam Irama? Gerakan, Jenis, Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sau+ 00:59 VIDEO: Datang ke Indonesia, Tim Thomas dan Uber Cup sambut masyarakat di Bandara Soekarno Hatta

Sebagai Tim Musafir, PSIS tidak bisa mengikuti kejuaraan Liga BRI seri 1: Manajer Mahesa Jenar akan menyusun strategi yang efektif.

PLN Mobile Proliga 2024: Dikalahkan Jakarta Pertamina Enduro, Pelatih Gresik Petrokimia akui kemampuan pengumpulan dan pemblokirannya masih lemah.

Beli tiket PLN Mobile Proliga 2024 di PLN Mobile dan dapatkan diskon pembelian power ticket dan tambahan power token!

Sejarah Senam Irama Beserta Contoh Gerakannya

Jangan Bosan dengan Rumor Transfer Manchester United, 3 Pemain Pantas Dihukum Secepatnya: Awas Jangan Sampai Menyesal Lagi.

Kebijakan agresif FIFA: Piala Dunia U-17 digelar setahun sekali mulai tahun 2025, Qatar menjadi tuan rumah hingga tahun 2029

Gambar: Berada di peringkat ke-4 usai dikalahkan Irak di final Asia U-23 2024, tim U-23 Indonesia masih berharap bisa mendapatkan tiket ke Olimpiade melawan Guinea. satu demi satu. Tujuannya untuk mempersiapkan bagian tubuh guna mengurangi risiko cedera saat melakukan latihan ritme.

Baca Juga  Joglo Panggung Gadang Baileo Dan Kebaya Adalah Contoh Ragam

Terkadang, gerakan berjalan diiringi dengan mengayunkan kedua tangan ke depan dan ke belakang. Dalam versi lain, kedua tangan diletakkan di pinggul, dan kedua kaki digerakkan.

Mengenal Senam Ritmik: Sejarah, Kategori Pertandingan, Dan Manfaatnya

Aerobik terdiri dari latihan ringan yang dilakukan dengan gerakan bebas, diiringi musik atau ritme, yang diambil dari buku Fit with Rhythmic Movement (2020) karya Mahayudin Syafari dan Lalu M. Fahrurrozi.

Meski digunakan gerakan bebas, namun pelaku senam aerobik harus menguasai teknik dasar aerobik. Setelah menguasai teknik dasar, pesenam ritmik dapat menciptakan koreografi senam ritmik sendiri.

Orang yang melakukan aerobik harus menguasai gerakan-gerakan dasar. Oleh karena itu, aerobik bisa berirama dan konsisten. Gerakan dasar ini sering kali dilakukan dengan musik atau ritme yang mengiringi latihan.

Gerak dasar senam aerobik terbagi menjadi beberapa macam, yaitu gerak dasar kaki, gerak lengan, gerak rantai, dan lain-lain.

Istilah Lain Dari Langkah Kedepan Dalam Senam Irama Disebut

Berikut contoh penjelasan kegiatan aerobik dasar yang mudah dilakukan dan dipelajari, diambil dari buku PJOK Kelas VIII (2020) terbitan Kemendikbud dan masih banyak sumber lainnya.

Ada beberapa jenis gerakan dasar aerobik yang mudah dipelajari dan dilakukan saat latihan. Setidaknya ada 4 jenis aktivitas yang mudah dilakukan.

Selain 4 jenis yang dijelaskan di bawah ini, aktivitas dasar lainnya yang berkaitan dengan jalan aerobik adalah

Pesenam kemudian mengangkat kakinya setinggi betis, dengan posisi lutut 90 derajat. Kaki bergantian. Kaki bertumpu atau menyentuh tanah mulai dari punggung kaki hingga tumit.

Poco Poco, Dari Senam Jadi Tarian

). Cara melakukan jumping jack adalah memulainya dengan mengayunkan kaki ke belakang, ke arah bokong, lalu menendang ke depan atau ke kanan namun tidak lebih tinggi dari pinggul.

Dalam senam ritmik, Anda memulai dengan membuka kaki selebar bahu dan membuka setengah lebar saat melompat. Kemudian, lanjutkan menutup kedua kaki sambil melompat.

, kedua kaki meninggalkan bantalan kaki dan diakhiri dengan tumit, dengan menggunakan pergelangan kaki sebagai koordinator gerakan. Lalu, tekuk lutut untuk memperlambat gerakan melompat. Pesenam harus menjaga lututnya ke depan saat melompat untuk menghindari cedera.

Berguna untuk melatih otot-otot lateral tubuh. Caranya adalah dengan menyatukan kedua lengan di samping, seperti mendayung sampan.

Macam Macam Bentuk Gerak Dasar Ayunan Lengan Dalam Senam Irama

Hal ini juga berguna untuk melatih otot-otot di kedua sisi tubuh. Caranya adalah dengan mengangkat lengan dari depan perut bagian bawah hingga ke dada. Atau buat acara

Urutan gerakan dalam aerobik merupakan gabungan antara gerak dan gerak lengan. Contoh aktivitas aerobik yang mudah dilakukan adalah ke depan, ke kanan, merenggangkan kaki ke depan dan ke belakang, merenggangkan kaki ke depan, dan sebagainya.

Ingatlah bahwa aktivitas aerobik dilakukan mengikuti irama musik. Sementara itu, gerakan berurutan merupakan gerakan yang lebih kompleks dibandingkan gerakan dasar seperti melangkah dan merentangkan lengan. Oleh karena itu, tingkat kesulitan saat melakukan rangkaian aktivitas aerobik lebih tinggi dibandingkan kedua jenis aktivitas di atas.

Pesenam yang telah menguasai teknik dasar aerobik dapat mengembangkan rutinitasnya sendiri. Dengan cara ini pesenam dapat bergerak seirama dengan irama musik dan tema ritme yang digunakan dalam gerakan senam tersebut. Olahraga adalah aktivitas.

Modul Senam Ritmik Afiq