Secara Umum Jaringan Komputer Terdiri Dari Di Bawah Ini Kecuali – Saat ini, banyak orang bergantung pada Internet untuk berkomunikasi, mencari informasi, dll. Nah, untuk mengakses internet diperlukan jaringan komputer.

Pengertian jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan perangkat lain yang terhubung sebagai satu kesatuan untuk berbagi informasi dan data, mengutip penjelasan di website.

Secara Umum Jaringan Komputer Terdiri Dari Di Bawah Ini Kecuali

Informasi dan data ini dapat dibawa melalui kabel atau tanpa kabel, sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer untuk saling bertukar dokumen dan data lainnya.

Perangkat Keras Jaringan Komputer Serta Fungsinya

Dapat juga dikatakan bahwa jaringan komputer adalah rangkaian terminal komunikasi dimana dua atau lebih komputer saling terhubung satu sama lain.

Semua jaringan tersebut dibangun dan dihubungkan agar informasi dan data yang dikirimkan oleh pengirim dapat diterima dengan cepat dan akurat oleh penerima.

Ada banyak jenis jaringan komputer. Jaringan komputer dirancang untuk berbagai tujuan, dengan tujuan membantu melakukan banyak tugas secara efisien melalui sistem pertukaran informasi.

Berikut adalah beberapa jenis jaringan komputer beserta definisi dan kegunaannya, seperti dikutip dari Modul 1 Jaringan Dasar terbitan Kemendikbud dan berbagai sumber lainnya.

Topologi Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangannya

PAN adalah jaringan komunikasi suatu perangkat dengan perangkat lain dalam jarak dekat dan biasanya dalam jarak beberapa meter. Jaringan PAN dapat menjadi titik akses untuk berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telepon, ponsel, televisi, sistem keamanan rumah berbasis data, dan fasilitas komunikasi publik seperti Internet.

PAN biasanya terhubung melalui bus pada perangkat komputer seperti USB dan FireWire. Pan control dapat menggunakan teknologi Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.

Fungsi PAN setidaknya ada 2 yaitu menghubungkan perangkat komputer dan menjadi media komunikasi antar perangkat (komunikasi personal). Contoh penggunaan jaringan PAN adalah menghubungkan ponsel ke laptop melalui Bluetooth.

LAN adalah jaringan komputer, dan cakupannya hanya mencakup area yang sempit, seperti kampus, gedung, kantor, rumah, sekolah dan sebagainya.

Jaringan Kls X Pg

Ada tiga karakteristik LAN. Ketiganya memiliki kecepatan data yang tinggi, mencakup wilayah geografis yang sempit dan tidak memerlukan jalur telekomunikasi sewaan dari operator telekomunikasi.

Juga, banyak LAN saat ini menggunakan teknologi 802.11b (biasa disebut Wi-Fi). Lokasi yang menyediakan jaringan LAN Wi-Fi biasa disebut hotspot. Jaringan area lokal nirkabel (WLAN) juga sering digunakan untuk menghubungkan LAN.

Baca Juga  Persiapan Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menghadapi Masa Pubertas Brainly

3. Wide Area Network (WAN) WAN merupakan jaringan komputer dengan cakupan area yang luas, seperti antar kota, negara bahkan benua. Oleh karena itu, jaringan WAN memerlukan router dan saluran komunikasi publik.

WAN terdiri dari sekelompok mesin yang menjalankan program aplikasi. Fungsi dari mesin ini adalah sebagai host yang terhubung ke subnet.

Manfaat Dan Jenis Jaringan Komputer

Tugas subnet adalah membawa pesan dari satu host ke host lainnya, mirip dengan sistem jaringan telepon yang mentransmisikan suara.

WAN sering disebut sebagai sekelompok LAN yang tersebar secara geografis. Perangkat jaringan yang dikenal sebagai router berfungsi untuk menghubungkan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router digunakan untuk menyimpan alamat LAN dan WAN.

MAN adalah jaringan seluruh kota yang beroperasi dengan transfer data berkecepatan tinggi dan dapat menghubungkan beberapa lokasi. MAN menggunakan peralatan dan kabel khusus untuk menghubungkan beberapa LAN.

Awalnya, jaringan MAN dihubungkan melalui kabel LAN untuk menghubungkan beberapa kantor yang jaraknya beberapa kilometer. Namun, setelah WIMAX, banyak pengguna layanan Internet menjadi tertarik dengan nirkabel skala MAN.

Soal Administrasi Sistem Jaringan Xii Tkj

MAN mirip dengan jaringan komputer CAN, tetapi terbatas pada suatu area. Jaringan ini sering digunakan untuk kegiatan pendidikan seperti lab, update kelas, ujian, email, dan notifikasi. Namun, jaringan yang dianggap aman dan cepat ini juga dapat digunakan dengan cara lain.

Dengan demikian jaringan area kampus merupakan gabungan dari beberapa jaringan komputer lokal (LAN) yang saling terhubung satu sama lain dalam satu area institusi pendidikan. Sementara itu, CAN, juga dikenal sebagai Corporate Area Network dan Controller Area Network, memiliki jangkauan yang lebih luas daripada LAN karena mencakup banyak bangunan di satu area. Namun, jangkauan CAN lebih sempit daripada WAN dan MAN.

Fungsi dari CAN adalah untuk menghubungkan komputer dalam suatu area untuk saling berkomunikasi dan bertukar data. Sebagian besar CAN merupakan kombinasi dari beberapa LAN yang dihubungkan oleh switch dan router yang membentuk satu jaringan. Dengan demikian, setiap pengguna jaringan dapat berkomunikasi secara langsung satu sama lain dengan atau tanpa kabel.

Dalam istilah linguistik, internet berarti jaringan antara atau penghubung. Sedangkan dari segi definisi operasionalnya, Internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang terhubung menggunakan protokol TCP/IP. Mungkin ada jutaan, bahkan milyaran komputer yang terhubung ke Internet.

Urutan Warna Kabel Lan Tipe Utp Straight Dan Cross

Itu sebabnya saat ini setiap orang di dunia dapat berkomunikasi satu sama lain melalui internet serta mendapatkan informasi dari miliaran situs web.

Internet telah menjadi semacam perpustakaan besar yang dapat menyediakan berbagai jenis informasi untuk berbagai kebutuhan, baik itu teks, gambar, video, dan produk multimedia.

Baca Juga  Jelaskan Hubungan Antara Interval Nada Dan Alat Musik

Kemampuan internet untuk berkomunikasi dengan penduduk dunia, tanpa dibatasi oleh wilayah geografis, memudahkan berbagai aktivitas sosial, bisnis, dan lainnya. Alhasil, fasilitas jual beli online, jejaring sosial, pembelajaran jarak jauh dan masih banyak lagi yang berkembang saat ini.

Internet pada awalnya dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, jauh sebelum digunakan secara luas di seluruh dunia. Saat itu bernama program ARPANET (US Defense Advanced Research Projects Agency).

Mengenal Perangkat Input Dan Output Dalam Komponen Komputer

ARPANET pada awalnya dikembangkan oleh militer AS dengan tujuan menciptakan jaringan komputer berskala besar yang dapat menghindari konsentrasi informasi di satu lokasi. Dengan demikian, ketika sebuah pusat informasi dihancurkan oleh perang, risiko kekacauan komunikasi dapat dihindari.

Diperkenalkan pada tahun 1980-an, ARPANET dibagi menjadi 2 jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet, namun keduanya masih dapat saling berhubungan. Jaringan interkoneksi ini disebut Internet DARPA, dan karenanya Internet.

Setelah itu, Internet dikembangkan di AS untuk kepentingan akademik, dan segera menyebar ke wilayah lain, dapat diakses dari komputer pribadi.

Jaringan komputer (jaringan) adalah sistem komputer yang dirancang untuk berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (email, pesan instan) dan mengakses informasi (browser web). Agar jaringan komputer dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat dan memang meminta layanan. Yang meminta/menerima layanan disebut klien (klien) dan yang menyediakan/mentransmisikan layanan disebut server. Rancangan ini disebut sistem client-server, dan digunakan di hampir semua aplikasi jaringan komputer.

Jenis Jenis Jaringan Komputer, Lengkap Dengan Pengertiannya

Local Area Network atau LAN adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area lokal. Menggunakan peralatan jaringan yang cukup sederhana dan terkenal seperti kabel UTP (Unshielded Underly Paired), hub, switch, router, dll. Contoh jaringan LAN adalah komputer di sekolah, perusahaan, warnet, serta komputer yang saling terhubung antar rumah tetangga yang masih mencakup area LAN.

Keuntungan menggunakan jaringan komputer jenis LAN ini adalah lebih hemat biaya operasional, lebih efisien dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer lebih cepat, karena mencakup area yang sempit atau lokal. . Dipasang oleh operator telekomunikasi. Buat LAN.

Kelemahan penggunaan jaringan LAN jenis ini adalah area jangkauan jaringan lebih sempit, komunikasi di luar jaringan lebih sulit, dan area jangkauan transfer data tidak begitu luas.

Menurut saya, LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area kecil, misalnya jaringan komputer kampus, sekolah, gedung, kantor, rumah … Saat ini, sebagian besar LAN berbasis IEEE 802.3 Ethernet. Teknologi yang menggunakan sakelar dengan kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/dtk. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-Fi) juga sering digunakan untuk membuat LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-Fi disebut hotspot.

Hardware Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, & Contohnya

Dalam LAN, setiap node atau komputer memiliki daya komputasinya sendiri, yang berbeda dengan konsep terminal dump. Setiap komputer juga akan dapat mengakses sumber daya LAN sesuai hak akses yang ditetapkan. Sumber daya dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Dalam LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna lain menggunakan aplikasi terkait.

Baca Juga  Besaran Massa Jenis Dapat Dijabarkan Dari Besaran

Biasanya salah satu komputer di jaringan akan digunakan sebagai server yang mengatur semua sistem di jaringan.

Jaringan area metropolitan, atau MAN, adalah jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada jenis jaringan komputer LAN. Disebut jaringan area metropolitan, jaringan komputer MAN jenis ini sering digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lain. Operator telekomunikasi biasanya perlu menghubungkan jaringan komputer untuk membentuk jaringan MAN. Contohnya adalah jaringan Kementerian Pendidikan Nasional antar kota atau daerah, serta jaringan pusat perbelanjaan modern yang terhubung antar kota.

Manfaat jaringan komputer MAN jenis ini antara lain mencakup area jaringan yang lebih luas, membuat komunikasi lebih efisien, mempermudah bisnis, dan meningkatkan keamanan jaringan.

Identifikasi Bahaya Bidang Komputer Dan JaringanšŸ¦ŗ

Kerugian dari jaringan komputer manusia jenis ini adalah biaya operasi yang lebih tinggi, dapat diincar oleh cracker yang beroperasi untuk keuntungan pribadi, dan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk memperbaiki jaringan manusia.

Singkatnya, MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan transfer data berkecepatan tinggi dalam suatu kota yang menghubungkan berbagai lokasi, seperti; kampus, kantor, pemerintahan, dll.

Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan MAN ini antara 10 sampai 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang cocok untuk membangun jaringan antar kantor antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang tersedia dalam suatu kota.

Jaringan area luas, atau WAN, adalah jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada jenis jaringan komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan lintas negara atau dari satu benua ke benua lain. Dikarenakan luasnya cakupan area jenis jaringan komputer WAN, jaringan WAN dapat mencakup berbagai macam jaringan komputer LAN dan WAN. Jaringan WAN biasanya menggunakan kabel serat optik dan tertanam di dalam tanah atau

Jenis Jenis Software Secara Lengkap Yang Perlu Anda Pahami

Salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah, auto imun pada tubuh dicontohkan pada penyakit di bawah ini kecuali, berikut ini gejala umum penyakit aids kecuali, berikut ini merupakan protokol penunjang jaringan voip kecuali, berikut tujuan keamanan jaringan komputer kecuali, jaringan komputer terdiri dari, kabel jaringan fiber optik terdiri dari beberapa jenis, pengertian jaringan komputer secara umum, secara umum jaringan komputer terdiri dari, salah satu fungsi jaringan komputer adalah sebagai berikut kecuali, pengertian jaringan secara umum, penyakit aids dapat menular dengan cara di bawah ini kecuali