Sebutkan Wawasan Nusantara Dalam Kesatuan Ekonomi – Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentang dari Sabang sampai Merauke. Negara Republik Indonesia terdiri dari rangkaian pulau yang dikelilingi oleh laut besar dan kecil. Wilayah Indonesia merupakan satu kesatuan antara darat, laut dan udara dengan segala kekayaan alamnya. Keadaan ini dibawa oleh bangsa Indonesia ke forum internasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut berisi penegasan bahwa semua pulau, air dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia berbentuk satu wilayah. satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan untuk membentuk Negara Kepulauan.

Memahami keberadaan Kepulauan Nusantara dan segala isinya dianggap penting oleh pemerintah untuk menjaga persatuan bangsa. Oleh karena itu, Ketetapan MPR tentang Pengarahan Haluan Negara (GBHN) tahun 1993 dan 1998 memperkenalkan konsep wawasan kebangsaan yang dikenal dengan wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara (wasantara) adalah kesadaran berbangsa yang berlandaskan Pancasila dan berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan bangsa dan keutuhan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara. sosial, kebangsaan dan pemerintahan untuk mencapai tujuan nasional. Kesadaran Nusantara ini dapat memupuk dan memperkokoh rasa persatuan, kesatuan dan nasib bersama bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Pendekatan Nusantara ini mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai keragaman atau keberagaman guna mencapai tujuan nasional.

Sebutkan Wawasan Nusantara Dalam Kesatuan Ekonomi

Dalam pembangunan nasional, Perspektif Kepulauan meliputi pengakuan Kepulauan sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan. Dalam kesatuan ekonomi, perspektif Nusantara meliputi hal-hal sebagai berikut.

Kelebihan Dan Kekurangan Wawasan Nusantara Dalam Aspek Sosial

Berdasarkan teks tersebut, simpulkan tiga hal penting yang Anda pahami tentang teks tersebut. Tukarkan kesimpulan Anda dengan teman sekelas. Bergiliran memberi tahu mereka apa arti kesimpulan Anda seperti contoh berikut.

Distribusi merupakan kegiatan ekonomi yang tujuannya adalah untuk mendistribusikan produk yang dihasilkan dari produsen ke konsumen. Kegiatan distribusi meliputi perdagangan, pengangkutan, penyimpanan dan sebagainya hingga produk jasa tersebut sampai ke tangan konsumen.

Tempelkan gambar tersebut pada selembar karton A3 dan beri keterangan tentang kegiatan ekonomi yang terjadi pada gambar tersebut.

Baca Juga  Sikap Dan Perilaku Yang Mencerminkan Komitmen Persatuan Di Lingkungan Sekolah

Keunggulan unit ekonomi bagi suatu wilayah antara lain: (1) Kebutuhan hidup sehari-hari tersedia secara merata di seluruh wilayah negara dan (2) Tingkat perkembangan ekonomi konsisten di seluruh wilayah.

Bhinneka Tunggal Ika: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Tujuan & Implementasi

Jika tidak ada kesatuan ekonomi antara lain kebutuhan hidup sehari-hari tidak tersedia secara merata dan tingkat perkembangan ekonomi tidak merata dan seimbang. Trigatra dan pancagatra merupakan unsur penting dalam pembahasan topik wawasan nusantara. Dalam praktiknya, konsep kepulauan menjadi konsep bangsa Indonesia dalam melihat keutuhan bangsa.

Sementara itu, secara terminologi, konsep Wawasan Nusantara adalah pandangan dan sikap bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang berbeda dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan bangsa dan keutuhan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. dan pemerintahan secara tertib. untuk mencapai tujuan nasional.

Perspektif Nusantara pada dasarnya memiliki konsep kesatuan bangsa dan wilayah Indonesia, karena keadaan geografis yang meliputi ribuan pulau dan dihuni oleh masyarakat yang berbeda tradisi, agama dan budaya, berpotensi menimbulkan perpecahan. .

Sementara itu, sebagai hasil perenungan filosofis tentang diri dan lingkungannya, Wawasan Nusantara menunjukkan dimensi gagasan dasar bangsa Indonesia yang mencakup 2 hal, yaitu arah wilayah sebagai realitas, dan arah hidup, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai makhluk hidup.

Wawasan Nusantara: Pengertian, Latar Belakang, Fungsi, Dan Implementasi

Dua dimensi berpikir tersebut merupakan keterpaduan pemikiran dalam penyelenggaraan kehidupan di seluruh aspek kehidupan bangsa menurut Pancasila, sebagaimana dikutip dari website Kementerian Pertahanan.

Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Perspektif Pulau merupakan landasan penting Ketahanan Nasional. Mengenai mengutip informasi di website Lemhanas, Ketahanan Nasional sebagai sebuah kandungan merupakan pisau analisis untuk memecahkan persoalan atau persoalan dalam kehidupan bangsa melalui pendekatan delapan aspek kehidupan bangsa yang disebut dengan Astagatra.

Singkatnya, Astagatra adalah 8 bidang kehidupan bangsa. Astagatra terdiri dari Trigatra yang terdiri dari tiga unsur yang bersifat statis. Sedangkan Pancagatra meliputi lima unsur sosial yang sangat kuat).

Trigatra harus dikelola dengan baik untuk kebaikan bangsa. Ada 3 unsur Trigatra yaitu unsur geografi, demografi (penduduk), dan sumber daya alam yang merupakan kekuatan dan modal bagi bangsa Indonesia untuk berkembang.

Bab Ii 1 3 Wawasan Nusantara

Meskipun ada 5 aspek Pancagatra, yaitu masalah ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Unsur-unsur tersebut disingkat menjadi Ipoleksosbudhankam.

Letak dan letak geografis Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari perairan dan daratan. Kepulauan Indonesia dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:

Pembagian lingkungan di atas juga mencakup pembagian jenis tumbuhan dan hewan. Vegetasi Indonesia terbagi menjadi tiga zona lingkungan, yaitu:

Selain itu, secara geografis wilayah utara Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Thailand, Vietnam, Laut Cina Selatan, Filipina, dan Samudera Pasifik. Di sebelah selatan, Indonesia berbatasan dengan Australia, Timor Leste, dan Samudera Hindia.

Baca Juga  Dibawah Ini Yang Tidak Termasuk Sebagai Perwakilan Diplomatik Yaitu

Asas Wawasan Nusantara Di Indonesia: Pengertian Dan Contohnya

Kemudian di sebelah barat india berbatasan dengan India dan Samudera Hindia. Kemudian, di sebelah timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini, dan Samudera Pasifik

Sumber daya dan kekayaan alam Indonesia meliputi sumber daya dan kemampuan alam yang terdapat di udara atau angkasa atas, permukaan bumi termasuk laut, dan di dalam bumi.

Menurut jenisnya, kekayaan alam terbagi menjadi delapan kelompok, yaitu: flora; hewan; mineral; tanah; atmosfer; langit; energi alam; air dan laut.

Sedangkan menurut sifatnya, sumber daya alam dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu: sumber daya alam yang dapat diperbarui; sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui; dan kekayaan alam yang permanen.

Hakikat Wawasan Nusantara: Pengertian Dan Implementasi

Seperti diketahui, penduduk dipahami sebagai sekelompok orang yang tinggal di wilayah negara. Peran kelompok masyarakat penting dalam upaya menjaga stabilitas dan keamanan, serta pembangunan.

Oleh karena itu, faktor demografi juga mempengaruhi stabilitas nasional negara Indonesia. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan demografi adalah jumlah penduduk, struktur, distribusi, dan kualitas penduduk.

Secara teoretis, ideologi bersumber dari filsafat dan merupakan implementasi dari sistem filsafat itu sendiri. Bagi bangsa Indonesia, Pancasila merupakan ideologi yang sudah final, dan posisinya tidak dapat diubah lagi sebagai konsep dasar dari apa yang dicita-citakan oleh kehidupan.

Dalam hal ini, ideologi yang dimiliki bangsa Indonesia adalah Pancasila. Nilai-nilai dasar Pancasila menjadi sumber aspirasi kehidupan politik, ekonomi, sosial dan budaya serta perlindungan-keamanan.

Sebutkan Cakupan Wawasan Nusantara Dalam Kesatuan Ekonomi Tolongg : )

Sistem politik negara Indonesia diciptakan berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Politik negara Indonesia adalah asas, arah, usaha dan kebijakan negara. Hal ini terkait dengan pembangunan, serta pemanfaatan potensi, kemampuan, dan efektivitas nasional secara menyeluruh untuk mencapai tujuan nasional.

Kegiatan ekonomi dipahami sebagai kegiatan yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Pemenuhan tersebut meliputi pengelolaan aspek produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa.

Kegiatan ekonomi disertai dengan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di era globalisasi saat ini, negara Indonesia ingin terbuka terhadap perkembangan sistem perekonomian dunia.

Apakah Isi Wawasan Nusantara ?

Keterbukaan negara Indonesia dimaknai sebagai upaya untuk menghubungkan perekonomian nasional dengan perekonomian internasional, terutama sebagai bagian penting dari sistem pasar internasional.

Setiap masyarakat memiliki empat faktor penting bagi keberadaan dan kelangsungan hidupnya. Keempat faktor tersebut adalah: Struktur sosial; pemantauan sosial; Hubungan sosial; Standar sosial.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kehidupan, perkembangan kehidupan bangsa, dan pemenuhan hak dan kewajiban warga negara dalam rangka pencapaian tujuan nasional.

Baca Juga  Perhatikan Gambar Berikut Ini

Pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia dilaksanakan dengan cara menghimpun, mengerahkan, dan mengerahkan seluruh kemampuan dan kekuatan nasional secara terpadu dan terkoordinasi dengan TNI dan Polri sebagai kekuatan utama.

Modul Nasionalisme Latsar Cpns

Pada dasarnya kekuatan nasional bergantung pada kekuatan bangsa dan pemerintah. Kemampuan tersebut dalam hal ini adalah kemampuan memanfaatkan trigatra atau gatra asli dengan baik.

Dalam hal ini, benda-benda alam dijadikan sebagai modal dasar untuk menciptakan suatu keadaan kekuasaan. Keadaan kekuasaan ini merupakan kekuatan dalam pelaksanaan pancagatra atau kehidupan berbangsa.

, stabilitas nasional dipahami sebagai pengertian umum. Pengertian Ketahanan Nasional yang komprehensif berarti bersifat utuh, utuh dan terpadu. Artinya, ada hubungan antara unsur-unsur secara umum dalam kehidupan berbangsa.

, kelemahan satu gatra bisa menyebabkan kelemahan gatra lainnya. Ini dapat mempengaruhi kondisi umum. Sebaliknya, jika salah satu gatra kuat, gatra lainnya dapat digunakan untuk memperkuat gatra yang lemah. Dengan begitu, kekuatan masing-masing gatra bisa mempengaruhi mood secara keseluruhan.

Wawasan Nusantara: Pengertian, Asas, Tujuan, Fungsi Dan Implementasi

Hal ini dipengaruhi oleh perubahan kondisi kehidupan bangsa di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

KH Ali Yafie, Mantan Presiden Aam PBNU & Ketua MUI, Meninggal Minggu, 26 Feb 2023 10:15 WIBU Pengaruh geografi menjadi hal yang perlu diperhatikan, karena Indonesia kaya akan berbagai Sumber Daya Alam (SDA) dan suku.[ 3]

Indonesia memiliki ratusan suku bangsa yang masing-masing memiliki tradisi, bahasa, agama dan kepercayaan yang berbeda-beda, sehingga tata kehidupan berbangsa yang berkaitan dengan interaksi antar kelompok memiliki kemungkinan yang tinggi untuk terjadi konflik mengenai berbagai jenis budaya [3].

Indonesia diwarnai oleh pengalaman sejarah yang tidak menginginkan terulangnya perpecahan dalam bangsa dan negara Indonesia. [3] Hal ini dikarenakan kemerdekaan yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia merupakan hasil dari semangat persatuan dan kesatuan yang sangat tinggi dari bangsa Indonesia itu sendiri.[3] Oleh karena itu, semangat ini harus dipertahankan demi persatuan bangsa dan untuk menjaga wilayah kesatuan Indonesia.[3]

Pkn Modul 8

Pengetahuan tentang kepulauan sebagai konsep ketahanan nasional, yaitu pengetahuan tentang kepulauan digunakan sebagai konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan dan wilayah.[4]

Pengertian kepulauan sebagai pengertian pembangunan mempunyai ruang lingkup kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial ekonomi, kesatuan sosial politik, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

Pengertian kepulauan sebagai pengertian pertahanan dan keamanan negara merupakan pandangan geografis Indonesia dalam ruang lingkup negara Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan semua kekuasaan pemerintahan. [4]

Pertanyaan baru di PPKn, menggambarkan batas kabupaten Merangin, tolong jawab dengan benar, jelaskan secara singkat tentang kabupaten Merangin sebelum penjajahan Belanda? Tolong dijawab ya, ya. Apakah ada dampak negatif keberagaman di Indonesia? Jika ya, jelaskan dan beri contoh minimal 3 maksimal 5 Apa yang dimaksud dengan faktor non agama dan jelaskan pengaruh faktor non agama minimal 3 maksimal 5 saat ini banyak wanita yang memiliki pengalaman lebih tinggi dari pria. Seorang wanita

Tolong Ya Temen2 Bantuin Dikumpul Besok :

Buku tentang wawasan nusantara, wawasan nusantara, implementasi wawasan nusantara dalam bidang ekonomi, wawasan nusantara dalam bidang ekonomi, wawasan nusantara dalam, peta wawasan nusantara, buku wawasan nusantara, implementasi wawasan nusantara, peta wawasan nusantara indonesia, jelaskan hakikat wawasan nusantara, asas asas wawasan nusantara, artikel wawasan nusantara