Sebutkan Pengertian Teks Deskripsi – Ingin contoh teks deskriptif dari kehidupan sehari-hari? Artikel kelas 7 bahasa Indonesia ini bisa kamu jadikan referensi lho! Datang dan lihat!

Pemandangan indah Pantai Kuta, Bali. Pantai ini memiliki pasir putih dan air jernih. Terdapat pohon kelapa yang tinggi di pinggir pantai, memberikan nuansa tropis. Memang benar, gambar alam sangat menawan.

Sebutkan Pengertian Teks Deskripsi

Guys, teks di atas merupakan contoh teks deskriptif ya. Karena penjelasannya menguraikan topik secara detail, kita yang membacanya bisa membayangkan apa yang ingin penulis jelaskan.

Perbedaan Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Teks Deskripsi

Dalam pengajaran bahasa Indonesia, teks deskriptif banyak digunakan untuk membuat cerita, mulai dari cerpen, dongeng, novel, atau teks tafsir. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa itu teks deskriptif.

Oleh karena itu, jika Anda baru pertama kali ingin memahami topik teks deskriptif secara utuh, Anda dapat mengunjungi artikel “Pengertian Teks Deskriptif, Ciri-ciri, Struktur, Jenis, dan Bahasa”. Pada artikel kali ini saya akan merekomendasikan contoh singkat teks deskriptif dari kehidupan sehari-hari. Yuk, kita lihat!

Sebelum kita melihat beberapa contoh teks deskriptif, mari kita ulas maknanya. Teks deskriptif adalah artikel yang menjelaskan suatu topik berdasarkan pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulis.

Bagian ini biasanya berisi kalimat-kalimat yang menggambarkan suatu benda (benda atau makhluk), memberikan kesan kepada pembacanya saat melihat, mendengar, dan menyentuh benda tersebut. Oleh karena itu, seorang penulis harus menggunakan diksi dan bahasa yang baik untuk mendeskripsikan topik secara detail.

Ciri Teks Deskripsi Dari Segi Penggunaan Bahasa

Selanjutnya, agar kita dapat membuat teks deskriptif yang baik, kita juga harus memahami struktur teks deskriptif. Struktur teks deskripsi ada 4 yaitu judul, deskripsi umum, deskripsi bab, dan kesimpulan. Berikut penjelasan lengkapnya ya:

Judul adalah apa yang menggambarkan isi teks. Misalnya judul deskripsinya adalah “Keindahan Pantai Kuta”, berarti isinya juga akan menjelaskan Pantai Kuta secara detail.

Identifikasi atau gambaran umum meliputi nama benda yang dideskripsikan, letaknya, sejarahnya, atau gambaran umum lain mengenai benda tersebut.

Misalnya saja jika Anda ingin menulis teks deskriptif tentang Pantai Kuta, Anda bisa menjelaskan terlebih dahulu letak pantai tersebut, mengapa disebut Pantai Kuta, sejarahnya, dan lain-lain pada bagian gambaran umum.

Baca Juga  Close Up Artinya

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Dan Strukturnya

Pada saat yang sama, deskripsi bab akan memberikan penjelasan yang lebih rinci tentang proyek berdasarkan apa yang penulis lihat, dengar, atau rasakan.

Masih di fasilitas yang sama ya. Pada bagian ini Anda bisa mulai mendeskripsikan warna pantai, warna laut, suara deburan ombak, suasana, angin atau suasana lainnya di Pantai Kuta.

Nah, setelah kamu memahami pengertian, ciri-ciri, dan struktur teks deskriptif, yuk kita mulai melihat beberapa contoh teks deskriptif untuk referensimu!

Salah satu tempat wisata andalan di kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis terletak di Kecamatan Bantul Kretek, Kabupaten Yogyakarta. Pantai ini terletak kurang lebih 27 kilometer sebelah selatan Kota Yogyakarta.

Bahasa Indonesia Kelas 12: Apa Itu Kritik Dan Pengertian Esai

Pemandangan pantai Parangtritis sangat menawan. Di sebelah kiri kita melihat tebing yang sangat tinggi dan di sebelah kanan kita melihat sebuah batu besar yang sepertinya siap menahan ombak yang datang kapan saja. Pantainya yang bersih, busanya berwarna putih, perpaduan warna abu-abu dan hijau sungguh indah.

Pantainya yang indah sangat cocok untuk dijadikan sore hari. Sore harinya kita bisa menyaksikan matahari terbenam yang merupakan momen yang sangat spesial. Gambaran alam yang benar-benar memesona. Bayangan merah keemasan di langit dan pantulan air di pantai di bawah sinar matahari sore sungguh menakjubkan. Rasa hangat bercampur sepoi-sepoi angin malam menyelimuti sekujur tubuh.

Banyaknya wisatawan yang selalu berkunjung ke Pantai Parangtritis, artinya pantai ini tidak pernah sepi. Di pantai ini kita bisa melihat sekelompok anak-anak bermain pasir. Pria, wanita dan anak-anak dapat menikmati segarnya angin laut. Kita juga bisa menaiki kuda atau kereta kuda untuk membawa kita ke kawasan terumbu karang yang sungguh indah.

A. Judul : Dari judulnya kita sudah dapat menyimpulkan bahwa teks tersebut akan menceritakan tentang keindahan Pantai Parangtritis.

Pembagian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli, Penjelasan & Contohnya

B. Identifikasi/Deskripsi Umum: Paragraf pertama teks menjelaskan gambaran umum tentang Pantai Parangtritis, mulai dari apa itu Pantai Parangtritis hingga detail lokasi pantai ini.

C. Deskripsi Bab : Penulis menjelaskan gambaran rinci tentang pantai Parangtritis pada paragraf 2 dan 3. Penulis menuliskan deskripsi berdasarkan visinya, seperti “pantai bersih dengan buih putih”, “tebing yang sangat tinggi”, “dan rona merah keemasan di langit”, dan sebagainya.

D.Kesimpulan/Kesan Kesimpulan dan kesan yang diambil dari teks di atas adalah penulis sangat mengapresiasi keindahan pantai Parangtritis dan wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas di pantai ini untuk mengapresiasi keindahannya.

Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari Sabang hingga Merauke. Tentu saja keindahan alamnya tidak bisa dibandingkan dengan keindahan yang ada di belahan dunia manapun. Pemandangan alam Indonesia yang menawan menarik banyak wisatawan asing dari berbagai penjuru. Mulai dari keindahan daratan hingga lautnya sangat indah dan layak untuk dikunjungi.

Baca Juga  Salah Satu Hasil Karya Seni Yang Menggunakan Bahan Alam Yaitu

Teks Prosedur, Teks Deskripsi, Cerita Fantasi & Teks Hasil Observasi

Indonesia mempunyai banyak hewan dan tumbuhan langka. Tentu saja keindahan alam Indonesia sudah terkenal di mata dunia. Apalagi keindahan pantainya terbentang dari timur hingga barat. Kekayaan maritim Indonesia juga diuntungkan dengan dukungan banyak pulau.

Keindahan alam bawah laut juga menjadi bagian dari pesona Indonesia. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang memilih menikmati keindahan alam bawah laut. Beberapa tempat yang sering dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia antara lain Bali, Raja Ampat, dan Manado.

Selain keindahan pantainya, Indonesia juga merupakan negara dengan hutan terluas di dunia. Indonesia dikenal sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan dunia berada di Indonesia. Keindahan hutan Indonesia memang tak terbantahkan, hijaunya pepohonan yang tiada habisnya menghipnotis setiap pasang mata.

Indonesia sangat kaya dan indah. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan melestarikan kekayaan yang kita miliki. Anda bisa melakukan hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan. Lingkungan yang bersih akan memberikan tempat hidup yang nyaman bagi makhluk sekitar.

Pengertian Deskripsi I

B. Identifikasi/Ikhtisar: Paragraf pertama teks menjelaskan gambaran umum tentang keindahan alam Indonesia yang tak terhitung jumlahnya dari Sabang sampai Merauke, yang sebenarnya tak tertandingi oleh keindahan alam manapun di dunia.

C. Deskripsi Bab : Penulis menjelaskan keindahan alam Indonesia secara detail pada paragraf 2 dan 4. Penulis menyebutkan keindahan alam Indonesia secara detail baik dari segi flora, fauna, hutan dan lautan.

D.Kesimpulan/Kesan: Kesimpulan dan kesan teks di atas terdapat pada paragraf 5, yang mengajak para pembaca untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang ada di Indonesia.

Tarian perdukunan dimasukkan dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan oleh UNESCO pada 24 November 2011. Awalnya, tari perdukunan merupakan media penyampaian pesan (dakwah) dan ditarikan oleh laki-laki. Tarian ini mengandung ajaran agama, budi pekerti yang baik, kepahlawanan, persatuan dan kebersamaan.

Apa Pengertian Dari Teks Deskripsi Sugesti?

Jumlah penarinya ganjil. Mereka menari dan menyanyikan lirik lagu Gayoo yang dicampur dengan bahasa Arab. Selain nyanyian, gerak-gerik para penari dukun juga diiringi oleh gendang dan alat musik lainnya, diiringi teriakan para penari, tepukan tangan para penari, serta suara tepukan dada dan paha para penari. penari. Gerakan-gerakan dalam tarian ini disebut guncang, kirep, lingang dan surang-saring (nama semua gerakan tersebut Gayoo).

Kostum atau kostum khusus tari Saman terbagi menjadi tiga bagian. Kenakan hiasan kepala dan topi di kepala Anda. Kenakan kemeja dengan saku, celana panjang dan sarung. Dia memiliki gelang dan sapu tangan di tangannya.

Baca Juga  Pe Artinya

Penggunaan lagu, gerak dan kostum penari dalam tari perdukunan sangat penting karena mengandung nilai-nilai yang menunjukkan identitas budaya, kesatuan, kearifan, kekuatan, keberanian dan keharmonisan penggunanya.

B. Identifikasi/gambaran umum Paragraf pertama berisi tentang identifikasi atau gambaran umum tentang tari perdukunan. Mulai dari manfaat dan prestasi tari perdukunan, hingga tujuan dari tari perdukunan.

Teks Deskripsi │bahasa Indonesia Kelas 7

C. Deskripsi Bab: Sedangkan paragraf 2 dan 3 merupakan uraian bab. Penulis merinci jumlah penari, gerak tari, nyanyian dan kostum penari.

D.Kesimpulan/Kesan: Bagian terakhir menuliskan kesan penulis secara menyeluruh terhadap tari perdukunan yang banyak mengandung nilai budaya dan moral.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang contoh teks deskriptif? Anda bisa mencoba membaca pembahasan ini melalui fungsi ADAPTO di Ruangbelajar. Pembahasan ini dapat Anda dengarkan melalui video interaktif berdasarkan pemahaman pembelajaran Anda. Tekan tombol di bawah dan lihat fitur-fiturnya!

Sudah seminggu sejak kami pindah ke rumah baru kami. Rumahku adalah sebuah rumah kecil di depan taman. Luas rumah hanya 36 meter persegi dan luas tanah hanya 60 meter persegi. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil bagi saya.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Kami memiliki taman teras depan kecil yang dipenuhi tanaman pot berwarna-warni. Setiap tanaman tumbuh dengan baik, ada hamparan bunga dan pohon buah-buahan. Faktanya, pohon lada telah menghasilkan banyak buah.

Interior rumah saya tidak terlalu luas. Rumah saya terdiri dari 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur, ruang makan dan 1 kamar mandi. Ruang tamu hanya memiliki permadani untuk tempat duduk dan rak buku yang menempel di dinding. Untuk menjaga kesegaran udara, semprotan penghilang bau otomatis dipasang di dinding. Lantai keramik berwarna putih membuat rumah mungil ini terasa luas

Ini rumah kecilku yang baru. Meski rumahnya baru, namun kenangan di dalam rumah masih tetap sama. Disini aku dan keluargaku akan hidup bahagia bersama.

B. Identifikasi/Deskripsi Umum: Paragraf pertama teks menjelaskan gambaran umum penulis tentang rumah, dimulai dengan lokasinya dan diakhiri dengan detail eksteriornya.

Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris

C. Deskripsi bab: Paragraf 2 dan 3 memberikan gambaran rinci tentang rumah baru penulis. Penulis menuliskan deskripsi detail berdasarkan suasana rumah, seperti “teras depan dipenuhi tanaman pot warna-warni”, “ruang tamu terdapat permadani sebagai bantalan duduk, dan terdapat rak buku di dinding”, dan segera.

D.Kesimpulan/Kesan: Pada paragraf terakhir atau keempat, penulis memberikan kesan bahwa ia sangat menyukai rumah barunya, walaupun kecil namun tetap hangat.

Makalah teks deskripsi, deskripsi teks bahasa inggris, teks deskripsi tentang handphone, teks deskripsi tentang rumahku, teks deskripsi tentang wisata, pengertian dan contoh teks deskripsi, sebutkan teks, sebutkan pengertian teks iklan, jenis teks deskripsi, teks deskripsi borobudur, teks deskripsi, pengertian teks deskripsi