Sebutkan Kriteria Kesimpulan Yang Baik – Bagi seorang penulis, menarik kesimpulan adalah sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu, mereka harus memahami bagaimana cara menarik kesimpulan yang baik dan benar berdasarkan aturan yang telah ditetapkan.

Kesimpulan merupakan bagian akhir dari suatu karya ilmiah yang memuat rangkuman seluruh hasil pembahasan. Kesimpulan biasanya merupakan rangkuman dari hasil umum pembahasan yang dianalisis dan oleh karena itu memerlukan suatu metode untuk menarik kesimpulan yang tepat.

Sebutkan Kriteria Kesimpulan Yang Baik

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kesimpulan menjadi bagian yang sangat penting dalam buku, makalah penelitian, dokumen, dan karya lainnya. Kesimpulan ini tidak hanya dapat ditemukan dalam buku-buku, tetapi juga dalam berbagai karya lain, bahkan ketika datanya disajikan dalam ceramah, wawancara, ceramah, dan sebagainya.

Apa Itu Tujuan Dan Sasaran Smart?

Namun masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana cara mengambil kesimpulan yang baik dan benar sesuai aturan. Sehingga pada akhirnya hasil penelitian tertulis justru menuai kritik karena masih banyak pertanyaan yang belum bisa terjawab.

Sebab, kesimpulan harus memuat berbagai jawaban atas pertanyaan pembaca dan peserta. Oleh karena itu, hendaknya penulis menyimpulkan keseluruhan pembahasan karya atau karya ilmiahnya secara ringkas dan jelas serta menggunakan metode kesimpulan yang baik agar dapat meninggalkan kesan yang baik bagi pembaca.

Kesimpulan selalu ditulis pada bagian akhir atau akhir suatu karya tulis. Ringkasnya, penjelasan menyangkut keseluruhan atau hakikat suatu gagasan atau kajian. Nah, setelah bagian ini pembaca akan tertarik membaca karena akan memperoleh berbagai ilmu baru yang akan membantunya memperluas pemahamannya.

Oleh karena itu, kita akan membahas bagaimana menarik kesimpulan yang baik, akurat, dan disiplin agar tulisan yang dihasilkan berkualitas, lengkap, dan dapat dipahami oleh pembaca yang gemar menulis. Apa yang telah Anda pelajari tidak akan sia-sia.

Ciri Ciri Karya Ilmiah, Tujuan, Struktur, Dan Jenis Jenisnya Yang Perlu Diketahui

Sebelum membahas tentang cara menarik kesimpulan yang baik, kesimpulan yang benar, dan kesimpulan yang tepat, penulis harus mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri kesimpulan yang baik dan tepat dalam karya ilmiah yang akan menjadi pedoman dalam menarik kesimpulan. Suatu kesimpulan yang baik dan benar mempunyai beberapa ciri:

Baca Juga  Garam Berikut Nilai Ph-nya Tidak Tergantung Pada Konsentrasi Garamnya Adalah

Ciri pertama kesimpulan yang baik dan relevan adalah kesimpulannya sederhana, singkat, dan jelas. Artinya, kesimpulan harus memuat rangkuman berbagai ide atau pernyataan yang pertama kali dijelaskan di badan.

Penting untuk tidak mengembangkan atau mengimprovisasi ide-ide baru agar Anda dapat memahami dengan jelas berbagai bagian yang disajikan dan tidak meninggalkan kesan multitafsir saat mengambil kesimpulan.

Ciri lain kesimpulan yang baik adalah pesan yang terkandung dalam teks tersampaikan dengan baik kepada pembaca. Hal ini memastikan bahwa informasi atau pesan yang ingin Anda sampaikan diterima tidak hanya dalam teks tulisan Anda, tetapi juga dalam teks akhir bagi pembaca Anda.

Penguatan Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid 19

Karena kesimpulan merupakan rangkuman suatu karya atau teks, maka harus memuat intisari karya tersebut. Ringkasan pada hakikatnya sama isinya dengan penjelasan, namun ditulis secara ringkas dengan menggunakan bahasa deskriptif yang rumit.

Meski berupa ringkasan, namun jangan mengabaikan bagian-bagian penting dan jangan menulis surat ketika sudah menyimpulkan. Pada dasarnya, kesimpulan ini mencakup segala hal mulai dari teks dan bacaan, namun tetap singkat dan sederhana.

Ingatlah untuk menjaga kesimpulan Anda tetap ringkas tetapi gunakan bahasa standar. Penulis harus menghindari penggunaan frasa yang berada di luar Pedoman Umum Ortografi Indonesia (PUEBI). Gunakan terminologi baku agar semua pembaca mengetahui maksud dan maknanya.

Hindari menggunakan istilah yang umumnya tidak diketahui orang. Hal ini mungkin menimbulkan pertanyaan tentang konteks yang mungkin tidak dimasukkan dalam kesimpulan. Hal ini sangat penting ketika menarik kesimpulan.

Pengertian Esai, Ciri Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis, Dan Langkah Menyusunnya

Hal ini mengacu pada cara membuat kesimpulan untuk menyampaikan makna dari hal yang spesifik ke hal yang umum. Misalnya menjelaskan gagasan pokok makalah dan menulis kalimat yang merangkum keseluruhan isi gagasan pokok yang dijelaskan.

Saat menulis kesimpulan, penulis harus mampu menghubungkan sebab dan akibat. Inilah kesimpulan atau inti dari pembacaan teks. Jika penulis mampu mengungkapkan hubungan sebab-akibat dan sebaliknya, pembaca tidak akan kesulitan untuk menangkap inti permasalahan yang diangkat dalam teks.

Untuk menulis kesimpulan Anda dengan mudah dan tanpa kebingungan, Anda perlu membaca kembali karya tertulis atau tulisan Anda yang telah selesai. Mulailah dengan membaca pendahuluan, kemudian dilanjutkan dengan bagian Pembahasan Masalah. Kemudian baca juga bagian analisis masalah sampai dengan bagian uraian masalah.

Tujuan membaca atau menulis kembali makalah penelitian Anda adalah untuk mengingat atau memahami kesan dan tujuan makalah penelitian Anda secara keseluruhan sehingga Anda dapat menarik kesimpulan yang benar, baik, dan konsisten dari makalah penelitian Anda. Isi makalah tertulis.

Baca Juga  Sebuah Taman Berbentuk Persegi Panjang Memiliki Keliling 120 Meter

Kriteria Logo Yang Baik Agar Logo Mu Mudah Diingat Konsumen

Jika Anda benar-benar memahami apa yang Anda tulis dalam makalah penelitian Anda, maka akan lebih mudah untuk menarik kesimpulan dan menyimpulkan di akhir makalah. Jika Anda merasa belum memahaminya dengan baik setelah membacanya satu kali, sebaiknya Anda membacanya beberapa kali hingga Anda memahami sepenuhnya maksud kajiannya.

Dapat ditarik kesimpulan yang baik, akurat, dan tepat sehingga penulis dapat menilai teks tersebut. Artinya, dalam menyusun dan menarik kesimpulan, kalimat pokok atau gagasan pokok karya tulis hendaknya dinyatakan dengan jelas dan singkat.

Oleh karena itu, penulis harus bisa menemukan kalimat sentral dalam makalah penelitian yang memuat fokus pembahasan. Ringkasan harus mencakup teks utama sehingga Anda dapat melihat apa sebenarnya maksud dan tujuan penulis yang ingin disampaikan melalui tulisan tersebut.

Dalam menulis teks, penulis harus menggunakan bahasa baku dan kalimat baku agar tidak panjang. Jika Anda menyampaikan kesimpulan yang panjang, otomatis pembaca akan kebingungan saat membacanya, dan berbagai argumen serta kritik baru pun bermunculan.

Resensi Buku Contoh & Cara Penulisan

Penulis harus mampu menemukan ide-ide utama dalam sebuah teks atau karya akhir, yang biasanya mencakup ide-ide atau prinsip-prinsip yang menjadi inti karya ketika mencari cara untuk menarik kesimpulan. Langkah penalaran ini sangat berguna bagi peneliti untuk memudahkan menjelaskan kesimpulan makalahnya.

Gagasan pokok merupakan gambaran umum suatu paragraf, atau biasa disebut dengan prinsip atau gagasan pokok. Untuk menemukan pokok bahasan tersebut, penulis dapat melihat bagaimana kalimat mempunyai fungsi yang dapat membantu mengembangkan alur penulisan.

Penulis juga bisa mengecek atau mencari bahasa atau unsur mana yang paling penting dalam sebuah tulisan lalu menambahkannya pada kesimpulan. Hal ini membuat cara menarik kesimpulan menjadi lebih sederhana dan terstruktur.

Rangkuman kemudian menguraikan gagasan pokok yang ditemukan. Dalam ringkasan sebuah artikel, kesimpulan yang baik hanya dapat diambil jika penulis dapat menjelaskan prinsip-prinsip atau menyusunnya menjadi informasi penting. Gagasan pokok tulisan penulis harus tersampaikan secara jelas dan lugas.

Pengertian Erp Lengkap Dan Kegunaannya (contoh Erp Indonesia)

Hal ini dikarenakan gagasan pokok menjadi gagasan atau fokus teks dan disajikan dalam ringkasan. Oleh karena itu, jika topik yang disampaikan tidak jelas, pembaca tidak akan mampu mencerna maksud dan tujuan teks tersebut. Gagasan utama hendaknya ditulis secara sistematis dan menyatukan berbagai informasi yang penting bagi penelitian.

Sama seperti ketika menulis teks utama, ketika merangkum gagasan utama sebuah artikel, penulis hendaknya menggunakan bahasa dan kalimat sehari-hari untuk membantu pembaca memahami dan memahami tujuan artikel. membaca. Langkah ini sangat penting dalam menyelesaikan sebuah makalah tertulis.

Baca Juga  Proklamasi Kemerdekaan Membuat Rakyat Indonesia Terbebas Dari Penderitaan Akibat

Setelah penulis menemukan kalimat utama, cara menyimpulkan selanjutnya adalah dengan menyusun kalimat deskriptif tersebut menjadi paragraf ringkasan. Teks eksplanasi ini merupakan bagian dari body text yang menjadi inti paragraf atau keseluruhan artikel, dan disusul oleh teks eksplanasi.

Setelah penulis menemukan teks tersebut, dia harus menganalisis teks tersebut untuk mengetahui apa itu teks ekspositori. Selanjutnya, Anda dapat menarik kesimpulan dan memutuskan kalimat penjelas yang akan ditempatkan dalam paragraf ringkasan, yang tujuannya adalah untuk menyampaikan inti permasalahan yang ada dalam karya tulis tersebut.

Contoh Rumusan Masalah Penelitian & Skripsi [a Z]

Setelah menemukan semua unsur untuk menarik suatu kesimpulan, penulis harus menyusun berbagai kalimat yang terdapat dalam teks bacaan. Dengan kata lain, ringkasan Anda harus memiliki rangkaian kalimat yang disusun secara sistematis berdasarkan gagasan utama dan kalimat kunci.

Cara menarik kesimpulannya adalah penulis harus menulis kalimat yang singkat, jelas, dan lugas. Artikel yang dikirimkan tidak boleh panjang atau mengandung kata-kata yang berulang. Cara menarik kesimpulan juga dengan cara deduksi, artinya menarik kesimpulan dari penjelasan berikut dan menghubungkan setiap potongan data dengan permasalahan sehingga menjadi sebuah teks bacaan.

Untuk menghasilkan kesimpulan yang baik, ringkasan hendaknya memuat komentar penulis atas pendapat tersebut dan berbagai keterbatasan yang ada. Hal ini dapat diterima oleh penulis karena menulis secara alamiah melibatkan berbagai permasalahan dan keterbatasan yang membuat tulisan menjadi tidak sempurna.

Namun perlu diperhatikan bahwa teks harus ilmiah berdasarkan data dan tidak boleh menyimpang dari isi pembahasan. Pengungkapan keterbatasan juga dapat dilakukan untuk menyadarkan pembaca akan berbagai keterbatasan karya tulis yang dapat menyebabkan kurang optimalnya penelitian atau penulisan, seperti teori yang tidak tepat, metode penelitian yang tidak tepat, dan lain-lain.

Profil Pelajar Pancasila: Pengertian, Fungsi, Elemen, Dan Contoh

Hal ini juga berguna agar peneliti dapat mempelajari lebih banyak hal serupa serta mengembangkan dan memperluas ilmunya di kemudian hari, termasuk juga dalam menarik kesimpulan yang baik agar hasil tulisannya berkualitas.

Biasanya, beberapa metode untuk menarik kesimpulan ditulis dalam buku, sementara yang lain hanya dituliskan.

Kriteria blog yang baik, kriteria visi yang baik, kriteria pemilihan supplier yang baik, kriteria laptop yang baik, kriteria foto yang baik, sebutkan kriteria web yang baik, kriteria guru yang baik, kriteria beras yang baik, kriteria kepemimpinan yang baik, kriteria poster yang baik, kriteria informasi yang baik, kriteria pemimpin yang baik