Sebutkan Dua Gerakan Untuk Melatih Kelenturan Tubuh – Halodoc, Jakarta – Latihan kelenturan atau dikenal juga dengan istilah kelenturan adalah kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuh atau bagian-bagiannya dalam rentang gerak yang memungkinkan, tanpa merusak sendi dan otot di sekitarnya.

Membungkuk dapat meningkatkan kelenturan atau elastisitas. Namun, kita tidak perlu melakukan peregangan berjam-jam untuk menikmati manfaat dari latihan yang mudah.

Sebutkan Dua Gerakan Untuk Melatih Kelenturan Tubuh

Kita bisa mengikuti kelas peregangan atau menonton video online yang hanya fokus pada latihan peregangan untuk meningkatkan rentang gerak seluruh tubuh.

Apa Itu Gerakan Non Lokomotor? Berikut Penjelasan Dan Contohnya

Program-program ini umumnya dimulai dengan pemanasan ringan untuk meningkatkan suhu tubuh. Kemudian dilanjutkan dengan latihan peregangan untuk meregangkan otot-otot di kaki, lengan, pinggul dan dada, dan terakhir hingga ke kepala dan leher.

Video berita kali ini gulir ke atas untuk membahas Pep Guardiola, pelatih Manchester City yang mempertahankan Bernardo Silva dan Kyle Walker.

Pemanasan statis dapat dilakukan dengan berpindah ke posisi yang meregangkan otot sasaran dan menahan posisi tersebut selama 15-60 detik. Ingatlah untuk bernapas saat Anda melakukan peregangan.

Hal ini dilakukan dengan berpindah dari posisi yang memanjangkan otot target. Peregangan dinamis sering kali melibatkan gerakan memantul yang lembut dan terkadang disebut peregangan balistik.

Gerakan Non Lokomotor: Pengertian, Gerakan Dasar, Manfaat

Peregangan jenis ini dilakukan dengan menggerakkan sendi melalui seluruh rentang geraknya, menahan titik akhir sebentar saja, kemudian kembali ke titik awal dan mengulanginya.

Tujuan dari latihan kelenturan adalah untuk membuat tubuh menjadi kuat serta membuat otot dan persendian menjadi kaku. Dengan begitu, tubuh bisa bergerak bebas tanpa banyak gangguan.

Petunjuk Mencoblos di TPS pada Pemilu 2024, Berikut 4 Tanda Pemungutan Suara Ilegal 1 Jam Lalu.

Hasil PLN Mobile Proliga 2023 hari ini: Firma Fastron Pertamina Jakarta di Puncak, Tuan Rumah BJB Tandamata Libas Bandung

Latihan Fisik Dapat Meningkatkan Kelenturan Tubuh

VIDEO: Jakarta BNI 46 menutup putaran pertama PLN Mobile Proliga 2023 dengan kemenangan atas Bank Palembang Sumsel Babel

Sedihnya, 3 Rekor Liga Inggris yang Kurang Menguntungkan, Rekor Transfer Terburuk Seumur Hidup: Wah, ada Bomber Liverpool dan ada Bek Chelsea.

Gambar: 7 kapten tim yang mencetak gol di tingkat grup dan lolos negaranya ke Babak 16 Besar Bangsa Afrika 2023 Bagi saya resep sehat rendah lemak Tidak semua air adalah AQUA Food.

Baca Juga  Gambar Secara Visual Bahwa Globalisasi Membuat Dunia Tanpa Batas

Deteksi Dini Anemia Defisiensi Besi pada Anak Deteksi Dini Protein HPV Anak Perlu Tes Kalkulator Vaksin Rotavirus Cek Tingkat Stres

Senam Yang Membutuhkan Gerakan Keseimbangan, Kekuatan Dan Kelentukan Adalah Senam Lantai

Deteksi Dini HPV Bisakah Anda Berisiko Tertular HPV? Lihat selengkapnya Kalkulator BMI Apakah berat badan Anda ideal? Lihat selengkapnya Kebutuhan Kalori Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari?

Meningkatkan massa otot dan menurunkan berat badan merupakan tujuan olahraga banyak orang. Ternyata makanan ringan pun tak kalah penting untuk kebugaran. Ada beberapa contoh latihan yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan kelenturan fisik Anda. Namun, Anda perlu memahami gerakannya dengan baik untuk melakukan latihan mudah ini.

Gerakan-gerakan latihan di bawah ini dapat dengan mudah namun efektif melatih kelenturan tubuh. Lakukan gerakan ini satu atau dua kali sehari atau setiap kali Anda mulai berolahraga.

Jenis olahraga ini melatih kelenturan betis dan paha. Anda tidak memerlukan alat apa pun dan ini bagus untuk pemula.

Soal & Kunci Jawaban Pts, Uts Pjok Kelas 2 Sd Semester 1 K13: Latihan Keseimbangan, Gerakan Lompat

Sekali lagi, Anda tidak memerlukan peralatan tambahan apa pun untuk melakukan contoh latihan sederhana ini. Gerakan ini juga tidak sulit untuk diikuti, jadi Anda bisa mencobanya sebagai permulaan.

Sama seperti paha depan berbaring menyamping, contoh latihan sederhana ini akan membentuk otot paha dan betis. Gerakan ini sangat mudah sehingga cocok untuk pemula.

Ini adalah contoh latihan untuk melunakkan persendian pada otot pinggang dan paha. Anda bisa menemukan gerakan ini di Pilates.

Saat melakukan lunge, ada dua jenis gerakan yang bisa Anda coba bangun dengan kelenturan maksimal, yaitu front lunge dan side lunge.

Meningkatkan Kelenturan Menari Dengan Latihan Peregangan

Contoh pembelajaran fleksibel ini sederhana. Ini akan membangun otot dan persendian di punggung dan leher. Cobalah gerakan sederhana ini.

Latihan ini melatih kelenturan lutut, paha, betis, punggung, dan leher. Contoh pelatihan fasilitasi ini cukup sederhana. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Selain memudahkan Anda beradaptasi dengan rutinitas sehari-hari dan mencegah cedera, contoh latihan kelenturan fisik di atas dapat meningkatkan aliran darah ke otot.

Sirkulasi darah yang baik dapat membantu Anda mencegah banyak penyakit, seperti menurunkan tekanan darah dan mencegah stroke.

Senam Yang Membutuhkan Gerakan Keseimbangan, Kekuatan, Dan Kelentukan Adalah?

Latihan sederhana untuk atlet muda – OrthoInfo – AAOS. (2022). Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://orthoinfo.aaos.org/en/staying-healthy/flexibility-exercises-for-young-athletes/ Manfaat latihan fleksibilitas – Harvard Health. (2015). Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/benefits-of-flexibility-exercises ACE Fit | Kaki Quadriceps Setelahnya. (2022). Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://www.acefitness.org/resources/everyone/exercise-library/149/side-lying-quadriceps-stretch/ ACE Fit | Ekstensi Kaki Tunggal Jembatan Glute. (2022). Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://www.acefitness.org/resources/everyone/exercise-library/145/glute-bridge-single-leg-progression/ ACE Fit | Kupu-Kupu (2022). Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://www.acefitness.org/resources/everyone/exercise-library/216/seated-butterfly-stretch/ Lakukan peregangan yang maksimal dengan Pilates Swan. (2022). Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://www.verywellfit.com/how-to-do-pilates-swan-2704683#toc-step-by-step-instructions ACE Fit | Rotasi Batang Bola Obat Duduk. (2022). Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://www.acefitness.org/resources/everyone/exercise-library/47/seated-medicine-ball-trunk-rotations/ Peregangan kaki dapat meningkatkan aliran darah dan mencegah stroke – Harvard Health. (2020). Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/leg-stretching-may-improve-blood-flow-and-prevent-strokes Boyd, Joni, Milton, Katy. (2022). Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://www.nsca.com/contentassets/24dd7222ed1b4caeb8a0a46b81bd11f3/ptq-4.4.9-the-undervalued-lunge.pdf

Baca Juga  Laporan Hasil Pengamatan Harus Memuat

Pole dancing, olah raga dengan banyak manfaat bagi kesehatan 5 cara melenturkan tubuh untuk mengatasi kaku sendi dan otot.

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otot, mengurangi stres, serta meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Ada 3 jenis latihan yang sering dilakukan yaitu latihan kardio, latihan kekuatan otot, dan latihan fleksibilitas.

Latihan sederhana atau tambahan kurang mendapat perhatian dibandingkan latihan lainnya. Padahal olahraga sederhana dapat membantu meningkatkan kebugaran jasmani dan mencegah cedera.

Latihan Kelenturan: Pengertian, Contoh Dan Manfaat

Selain itu, latihan kelenturan juga akan memperluas jangkauan tendon, sehingga otot menjadi lebih fleksibel, dan latihan kekuatan otot juga bersifat sedang.

Latihan fleksibilitas sebaiknya dilakukan bahkan sebelum berolahraga. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya cedera. Gerakan-gerakan yang akan dilatih sebenarnya tidak sulit dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berikut beberapa gerakan mudah yang bisa Anda lakukan.

Latihan peregangan Fip felox atau Quads dirancang untuk melatih otot pinggul, paha depan, dan hamstring secara fleksibel. Latihan ini dilakukan dengan berbaring di lantai dan menekuk lutut hingga tulang kering menyentuh lantai.

Kemudian putar kaki kanan dan telapak kaki sejajar dengan lutut. Letakkan kedua tangan di lutut kanan, lalu tekuk pinggul ke depan. Tetap dalam posisi ini selama 30 detik, lalu pikirkan lagi untuk menggunakan kaki kiri. Ulangi gerakan tersebut setidaknya tiga kali.

Contoh Latihan Keseimbangan

Pose pohon merupakan salah satu latihan yoga yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Latihan ini berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh dan melatih otot kaki.

Latihan ini dilakukan dengan cara berdiri di atas matras dengan kedua kaki rapat, lalu langkahkan kaki kanan hingga telapak kaki kanan menempel pada paha kiri.

Posisi ini seperti huruf 4, lalu letakkan tangan di atas kepala. Tahan posisi ini selama 15 detik sambil menahan napas. Ulangi dengan kaki kiri.

Leg extension bridge dirancang untuk melatih kelenturan otot dada, otot pinggul, otot perut, otot bokong, dan otot kaki. Gerakan ini dilakukan dengan cara berbaring di atas matras lalu menekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat dan meletakkan tangan di samping badan.

Contoh Latihan Kelenturan Yang Bisa Anda Coba

Angkat kaki kanan dan rentangkan ke depan, lalu angkat pinggul hingga membuat garis diagonal. Dorong dada ke atas dan angkat kaki, lalu turunkan kaki secara perlahan.

Ulangi gerakan tersebut dengan kaki kiri. Anda bisa mengulangi gerakan tersebut hingga 10 kali. Pada pengulangan terakhir, tahan gerakan tersebut selama 10 detik.

Child’s pose merupakan pose yoga yang berguna untuk membuat otot lebih rileks. Gerakan ini dilakukan dengan cara berlutut, lalu membungkuk ke depan hingga kepala menyentuh lantai. Rentangkan kedua tangan ke depan dan tahan posisi ini selama beberapa detik.

Baca Juga  Apakah Kepala Sekolah Sudah Menerapkan Nilai-nilai Kerakyatan Jelaskan

Rotasi batang duduk dilakukan untuk menjaga kelenturan otot perut, punggung, dan miring. Gerakan ini dilakukan dengan posisi duduk tegak dengan kedua kaki menyatu di depan.

Menjaga Kebugaran Jasmani: Porsi Dan Jenis Olahraga Yang Tepat

Kemudian kencangkan otot perut dan putar tulang rusuk ke kanan. Tekuk tubuh sejauh yang Anda bisa dan ulangi gerakan tersebut dengan memutar tulang rusuk ke kiri. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali dan pada pengulangan terakhir tahan gerakan tersebut selama 30 detik.

Anjing menghadap ke bawah dirancang untuk melatih kelenturan otot bahu, lengan, perut, dan otot punggung. Sirkuit ini dilakukan dengan cara berbaring di atas matras, lalu perlahan angkat panggul ke atas dan tahan dengan kaki dan tangan. Tahan gerakan ini selama 15-60 detik. Lakukan gerakan tersebut dengan mengontrol pernapasan.

Para editor berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari perusahaan terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses pengeditan kami di sini.

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. anjurkan agar Anda terus berkonsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Lakukan 4 Peregangan Ini Saat Olahraga Di Rumah Atau Kost, Mudah!

Konten ini telah ditulis atau diulas oleh para ahli kesehatan dan memiliki setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Para editor berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini dan efisien. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Jika anda mempunyai pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, anda dapat memberitahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected], Jakarta – Latihan fisik adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan dengan beban tubuh yang anda dapat berlari. aktivitas sehari-hari.. Semakin tinggi harga diri, semakin baik kemampuan kerjanya sendiri.

Untuk mempunyai tingkat kebugaran jasmani yang baik maka perlu dilakukan olah raga. Oleh karena itu, latihan kebugaran jasmani merupakan salah satu kegiatan olahraga yang paling banyak dilakukan.

Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani Lengkap

Jika dilakukan dengan baik, latihan kebugaran jasmani akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan kebugaran jasmani. Tak hanya itu, dengan melakukan latihan fisik, Anda juga dapat membangun keseimbangan otot dan membakar kalori lebih cepat.

Itu sebabnya bergerak seringkali membuat orang tidak terlalu lelah. Dengan latihan kebugaran jasmani, maka ketahanan fisik Anda dapat semakin ditingkatkan.

Pengikut

Sebutkan 3 gerakan melatih kelenturan otot leher, sebutkan dua cara melatih kekuatan otot perut, gerakan untuk melatih daya tahan tubuh, sebutkan latihan yang dapat dilakukan untuk melatih kekuatan tubuh, melatih kelenturan tubuh, cara melatih kelenturan tubuh, berikut ini gerakan yang bertujuan melatih daya tahan tubuh adalah, gerakan untuk melatih otot perut, sebutkan dua gerakan untuk melatih daya tahan tubuh, gerakan untuk melatih kecepatan adalah, gerakan melatih kelenturan, gerakan untuk melatih daya tahan tubuh adalah