Sebutkan 3 Perbedaan Keadaan Ekonomi Negara Laos Dan Filipina – Pelajaran geografi kelas 8 ini tentang sumber daya alam yang dimiliki setiap negara ASEAN.

Pernahkah Anda mendengar tentang ASEAN? ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah asosiasi ekonomi dan geopolitik negara-negara Asia Tenggara. Hanya negara-negara Asia Tenggara yang dapat bergabung dengan organisasi ini. Namun, ada satu negara di kawasan Asia Tenggara yang belum tergabung dalam ASEAN lho! Negara tersebut adalah Timor Leste.

Sebutkan 3 Perbedaan Keadaan Ekonomi Negara Laos Dan Filipina

Sebenarnya Timor Leste sudah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan ASEAN sejak tahun 2011. Namun hingga saat ini, masih ada pembicaraan dengan negara ASEAN lainnya untuk bergabung.

Sekretariat Nasional Asean

Karena letaknya di kawasan yang sama, kondisi alam dan sosial negara-negara ASEAN seringkali serupa. Hal ini akan memudahkan integrasi negara-negara ASEAN. Hampir semua negara ASEAN punya sumber daya alam di bidang pertanian dan pertambangan, sayang. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail berbagai jenis sumber daya alam yang ada di negara-negara ASEAN. Ingin tahu sesuatu? Ayo

Negara pertama adalah Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sumber daya alam lho! Berkat energi alam yang baik, air bersih, dan tanah yang subur menjadi habitat hewan dan tumbuhan. Di bidang pertanian, bahan pokoknya adalah rempah-rempah, beras, teh, kopi, minyak sawit, karet, gula, dan lainnya.

Tidak hanya kaya akan pertanian, kelautan dan perikanan juga sangat kaya akan sumber daya alam. Dengan hampir 70% air, Indonesia telah menjadi rumah indah bagi ikan dan biota laut lainnya. Kini di dunia pertambangan, Indonesia tidak ingin bangkrut. Minyak bumi, gas alam, emas, timah, dan tembaga masih menjadi sumber daya alam dan penghidupan banyak orang.

Pindah ke negara tetangga dari Pulau Kalimantan, Malaysia. Malaysia itu negara seperti kita lho! Hal ini dibuktikan dengan alam yang saling berdekatan, dan kekuatan sumber daya alam yang dimilikinya sama dengan yang dimiliki negara kita. Dari segi pertanian, produk utama Malaysia adalah beras, karet, teh, dan minyak sawit. Setelah pertambangan, Malaysia memiliki sumber daya alam berupa minyak, gas alam, timah, emas, dan bauksit. Kayak Indonesia kan?

Baca Juga  Pernyataan Dibawah Ini Adalah Fungsi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Kecuali

Proyek Kerja Sama Asean Di Bidang Ekonomi, Pendidikan, Dan Budaya

Berikutnya adalah negara ASEAN ketiga yaitu Brunei Darussalam. Terletak di ujung pulau Kalimantan, negara ini juga kaya akan sumber daya alam

Yaitu pertambangan dan minyak dan gas. Tahukah kamu? Brunei punya kapasitas produksi minyak 180.000 barel per hari lho! Patung Miliar Barel dibangun di pantai Seria untuk memperingati satu miliar minyak yang diproduksi di negara ini. Tidak hanya sektor pertambangan yang produktif, dari sektor pertanian Brunei Darussalam juga memiliki sumber daya alam berupa kelapa, kelapa sawit, dan karet.

Negara kelima adalah Kamboja. Tahukah Anda, bendera Kamboja merupakan satu-satunya bendera di dunia yang berbentuk bangunan

Dan arsitektur Angkor. Kamboja memiliki sumber daya alam yang sama dengan negara tetangganya, yaitu sektor pertanian berupa karet, beras, kayu, dan ubi jalar. Sumber daya alam Kamboja sangat luas, dengan gas alam, minyak dan mineral dalam bentuk safir dan rubi.

Apa Saja Faktor Pendorong Kerja Sama Asean Dan Penghambatnya

, atau seukuran kota Jakarta. Itu sebabnya Singapura tidak memiliki sumber daya alam seperti negara-negara ASEAN lainnya. Namun letak negara yang strategis, terletak di bagian selatan Semenanjung Malaka, memungkinkan negara ini makmur berkat transportasi internasional. Meskipun Singapura tidak menghasilkan banyak pendapatan dari sektor sumber daya alam, Singapura adalah salah satu negara paling maju di ASEAN yang pendapatannya terutama berasal dari sektor jasa.

Negara terakhir yang menjadi anggota ASEAN adalah Vietnam. Vietnam merupakan negara unik yang berbentuk seperti huruf S. Selain keunikan alam negaranya, Vietnam memiliki sumber daya alam yang terkenal yaitu Teluk Halong. Teluk Halong dikenal sebagai keajaiban dunia ke-7

Dari segi pertanian, Vietnam kaya akan beras, karet, kedelai, kopi dan teh. Hampir seperti negara tetangganya, dalam hal pertambangan, Vietnam juga menghasilkan minyak dan batu bara.

Negara ketujuh adalah Myanmar. Myanmar merupakan negara yang kaya akan mineral, seperti tembaga, emas, timah, seng, perak, mineral, gas alam, dan nikel. Tahukah Anda kalau batu giok merupakan salah satu batu yang paling terkenal di negeri ini? Nah, tak hanya pertambangan, Myanmar juga punya sektor pertanian yang besar

Daftar Peringkat Negara Terkaya Di Asia Tenggara, Indonesia Urutan Berapa?

Negara berikutnya yang akan saya bicarakan adalah Filipina. Filipina adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik. Tahukah Anda, Filipina merupakan negara yang memiliki sumber daya alam untuk budidaya padi, jagung, tebu, kopra, kacang-kacangan dan akasia (serat Manila). Tak hanya sumber daya pertanian, Filipina juga punya sumber daya mineral

Baca Juga  Membedakan Contoh Mobilitas Sosial

Thailand merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan terkenal dengan keindahan pantainya. Namun tahukah Anda, selain memiliki pantai yang indah, Thailand juga terkenal dengan hasil pertaniannya

Thailand mempunyai potensi menghasilkan produk pertanian seperti beras, jagung, tebu, kentang, karet, kayu, pohon teh, dan bijih besi. Tidak hanya itu, Thailand memiliki tambang timah, tembaga, minyak, gas alam, bijih besi, emas, emas, dan tungsten.

Berikutnya negara keenam adalah Laos. Meskipun negara ini terkurung daratan, negara ini mempunyai sumber daya alam yang dapat dieksploitasi dengan baik. Negara ini merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang memproduksi listrik

Kunci Jawaban Dan Soal Ips Kelas 9 Halaman 194 196: Apa Pengertian Perdagangan Internasional?

. Wah, bagus sekali ya? Sebagian besar listrik berasal dari penguburan sebuah danau besar di Luang Prabang, Laos. Laos tidak hanya punya banyak listrik, tapi juga menghasilkan teh dan kayu cendana lho!

Wah, jelas sekali kalau sumber daya alam negara-negara ASEAN sungguh luar biasa. Semuanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada negara yang memiliki batu mulia sehingga terkenal dengan ciri khasnya. Apakah Anda ingin belajar di negara non-ASEAN lainnya? Ayo daftar ke Ruangstudy. Jadikan pembelajaran Anda lebih menyenangkan dengan video yang mudah dipelajari.

Mukminan, Endang Mulyani, M. Nursa’ban, dan Supardi. 2017. IPS SMA/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Setelah hampir 10 tahun menunggu, Timor Leste akan segera bergabung dengan ASEAN” (2020) [Online]. Tautan: http://setnas-asean.id/amakru-yamakuru/isoma/all-10 mencakup negara-negara yang terletak di Tiongkok bagian selatan, India bagian timur, Samudra Pasifik, dan Australia bagian utara. Persamaan dan Perbedaan Negara-Negara Asia Tenggara :

Sebutkan Kegiatan Ekonomi Dari 2 Negara Di Asean.jelaskan Hubungannya Dengan Kondisi Geografisnya.

Asia Tenggara adalah suatu wilayah di benua Asia yang meliputi negara-negara di selatan Tiongkok, di timur India, di barat Samudera Pasifik, dan di utara Australia.

Asia Tenggara terdiri dari Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Myanmar, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Timor Leste, dan Brunei.

Asia Tenggara terletak dekat dengan garis khatulistiwa sehingga mempunyai iklim yang hangat. Iklim membawa hujan dan suhu tinggi sepanjang tahun.

Angin muson terjadi dan berubah arah setiap 6 bulan sekali, sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan musim antara musim kemarau atau musim hujan. Angin ini juga membantu kapal-kapal Asia Tenggara berlayar ke selatan, sehingga memungkinkan adanya jalur perdagangan selama ratusan tahun, seperti jalur perdagangan rempah-rempah.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Jika Masyarakat Tidak Mau Bekerja Sama

Melihat Keindahan Dan Keragaman Negara Asean Melalui Gambar Peta

Lokasi ini menghubungkan Asia Tenggara dan memiliki jalur pelayaran antar wilayah di dunia. Hal ini juga berarti bahwa kebudayaan Asia Tenggara mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kebudayaan India dan Tionghoa, misalnya terlihat pada pengaruh agama Hindu dan Budha serta kata serapan dalam bahasa Tionghoa.

Karena iklim tropis ini, hampir seluruh wilayah Asia Tenggara bergantung pada budidaya padi sebagai makanan pokok.

Semua negara di Asia Tenggara mempunyai bahasa yang berbeda-beda. Bahasa resmi negara ini dapat dibagi menjadi empat rumpun bahasa, yaitu: rumpun bahasa Australia (Bahasa Indonesia di Indonesia, Melayu di Malaysia, Singapura dan Brunei, Tagalog di Filipina dan Tetum di Timor Leste), rumpun bahasa Tai-Kadai . .

Setiap negara mempunyai sukunya masing-masing. Faktanya, banyak negara Asia Tenggara yang memiliki puluhan hingga ratusan kelompok etnis yang tinggal di negara tersebut. Misalnya di Indonesia ada bahasa Jawa, Sunda, Batak, Melayu dan lain-lain. Sebaliknya di Malaysia ada orang Melayu, Dayak, Orang Asli, dll.

Persamaan Dan Perbedaan Laos Dan Filipina

Asia Tenggara sangat beragam dalam hal agama. Negara mayoritas Muslim adalah Indonesia, Malaysia dan Brunei. Negara yang mayoritas beragama Buddha (mazhab Theravada) adalah Myanmar, Thailand, Laos, dan Kamboja. Negara dengan umat Katolik terbanyak adalah Filipina dan Timor Leste. Singapura memiliki populasi campuran beragama Buddha, Muslim, dan Kristen. Di sisi lain, Vietnam memiliki populasi campuran penganut Buddha (Mahayana) dan Katolik.

Program pemerintah di Asia Tenggara juga berbeda. Republik tersebut adalah Myanmar, Indonesia, Singapura, Filipina, dan Timor Leste. Negara yang menganut sistem monarki adalah Thailand, Malaysia, Brunei, dan Kamboja. Di sisi lain, Laos dan Vietnam adalah negara komunis.

IPS soal poin baru, syaratnya follow saja: ‘) share poin, mau ambil saja silahkan :)) mau share poin 🙂 mau follow dulu -_- share poin saja: Yang mau ambil poin perpaduan tanah aluvial dan sumber daya alam Kalimantan Barat yang berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967, ASEAN mempunyai 10 anggota yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Melalui website Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia, berdirinya ASEAN ditandai dengan disepakatinya perwakilan 5 negara untuk menandatangani Deklarasi Bangkok.

Lengkap, Ini Daftar Nama Mata Uang Negara Asean

Para founding fathers ASEAN yang menandatangani Deklarasi Bangkok adalah para Menteri Luar Negeri dari 5 negara terkemuka, yaitu sebagai berikut:

Dimulai dengan lima negara, jumlah negara anggota yang bergabung dengan ASEAN terus bertambah. Selain Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, dan Singapura, 5 negara Asia Tenggara lainnya bergabung dalam keanggotaan ASEAN. Semuanya berlima

Keadaan ekonomi indonesia, keadaan alam negara laos, keadaan ekonomi filipina, ekonomi negara laos, keadaan ekonomi laos, keadaan ekonomi negara laos, keadaan negara laos, keadaan ekonomi di indonesia, keadaan ekonomi indonesia saat ini, keadaan ekonomi negara jepang, keadaan ekonomi indonesia sekarang, perbedaan lengkuas dan laos