Sebutkan 3 Faktor Pendorong Bangsa Eropa Menjelajah Samudra – Bagaimana perkembangan kolonialisme dan imperialisme Eropa di Indonesia? Yuk dapatkan jawabannya dengan membaca artikel ini sampai selesai! Selamat membaca! –

Kisah kemerdekaan bangsa Indonesia pada tahun 1945 tidak lepas dari campur tangan bangsa-bangsa Eropa yang datang ke Indonesia. Kamu masih ingat

Sebutkan 3 Faktor Pendorong Bangsa Eropa Menjelajah Samudra

Sejak kapan orang eropa sampai disini? Tenang saja, artikel ini akan bercerita tentang perkembangan kolonialisme dan imperialisme Eropa di Indonesia. Baca artikel ini sampai habis, ya!

Ips Peristiwa Dalam Kehidupan

Indonesia dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah. Orang-orang Eropa mencari rempah-rempah karena sifat pemanasnya dan dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Selain mahal, memakai parfum juga menjadi tanda kehormatan raja saat itu. Karena faktor tersebut, banyak negara Eropa yang berusaha mencari tempat penghasil rempah-rempah, salah satunya Indonesia.

Bartholomeus Diaz menjelajahi lautan dan tiba di Tanjung Harapan, Afrika Selatan, pada tahun 1488. Kemudian penjelajahan dilanjutkan dengan Vasco da Gama mencapai Gowa (India) pada tahun 1498, kemudian kembali ke Lisbon, Portugal, dengan membawa bahan-bahan.

Portugis terus mencari sumber rempah-rempah. Oleh karena itu, Portugis melanjutkan perjalanan ke timur dipimpin oleh Alfonso d’Albuquerque untuk menguasai Malaka. Ia berhasil menguasai Malaka sebagai pusat perdagangan rempah-rempah di Asia Tenggara pada 10 Agustus 1511.

Orang Spanyol pertama yang menjelajahi lautan adalah Christopher Columbus. Pada tahun 1492 ia berlayar ke barat melintasi Atlantik, akhirnya mencapai benua Amerika. Saat itu Columbus yakin telah sampai di tujuannya, yaitu India. Itu sebabnya Colombus menyebut penduduk daerah yang ditemuinya sebagai orang Indian.

Soal Sejarah Indonesia Xi

Penjelajahan Magellan selanjutnya adalah dari Spanyol ke arah barat daya. Melintasi Samudera Atlantik hingga ke ujung selatan Amerika, kemudian melintasi Samudera Pasifik dan mendarat di Filipina pada tahun 1521. Pelayaran Magellan berpengaruh dalam dunia ilmu pengetahuan karena berhasil membuktikan bahwa Bumi itu bulat. Penjelajahan Magellan dilanjutkan oleh Sebastian del Cano. Pada tahun 1521, Sebastian del Cano berhasil mendarat di Tidore, namun kedatangan mereka dianggap melanggar Perjanjian Tordesillas. Untuk menyelesaikan masalah mereka, Portugal dan Spanyol menandatangani Perjanjian Zaragoza pada tahun 1529.

Pada tahun 1596, Cornelis de Houtman berhasil mendarat di Banten. Sikap Belanda yang tidak ramah dan upaya memonopoli perdagangan di Banten membuat marah Sultan Banten saat itu. Oleh karena itu, ekspedisi ini dianggap gagal. Sekitar tahun 1598-1600, para pedagang Belanda mulai berdatangan kembali. Kali ini kedatangannya dipimpin oleh Jacob van Neck. Ia berhasil mendarat di Maluku dan membawa rempah-rempah bersamanya. Kesuksesan Van Neck menyebabkan semakin banyak pedagang Belanda yang datang ke Indonesia.

Baca Juga  Berapakah Panjang Rusuk-rusuk Selain Rusuk Kl

Invasi Inggris ke Indonesia juga bertujuan untuk mencari rempah-rempah. Penemunya adalah Sir Henry Middleton dan James Cook. Henry Middleton mulai menjelajah pada tahun 1604 dari Inggris di sepanjang perairan Cabo da Roca (Portugal) dan Kepulauan Canary. Henry Middleton melanjutkan perjalanan melalui perairan Afrika Selatan hingga Samudera Hindia. Ia mencapai Sumatra, dan menuju Banten pada akhir tahun 1604. Ia berlayar ke Ambon (1605), lalu Ternate dan Tidore, menemukan rempah-rempah, seperti lada dan cengkeh. Sedangkan James Cook tiba di Batavia pada tahun 1770, berasal dari Australia.

Di antara negara-negara tersebut, Belanda merupakan negara yang sudah sangat lama berada di Indonesia. Hingga akhirnya mereka mendirikan perusahaan dagang di Indonesia. Meski bangkrut, perusahaan ini masih menduduki peringkat salah satu perusahaan terkaya di dunia,

Soal Pas K13 Tema 7 B Kls 5

Vereenigde Oostindische Compagnie atau lebih dikenal dengan VOC adalah perusahaan dagang ini. VOC didirikan pada tanggal 20 Maret 1602 oleh Johan van Oldenbarnevelt. Manajemennya dimiliki oleh 17 pemegang saham (

, yaitu bisnis monopoli, mencetak mata uang sendiri, membuat perjanjian, menyatakan perang dengan negara lain, menggunakan kekuasaan kehakiman, memungut pajak, memiliki tentara dan mendirikan benteng. VOC juga mempunyai beberapa pedoman, yaitu:

2. Pengiriman Verplichte : penyerahan wajib hasil pertanian dengan harga yang ditetapkan oleh VOC. Kebijakan ini digunakan di wilayah kolonial yang tidak dikuasai langsung oleh VOC, seperti Kesultanan Mataram.

Pada tahun 1799, VOC bangkrut karena banyak pekerja VOC yang korup, terlilit hutang akibat perang dan melemahnya semangat kerja pekerja. Dengan bubarnya VOC, maka kekuasaannya di Indonesia kemudian diambil alih oleh Pemerintahan Kerajaan Belanda yang kemudian dikuasai oleh Perancis.

Faktor Pendorong Bangsa Eropa Melakukan Penjelajahan Samudra Ke Indonesia

Kerajaan Belanda yang dipimpin oleh Louis Napoleon yang merupakan adik dari Napoleon Bonaparte mengangkat Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels pada tahun 1808 untuk melindungi pulau Jawa dari serangan Inggris. Tugas lainnya adalah memperbaiki nasib rakyat sesuai dengan cita-cita Revolusi Perancis. Pedoman Daendel adalah:

Sisi negatif dari pemerintahan Daendels adalah membiarkan berlanjutnya perbudakan dan hubungan buruk dengan raja-raja di Jawa, sehingga menimbulkan banyak pertentangan. Daendels dipindahkan ke Eropa, kemudian digantikan oleh Gubernur Jenderal Janssens pada tahun 1811. Pemerintahannya berumur pendek, karena pasukan Inggris datang menyerang. Janssens dan tentaranya menyerah dengan menandatangani Perjanjian Tuntang, meninggalkan pulau-pulau tersebut di bawah kekuasaan Inggris.

Pada tahun 1811, pemimpin Inggris di India, Lord Minto, memerintahkan Thomas Stamford Raffles yang berada di Penang untuk menguasai Jawa. Kolonialisme Inggris tidak berlangsung lama. Sejak tahun 1816, Inggris menyerahkan kekuasaannya kepada Belanda. Indonesia kembali berada di bawah kekuasaan Belanda.

Baca Juga  Gerakan Tari Bedoyo Adalah

Van der Capellen diangkat menjadi Gubernur Jenderal, ia menerapkan kebijakan menghilangkan peran penguasa tradisional, ia menerapkan pajak yang membebani rakyat, sehingga mendapat tentangan besar dari rakyat. Belanda juga mengirimkan Johannes van den Bosch untuk menambah pendapatan tanah Belanda yang kosong akibat peperangan dengan penduduk pulau dan negara Eropa lainnya.

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Banyak kesalahan yang terjadi, seperti waktu tanam yang melebihi masa tanam padi, tanah yang seharusnya dikenai pajak tetap dikenai pajak, sehingga masyarakat menyerahkan separuh tanahnya. Namun penanaman paksa juga membawa dampak positif karena masyarakat Indonesia mengetahui jenis tanaman baru dan mengetahui cara menanamnya yang benar.

Pada tahun 1870, pertanian paksa dihapuskan dan digantikan dengan Kebijakan Pintu Terbuka yang tertuang dalam Undang-undang Agraria tahun 1870 yang mengatur kepemilikan tanah adat oleh negara. Di sini kebijakan pintu terbuka mulai diterapkan, investor asing mulai bermunculan, peternakan di luar Jawa dikembangkan, dan sistem kerja paksa digantikan dengan sistem kerja bebas.

Perkembangan kolonialisme dan imperialisme Eropa tentu membawa dampak yang berbeda bagi Indonesia. Selain dampak negatifnya, kita juga mempunyai banyak dampak positif. Namun setelah hidup dalam bayang-bayang negara lain, pasca jatuhnya Konstantinopel, negara-negara Barat harus mencari sumber parfum. Rempah-rempah merupakan produk penting karena berperan sebagai pengawet, penyedap makanan, obat-obatan, bahan berbagai wewangian dan senyawa lainnya. Dua negara yang memulai eksplorasi barat adalah Portugal dan Spanyol. Keduanya ditemukan berdasarkan Perjanjian Tordesillas, yaitu Portugis di timur dan Spanyol di barat. Akhirnya negara-negara lain seperti Inggris, Belanda, Perancis, Jerman dan Denmark mengikuti jejak Portugis dan Spanyol. Lantas, apa saja alasan yang memotivasi negara-negara Barat untuk mengeksplorasi lautan? Baca artikel ini sampai akhir.

Konstantinopel merupakan pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa Timur. Rempah-rempah yang dibawa oleh orang Cina, India, dan Arab dijual melalui jalur sutra menuju Konstantinopel. Pada tahun 1453, Konstantinopel dikuasai oleh Turki Ottoman di bawah pimpinan Mahmed II. Turki Ottoman menerapkan kebijakan yang mempersulit perdagangan rempah-rempah di Konstantinopel. Pada akhirnya, masyarakat Barat harus mencari sumber rempah-rempah sendiri.

Sejarah Latar Belakang Kedatangan Bangsa Eropa Ke Indonesia

Semangat pemberontakan kembali menjadi semangat bangsa-bangsa Barat untuk membalas kekalahannya di Konstantinopel, khususnya terhadap Islam. Bangsa Eropa akan berperang melawan daerah-daerah yang dikuasai Islam dimanapun mereka berada, termasuk kerajaan-kerajaan lokal di berbagai belahan dunia.

Slogan 3G (Emas, Kemuliaan dan Injil) telah menjadi stimulus bagi negara-negara Barat untuk menjelajah lautan. Arti dari 3G antara lain :

Kemajuan ilmu pengetahuan seperti astronomi dan geografi mendorong negara-negara Barat untuk memulai eksplorasi laut. Orang Barat juga menggunakan peta Arab dalam eksplorasi mereka. Selain itu, berkembangnya navigasi dengan munculnya kompas memudahkan orang Barat dalam menentukan arah Kepulauan Rempah.

Baca Juga  Sebutkan Cara Melakukan Kombinasi Gerak Jalan Lari Dan Melompati Ban

Marco Polo menceritakan perjalanannya ke dunia timur yang dilihatnya sebagai kemakmuran dan kesuburan dalam buku Imago Mundi. Buku ini adalah referensi ke Asia.

Penyebab Bangsa Barat

Copernicus yang didukung oleh Galileo percaya pada teori heliosentris. Teori heliosentris merupakan teori yang menyatakan bahwa matahari merupakan pusat tata surya. Adanya teori ini memunculkan klaim bahwa bumi itu bulat. Oleh karena itu, jika bangsa ini menjelajah ke satu arah, maka mereka akan sampai di tempat yang sama dengan penjelajahan laut Eropa pada akhir abad ke-15. Hingga abad ke-16, bangsa Eropa tiba di Indonesia.

Portugal menjadi negara pertama yang mendarat di Indonesia yaitu Portugal, disusul Inggris Raya dan Belanda.

Alat ini dapat digunakan untuk memudahkan navigasi dengan berperan sebagai pemandu, misalnya utara dan selatan. Memiliki alat ini membuat perjalanan Anda lebih mudah dan fokus.

Kemudian Copernicus juga mengatakan bahwa jika seseorang melangkah ke barat satu langkah, maka dia akan kembali ke langkah sebelumnya.

E Modul Latar Belakang Kedatangan Bangsa Eropa Ke Indonesia.pdf.

Selanjutnya teori ini dibenarkan oleh para pelaut Portugis dan Spanyol yang menjelajahi laut dengan menggunakan metode yang berbeda. Dan bertemu kembali di Maluku, Indonesia.

Motto ini berarti penjelajahan Eropa bertujuan untuk memburu kekayaan yang diwakili oleh emas, mineral, bahan tambang dan batu mulia lainnya.

Imperialisme kuno adalah sistem politik yang memonopoli dan menjajah wilayah untuk memperoleh kekuasaan dan keuntungan besar.

Tak hanya itu, rempah-rempah juga bisa digunakan untuk mengawetkan makanan. Karena fungsinya yang beragam, rempah-rempah mempunyai harga jual yang tinggi.

Prangkat Pembelajaran Ppg

Oleh karena itu, karena dataran Eropa tidak dapat ditanami rempah-rempah, mereka mengarungi lautan untuk mencari dan menjajah rempah-rempah.

Inggris, Prancis, Spanyol, Portugal, dan Belanda kembali dianggap sebagai negara Eropa dengan wilayah jajahan terluas di dunia.

Penjelajahan atau penjajahan laut oleh bangsa Eropa berlangsung secara besar-besaran dan pesat. Mereka telah menguasai banyak wilayah di dunia dan mendirikan otoritas mereka di negara tersebut.

Tahukah Anda bahwa peta sangat dihargai pada zaman penjelajahan laut? Karena dulu peta hanya bisa dibuat oleh orang yang sedang menjelajah

Soal Ips Tema 6 Dan 7

Faktor pendorong perdagangan, penjelajahan samudra oleh bangsa eropa, faktor pendorong perubahan budaya, jalur penjelajahan samudra bangsa eropa, peta penjelajahan samudra oleh bangsa eropa, faktor pendorong bangsa barat datang ke indonesia, penjelajahan samudra bangsa eropa, peta penjelajahan samudra bangsa eropa, sebutkan faktor pendorong perdagangan internasional, bangsa eropa, faktor pendorong berdirinya asean, faktor pendorong