Sebelum Melakukan Latihan Gerak Dasar Irama Sebaiknya Melakukan – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buatlah buku flip Anda sendiri

42 Olah raga, olah raga dan kesehatan 3 7. Melakukan gerakan senam ritmik secara berkelompok…bersamaan B.Berbeda-beda c.Perorangan D. 8.Senam ritmik dapat dilakukan secara beregu dan…a. Perorangan B. Claude Angle Pair D. Trio 9. Saat lengan terayun ke depan dan ke belakang, telapak tangan… Cross Bay setengah menyatu c. Terbuka, dengan jari-jari rapat d. Terbuka, dengan jari-jari terentang 10. Ketika As itu lengan diayunkan ke satu sisi, telapak tangan… a. Cross Bay Setengah genggaman c. Buka, jari rapat d. Buka, jari direntangkan II Ayo jawab pertanyaan dengan benar. 1. Lebih suka yang mana, senam yang diiringi musik atau senam yang hanya berirama? Jelaskan mengapa! 2. Apa yang harus dilakukan jika senam ritmik kelompok ingin dilaksanakan secara terpadu? 3. Apakah gerakan senam ritmik harus bergairah? 4. Sebutkan manfaat senam ritmik kelompok! 5. Sebutkan tiga jenis pelatihan lho! tiga. Yuk lakukan kegiatan berikut ini. Selesaikan serangkaian tindakan berikut sebagai sebuah tim! SATU. Langkahkan kaki kanan ke depan, lalu kaki kiri. b. Mundur selangkah dengan kaki kanan, lalu mundur selangkah dengan kaki kiri. C. Lanjutkan berjinjit. Hitung sampai 4 dan tekuk lutut secara bergantian.

Sebelum Melakukan Latihan Gerak Dasar Irama Sebaiknya Melakukan

Kesehatan Diri Bab 43 Kesehatan Diri 5 Kata Kunci Kata kunci yang akan anda pelajari pada bab ini adalah: – Kebersihan – Kesehatan – Pakaian – Istirahat – Kelelahan – Pribadi – Kebutuhan – Kenyamanan – Tidur Pernahkah Anda mendengar istilah “mensana incorporesano”? Arti dari pepatah ini adalah: Jiwa yang kuat bersemayam di dalam tubuh yang sehat. Oleh karena itu, jika ingin bijak dan berjiwa kuat, maka harus memiliki badan yang sehat. Apa yang harus Anda lakukan agar tetap sehat? Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat. Diantaranya adalah mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, menjaga kebersihan diri, dan istirahat yang cukup. Menjaga kebersihan diri termasuk menjaga kebersihan pakaian. Bagaimana cara menjaga kebersihan pakaian? Apakah tubuh Anda cukup istirahat? Sumber: www.1.bp.blogspot.com [12. Juni 2009] Sumber: www.3.bp.blogspot.com [12. Juni 2009] Sumber: www.2.bp.blogspot .com [12. Juni 2009 ] Gambar 5.1 Istirahat yang cukup, berolahraga dan menjaga kebersihan merupakan contoh cara menjaga kesehatan diri. Dalam bab ini Anda akan mempelajari cara menjaga kebersihan pakaian dan memahami perlunya tidur dan istirahat. Setelah mempelajari materi pada bab ini, Anda diharapkan mampu: 1. Menjelaskan fungsi pakaian bagi tubuh. 2. Jaga kebersihan pakaian. 3. Jelaskan manfaat tidur bagi kesehatan.

Baca Juga  Cara Berkembang Biak Jagung

Materi Pjok Kelas 3 Bab 4 Aktivitas Ritmik

44 Olahraga Olahraga dan kesehatan 3 A. Jaga kebersihan pakaian Kebersihan baik untuk kesehatan. Artinya, jika kita selalu menjaga kebersihan, maka tubuh kita akan sehat. Bukan hanya kebersihan lingkungan saja yang harus kita jaga. Namun yang terpenting adalah menjaga kebersihan diri. Salah satu hal kebersihan diri yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga kebersihan pakaian. Menurut Anda mengapa pakaian harus bersih? Pakaian harus bersih karena dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri jika kotor. Bakteri dapat menyebabkan penyakit. Pakaian yang bersih juga membuat tubuh terasa segar. 1. Jenis-jenis pakaian Tentu saja anda mempunyai pakaian. Pakaian apa yang kamu punya? Ada banyak macam pakaian yang biasa kita pakai. Ada seragam sekolah, piyama, baju olah raga, baju olah raga dll. Sumber: Dokumentasi penerbit Gambar 5.2 Jenis pakaian Pakaian harus dikenakan sesuai jenisnya. Untuk berangkat ke sekolah misalnya, Anda mengenakan seragam sekolah. Pulang sekolah, kamu berganti pakaian bermain. Kenakan juga pakaian olahraga saat Anda berolahraga. Hindari menukar pakaian yang baru saja dipakai teman. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari tertular penyakit, terutama penyakit kulit. 2. Fungsi Pakaian Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Tujuan dari pakaian adalah untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari dan udara dingin. Selain itu, pakaian juga berperan dalam mempercantik diri.

Kesehatan pribadi 45 Pakaian yang dikenakan harus benar-benar nyaman. Sumber: Dokumentasi penerbit. Kenakan pakaian nyaman yang tidak hanya bersih tetapi juga tidak berpakaian berlebihan. Gambar 5.3 Pakaian yang nyaman dan pas di badan. Pakaian yang terlalu ketat dapat mengganggu pergerakan tubuh, mengganggu peredaran atau aliran darah, mengganggu pernapasan, dan mengganggu aktivitas fisik. Pakaiannya harus disesuaikan dengan budaya dan adat istiadat setempat. Oleh karena itu, pakaian tersebut merupakan pakaian yang sopan. 3. Cara menjaga kebersihan pakaian Seperti yang telah disebutkan di atas, pakaian yang Anda kenakan haruslah bersih. Pakaian bersih adalah pakaian yang bersih dan bebas bakteri. Pakaian yang kotor bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan berbau tidak sedap. Bagaimana cara menjaga kebersihan pakaian? Berikut beberapa cara untuk menjaga kebersihan pakaian Anda. SATU. Jangan bermain di tempat yang kotor. b. Jika pakaian kotor segera diganti. C. Jika pakaian Anda berkeringat, segera ganti. d.Jangan menggunakan pakaian untuk menyeka keringat atau kotoran. e.Pakailah pakaian sesuai fungsinya, misalnya seragam sekolah untuk sekolah, jangan dipakai untuk bermain. Piyama untuk tidur, bukan untuk bermain. F. Cuci pakaian sampai bersih. G. Letakkan pakaian yang telah disetrika ke dalam lemari. Sumber: Dokumentasi penerbit Gambar 5.4 Menyimpan pakaian di lemari merupakan salah satu cara menjaga kebersihan pakaian

Baca Juga  Bentuk Persen Dari 7 Per 20 Adalah

46 Olahraga Olah raga dan kesehatan 3 Sekalipun Anda belum cukup umur untuk mencuci pakaian sendiri, Anda harus tahu cara melakukannya. Perhatikan cara ibumu mandi sesekali. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mencuci. Kamu bisa memberi tahu ibumu tentang hal ini. Inilah yang harus Anda perhatikan saat mencuci pakaian. 1. Deterjen atau sabun cuci harus digunakan untuk mencuci. Penggunaan sabun cuci memudahkan menghilangkan kotoran dan membunuh bakteri pada pakaian. 2. Pakaian yang terkena noda putih dapat direndam dalam pemutih agar menjadi putih kembali. Saat mencuci, ada baiknya pisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna. 3. Ada bagian pakaian yang perlu disikat seperti kerah, ketiak, kaki celana, dll. Bilas pakaian dengan air bersih hingga tidak ada busa lagi. Lalu gantung pakaian hingga kering. Sumber : Dokumentasi Penerbit Gambar 5.5 Area pakaian yang sangat kotor sebaiknya digosok B. Kebutuhan tidur dan istirahat Pernahkah Anda merasa lelah? Tubuh kita menjadi lelah setelah melakukan suatu aktivitas. Misalnya setelah selesai belajar atau bekerja. Kelelahan setelah beraktivitas bisa pulih kembali setelah istirahat. Istirahat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Istirahat dapat memulihkan kembali tubuh yang lelah. Tubuh yang sehat meningkatkan prestasi belajar dan kerja. Istirahat datang dalam berbagai bentuk, termasuk tidur, hiburan dan relaksasi.

Kesehatan pribadi 47 1. Tidur Tidur merupakan cara istirahat yang paling baik karena tidur mengalami perubahan-perubahan sebagai berikut. 1. Penurunan aktivitas otak dan saraf. 2. Menurunnya aktivitas panca indera. 3. Otak yang tadinya tegang menjadi rileks. 4. Organ-organ tubuh diremajakan karena berhenti bekerja. Lamanya tidur setiap orang berbeda-beda, biasanya berdasarkan tingkat usia. Rata-rata durasi tidur orang dewasa adalah 6 hingga 8 jam. Anak-anak biasanya tidur selama 8 hingga 10 jam. Ajak anak untuk tidur siang setiap hari. Waktu tidur siang adalah 1 hingga 2 jam. Apakah kamu selalu tidur siang? Sumber : Dokumen Penerbit Orang yang kurang tidur akan Gambar 5.6 Tidur merupakan kebutuhan bagi setiap orang yang menjadi lemah, mengantuk dan kurang semangat. Kurang tidur juga dapat menyebabkan sistem imun tubuh melemah yang akhirnya membuat penderitanya sakit. Sebaliknya, orang yang cukup tidur adalah orang yang tersenyum dan energik. Tapi ingat, jangan terlalu banyak tidur. 2. Waktu senggang Bentuk istirahat lainnya adalah Sumber : www.indosingmums.blogsome.com [10. Juni 2009] Waktu luang. Rekreasi menyegarkan otak dan tubuh. Hiburan dapat Gambar 5.7 Hiburan dapat membawa pikiran kemana saja, misalnya ke pantai, ke tempat yang lebih santai di pegunungan, atau ke kebun binatang. Rekreasi di tempat yang tidak tercemar membuat tubuh kita tetap sehat. Di sana kita bisa menghirup udara bersih dan segar. Rekreasi juga menghilangkan kebosanan. Semangat kita akan segar kembali dengan melihat pemandangan yang indah. Kalau kita punya hiburan, rasa penat pun hilang.

Baca Juga  Buatlah Sebait Pantun Yang Mempunyai Makna Tentang Menjaga Kesehatan

Nah! Ini Dia Step Melakukan Senam Aerobik Pemula Yang Banyak Manfaatnya

48 Latihan jasmani, olah raga dan kesehatan 3 3. Relaksasi Contoh aktivitas santai antara lain duduk diam, mengagumi pemandangan indah, bercanda, berjalan kaki dan menonton televisi. Mendengarkan musik dan merawat atau menyiram tanaman juga merupakan kegiatan yang menenangkan. Relaksasi artinya tidak melakukan aktivitas atau pekerjaan berat. Relaksasi melemaskan otot dan menenangkan otak yang tegang. Sumber: www.4.bp.blogspot.com [12. Juni 2009] Gambar 5.8 Merawat tanaman dapat meredakan ketegangan Tugas Mari kita lakukan kegiatan berikut. Dilakukan di bawah bimbingan guru. 1. Mari belajar cara mencuci pakaian. Ambil salah satu pakaian kotormu. b. Usahakan mencuci pakaian sampai bersih. C. Tunjukkan hasilnya kepada gurumu. 2. Pada hari libur wajib datang dan menyiram serta merawat tanaman di rumah. Ringkasan Salah satu cara untuk tetap sehat adalah dengan tetap bersih. Yang terpenting adalah memperhatikan kebersihan pakaian Anda. Pakaian yang kita kenakan harus bersih. Cara menjaga kebersihan pakaian antara lain dengan tidak bermain di tempat yang kotor dan segera mengganti pakaian yang kotor. Selain menjaga kebersihan pakaian, pola hidup sehat adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat diperlukan untuk menghilangkan rasa lelah. Istirahat itu ada dalam berbagai bentuk, yaitu tidur, hiburan, dan relaksasi.

Kesehatan pribadi 49 Refleksi Anda telah belajar bagaimana menjaga kebersihan pakaian dan pentingnya tidur dan istirahat. Apakah Anda memiliki kendali atas materi? Jika semua materi sudah dikuasai, lanjutkan ke materi berikutnya. Namun jika belum menguasainya, ulangi materi yang belum dikuasai. Mintalah bimbingan dari guru atau teman yang memahami hal ini. Latihan Mari kita lakukan di buku kerja kita

Sebelum berenang sebaiknya melakukan, sebelum bermain sepak bola sebaiknya melakukan, sesudah latihan senam sebaiknya melakukan, kapan sebaiknya melakukan tes kehamilan, sebelum melakukan permainan sepak bola sebaiknya melakukan, mengapa gerakan pemanasan penting sebelum melakukan latihan inti, latihan untuk daya tahan tubuh sebaiknya kita melakukan, kapan sebaiknya melakukan test pack, sebelum donor darah sebaiknya, kapan sebaiknya melakukan tes ovulasi, tips sebelum melakukan mcu, sebelum olahraga sebaiknya melakukan