Sebagian Besar Penduduk Indonesia Tinggal Di Pulau – A) Walaupun Indonesia memiliki banyak sumber daya alam dan letak yang strategis, mengapa Indonesia gagal menjadi negara maju? Karena :- Masyarakat Indonesia masih belum dapat mengembangkan sumber daya alamnya dengan baik dan penyebab utamanya adalah kurangnya kualitas sumber daya manusia yang perlu dikuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. – Masih terjadi ketimpangan pembangunan, terdapat industri maju dan terbelakang di semua sektor – Belum ada pemerataan pendapatan, daerah perkotaan memiliki pendapatan perkapita sangat tinggi tetapi daerah perdesaan masih memiliki pendapatan perkapita rendah – Kekhawatiran: – Produksi terbatas hingga produk primer bernilai rendah, seperti: kayu, minyak, bahan mentah, pasir besi, bauksit, batu bara. Sementara itu, negara-negara maju mulai memproduksi produk akhir berteknologi maju dengan nilai ekonomi yang tinggi. Padahal di negara maju kualitas layanannya sangat bagus dan gratis untuk semua.

B) Bagaimana agar terjadi pemerataan penduduk agar penduduk tidak terkonsentrasi hanya di Pulau Jawa:- Perlu adanya program migrasi yang dapat memindahkan penduduk dari pulau Jawa ke pulau lain, untuk Contoh: Kalimantan, Sulawesi, Papua. – Pembangunan di luar Jawa harus diprioritaskan agar warga mau pindah dan bekerja di luar Jawa. – Seiring berkembangnya industri padat karya, hal ini membuka peluang penciptaan lapangan kerja di luar Jawa, sehingga tenaga kerja dapat tersebar ke seluruh wilayah. Indonesia.

Sebagian Besar Penduduk Indonesia Tinggal Di Pulau

C) Keanekaragaman hayati atau flora dan fauna Indonesia sangat tinggi karena : Indonesia memiliki 2215 jenis satwa yang meliputi 515 mamalia, 60 reptilia, 1519 burung dan 121 kupu-kupu. Selain itu, terdapat banyak jenis tumbuhan seperti meranti, jati, buah-buahan dan sayuran. Keadaan ini disebabkan oleh perbedaan iklim di masing-masing daerah di Indonesia yang menciptakan kondisi kehidupan flora dan fauna yang beragam. Selain itu, flora Indonesia dapat dibagi menjadi dua jenis: Indo-Malayan dan Indo-Australia. Fauna Indonesia dapat dibagi menjadi 3 jenis: Asia, peralihan dan Australia.

Baca Juga  Naon Sababna Kawih Jeung Kakawihan Disebut Wangun Puisi

Mengenal Aogashima, Pulau Yang Penduduknya Hidup Di Dalam Kawah Gunung Berapi

D) Keanekaragaman Budaya Indonesia: – Menurut data BPS tahun 2010, Indonesia memiliki 1128 suku bangsa. Banyak budaya yang berbeda telah muncul dari banyak suku bangsa ini, karena setiap suku bangsa memiliki karakteristik budayanya masing-masing, mulai dari norma, nilai, dan seninya sendiri. , upacara adat, pakaian daerah dan berbagai senjata tradisional. – Berbagai bentuk alam seperti padang rumput, hutan, desa, kota, gunung, pantai, dataran. Penciptaan budaya di setiap daerah berbeda dengan daerah lain.

E) Efek interaksi spasial di daerah pemukiman – Urbanisasi meningkat, banyak penduduk meninggalkan pedesaan – Banyak sawah dan ladang berubah menjadi daerah pemukiman penduduk pinggiran Bekerja sebagai petani industri dan komersial – Fasilitas umum perkotaan seperti taman, jalan raya, jembatan, dll. .mereka lebih bersih dan lebih indah.

3). Karena di Indonesia terdapat 8000 jenis tumbuhan, 2215 jenis hewan, 515 mamalia, 60 reptilia, 1519 burung dan 121 kupu-kupu.

4). Karena Indonesia adalah negara dengan banyak suku, budaya, keragaman budaya dari Sabang sampai Merauke, pakaian adat, tanah yang luas, laut, laut dan sebagainya.

Pulau Bungin, Pulau Unik Terpadat Di Dunia

Pertanyaan IPS baru Penyebab MEA?​ Apa dampak transisi terhadap perekonomian? A : Mendistribusikan kegiatan ekonomi ke seluruh pelosok nusantara B : meningkatkan lapangan kerja C : … memperpadat perkotaan D : meningkatkan produktivitas masyarakat Mendiskusikan dampak produk ekstraktif, khususnya produk tak terbarukan yang digunakan tanpa kelestarian lingkungan 2 . upaya … apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi lingkungan tempat Anda tinggal? Berikut manfaat perdagangan antar daerah dan antar pulau: a.Menyediakan sarana alternatif pemenuhan kebutuhan konsumen B Meningkatkan produktivitas C Memperluas kesempatan masyarakat D Meningkatkan pemerataan pelayanan kepada penduduk di bidang maritim Apa? 1. Karena masih banyak pihak swasta yang tidak memanfaatkan sumber daya alam secara optimal dan rakus akan sumber daya alam.

Karena dengan pemerataan pembangunan, pencari kerja tidak perlu datang ke kota besar seperti Jakarta, dan tidak akan terjadi penumpukan penduduk di sekitar Jakarta dan pulau Jawa.

Interaksi spasial menunjukkan kondisi saling pengaruh dan ketergantungan antara komponen-komponen permukaan bumi, faktor alam, faktor alam dan manusia, alam, sosial budaya, tetapi juga faktor sosial.

Analisis alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman berfokus pada bagaimana manusia berinteraksi dengan alam. Jika lahan pertanian kecil maka daya serapnya sangat rendah, sehingga air tidak dapat menembus lapisan tanah dan jika hujan cukup banyak akan terjadi banjir. Ini adalah efek interaksi spasial di area tempat tinggal saya.

Baca Juga  Ndasmu Artinya

Universitas Negeri Jakarta

1 karena masih banyak penduduk yang tidak menjaga kekayaan negara ini. Banyak orang yang tidak peduli dengan lingkungan, misalnya di kota. Banyak anak di Indonesia yang juga kurang berprestasi dalam pendidikan, terutama putus sekolah.

Pertanyaan IPS baru Penyebab MEA?​ Apa dampak transisi terhadap perekonomian? A : Mendistribusikan kegiatan ekonomi ke seluruh pelosok nusantara B : meningkatkan lapangan kerja C : … memperpadat perkotaan D : meningkatkan produktivitas masyarakat Mendiskusikan dampak produk ekstraktif, khususnya produk tak terbarukan yang digunakan tanpa kelestarian lingkungan 2 . upaya … apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi lingkungan tempat Anda tinggal? Berikut adalah manfaat perdagangan antar daerah dan antar pulau: a.Menyediakan sarana alternatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen B Meningkatkan produktivitas C Memperluas kesempatan masyarakat D Meningkatkan pemerataan pelayanan kepada penduduk di bidang kemaritiman Demografi Indonesia meliputi statistik seperti jumlah, persebaran dan kepadatan penduduk penduduk Indonesia. serta informasi demografi lainnya. Menurut sensus 2020, Indonesia memiliki 270,2 juta jiwa.

Indonesia memiliki budaya dan bahasa yang mirip namun berbeda. Sejak kemerdekaan, bahasa Indonesia (seperti bahasa Melayu) menyebar ke seluruh Indonesia, menjadi bahasa yang paling banyak digunakan dalam komunikasi, pendidikan, pemerintahan, dan perdagangan. Namun, bahasa daerah masih banyak digunakan.

Migrasi besar-besaran penduduk ke Nusantara diyakini telah terjadi setidaknya dalam dua gelombang migrasi. Migrasi besar pertama terjadi beberapa ratus tahun sebelum Masehi, dan penduduknya sekarang dikenal sebagai Proto-Melayu, yang tinggal di pedalaman dan di dataran tinggi; Migrasi Besar Kedua sebelum abad ke-1 Masehi, populasi yang tinggal di daerah pesisir dan dataran rendah saat ini dikenal sebagai keluarga Deutero-Melayu. Penduduk Indonesia mayoritas berbahasa Austronesia, tinggal di bagian barat daratan Indonesia dan di daratan Indonesia Tengah; Sebagian kecil, terutama di bagian timur daratan Indonesia, dihuni oleh penutur asli Papua.

Karakteristik Geografis Dan Sosial Brunei, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Dan Indonesia

Imigran ke Indonesia kebanyakan berasal dari China yang merupakan penduduk asing terbesar yang tersebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia. Mirip dengan imigran dari Arab, Hadramaut-Yaman adalah kelompok imigran terbesar kedua, diikuti oleh imigran dari India dan kelompok kecil dari Eropa. Suku asli dengan persentase tertinggi di Indonesia adalah orang Jawa, diikuti oleh orang Sunda.

Baca Juga  Alat Untuk Mengukur Volume Batu

Secara historis, penduduk Indonesia selalu bertambah. Perkembangan penduduk dari tahun 1930 sampai dengan tahun 2020 dapat dilihat di bawah ini.

Peta suku bangsa asli Indonesia berdasarkan peta dari Ruang Etnografi Museum Nasional Indonesia. Para pendatang yang berasal dari luar negeri, seperti Tionghoa, Arab, dan India, tidak ditampilkan dalam peta, namun sebagian besar tinggal di perkotaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Rasio jenis kelamin adalah perbandingan jumlah penduduk laki-laki dengan jumlah penduduk perempuan di suatu daerah atau negara pada waktu tertentu.

Negara Vietnam: Ibu Kota, Letak Geografis, Dan Kondisi Alamnya

Rasio jenis kelamin penduduk Indonesia cenderung meningkat dari satu sensus ke sensus berikutnya. Menurut sensus tahun 1971, 1980, 1990, 2000, 2010 dan 2020, rasio jenis kelamin adalah 97, 99, 99, 101, 101 dan 102.

Berdasarkan SP2010, jumlah penduduk laki-laki Indonesia adalah 119.630.913 dan penduduk perempuan 118.010.413. Rasio jenis kelamin adalah 101, artinya terdapat 101 laki-laki untuk setiap 100 perempuan. Dilihat dari rasio gender per provinsi, terendah adalah Nusa Tenggara Barat (94) dan tertinggi adalah Papua (113). Rasio jenis kelamin secara nasional adalah 106 pada kelompok umur 0-4 tahun, 106 pada kelompok umur 5-9 tahun, 93-109 pada kelompok umur 10-64 tahun, dan 81 pada kelompok umur di atas 65 tahun.

Berdasarkan SP2020, penduduk laki-laki sebanyak 136,66 juta (50,58%) dan penduduk perempuan sebanyak 133,54 juta (49,42%). Sex ratio Indonesia adalah 102. Papua memiliki sex ratio tertinggi per provinsi (114), sedangkan yang terendah adalah di Daerah Istimewa Yogyakarta (98).

Pemerintah Indonesia hanya mengakui enam agama resmi: Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Menurut data Kementerian Agama tahun 2018, 86,7 persen dari 267.670.543 penduduk Indonesia beragama Islam; 7,6% beragama Protestan; 3,12% beragama Katolik; 1,74% beragama Hindu; 0,77% beragama Buddha; dan 0,03% adalah Konghucu.

Dunia Digital Generasi Milenial

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional Indonesia. Selain bahasa nasional, masyarakat Indonesia berbicara setidaknya satu bahasa daerah, dan paling sering bahasa ibu adalah bahasa daerah.

Kepadatan penduduk di pulau jawa, sebagian besar dari penduduk perancis adalah, sebagian besar penduduk perancis, sebagian besar penduduk indonesia bermata pencaharian sebagai, sebagian besar penduduk perancis adalah, sebagian besar penduduk indonesia bekerja sebagai, penduduk asia tenggara sebagian besar terdiri atas bangsa, sebagian besar penduduk selandia baru merupakan keturunan, mengapa sebagian besar penduduk indonesia bekerja di sektor pertanian, sebagian besar penduduk australia merupakan keturunan, sebagian besar penduduk di singapura adalah suku, mayoritas penduduk negara australia tinggal di daerah