Saudara Kandung Nabi Yusuf Bernama – Nabi Yusuf As adalah anak dari Nabi Ya’qub As dari istrinya yang bernama Rahiel. Yusuf As memiliki saudara kandung (seibu laut ayah), yaitu adik laki-lakinya bernama Bunyamin. Selain itu, Yusuf memiliki sepuluh saudara laki-laki lain yang lebih tua dari usia Yusuf. Mereka semua adalah saudara tiri Yusuf, yang berarti saudara tiri tetapi berbeda ibu.Seperti disebutkan sebelumnya, Nabi Ya’qub memiliki empat istri, termasuk Rahiel. Dari empat istri tersebut, Nabi Ya’qub memiliki dua belas orang anak, semuanya laki-laki, termasuk Yusuf dan Benyamin.Sejak kecil, Yusuf dan Bunyamin adalah yatim piatu. Ibu Rahiel meninggal karena penyakit serius. Mungkin karena Yusuf dan Bunyamin adalah anak bungsu dan ditelantarkan oleh ibu kandungnya sejak awal, Abi Ya’qub lebih memperhatikan mereka dibanding saudara-saudaranya yang lain. Kesannya Yusuf dan Bunyamin adalah anak kesayangan ayahnya. yang paling Ini menimbulkan perasaan iri pada saudara-saudara lainnya.

Ibu Yusuf, Rahiel, adalah seorang wanita yang sangat cantik, sehingga wajar jika Yusuf terlahir sebagai anak laki-laki yang tampan. Saat remaja, Yusuf bercerita kepada ayahnya, Ya’qub As, bahwa dia mendapat mimpi indah pada malam sebelumnya. Terjadi dialog antara Yusuf dan Ya’qub: “Ayahku, tadi malam aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan membungkuk kepadaku.” dan juga dari sisi manusia. Tetapi janganlah kamu ceritakan mimpimu itu kepada saudara-saudaramu, supaya mereka tidak bermaksud memperdayakanmu.” Nabi Ya’qub mencium bau busuk dari kelakuan saudara-saudara Yusuf (tiri). Karena itu beliau berpesan kepada Yusuf untuk berhati-hati. Ia takut, jika Yusuf memberi tahu saudara-saudaranya, mereka akan tersinggung karena menganggap Yusuf sombong dan menganggap enteng mereka, topeng sebelas bintang, matahari dan bulan jatuh menimpa Yusuf?!. Padahal Nabi, Ya’ qub , seperti nabi lainnya, dia memiliki keterbatasan manusia sendiri. Dia tidak bisa membesarkan sepuluh putranya dengan baik. Anak-anaknya sangat keras kepala dan nakal.

Saudara Kandung Nabi Yusuf Bernama

Cukup sulit ditebak apakah kecemburuan sepuluh anak yang merupakan saudara tiri Yusuf dan Bunyamin ini merupakan bawaan lahir ataukah berasal dari Nabi Ya’qub melihat rasa sayang Yusuf dan Bunyamin yang terlalu besar? Dalam pengalaman hidup dan sejarah manusia, apakah seorang teladan dan manusia jenius, baik dia seorang nabi atau bukan, tidak selalu mampu mendidik orang lain dengan baik, termasuk keluarganya? Misalnya: Qabil, putra Nabi Adam As, pelit dan kejam karena tega membunuh adiknya sendiri; Kan’an, putra Nabi Nuh As, sombong dan tidak mau mengikuti “jalan” ayahnya yang penuh rahmat dan harapan.

Baca Juga  Bagaimana Melodi Yang Baik Itu

Kuis Pai Kelas 3 Kisah Nabi Yusuf As

Nabi Ya’qub As merasa telah melakukan yang terbaik untuk mendidik semua anaknya. Namun, tidak semuanya selalu berjalan mulus. Ada kalanya seseorang perlu memahami bahwa kenyataan terlepas dari rencana dan tekad. Buktinya, suatu hari kesepuluh putra Nabi Ya’qub merencanakan rencana jahat untuk menggulingkan Nabi Yusuf As. Bunyamin tidak masuk dalam daftar rencana “penghapusan” karena masih terlalu muda. Selain nabi Yusuf AS, beliau adalah putra bungsu kesayangan nabi Ya’qub AS dari istrinya Rahil binti Laban. Ia memiliki sepuluh saudara kandung dari ibu yang berbeda dan satu saudara kandung (Bunyamin). Nabi Ya’qub AS sangat mencintai Yusuf yang cantik itu sehingga saudaranya iri padanya.

Suatu hari Nabi Yusuf AS bermimpi tentang sebelas bintang, matahari dan bulan turun dari langit dan sujud di hadapannya. Dia menceritakan mimpinya kepada ayahnya. Nabi Ya’qub AS senang mendengar kisah itu dan menyatakan bahwa Allah SWT akan memberikan putranya ketenaran, ilmu, dan kebahagiaan yang berlimpah dalam hidup.

Suatu ketika Nabi Yusuf AS diajak bermain oleh saudaranya setelah mereka berhasil meyakinkan ayahnya untuk mengizinkannya. Kesempatan diambil untuk menghancurkan Nabi Yusuf AS. Sesampainya di tempat itu, Nabi Yusuf AS terlempar ke dalam sumur yang dalam.

Pakaian Nabi Yusuf AS dirobek kemudian dilumuri dengan darah kambing. Kemudian dengan wajah sedih mereka mengabarkan kepada ayah mereka kabar bahwa Nabi Yusuf AS telah dimakan serigala.

Kisah Nabi Yusuf

Di luar dugaan mereka, Nabi Yusuf AS ditolong oleh beberapa kafilah Madian yang melewati tempat ini. Dia kemudian dibawa ke Mesir untuk dijual sebagai budak, kemudian dibeli oleh keluarga terkemuka Mesir bernama Futifar az-Aziz. Kisah mimpi nabi Yusuf AS dan perbuatan saudaranya diceritakan dalam Alquran Surat Yusuf (12) ayat 4-21.

Wajah Nabi Yusuf AS yang sangat tampan menarik perhatian istri seorang konglomerat bernama Zulaikha. Suatu ketika ketika Zulaikha mengajak Nabi Yusuf AS melakukan hal yang tidak senonoh namun Nabi Yusuf AS menolak ajakan tersebut sehingga terjadi ketegangan.

Saat peristiwa itu terjadi, seorang pembesar datang dan Zulaikha memutarbalikkan fakta dengan memberi tahu suaminya bahwa Nabi Yusuf AS bersikap tidak senonoh terhadapnya. Sang taipan menjadi marah. Tapi dia tidak sempat melakukan apa-apa dengan Nabi Yusuf AS, bocah yang ada di sekitar itu berbicara dengan lancar.

Ia mengatakan jika baju Nabi Yusuf AS sobek di depan, maka itu salah Nabi Yusuf, tetapi jika bajunya sobek di belakang, itu salah Zulaikha. Setelah diperiksa petugas, ternyata yang robek adalah baju di punggung Nabi Yusuf AS. Begitulah cara Nabi Yusuf AS selamat.

Baca Juga  Contoh Kegiatan Manusia Yang Mengabaikan Keselarasan Lingkungan Adalah

Penilaian Harian Online Exercise For 3

Kisah di atas kemudian menyebar ke masyarakat luas. Zulaikha yang merasa malu jika dibicarakan orang, mengundang istri kepala suku ke rumahnya. Semua orang mendapat makanan enak dan pisau untuk memotong buah. Saat mereka sibuk mengupas buah, Zulaikha menyuruh Nabi Yusuf AS untuk keluar.

Ketika para wanita melihat wajah Nabi Yusuf AS, mereka terpesona dan tanpa sadar melukai jari mereka sendiri. Mereka paham mengapa Zulaikha begitu terpikat oleh Nabi Yusuf AS. Sebagian dari mereka menasehati Nabi Yusuf AS agar mengabulkan keinginan Zulaikha karena Zulaikha sendiri adalah seorang wanita cantik.

Mendengar hal tersebut, Nabi Yusuf AS berdoa agar tetap mendapat keteguhan iman. Akhirnya atas permintaan Zulaikha yang merasa terhina, Nabi Yusuf AS dipenjarakan. Kisah tersebut terdapat dalam Surah Yusuf (12), ayat 22-35.

Nabi Yusuf AS keluar dari penjara karena kepintarannya menafsirkan mimpi sang raja. Kemampuan Nabi Yusuf AS ini dijelaskan dalam surat Yusuf (12), ayat 36-53. Raja Mesir membebaskan Nabi Yusuf AS dan kembali mengukuhkan nama Yusuf di masyarakat dalam peristiwa Zulaikha.

Pdf) Tindak Tutur Santun Dalam Kisah Nabi Yusuf

Setelah keluar dari penjara Nabi Yusuf AS menunjukkan prestasi yang semakin mengagumkan. Tidak heran dia kemudian diangkat menjadi perdana menteri. Sebagai seorang penguasa, kisah Nabi Yusuf AS diceritakan dalam Surat Yusuf (12), ayat 54-57.

Ketika nabi Yusuf AS menjadi perdana menteri, negara Mesir makmur meskipun negara-negara sekitarnya menderita kelaparan yang berkepanjangan. Saat itu dia mengenali ayahnya dan semua saudara laki-lakinya. Mereka hidup rukun setelah Nabi Yusuf AS memaafkan saudara-saudaranya. Pertemuan Yusuf dengan saudara-saudaranya digambarkan dalam Surat Yusuf (12), ayat 58-101.

Kisah Nabi Yusuf AS dalam Al-Qur’an terdapat pada Surat al-Anam (6) ayat 84, Surat Yusuf (12) ayat 3-104 dan Surat al-Mu’min (40) ayat 34.

Daftar Pustaka Arifin, Bey. Serangkaian kisah dalam Al-Qur’an. Bandung: al-Ma’arif, 1986. Daruzah, Muhammad Izzah. Sirah ar-Rasul. Kairo: Matba’ah ‘Isa al-Babi al-Halabi wa Syirkah, 1965. Ibnu Kasir. al-Bidayah wa an-Nihayah. Beirut: Dar al-Fikr, 1978. ash-Syami, Muhammad Yusuf as-Salihi. Subul al-Huda wa ar-Rashad. Kairo: Jumhuriyah Misr al-‘Arabiyah li Jinnah Ihya at-Turas al-Islami, 1973. Nasaruddin Uma Kisah Nabi Yusuf as – Kisah Nabi Yusuf as – Kisah Nabi Yusuf as – Kisah Nabi Yusuf as – Kisah Nabi Yusuf as – Kisah Nabi Yusuf as – Nabi Yusuf as – Kisah – Kumpulan Kisah Nabi Yusuf as

Baca Juga  Tuliskan Bagian-bagian Surat Undangan Resmi Di Bawah Ini

Kisah Sirah Nabi Yusuf A.s

Nabi Yusuf adalah putra ketujuh dari dua belas putra dan putri Nabi Ya’qub. Dia dan adik laki-lakinya bernama Benyamin adalah ibu dari Rahil, sepupu Nabi Ya’qub. Allah memberinya ketampanan, wajah yang cantik dan tubuh yang tegap, yang merupakan dambaan setiap wanita dan kenangan bagi remaja putri. Ia adalah anak yang dimanjakan oleh ayahnya, lebih disayangi dan disayang dibandingkan saudara-saudaranya yang lain, terutama setelah ia ditelantarkan, khususnya setelah kematian ibu kandungnya, Rahil, saat ia berusia dua belas tahun.

Perlakuan diskriminatif Nabi Ya’qub terhadap anak-anaknya menimbulkan kecemburuan dan kecemburuan di antara saudara-saudara Yusuf lainnya, yang merasa ayah mereka mengabaikan mereka karena tidak adil di antara anak-anak mereka dan lebih memanjakan Yusuf daripada yang lain.

Kebencian mereka terhadap ayah mereka dan kecemburuan mereka terhadap Yusuf membangkitkan rasa persahabatan, persatuan, dan rasa persaudaraan yang erat di antara saudara-saudara Yusuf.

Dalam sebuah pertemuan rahasia yang mereka adakan untuk menegosiasikan nasib mereka dan mengatur langkah-langkah yang harus mereka ambil untuk menyadarkan ayah mereka dan menuntut perlakuan yang adil dan menyeluruh, salah satu dari mereka berkata: itu tidak adil? dan sepihak? Dia memanjakan Yusuf dan mencintai serta merawatnya lebih dari kami, seolah-olah Yusuf dan Benyamin adalah anak kandungnya dan kami adalah anak tirinya, padahal kami lebih tua dan lebih kuat dari mereka berdua dan kitalah yang selalu menemani ayah. , mengurus semua kebutuhannya dan rumah tangga. Kita bertanya-tanya mengapa hanya Yusuf dan Benyamin yang luar biasa di pihak ayah mereka. Apakah ibunya lebih dekat di hati ayahnya daripada ibu kita? Jika begini apakah alasannya, apakah itu salah kita Bahwa kita dilahirkan dari seorang ibu yang memiliki tempat kedua di hati ayah, atau apakah wajah Yusuf lebih cantik dan kuat daripada wajah kita dan wajah yang Tuhan ciptakan, dan terkadang itu bukan kehendak kita atau hasil dari usaha kita? Kami sangat menyesali perilaku dan tindakan ayah yang malang dan salah ini dan kami harus melakukan sesuatu untuk mengakhiri situasi yang melumpuhkan dan menyusahkan ini bagi kita semua.”

Biografi Nabi Yaqub As Dan Nabi Yusuf As

Saudara lainnya melanjutkan: “Kalau soal cinta atau benci, suka atau tidak suka, itu adalah masalah hati, yang tumbuh pada kita seperti jari, orang tidak bisa bertanya mengapa ada yang lebih.”

Ayahnya nabi yusuf bernama, saudara kandung nabi, jumlah saudara nabi yusuf, kata kata untuk saudara kandung, doa untuk saudara kandung, ayah nabi ibrahim bernama, saudara kandung nabi yusuf, saudara nabi yusuf, kata mutiara tentang saudara kandung, kata mutiara untuk saudara kandung, kata bijak untuk saudara kandung, nama saudara nabi yusuf