Rumpaka Kawih Nyaeta – BANDUNG, –  Kalian yang tinggal di Bandung, ada yang ingat kawih? Ingat dan sampaikan kawih

Salah satu istilah Sunda yang perlu diketahui warga Bandung adalah kawih. Kawih adalah lagu sunda bebas yang syairnya berbentuk syair bebas dan tidak terikat aturan, lagu maupun lirik didalamnya. Namun, seperti halnya nyanyian, kawih juga terikat oleh tempo atau ritme.

Rumpaka Kawih Nyaeta

Format ini adalah tulisan bebas atau bisa dibilang tulisan bebas untuk rumpaka kawih. Berapapun jumlah ayatnya, berapapun banyaknya barisnya, berapapun huruf vokalnya di akhir baris, berapapun tema kawihnya atau apapun itu, itulah pengarangnya.

Caritakeun Eusi Rumpaka Kawih Pileleuyan Dan Papatong​

Sekalipun kawih itu bebas atau tanpa aturan, kawih harus mempunyai 4 unsur di dalamnya, yaitu harus ada tema atau judul kawih, unsur perasaan dan perasaan yang ingin diungkapkan, harus selalu ada unsur kawih. nada suara untuk diungkapkan. . Kawih mempunyai nada dan juga harus mempunyai unsur pesan yang ingin disampaikan.

Tahukah kamu, Kawih juga menggunakan nada pentatonik dan diatonis. Beberapa contoh kawih buhun (klasik) yang bernada pentatonis adalah Samoja karya Euis Komariah & Mang Koko, Kania, Puspa Reuma, Salam Sono, Ramalan, Asih, Enging Deui.

Beberapa contoh Kawih Wanda Anyar (Modern) yang menggunakan tangga nada vokal adalah Manuk Dadali, Peuyeum Bandung, Mojang Priangan, Bubuy Bulan, Dewi Sartika, Pahlawan Nasional.

Jadi apa yang akan kamu lakukan Wargi Bandung, apakah kamu tahu sedikit tentang kawih? Dengan banyaknya lagu-lagu pop saat ini, Wargi Bandung harus selalu mengenal beberapa kawih dan terus melestarikan budaya Sunda lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga  Name Tag Mpls

Soal & Jawaban Kawih Sunda Sma Kelas 10

Contoh rumpaka kawih, nyaeta, kawih, rumpaka nyaeta, papasingan nyaeta, leuweung geledegan nyaeta, bewara nyaeta, rumpaka tembang, rumpaka, rumpaka kawih sunda, kacapi kawih, rumpaka kawih