Region Benua Amerika – Amerika Utara adalah benua terbesar ketiga di dunia berdasarkan wilayah. Benua Amerika Utara yang luasnya sekitar 4,8% dari permukaan Bumi (laut dan darat) atau sekitar 16,5% dari total permukaan Bumi, terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik di sebelah barat. Timur

Perbatasan geografis yang memisahkan benua Amerika Utara dan Amerika Selatan adalah perbatasan antara negara Panama (Amerika Utara) dan Columbia (Amerika Selatan). Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan juga dipisahkan oleh Terusan Panama yang menghubungkan Samudera Pasifik dengan Samudera Atlantik.

Region Benua Amerika

Kanada adalah negara terbesar di benua Amerika Utara, dengan luas wilayah 9.984.670 km2, dan negara terpadat di benua Amerika Utara adalah Amerika Serikat, dengan 321.368.864 jiwa.

Florida Topografi Peta Triangle Chemical Co, Peta, Dunia, Amerika Serikat Png

Secara geografis, benua Amerika Utara dapat dibagi menjadi beberapa sub-wilayah, yaitu Amerika Utara, Karibia, dan Amerika Tengah.

Berikut ini adalah 3 negara yang terletak di sisi utara benua Amerika Utara yang sering disebut sebagai subregion Amerika Utara.

Hampir semua negara di subkawasan Karibia merupakan negara kepulauan, berikut negara-negara subkawasan Karibia.

Benua Amerika Selatan merupakan benua terbesar keempat di dunia, dengan luas 17.840.000 km2, yaitu sekitar 12% dari total permukaan Bumi. Di sebelah barat benua Amerika Selatan adalah Samudra Pasifik dan di sebelah timur adalah Samudra Atlantik. Di sebelah utara benua Amerika Selatan adalah Laut Karibia dan benua Amerika Utara. Dari segi jumlah penduduk, benua Amerika Selatan dengan 392.555.000 jiwa menempati urutan ke-5 setelah benua Eropa. Mayoritas penduduknya adalah pendatang dari Eropa Selatan, seperti Spanyol dan Portugis, dan penduduk aslinya adalah orang India, yang menyebabkan percampuran etnis Eropa-India yang disebut mestizo.

Bhengkek:costa Rica In Its Region.svg

Negara terluas di benua Amerika Selatan adalah Brazil dengan luas wilayah 8.515.770 km2 atau sekitar 48% dari total luas benua Amerika Selatan. Brasil juga merupakan negara terpadat di benua Amerika Selatan, dengan 204.259.812 jiwa atau sekitar 52% dari populasi benua Amerika Selatan.

Benua Amerika Selatan terdiri dari 12 negara berdaulat yang diakui oleh PBB. Berikut adalah daftar 12 negara beserta ibukota dan wilayahnya Distribusi Tanah Amerika – Dari segi luas, Amerika merupakan benua terbesar ke-2 di dunia setelah benua Asia. Jika dihitung, luas benua ini kurang lebih 42,5 juta km2.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Gerak

Benua Amerika terbagi menjadi beberapa wilayah, hal ini disebabkan luas daratannya dari utara ke selatan. Oleh karena itu, untuk tujuan ini, di bawah ini kami akan menganalisis distribusi lengkap wilayah Amerika dengan negara dan ibukotanya.

Secara umum Amerika terbagi menjadi 3 wilayah yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Wilayah utara terdiri dari banyak negara, di tengah terdapat banyak negara kecil dan di selatan terdapat negara berkembang dengan jumlah penduduk yang besar, contohnya Brazil. Berikut penjelasan masing-masing daerah menurut pembagian Amerika.

Profil Negara Negara Anggota G20

Wilayah pertama adalah Amerika Utara. Wilayah ini terletak di ujung utara benua Amerika, dengan luas kurang lebih 24,4 juta km2. Sedangkan jumlah penduduk kawasan ini diperkirakan sekitar 514 ribu jiwa (sumber: wikipedia).

Bagian kedua Amerika adalah wilayah Amerika Tengah. Daerah ini merupakan penghubung antara wilayah utara dan selatan. Ada yang mengatakan bahwa sebagian wilayah Meksiko adalah bagian dari wilayah ini, tetapi sebagian besar masuk ke Amerika Utara.

Negara-negara Amerika Tengah sebagian besar terletak di antara Meksiko dan Kolombia di selatan. Beberapa negara di kawasan ini adalah:

Wilayah Amerika Selatan atau banyak orang juga menyebutnya benua Amerika Selatan merupakan wilayah antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Seperti Indonesia, wilayah ini dilintasi garis khatulistiwa.

Bhengkek:canada In Its Region.svg

Di sebelah barat Amerika Selatan terdapat kondisi geografis berupa pegunungan yang dapat dilihat dari utara ke selatan, sedangkan wilayah timur merupakan wilayah daratan yang relatif luas. Berikut adalah beberapa contoh negara di kawasan Amerika Selatan beserta ibu kotanya, antara lain:

Jadi ini adalah beberapa wilayah berdasarkan distribusi Amerika, dengan beberapa contoh negara dan ibukotanya. Setelah membaca dan memahami pembahasan di atas, kami berharap dapat menambah pemahaman dan pengetahuan Anda tentang benua-benua di dunia.

Selain pembagian benua Amerika, banyak juga artikel yang berkaitan dengan pembagian benua atau artikel tentang benua di bumi. Jangan lupa untuk membaca artikel informatif dan menarik lainnya. Mungkin itu saja, kami mohon maaf. Itu saja, terima kasih Menurut orang Eropa, Amerika pertama kali ditemukan oleh Christopher Columbus pada tahun 1492, ketika dia mendarat di pulau San Salvador di Bahama. Benua Amerika adalah daratan luas yang terletak di bagian barat dunia, sering disebut dunia baru. Nama Americas diambil dari nama seorang jurnalis Italia, Amerigo Fespucci, yang memperkenalkan Amerika dari tulisan-tulisannya.

Baca Juga  Bagian Tumbuhan Yang Merupakan Modifikasi Dari Batang Adalah

Terletak di bagian barat dunia dan di antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik, serta terletak di antara Samudra Arktik dan Samudra Pasifik.

Pembagian Wilayah Benua Amerika Dan Ibu Kotanya

Ini dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Amerika Utara disebut Amerika Anglo dan Amerika Tengah dan Amerika Selatan sering disebut dengan satu nama yaitu Amerika Latin.

Lanskap Amerika Barat berbeda dari timur. Di Amerika Barat terdapat pegunungan yang membentang dari Alaska di utara hingga ujung Amerika Selatan di selatan. Puncak tertinggi adalah Gunung Aconcagua (6960M) yang terletak di Argentina. Di Amerika Utara pegunungan disebut Rocky Mountains dan di Amerika Selatan disebut Cordelleras De Los Andes. Pegunungan Benua Amerika termasuk Pacific Circum Range, yang gunung berapinya masih tergolong gunung aktif. Ada dua tanah genting di Amerika, yaitu Tehuan Tetec dan Tanah Genting Panama. Bagian bawah Amerika Utara atau Amerika Selatan berada di tengah. Di Amerika Utara dataran rendah berada di Sungai Mississippi dan di Amerika Selatan berada di Sungai Amazon. Ada banyak danau di Amerika, antara lain D. Superior (terbesar), Luciken, Ontario, Eri, Big Bear, dll. Ada depresi besar di Amerika, yaitu cekungan Nevada, yang sebagian besar berupa gurun. Sungai utamanya adalah S. Amazone dan S. Mississippi.

Jenis floranya adalah karet, kentang, kina, tembakau dan jagung. Sedangkan fauna aslinya adalah Bison di Amerika Utara dan Illama di Amerika Selatan Peta persebaran kronologis utama Amerika Utara. Pembagi benua berwarna merah. Ada tiga ceruk tertutup di sekat ini, berbentuk seperti lingkaran. Dari utara ke selatan, cekungan ini disebut Cekungan Pemisah Besar, Cekungan Guzmán, dan Bolsón de Mapimí.

Pembagian Benua Amerika (juga dikenal sebagai Penyelaman Benua Amerika, Penyelaman Besar atau Penyelaman Benua) adalah pembagian kronologis Amerika, yang sebagian besar bergunung-gunung. Pembagian benua membentang dari Selat Bering sampai Selat Magellan, dan memisahkan daerah aliran sungai yang mengalir ke Samudera Pasifik dari (1) sistem sungai yang mengalir ke Samudera Atlantik (termasuk sungai yang mengalir ke Teluk Meksiko dan Laut Karibia, dan (2 ) sistem sungai mengalir ke Samudra Atlantik sistem) mengalir ke Samudra Arktik di sisi utara Pembagian Benua.

Baca Juga  Tembung Gambuh Iku Tegese

Daftar Negara Negara Di Amerika, Lengkap Dengan Ibukota Dan Luasnya

Meskipun terdapat banyak pembagian kronologis di Amerika, Pembagian Besar adalah yang paling menonjol karena mengikuti jalur puncak tinggi di sepanjang pegunungan utama Pegunungan Rocky dan Andes dan berada pada ketinggian yang lebih tinggi daripada yang lain.

Pembagian benua Amerika dimulai di Cape Prince of Wales, Alaska, titik paling barat benua Amerika. The Divide kemudian melintasi Alaska utara ke Yukon, kemudian zig-zag ke selatan British Columbia melalui Pegunungan Cassiar dan Omineca dan Dataran Tinggi Necha, di utara kota Prince George dan selatan Danau McLeod ke Danau Summit. Dari sana, Divide melintasi Dataran Tinggi McGregor ke puncak Pegunungan Rocky, mengikuti pegunungan Pegunungan Rocky Kanada di tenggara sepanjang meridian barat ke-120, lalu membentuk perbatasan antara British Columbia selatan dan Alberta selatan.

Perpecahan melintasi Amerika Serikat di barat laut Montana, di perbatasan antara Taman Nasional Danau Waterton dan Taman Nasional Gletser. Di Kanada, Pembagi adalah batas barat Taman Nasional Danau Waterton, dan di AS, membagi Taman Nasional Gletser. Lebih jauh ke selatan, Divide adalah tulang punggung Rocky Mountain Front (Range Front) dari Bob Marshall Wilderness, yang berlanjut ke selatan ke Helena dan Butte, lalu ke barat melalui Dive, Montana, melalui Anaconda-Pintler. Gunung itu kemudian menjadi batas timur ketiga negara bagian California dan Montana. The Divide masuk ke Wyoming melalui Taman Nasional Yellowstone dan berlanjut ke tenggara ke Colorado, mencapai Grays Peak, titik tertinggi di Amerika Utara dengan ketinggian 4.352 m (14.278 kaki). Perpecahan tersebut kemudian melintasi US 160 di Colorado selatan di Wolf Creek Pass dan ditandai dengan satu garis. Pembagian berlanjut ke selatan ke barat New Mexico. Meskipun pembagian tersebut merepresentasikan panjang lahan antar DAS, namun tidak selalu mengikuti urutan/puncak tertinggi di setiap negara bagian atau provinsi.

Di Meksiko, divisi berjalan melalui Chihuahua, Durango, Zacatecas, Aguascalientes, Jalisco, Guanajuato, Querétaro, Meksiko, Distrik Federal, Morelos, Puebla, Oaxaca dan Chiapas. Di Amerika Tengah, Pembagian melewati Guatemala selatan, Honduras barat daya, Nikaragua barat, Kosta Rika barat/barat daya, dan Panama selatan.

Perhatikan Peta Berikut ! Dari Peta Tersebut

Divisi tersebut kemudian masuk ke Amerika Selatan, mengikuti puncak Pegunungan Andes, Kolombia barat, Ekuador tengah, Peru barat dan barat daya, dan Chili timur (mengikuti perbatasan Chili-Bolivia dan Chili-Argentina), berlanjut ke selatan. bagian selatan Ujung Patagonia dan Tierra del Fuego.

Amerika Utara,

Atlas benua amerika, fauna di benua amerika, geografis benua amerika, top up ff region amerika, gambar benua amerika, peta benua amerika, pembagian region benua australia, peta benua amerika serikat, benua amerika, bentang alam benua amerika, luas benua amerika, pembagian kawasan benua amerika