Rangkaian Tinggi Rendahnya Nada Disebut – Dalam dunia audio, musik atau sound system, kita mengenal banyak istilah yang berkaitan dengan nada tinggi dan rendah saat mendengarkan sinyal audio yang dihasilkan oleh speaker. Biasanya ada 2 jenis nada, bass untuk nada rendah dan treble untuk nada tinggi.

Dua tingkat nada ini biasanya ditemukan dalam sistem penguat audio. Walaupun sebenarnya level nada sering dibagi menjadi beberapa level frekuensi berdasarkan tinggi rendahnya nada, namun biasanya dikontrol oleh sebuah alat berupa tone control atau equalizer.

Rangkaian Tinggi Rendahnya Nada Disebut

Nada bass biasanya terdengar oleh telinga manusia dari speaker woofer, yang bergetar dengan sinyal suara dari amplifier, sedangkan nada treble dihasilkan dari speaker kecil yang disebut tweeter. Kedua jenis speaker ini biasanya dibutuhkan dalam sebuah sound system untuk menghasilkan audio atau musik yang enak untuk didengarkan.

Jual Buku Anak Sd/mi

Keluaran dari amplifier biasanya disesuaikan dengan selera pemiliknya. Oleh karena itu, amplifier biasanya memiliki beberapa tombol atau knob sebagai pengatur nada. Tidak banyak, banyak kit lain yang dipasang sebagai pre-amp atau amplifier, seperti amplifier bass dan amplifier treble. Nah pada artikel kali ini saya akan membagikan skema penguat nada treble sederhana hanya dengan menggunakan transistor.

Tujuan pembuatan rangkaian ini adalah untuk mendongkrak atau memperkuat nada tinggi (treble) pada sistem audio agar suara treble yang dihasilkan atau terdengar dari speaker lebih enak dan konsisten. Rangkaian ini biasanya dipasang sebagai pre-amp, yaitu sebelum sinyal audio masuk ke amplifier sebagai penguat akhir.

Jika pada artikel sebelumnya saya mengulas tentang skema pemancar SW 40 watt dengan transistor NPN, pada artikel kali ini

Baca Juga  Tanda Tempo Yang Berarti Berangsur-angsur Melambat Disebut

Rangkaian bel pintu 2 nada, nada 1 oktaf disebut nada, tinggi rendahnya nada dalam musik disebut, rangkaian nada, panjang pendeknya nada dalam musik disebut, rangkaian bel pintu dua nada, rangkaian bunyi disebut, rangkaian bel 10 nada