Rangka Manusia Secara Umum Dibedakan Menjadi – Manusia mempunyai dua jenis gerak, yaitu gerak pasif dan gerak aktif. Kali ini kita akan fokus pada tulang sebagai alat gerak pasif. Yuk baca artikelnya sampai selesai! –

Halo teman-teman, apa kabar? bagaimana kabarmu hari ini Apakah semuanya dimulai dengan sesuatu yang menyenangkan? Atau mungkin masih ada yang melakukannya

Rangka Manusia Secara Umum Dibedakan Menjadi

Tahukah anda bahwa gerak manusia terdiri dari gerak aktif dan gerak pasif. Alat gerak aktif seseorang adalah otot dan alat gerak pasif adalah tulang. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan fokus membahas alat gerak pasif manusia yaitu tulang.

Uang Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Fungsi Dan Jenis Jenisnya (2022)

Anda sebenarnya belajar tentang tulang di sekolah menengah, bukan? Adakah yang ingat berapa banyak tulang yang menyusun kerangka tubuh kita? Hehehe, buat yang lupa, yuk baca sampai habis untuk mengetahui jawabannya!

Tulang disebut alat gerak pasif karena digerakkan oleh otot. Sedangkan otot disebut alat gerak aktif. Apakah Anda sudah mengetahuinya atau baru mengetahuinya, yuk?

Tulang tidak hanya berfungsi sebagai alat gerak pasif, tetapi juga berfungsi sebagai tempat perlekatan otot, tempat penyimpanan mineral, memperlancar pergerakan tubuh, tempat pembentukan sel darah, tempat produksi sel imun, dan tempat pembentukan sel darah. tempat produksi sel imun. untuk penyimpanan energi tubuh.

Tulang manusia membentuk suatu struktur tunggal yang disebut kerangka. Kerangka sendiri berperan sebagai pelindung organ vital, memberi bentuk dan postur tubuh serta menopangnya.

Rumah Sakit Uns

Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 5 jenis: tulang berbentuk tabung, tulang pipih, tulang pendek, tulang tidak beraturan, dan tulang sesamoid.

Tulang tubular mempunyai bentuk silinder memanjang dan berbonggol pada kedua ujungnya. Tulang ini dapat ditemukan pada ekstremitas yaitu lengan dan tungkai. Tulang tubular berfungsi memperlancar pergerakan dengan berperan sebagai pengungkit. Contoh tulang tubular adalah humerus dan femur.

Seperti namanya, tulang pipih memiliki bentuk yang pipih dan agak melengkung. Tulang ini dapat ditemukan di kepala, dada, dan pinggul. Tulang pipih berfungsi melindungi organ vital dan meningkatkan permukaan perlekatan otot. Contoh tulang pipih adalah tulang penyusun tengkorak dan tulang belikat.

Tulang pendek berbentuk kuboid (panjang, lebar dan tinggi hampir sama). Tulang ini dapat ditemukan di pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Tulang pendek berfungsi memberikan kekuatan pada area yang pergerakannya terbatas. Contoh tulang pendek adalah tulang pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

Baca Juga  Apa Itu Grading

Mengenal Macam Macam Sendi Manusia, Letak Dan Fungsinya

Tulang tidak beraturan memiliki bentuk yang kompleks dan tidak beraturan. Tulang ini dapat ditemukan di wajah dan tulang belakang. Tulang tidak beraturan berfungsi membentuk wajah, menopang tubuh, dan melindungi sumsum tulang belakang. Contoh tulang tidak beraturan adalah tulang tulang belakang.

Terakhir, tulang sesamoid. Biji wijen bentuknya seperti biji wijen. Tulang ini dapat ditemukan pada lutut, tangan, dan telapak kaki. Tulang sesamoid berfungsi melindungi tendon dari gesekan dan tekanan. Contoh tulang sesamoid adalah tulang lutut.

Berdasarkan sel-sel penyusunnya, tulang dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras. Mari kita bahas satu per satu ya?

Tulang rawan terdiri dari sel kondrosit dan memiliki 3 jenis: tulang rawan hialin, tulang rawan elastin, dan tulang rawan fibro.

Ripuhnya Pelestarian Situs Rapuh Majalah Dimensi Edisi 46 2021 By Lpm Dimensi

Tulang rawan hialin terdiri dari serat kolagen yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan serat elastin. Matriks tulang berwarna putih kebiruan. Tulang rawan hialin ditemukan di banyak sendi.

Tulang rawan elastin memiliki matriks berwarna kekuningan dan tersusun lebih banyak serat elastin dibandingkan serat kolagen. Contoh tulang rawan elastin adalah tulang daun telinga, epiglotis, dan trakea.

Fibrocartilage hanya terdiri dari serat kolagen dan matriksnya berwarna keruh dan gelap. Contoh fibrokartilago adalah tulang tulang belakang.

Tulang keras terdiri dari osteosit. Tulang keras dibedakan menjadi tulang kompak dan tulang spons. Ah iya, tulang kompak dan tulang spons memang tidak bisa dipisahkan ya! Hal ini dikarenakan tulang tersebut harus memiliki tulang kompak dan tulang kanselus yang menyusunnya.

Pengertian Kebudayaan, Arti, Wujud, Dan Unsur Unsurnya

Tulang kompak terdiri dari osteon (sistem Haversian) yang mengandung osteosit. Tulang kompak berfungsi menahan tekanan dan memberikan kekuatan mekanik.

Tulang kanselus terdiri dari trabekula yang mengandung osteosit. Tulang spons bertindak dengan meningkatkan fleksibilitas dan berkontribusi terhadap kekuatan mekanik tulang.

Demikian penjelasan mengenai alat gerak pasif manusia yaitu tulang. Total ada sekitar 206 tulang yang menyusun kerangka tubuh manusia. Wah, banyak sekali, heh! Selanjutnya kita juga bisa bergerak berkat kerja sama antara tulang dan otot. Maka dari itu, yuk terus bergerak menuju hidup sehat dan semangat! Jika ingin lebih semangat belajar, kamu bisa belajar melalui Ruangbelajar. Ayo unduh sekarang! Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain tulang berbentuk tabung, tulang pipih, tulang pendek, dan tulang tidak beraturan. Seperti hubungan struktur/fungsi lainnya dalam tubuh, bentuk dan fungsi saling terkait sedemikian rupa sehingga setiap kategori bentuk tulang mempunyai fungsi yang berbeda.

Baca Juga  Sebutkan Wawasan Nusantara Dalam Kesatuan Ekonomi

Tulang pipih berbentuk pipih dan membentuk lempengan lebar. Tulang pipih ini terdiri dari dua lapisan tulang kompak yaitu lapisan luar dan ossis karnii bagian dalam. Di antara kedua lapisan ini terdapat lapisan bunga karang yang disebut diploe. Fungsi tulang pipih adalah untuk melindungi struktur tubuh di bawahnya.

Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian

Tulang pipih berfungsi sebagai tulang yang melindungi struktur tubuh di bawah tulang dan sebagai pelindung organ pembentuk sistem transportasi tubuh. Contoh tulang pipih adalah tempurung kepala (tengkorak), tulang belikat (tulang belikat), tulang dada (sternum), dan tulang rusuk.

Bentuknya silinder dengan ujung membulat. Biasa disebut tulang tubular karena bentuknya seperti tabung. Ujung tulang yang berbentuk bulat dan terbuat dari tulang rawan disebut epifisis. Sedangkan bagian tengah tulang tubular jenis ini yang berbentuk silindris dan berongga disebut diafisis. Di antara epifisis dan diafisis terdapat bagian yang disebut metafisis. Metafisis terdiri dari tulang rawan. Bagian metafisis ini berisi cakra epifisis yang mempunyai kemampuan memanjang.

Fungsi tulang tubular adalah tulang pembentuk tulang paha dan tulang paha, serta pembentukan sel darah merah yang sangat diperlukan bagi tubuh manusia. Tulang panjang terdapat pada tungkai atas (femur, ulna, radius) dan tungkai bawah (femur, tibia, tibia), serta pada tangan (metacarpal, phalanges) dan kaki (metatarsal, phalanges). Tulang panjang bertindak sebagai batang kaku yang bergerak ketika otot berkontraksi.

Tulang tidak beraturan adalah tulang yang bentuknya tidak mudah dikarakterisasi sehingga tidak dapat dimasukkan ke dalam klasifikasi lain. Tulang-tulang ini cenderung memiliki bentuk yang lebih kompleks, seperti tulang belakang, yang menopang sumsum tulang belakang dan melindunginya dari gaya tekan. Banyak tulang wajah, terutama tulang rahang yang berisi gigi, tergolong tulang tidak beraturan.

Apakah Itu Kanker Tulang ?, Kanker Tulang

Tulang pendek adalah tulang berbentuk kubus yang panjang, lebar, dan tebalnya kurang lebih sama. Satu-satunya tulang pendek pada kerangka manusia adalah tulang karpal dan tulang karpal di dekat pergelangan kaki. Tulang pendek memberikan stabilitas dan dukungan serta beberapa gerakan terbatas.

Tulang sesamoid adalah tulang yang mengelilingi sendi atau otot. Istilah ini berasal dari bahasa latin “wijen” yang berarti “wijen” karena tulang ini berbentuk bulat atau membulat dan berukuran sangat kecil. Tulang sesamoid bervariasi dalam jumlah dan lokasi, tetapi umumnya ditemukan pada tendon yang berhubungan dengan kaki, tangan, dan lutut. Patela (tunggal = patela) merupakan satu-satunya tulang sesamoid yang normal terdapat pada semua orang.Secara anatomi, tulang manusia berbeda dengan tulang hewan dalam hal struktur, ketebalan, ukuran, dan usia penguatan (osifikasi). Setiap orang mempunyai 190 tulang, dan tulang-tulang ini terbagi menjadi tulang panjang, pendek, pipih, dan tidak beraturan. Kita menemukan tulang panjang di tangan dan kaki, seperti humerus, radius, ulna, femur, tibia dan tibia. Tulang pendek meliputi tulang belikat/klavikula, metakarpal, dan metatarsal (jari tangan dan kaki). Tulang pipih terdapat pada tulang atap tengkorak, seperti tulang frontal, parietal, dan oksipital. Tulang tidak beraturan adalah tulang belakang dan dasar tengkorak. (Indriati, 2004).

Baca Juga  Pola Lantai Dapat Disebut Juga Sebagai Garis

Secara umum kerangka orang dewasa memiliki dua komponen struktural utama, tulang kanselus dan tulang kompak/kortikal. Struktur kompak/kortikal ditemukan di tepi tulang panjang yang menutupi permukaan luar. Tulang bagian dalam mempunyai struktur seperti spons, seperti jaring, sedangkan tulang panjang bagian tengahnya kosong atau disebut rongga medula sumsum tulang (Indriati, 2004).

Pada persendian, tulang kompak ditutupi oleh tulang rawan yang disebut tulang subkondral sepanjang hidup. Tulang subkondral pada sendi ini lebih halus dan berkilau dibandingkan tulang kompak yang tidak berada pada sendi tersebut. Contohnya adalah humerus atau siku distal. Selain itu, tulang subkondral sendi juga tidak mempunyai kanal Havers (Indriati, 2004).

Mengenali Anatomi Lapisan Kulit Dan Fungsinya Melindungi Tubuh

Pada tulang vertebra, strukturnya berbentuk spons dan disebut tulang trabekuler atau tulang kanselus. Area tulang trabekuler pada kerangka yang sedang tumbuh mengandung sumsum merah, jaringan hematopoietik atau hematopoietik yang menghasilkan sel darah merah, leukosit, dan trombosit. Sumsum berfungsi terutama sebagai reservoir sel-sel lemak di rongga meduler tulang panjang, yang dikelilingi oleh tulang kompak. Selama pertumbuhan, sumsum merah pada sebagian besar tulang panjang secara bertahap digantikan oleh sumsum kuning (Indriati, 2004).

Bagian tulang panjang yang panjang dan silindris disebut diafisis, sedangkan ujung proksimal dan distal disebut epifisis dan metafisis. Oleh karena itu, diafisis merupakan batang tulang panjang, epifisis merupakan ujung tulang panjang, sedangkan metafisis merupakan ujung tulang panjang yang melebar ke samping. Selama hidup, bagian luar tulang, yang bukan tulang rawan, ditutupi oleh periosteum. Periosteum adalah membran vaskularisasi yang menyediakan nutrisi tulang. Bagian dalam tulang ditutupi oleh endosteum/membran sel. Baik periosteum dan endosteum adalah jaringan osteogenik yang mengandung sel pembentuk tulang. Jumlah sel pembentuk tulang meningkat pada periosteum yang mengalami trauma. Periostitis/cedera periosteal ditandai dengan terbentuknya tulang baru pada permukaan luar tulang yang tampak seperti jaring/trabecular meshwork (Indriati, 2004). Sistem muskuloskeletal merupakan unit tubuh manusia yang memungkinkan seseorang dapat bergerak dan bergerak. tempat yang terdiri dari

Proses pencernaan manusia dibedakan menjadi dua yaitu, gambar rangka manusia lengkap, rangka manusia lengkap, fungsi sistem rangka manusia, rangka manusia dibedakan menjadi, sistem rangka tubuh manusia, rangka manusia secara umum, sistem rangka manusia pdf, susunan rangka tubuh manusia, sistem saraf manusia dibedakan menjadi, rangka manusia, anatomi rangka manusia