Pulsa Terbuat Dari Apa – Studi kasus ini menjadi salah satu tantangan dalam ajang Designathon 2.0 tingkat menengah yang diselenggarakan oleh Dribbble Indonesia dan IxDA Malang. Sebanyak 20 peserta terpilih untuk mengerjakan penelitian ini selama 1 minggu, 5 peserta terbaik berkesempatan melakukan presentasi di hadapan penonton (juri), dan penelitian ini berhasil meraih juara 2 berkat para juri. yang mengamati dan memberi nasehat. Kurikulum dibuat pada bulan Agustus 2020 dalam bahasa Indonesia.

Grab Credit/Token adalah salah satu layanan inti Grab. Layanan ini menawarkan perlengkapan tambahan atau pembelian pulsa, paket data, dan token PLN. Untuk penelitian ini, saya akan fokus pada paket kredit dan informasi.

Pulsa Terbuat Dari Apa

Pada suatu Minggu malam bulan Agustus 2020, tim peserta berdiskusi tentang proses, membahas proses dan syarat acara Designathon 2.0 for Intermediate. Kemudian diberikan kompetisi sebagai berikut:

Merek Pulsa Dijual Masuk Untuk Pemilik Rumah Baru

Bagaimana kita dapat meningkatkan antarmuka pengguna Grab Pulsa agar pengalaman pengguna menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Saya bekerja di sini sebagai Peneliti UX, Desainer UI, Prototipe dan Penguji, dan Desainer UI/UX Full Stack (atau yang biasa Anda sebut Desainer Produk).

Waktu pelatihan yang diberikan adalah 8 hari, namun berhubung saya juga mengikuti Jakarta Service Jam 2020, saya hanya mempunyai waktu kerja selama 5 hari saja, sepulang kerja tentunya.

Baca Juga  Kerjasama Meliputi Berbagai Bidang Kecuali

Proses penyelesaian penelitian ini merupakan proses design Thinking yang terdiri dari 5 langkah seperti empati, definisi, ide, prototipe, dan tes.

Diluar Gaji Pokok Pns! Menkeu Sri Mulyani Siapkan Uang Pulsa Untuk Pns Golongan Ini, Cek Nominalnya

Pada langkah pertama, saya berencana untuk memahami pengguna melalui penelitian pendahuluan. Sebelum melakukan penelitian, saya juga menetapkan tujuan penelitian sehingga setelah selesai dapat dibuat dokumen konsensus.

Setelah itu, metode penelitian yang saya gunakan adalah penelitian dan wawancara mendalam untuk membantu saya mendapatkan informasi dari para pengguna.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan media distribusi Instagram Story. Disini saya ingin mengetahui platform mana yang dipilih pengguna (preferred platform) saat bertransaksi membeli pulsa atau paket data. 40 responden mengikuti survei dan mendapatkan hasil sebagai berikut:

Hasil survei menunjukkan pengguna memilih DANA dan Shopee sebagai platform favoritnya, disusul Tokopedia. Anda dapat melihat bahwa Grab bukanlah platform pilihan mereka untuk membeli pulsa dan paket data.

Akhirnya Tahu Juga, Cara Supaya Token Listrik Gak Bunyi Terus Saat Habis, Tekan Angka Ini, Coba Deh Sekarang

Dari hasil penelitian tersebut, saya mempunyai pertanyaan baru: tahukah pengguna bahwa Grab (dikenal sebagai penyedia layanan transportasi) juga menyediakan layanan pembelian pulsa dan informasi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya mencoba analisis berikut, juga menggunakan media distribusi Instagram Story.

Dari 66 responden yang mengikuti survei, ditemukan banyak di antara mereka yang sudah mengetahui tentang Grab Credit/Token, namun belum menggunakan layanan tersebut untuk membeli pulsa atau paket data. Hasilnya terlalu menarik untuk saya selidiki nanti dalam wawancara.

Sebelum memulai wawancara, saya melihat banyak peserta (dari survei) yang merupakan generasi muda milenial, sehingga saya mengidentifikasi beberapa pilihan pemilihan narasumber sebagai berikut:

Wawancara dilakukan terhadap 5 orang partisipan (3 laki-laki dan 2 perempuan). Sesi dilakukan secara tatap muka melalui Zoom Meeting selama kurang lebih 30 menit per orang. Saya sengaja memilih platform mobile karena dalam diskusi saya ingin para peserta berbagi layar, yang nantinya berguna untuk meneliti perilaku pengguna dalam menggunakan aplikasi saat berbelanja kredit dengan aplikasi favoritnya atau Grab.

Baca Juga  Tawakal Atau Berserah Diri Kepada Allah Harus Didahului Dengan

Perlengkapan Memulai Usaha Konter Pulsa

Semua pertanyaan yang dikembangkan berguna sebagai panduan selama wawancara. Ada beberapa pertanyaan lagi yang harus dijawab selama wawancara. Semua pertanyaan dan jawaban dicatat langsung saat diskusi di Google Sheets.

Kemudian, setelah melakukan penelitian, saya mencoba merapikan hasilnya menggunakan platform Miro dengan menempelkan stiker berbeda pada setiap kutipan dari para peserta.

Beberapa tanggapan yang sangat penting dari kelompok ini (minimal 3 dari 5 peserta) saya ambil untuk dijadikan wawasan, yaitu:

Berdasarkan hasil data yang saya buat, saya coba tempatkan pada user (orangnya bukan dari pendapatnya, tapi dari jawaban peserta, minimal 3 dari 5 peserta wawancara menjawab sama dan kecuali untuk jawaban yang serius saya akan berkontribusi secara pribadi).

Macam Alat Komunikasi Tradisional

Tujuan saya membuat UI ini adalah membantu saya fokus pada pelanggan selama proses produksi (desain khusus dan pemahaman pengguna yang jelas).

Setelah itu, saya menentukan tujuan dan tindakan untuk membuktikan bagaimana kami akan mengautentikasi pengguna nanti.

Disini saya mencoba menggabungkan beberapa langkah menjadi 2 langkah, yaitu setelah pengguna masuk ke halaman utama dan memilih menu kredit/token, pengguna akan melalui langkah-langkah berikut:

Dimana Langkah 1 adalah memilih pulsa/paket data yang mencakup nomor dan penyedia layanan, dan Langkah 2 adalah Detail Pembelian dan Bayar.

Bagaimana Cara Kerja Fiber Optik Dalam Mengirim Data?

Karena keterbatasan waktu, saya mencoba mengubah Low Fidelity sebelumnya menjadi wireframe. Pada titik ini saya juga berharap agar pengguna dapat mengapresiasi thread yang saya buat sebelumnya, atau mereka akan kecewa saat mengerjakannya nanti.

Saya menggunakan pengujian kegunaan untuk membuatnya ramah pengguna. Pengujian kegunaan dilakukan menggunakan alat Usability Hub, dengan jumlah responden yang sama sebanyak 5 orang seperti pada survei pertama.

Setelah saya membagikan kuis, saya login dan mengizinkan peserta untuk bergabung dengan saya (tidak ada kuis). Hasil tesnya adalah sebagai berikut:

Pada desain pertama, 33% peserta menyelesaikan seluruh tes dengan benar, dan rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah 19 detik

Ikon Jantung, Organ Sistem Kardiovaskular. Ilustrasi Vektor Medis Untuk Mengukur Pulsa Aplikasi, Situs Web Kardiologi Vektor Stok Oleh ©annyart 524301032

Sedangkan pada Innovation, 83% peserta (meningkat 50%) menyelesaikan seluruh tes dengan benar dan rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah 9 detik (turun 10 detik)

Baca Juga  Jelaskan Kelemahan Dan Kelebihan Masing-masing Teori Atau Pendapat Tersebut

Pada desain pertama, 80% peserta menyelesaikan semua tes dengan benar, dan waktu rata-rata diharapkan 23 detik.

Kali ini di Inovasi, 100% peserta (ada peningkatan 20%) menyelesaikan semua tes dengan benar dan waktu rata-rata seharusnya 9 detik (ada penurunan 14 detik)

Berdasarkan pengujian yang dilakukan, desain baru tampaknya efektif dari segi strategi dan produktivitas pengguna, karena model baru menunjukkan peningkatan kinerja dan pengurangan waktu kerja.

Tips Beli Pulsa Dengan Uang Kembalian Dari Alfamart

Setelah tes, saya mencoba mengajukan lebih banyak pertanyaan tentang pengalaman mereka mengikuti tes dan meminta jawabannya, jika ada.

Kurang lebih saya masukkan aliran yang diuji pada model kepercayaan. Selain itu, saya juga mencoba menambahkan lebih banyak layar seperti status kosong ketika nomor ponsel dihapus dari halaman Pulsa atau Info Seluler beserta pesan penyelesaian pembayaran.

Dan tentunya ada hikmah atau nasehat yang bisa saya ambil dari tantangan yang saya hadapi, yaitu :

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian (metrik) efektif, pengguna melihat implementasi desain baru lebih cepat dan lebih jelas. Dengan begitu, Grab akan dapat mempertimbangkan kembali penggabungan beberapa layar (dan tahapan) ke dalam satu sistem, seperti proposal yang saya sebutkan di atas.

Untuk Casing Oksimeter Pulsa Jari Tas Penyimpanan Kotak Eva Portabel Serbaguna Keras Tahan Air Penutup Kantong Ritsleting Braket Keras

Harapannya, hasil penelitian ini juga dapat membantu rekan-rekan UXer yang bereksperimen dengan ilmu data, atau dapat membantu Grab memutuskan solusi UX apa yang sebaiknya digunakan. Tanggapi masalah pengguna.

Mohon maaf jika ada salah ketik, saya masih banyak kekurangan dalam riset data, sehingga harus belajar keras (UI, UX, riset, penulisan, dll).

Cincau terbuat dari apa, glycerin terbuat dari apa, spirulina terbuat dari apa, kolagen terbuat dari apa, coklat terbuat dari apa, milo terbuat dari apa, whey terbuat dari apa, lilin terbuat dari apa, wasabi terbuat dari apa, kuaci terbuat dari apa, oli terbuat dari apa, collagen terbuat dari apa