Pukulan Servis Dalam Bulutangkis Disebut Juga – Badminton atau bulu tangkis merupakan salah satu permainan olahraga yang sangat digemari terutama di Asia dimana Indonesia juga memiliki sejumlah atlet yang bersinar di olahraga ini. Bulu tangkis merupakan olahraga yang menarik karena selain sifatnya yang kompetitif, banyak orang yang memilih bermain bulu tangkis saat ada waktu luang.

Hanya saja, tentunya berbeda jika ingin belajar bermain bulutangkis dengan tujuan mengisi waktu untuk kesenangan diri sendiri dan dengan tujuan menjadi profesional dan mengikuti kompetisi. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang teknik dasar permainan bulu tangkis, maka berikut ulasan yang dapat Anda simak.

Pukulan Servis Dalam Bulutangkis Disebut Juga

Karena teknik pertama yang sangat mendasar dan harus dikuasai terlebih dahulu adalah teknik memegang raket. Dalam teknik memegang raket bulutangkis terdapat 4 jenis yang dapat dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pemain bulutangkis. Teknik memegang raket atau grip ada 4 yaitu :

Cara Melakukan Pukulan Dropshoot Bulutangkis

Jenis grip ini sangat efektif untuk menerobos, terutama saat berada di depan net. Tak hanya itu, grip jenis ini juga banyak disukai oleh para pemain bulutangkis saat memukul bola atas. Dengan grip ini pun, pemain bulu tangkis sangat mudah dalam mengarahkan bola, baik dari kanan maupun dari kiri.

Namun perlu juga diperhatikan bahwa setiap teknik penangkapan memiliki kekurangannya masing-masing. Dan untuk grip Amerika ini biasanya menjadi kurang efektif jika pemain menggunakannya saat melakukan pukulan backhand. Dan tidak hanya itu, saat bermain di net dimana bola kiri dan kanan, hasilnya kurang bagus.

Teknik grip atau pegangan lain yang juga sangat populer dan paling sering digunakan adalah front grip. Agar dapat bermain dengan benar dan sempurna, cara memegang raket dengan tipe forehand pun harus dipraktekkan. Berikut adalah beberapa tips tentang cara melakukannya:

Pada teknik memegang raket bulutangkis dengan pegangan depan, pemain biasanya lebih mudah memukul bola terutama dengan badan bagian kanan. Keunggulan lainnya adalah Anda tidak kesulitan untuk memutar gagang raket saat ingin melakukan pukulan forehand.

Baca Juga  Negatif Kali Negatif

Pukulan Servis Yang Sering Dipakai Oleh Pemain Ganda Adalah Servis…

Namun seperti teknik prosedur lainnya, ada kekurangan dalam mempertahankan prosedur anterior ini. Saat melakukan transisi dari forehand ke backhand, pemain harus memukul dengan kekuatan yang besar, terutama kekuatan pada persendian bahu dan tangan. Selain itu, operasi jenis ini juga akan menyulitkan Anda saat ingin mengembalikan balun lurus ke depan net.

Ada juga cara memegang raket bulutangkis dengan pegangan belakang, untuk melakukan ini ada langkah-langkah berikut yang bisa Anda ikuti:

Pada teknik genggaman ini, salah satu keuntungan bagi pemain adalah sulitnya lawan memprediksi arah saat memukul bola. Selain tidak bisa ditebak, pukulan dengan teknik pegangan raket ini juga akan melaju kencang dan cepat sehingga tentunya akan sangat sulit bagi lawan untuk memukul balik dengan tepat.

Namun, tentunya ada juga kelemahan dari tangkapan ini yang harus Anda waspadai. Cengkeraman ini menyulitkan pemain saat ingin mengembalikan bola keras, apalagi jika arah bola dipukul dari sisi kanan tubuh kita. Sehingga saat lawan menggunakan teknik grappling ini, kita akan kesulitan untuk melawan balik.

Macam Macam Pukulan Dalam Permainan Bulu Tangkis Dan Cara Melakukannya

Untuk teknik pegangan raket ke 4 atau terakhir juga ada pegangan kombinasi yang bisa ditebak. Ya, ini adalah teknik dimana semua teknik genggaman menjadi satu atau digabungkan. Kombinasi pegangan yang dimaksud dapat dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah berikut:

Saat menggunakan pegangan ini, pemain dapat dengan mudah mengubah pegangan dan menyesuaikannya dengan arah tembakan lawan. Pegangan pada teknik gabungan ini biasanya merupakan kombinasi pegangan depan dan belakang yang penting untuk dikuasai. Dari segi kelemahan, combo grip ini terbilang sulit saat dijajal.

Ingatlah bahwa pegangan raket apa pun dapat memengaruhi skor dan kualitas tembakan bola yang dilakukan pemain. Saat pegangan raket dilakukan dengan benar, kualitas pukulan otomatis meningkat. Itu sebabnya pukulan memang harus dilakukan dengan menggunakan energi yang berasal dari denyut nadi, tetapi juga perlu untuk menghindari kesalahan seperti:

Dalam teknik footwork atau gerak kaki pemain bulutangkis perlu meningkatkan kelincahan posisi gerak kaki depan, samping atau belakang. Teknik ini juga sangat mendasar dan vital bagi pemain bulu tangkis, sehingga sangat penting untuk menguasainya dengan baik.

Servis: Teknik Pukulan Pembuka Dalam Bulutangkis

Tujuan dari teknik ini adalah agar dapat dengan cepat mencapai area manapun ketika lawan sedang menyerang. Saat pemain berada di posisi yang tepat, serangan dapat dilakukan dengan sempurna ke lawan dengan memberikan pukulan maut. Dan nyatanya, pemain akan bisa merespon serangan lawan dengan cepat dan tepat jika sudah menguasai sepenuhnya teknik gerak kaki.

Baca Juga  Sekbid Adalah

Setelah menguasai pegangan raket, tentunya teknik selanjutnya yang sangat penting untuk dikuasai adalah teknik memukul. Dalam permainan bulu tangkis ada beberapa jenis pukulan yang dapat dipelajari yaitu :

Dalam bermain bulu tangkis tentunya hampir sama dengan teknik dasar bermain tenis yaitu teknik servis. Pukulan servis merupakan teknik paling awal yang juga harus dikuasai dengan baik karena jika pukulan servis dilakukan dengan sempurna maka potensi poin akan meningkat. Sementara ketika Anda tidak berhasil melakukan servis, tentu saja Anda mendapatkan poin gratis.

Penting juga untuk diketahui bahwa ada beberapa jenis servis yang bisa dimainkan selama pertandingan. Berikut beberapa jenis teknik servis yang dapat dipraktekkan:

Permainan Bulu Tangkis Kelas Vii

Saat melakukan servis forehand, cara ini masih terbagi menjadi 2 jenis, yaitu servis forehand tinggi dan servis pendek. Tentu saja setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan, dengan teknik forehand servis pendek biasanya bertujuan untuk membuat lawan tidak bisa menyerang.

Tidak hanya itu, lawan juga akan dipaksa untuk bertahan dengan menggunakan teknik short forehand serve. Untuk servis forehand pendek, latihan biasanya akan dilakukan secara sistematis dan serius terutama pada segmen servis yang dituju dan juga variasi arah.

Untuk servis forehand yang tinggi, pemain bulu tangkis juga sering menggunakannya, hanya pada satu pertandingan saja. Untuk servis forehand tinggi, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba ikuti agar saat bertanding Anda bisa memegang kendali.

Servis tunggal jenis ini umumnya digunakan oleh pemain ganda dimana arah dan jatuhnya bola sengaja ditempatkan lebih dekat dengan garis serang pemain lawan. Tidak hanya itu, Anda harus terbang sedekat mungkin dengan net.

Penjelasan Teknik Pukulan Servis Pendek Dalam Bulu Tangkis

Berikut beberapa langkah dalam mempelajari teknik dasar servis backhand yang dapat diikuti dan dipraktikkan dengan benar:

Pukulan dalam bulu tangkis dengan teknik active drive merupakan pukulan cepat dan lurus yang lebih banyak digunakan dalam permainan ganda. Kegunaan dari teknik memukul ini adalah untuk menghindari serangan lawan atau sebaliknya membekukan lawan dengan cara mengangkat bola dan menempatkannya pada posisi bertahan.

Dalam memukul drive, pemain perlu meningkatkan tampilan pegangan dan juga harus bereaksi cepat secara refleksif. Kekuatan pergelangan tangan juga harus meningkat karena pegangan raket juga bergerak sangat cepat dalam teknik ini. Tidak hanya itu, kekuatan bahu juga dibutuhkan bersamaan dengan dorongan pergelangan tangan saat Anda benar-benar memukul.

Untuk melatihnya, pastikan menggunakan banyak raket yang beratnya. Hal ini diperlukan agar kekuatan pergelangan tangan dapat terlatih dengan baik, serta reflek untuk berkendara ke kanan dan kiri ke tembok.

Baca Juga  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Melempar Bola Mendatar Permainan Bola Basket

Istilah Istilah Dalam Permainan Bulutangkis

Teknik pukulan lain yang juga vital adalah net shot dimana pemain harus mengarahkan raket sedekat mungkin ke area net lawan untuk siap menyongsong bola yang lurus dan memukul balik. Tidak hanya itu, tendangannya juga harus dilakukan dengan kekuatan dan ketelitian yang halus.

Standar teknik net yang baik adalah saat bola dipukul dengan halus, namun hasilnya bisa tipis dan bisa sangat dekat dengan net. Dengan cara ini, biasanya lawan akan kesulitan mengembalikan loop dan pada akhirnya poin menjadi milik kita.

Dalam bulu tangkis ada teknik memukul yang lain yaitu teknik overhead atau bisa juga disebut dengan tendangan overhead. Dalam teknik ini, gerakan yang mengenai saat berada di atas kepala pemain adalah intinya dan jenis pukulan ini juga perlu dikuasai untuk menghentikan langkah lawan.

Tembakan overhead adalah salah satu jenis yang paling populer, seperti dropshot dan smash. Di bawah ini sedikit penjelasan tentang dropshot dan smash shot agar lebih jelas.

Tugas Penjas Orkes Materi

Tendangan ini mengharuskan pemain untuk melakukan gerakan menipu seolah-olah ingin melakukan teknik mematahkan, padahal tidak. Jika teknik smash berfokus pada penggunaan kekuatan penuh, pada teknik dropshot ini pukulan dilakukan dengan sentuhan atau dorongan halus saja.

Hal ini sangat umum terjadi pada pemain bulu tangkis dimana teknik dropshot dilakukan dengan cara memukul bola yang jatuh tidak jauh dari net atau berada di antara garis ganda lawan dan net. Faktor cengkeraman raket, gerakan kaki, posisi tubuh, dan transfer berat badan menentukan berhasil atau tidaknya pukulan dengan teknik ini.

Teknik ini merupakan teknik memukul yang juga penting untuk diajarkan kepada pemain bulu tangkis karena tentunya gerakan ini sangat diperlukan dalam setiap pertandingan. Saat melakukan tembakan ini, tembakan harus dilakukan dengan kekuatan penuh kemanapun bola diarahkan ke bawah zona lawan.

Pukulan smash adalah pukulan ofensif dan tujuan utamanya adalah untuk membutakan gerakan lawan sampai mati. Sebaiknya teknik ini dilakukan dengan lompatan yang tinggi agar posisi pukulan yang dihasilkan lebih sempurna dan maksimal. Mempraktikkan teknik memukul ini juga akan memberikan keuntungan saat bertanding.

Apa Yang Dimaksud Dengan Pukulan Servis Pada Permainan Bulu Tangkis

Teknik ini disebut juga teknik tendangan bawah tangan dimana pemain harus terampil berlari dengan langkah lebar dimana kaki kanan diletakan di depan kaki kiri agar jatuh dalam jangkauan. Dalam posisi memanjang ini, tekuk siku dan jaga agar tubuh tetap lurus sehingga lutut kanan bisa sedikit ditekuk

Sebutkan jenis pukulan dalam bulutangkis, pukulan dalam permainan bulutangkis, sebutkan pukulan dalam bulutangkis, apa yang dimaksud pukulan servis bulutangkis, sebutkan pukulan dalam permainan bulutangkis, jenis pukulan dalam bulutangkis, pukulan pertama dalam permainan bulutangkis disebut, pukulan pukulan dalam bulutangkis, pukulan depan dalam bulutangkis disebut, teknik pukulan dalam bulutangkis, bola dalam permainan bulutangkis disebut, macam macam pukulan dalam bulutangkis