Perkembangan Komunikasi Di Indonesia Bertujuan Untuk – Polhukam, Makassar – Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah perkembangan teknologi, khususnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Karena selain berdampak positif, juga mempunyai sisi negatif, yaitu bisa menyebarkan berita bohong atau hoax.

“Ini adalah generasi kelima yang berperang. “Karena tidak menggunakan senjata seperti perang-perang di masa lalu, namun lebih kompleks, khususnya melalui dunia maya yang tidak kasat mata, namun dampaknya sangat besar, khususnya terkait dengan melemahnya aspek human capital seperti modal sosial, moral. modal. dan modal psikologis,” kata Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Brigjen TNI Rufbin Marpaung, Kamis (26/9/2019).

Perkembangan Komunikasi Di Indonesia Bertujuan Untuk

Rufbin mewakili Wakil Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Bidkor Arief P. Moekiyat, pada acara literasi media sosial bertema “Meningkatkan kesadaran pertahanan negara terhadap ancaman disintegrasi bangsa dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di Makassar . Sulawesi Selatan”.

Peubahan Media Komunikasi Massa Pada Massa Modern

Menurut Rufbin, ancaman di jejaring sosial lebih kuat bukan hanya karena tujuannya, namun juga karena metode dan alatnya. Karena beroperasi secara virtual dan mampu mempengaruhi kesadaran masyarakat secara massal, dalam waktu singkat, biaya murah, sulit dilacak, tidak mengenal batas wilayah, dan cepat berubah.

Tujuannya agar di benak masyarakat timbul opini-opini negatif berupa ketidakpuasan atau pertentangan terhadap pemerintahan yang sah dan merusak persatuan dan kesatuan bangsa, kata Rufbin.

Oleh karena itu, ia juga mengajak generasi muda Indonesia untuk mempersiapkan masa depannya, terutama dalam menghadapi tantangan global. “Jangan seperti mahasiswa kemarin yang ikut demo tapi tidak tahu apa yang dibicarakan, tidak tahu konsepnya. “Jangan terpengaruh oleh rekan-rekan yang cenderung anarkis karena tertipu atau terpengaruh hasutan yang salah arah,” kata Ruffbin.

Rufbin juga mengingatkan generasi muda untuk turut serta menjaga negara. Sebab, menurut UUD, bela negara merupakan hak sekaligus kewajiban setiap warga negara Indonesia dalam menghadapi segala ancaman dan tantangan yang ada.

Modul Elemen 3. Perkembangan Teknologi Di Industri Dan Dunia Kerja Serta Isu Isu Global Pada Dkv

“Pelatihan literasi media sosial ini merupakan salah satu wujud bela negara khususnya dalam membangun karakter generasi muda agar tetap sadar akan hak dan tanggung jawabnya untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam menghadapi berbagai ancaman terhadap bangsa. di lapangan. Komunikasi. dan informasi, khususnya media sosial,” kata Rufbin.

Baca Juga  Jelaskan Dengan Bahasamu Sendiri Perilaku Yang Tepat Saat Bermusyawarah

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel Paul Dicky Sondani mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat, jumlah kasus yang dilaporkan atau ditangani selama periode 2018-2019 sebanyak 512 laporan. Tindak pidana yang dilaporkan antara lain penipuan internet/media elektronik, penghinaan dan/atau pencemaran nama baik, akses ilegal, tuduhan pencabulan, dan ujaran kebencian/SARA.

“Konsekuensi dari kejahatan dunia maya adalah hilangnya kepercayaan terhadap dunia dan potensi kehancuran suatu negara. Oleh karena itu, kami mendorong generasi muda untuk menggunakan jari mereka untuk melawan kejahatan, bukan menggunakannya untuk kejahatan. “Karena cara paling mudah untuk mengobarkan perpecahan di negara kita adalah melalui media sosial,” ujarnya.

Rabu, 7 Februari 2024 Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu Pelayanan Subdirektorat Kebijakan Internal Manajemen Pelayanan Publik

Konsep Strategis Di Era Disrupsi Digital

Situs ini menggunakan cookie untuk memberi Anda pengalaman menjelajah yang lebih baik. Dengan mengakses situs ini, Anda menerima penggunaan cookie kami. OKPPKebijakan PrivasiMedia Modern. Kini masyarakat menikmati kecanggihan proses komunikasi. Kita dapat dengan mudah mengetahui peristiwa penting yang terjadi di negara lain dalam hitungan detik. Begitu pula Grameds merasakan kemudahan akses terhadap sumber bacaan dari penulis asing. Hal ini tidak lepas dari peran media modern.

Peradaban manusia juga mempengaruhi tren media dari waktu ke waktu. Dalam berbagai tahap pembaruan media kuno, media modern dapat ditemukan dan dikembangkan, menghilangkan kekurangan-kekurangan pendahulunya.

Media komunikasi modern merupakan sarana penyampaian pesan yang kompleks dari pengirim pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikator). Perbedaan utama antara media tradisional dan media modern adalah unsur teknologinya. Penggunaan komunikasi modern bahkan cenderung bergantung pada listrik, jaringan sinyal dan berbagai solusi teknologi lainnya.

Media modern memiliki jangkauan yang luas. Selanjutnya, komunikasi modern menciptakan informasi atau pesan kompleks yang berisi teks, gambar, bahkan gambar bergerak (video). Komunikasi modern juga memungkinkan manusia untuk bertukar informasi dengan cepat, meskipun terpisah oleh jarak yang jauh.

Menilik Sejarah Majunya Teknologi Luar Angkasa

Media modern merupakan upaya untuk meningkatkan proses komunikasi antar manusia. Oleh karena itu, masyarakat memperbarui alat komunikasi sebelumnya dengan menambahkan teknologi untuk mengatasi kekurangan yang sebelumnya menghambat pertukaran informasi.

Media modern berkembang sangat pesat seiring dengan perubahan zaman. Setiap perubahan yang dilakukan dimaksudkan untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi. Saat ini, pembatasan komunikasi antar manusia semakin hilang.

Baca Juga  4 Jam Berapa Menit

Awalnya, alat komunikasi sangat bergantung pada lokasi, model spesifik, dan kelompok masyarakat lokal. Namun, media modern menghancurkan penghalang ini.

Dennis L. Wilcox menyebutkan beberapa ciri alat komunikasi modern dalam buku Teknik Penulisan dan Media Public Relations.

Pengertian Komunikasi: Karakteristik, Sejarah, Unsur Dan Macam Macam

Walaupun media tradisional menghadapi hambatan besar dalam jarak jauh, media modern menyebarkan informasi dalam jarak jauh hampir tanpa kesulitan. Sayangnya, hal ini juga merupakan salah satu kelemahan komunikasi modern, karena umumnya tidak peka terhadap jarak.

Dengan mudahnya akses terhadap alat komunikasi modern, setiap orang dapat dengan mudah menyebarkan informasi. Namun, hal ini berarti penyebaran informasi sering kali melanggar hak privasi. Kehidupan pribadi orang lain, terutama tokoh masyarakat, selalu menjadi bahan pemberitaan yang kerap melanggar kerahasiaan.

Selain itu, fenomena doxxing, atau tindakan berbagi data pribadi seseorang melalui Internet, muncul saat ini sebagai salah satu kemudahan yang ditawarkan media modern. Penyebaran data pribadi seringkali dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Siapa pun dapat mengakses berita atau bahkan menjadi penyebar informasi pertama tanpa harus berstatus jurnalis. Hal ini menjadikan ciri-ciri media modern bersifat datar atau tidak hierarkis, berbeda dengan media tradisional yang biasanya digunakan oleh komunikator yang menduduki jabatan lebih tinggi dibandingkan komunikator. Komunikator yang menggunakan media modern dapat menjadi perwakilan dari profesi apa pun, begitu juga dengan komunikator.

Tantangan Cyber Security Di Era Revolusi Industri 4.0

Media modern menyediakan proses komunikasi interaktif. Artinya komunikator sebagai penerima pesan cenderung bereaksi terhadap informasi yang diterima. Mereka dapat memberikan umpan balik, seperti pertanyaan, komentar atau kritik, dan dukungan. Contoh komunikasi interaktif dapat dilihat pada fitur komentar yang disediakan oleh platform media sosial.

Kompleksitas teknologi yang terdapat dalam komunikasi modern telah menghapus batasan jarak dan waktu. Komunikator dan komunikator lintas jarak dan waktu dapat berkomunikasi dengan mudah dan tanpa hambatan.

Kita semua akrab dengan istilah jurnalisme warga, yang mengacu pada aktivitas partisipasi masyarakat dalam pengumpulan, pelaporan, analisis, dan penyebaran informasi yang layak diberitakan. Jurnalisme warga adalah produk alat komunikasi modern. Hal ini disebabkan oleh kemudahan akses terhadap media modern yang menyebabkan munculnya komunikator amatir atau non-profesional yang menyebarkan informasi penting.

Investasi teknologi yang terus meningkatkan produksi komunikasi modern berdampak pada kemudahan akses. Hal ini karena komunikasi modern telah menghilangkan hambatan jarak dan waktu, sehingga kebutuhan untuk mengakses informasi menjadi murah.

Perkembangan Teknologi Komunikasi Dari Masa Ke Masa

Jika format informasi atau bahasa pada era media tradisional bersifat konkrit atau spesifik, maka media modern mengandung informasi yang fleksibel. Data, dokumen atau informasi yang diperoleh melalui komunikasi modern biasanya menggunakan bahasa dan format yang berlaku umum. Alasan ini memungkinkan kita untuk dengan cepat melihat peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di belahan dunia lain.

Baca Juga  Berikut Yang Tidak Disebabkan Oleh Tumpukan Sampah Adalah

Surat kabar awalnya muncul tanpa informasi visual, tetapi merupakan media modern pertama yang memuat gambar grafis modern. Meskipun gambar grafis yang pertama kali diterbitkan hanya berupa foto dan dibatasi warnanya menjadi monokrom, surat kabar mengubah wajah komunikasi modern. Informasi yang dimuat di surat kabar memiliki daya tarik visual yang sangat kuat.

Selain itu, surat kabar dikelola secara profesional oleh kantor redaksi atau kantor berita, sehingga memberi mereka otoritas yang besar. Sebelum berita harian dikuasai oleh penerbit atau kantor berita, berita tersebut pada mulanya hanya diproduksi oleh pemerintah.

Acta Diurna dianggap sebagai pelopor surat kabar modern. Acta Diurna adalah buletin pemerintah Romawi kuno yang diukir pada logam atau batu dan diterbitkan di tempat umum. Selanjutnya, Johann Carolus dari Jerman adalah editor surat kabar harian pertama di dunia, Relation aller Fürnemmen und gedenckwürdigen Historien.

Marketing Communication: Pengertian, Peran Dan Tujuannya

Radio adalah alat komunikasi modern yang mengubah gelombang elektronik menjadi sinyal. Sinyal yang diterima kemudian digunakan untuk mengirimkan informasi dalam bentuk suara.

Radio pada awalnya merupakan studi ilmiah tentang gelombang elektromagnetik. Mereka bermimpi menciptakan perangkat komunikasi nirkabel yang dapat melakukan perjalanan melalui darat, air, dan bahkan udara. Radio juga didasarkan pada teori James Clerk Maxwell, yang menyatakan bahwa gelombang elektromagnetik dapat merambat di ruang bebas.

Penemu asal Italia, Guglielmo Marconi, menyempurnakan penelitian pendahulunya dengan siaran radio pertama yang sukses secara komersial pada tahun 1894. Kemudian, pada tanggal 24 Desember 1906, Reginald Aubrey Fessenden meluncurkan saluran radio pertama di dunia. Stasiun radio Fessenden pertama di dunia didirikan di Massachusetts, AS.

Telepon adalah alat komunikasi modern yang menghubungkan dua pengguna untuk komunikasi jarak jauh melalui jaringan kabel. Kedua pengguna dapat berbicara satu sama lain dan mendengar pihak lain dengan jelas.

Contoh Perkembangan Teknologi Dari Berbagai Aspek

Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon karena berhasil memperoleh hak paten telepon pada tahun 1876. Namun penemu lain juga dianggap sebagai penemu telepon, seperti Antonio Meucci dan Elisha Gray. Bahkan alat komunikasi seperti telepon telah diuji dan dikembangkan oleh para ilmuwan pada tahun 1660-an dan 1670-an.

Faksimili atau faks adalah sarana komunikasi modern yang digunakan untuk mengirim dokumen melalui jaringan kabel telepon analog. Perkembangan selanjutnya dari fax menggunakan internet.

. Prinsip pengoperasian mesin fax juga merupakan gabungan fungsi beberapa perangkat yaitu telepon, pemindai, mesin fotokopi, dan printer. Mesin faks akan menerima dokumen kertas, yang kemudian dipindai dan dikirim ke penerima dengan memasukkan nomor.

Perkembangan teknologi informasi komunikasi, perkembangan ilmu komunikasi di indonesia, perkembangan desain komunikasi visual, buku perkembangan teknologi komunikasi, sejarah perkembangan komunikasi di indonesia, perkembangan teknologi di bidang komunikasi, perkembangan teknologi komunikasi di indonesia, sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di indonesia, perkembangan komunikasi di indonesia, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di indonesia, perkembangan informasi dan komunikasi, pembangunan ekonomi indonesia bertujuan untuk