Pengertian Permainan Bola Voli – , Jakarta – Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan secara beregu. Dalam permainan bola voli, setiap tim terdiri dari enam orang pemain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (KBBI), voli adalah sesuatu yang terbang atau mengapung sebelum mengenai tanah (seperti dalam bola voli atau tenis).

Pengertian Permainan Bola Voli

Bola voli merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang tua, laki-laki maupun perempuan, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Materi Lengkap Pelajaran Bola Voli

Dalam prakteknya, bola voli dimainkan dengan cara dipantulkan agar tidak jatuh ke tanah. Permainan bola voli bisa disebut permainan memantul.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa bola voli adalah permainan memantul di udara. Untuk lebih jelasnya Anda dapat memahami penjelasan di bawah ini.

Berita video lebih dekat kali ini menampilkan gambar Veronica Angeloni, pemain bola voli cantik asal Italia yang pernah bermain di ProLiga dan merupakan penggemar berat Juventus (Bagian I).

Bola voli dimainkan di lapangan berukuran 18 m x 9 m yang dikelilingi oleh jaring. Tinggi jaring 2,43 meter untuk jantan dan 2,24 meter untuk betina.

Permainan Bola Voli Diciptakan Oleh Siapa? Siswa Wajib Simak Nih

Peraturan dalam permainan bola voli diawali dengan servis setelah seri oleh tim penyerang untuk menentukan tim mana yang akan menyerang terlebih dahulu. Servis harus melewati net, diterima oleh tim lawan, dan dapat dimainkan maksimal tiga kali.

Kemudian kembali ke lapangan lawan berusaha mengamankan pertahanan lawan. Jika tim server gagal kembali, pindah dan tunjuk satu untuk tim penerima.

Sebaliknya, jika gagal mengembalikan, poin untuk lawan, sesuai dengan titik mati di bidang mana. Kemenangan set dalam pertandingan bola voli adalah tim yang mencetak 25 poin pertama dalam pertandingan.

Dalam permainan bola voli harus fokus dan ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain bola voli diantaranya adalah servis, passing, smash dan blocking.

Bisa Tolong Jawab:):)tq☺​

Permainan bola voli diciptakan pada tahun 1895 oleh William G. Dibuat oleh Morgan. Dia adalah seorang pelatih pendidikan jasmani di Young Men’s Christian Association (YMCA), Holyoke, Massachusetts, AS.

Baca Juga  Terhadap Segala Perintah Ayahnya Nabi Ismail As Senantiasa

Permainan ini sebelumnya bernama ‘minonet’, yang hampir mirip dengan permainan bulu tangkis. Morgan kemudian melanjutkan idenya untuk mengembangkan game yang akan dipertandingkan.

Nama permainan tersebut kemudian diubah menjadi bola voli yang kurang lebih berarti bola voli bergantian. Olahraga bola voli masuk ke Indonesia pada tahun 1928, disebarkan oleh para guru dan tentara Belanda.

Di Indonesia, pertandingan bola voli pertama kali diadakan pada tahun 1952 pada Pekan Olahraga Nasional (PON) kedua. Kemudian pada tanggal 22 Januari dibentuk Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PVBSI) yang diketuai oleh W.J. Garis Lintang

Peraturan Permainan Bola Voli Indonesia Dan Fivb

Dalam permainan bola voli ada beberapa teknik dasar yang harus diketahui seperti servis, libero, passing, smash, batting, dan blocking atau pemblokiran. Berikut penjelasannya:

Servis adalah pukulan yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan untuk melewati net ke daerah lawan. Teknik ini biasanya dilakukan dengan pukulan keras dan kecepatan tinggi.

Tujuannya agar pemain lawan tidak bisa mengontrol dan mencetak poin. Ada beberapa jenis serbet yaitu overhead serving (

Passing adalah sikap memberi dan menerima seseorang. Kemampuan passing sangat penting dalam bola voli.

Teknik Dasar Bola Voli Dan Penjelasannya Secara Lengkap

Hal ini dikarenakan dengan passing yang baik, sebuah tim dapat menyerang lawan yang pada akhirnya dapat memenangkan pertandingan. Passing secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu passing dan passing.

Umpan sangat penting dalam permainan bola voli. Umpan adalah cara memperkenalkan rekan satu tim, yang kemudian diharapkan menyerang wilayah lawan sebagai smash.

Ada banyak jenis dribel dalam bola voli, seperti dribel normal, dribel semi, dribel dorong, dribel tarik atau cepat, dan dribel tarik lurus.

Smash adalah suatu hal penting yang dilakukan oleh seorang pemain dengan tujuan untuk membunuh atau menghentikan permainan lawan dengan segera. Smash adalah pertarungan terpenting dalam upaya untuk menang.

Jelaskan Pengertian Bola Voli

Dalam teknik smash/spike ini, seorang spiker (penyerang) harus fokus pada empat langkah dasar dalam melakukan spike, yaitu approach, jump, strike dan landing position. Pertempuran saat lonjakan dilakukan di udara.

Dalam permainan bola voli diperlukan balok untuk melawan serangan lawan yang merusak atau mematikan permainan. Oleh karena itu teknik ini digunakan untuk mempertahankan smash lawan.

Balok dapat dimainkan oleh satu, dua, atau tiga pemain. Pemblokiran dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu blok aktif dan blok pasif.

Baca Juga  Pusakane Arjuna Yaiku

Six+ 03:45 Video: Stadion Utama Gelora Bung Karno dan 5 Stadion yang Akan Dipakai Piala Dunia U-20 2023

Macam Teknik Servis Bola Voli Dan Cara Melakukannya

Seis+ 07:49 Video: Laga Seru, Bank Lawani Alo Jakarta Kalahkan Jakarta Bhayangkara Purity di PLN Mobile Proliga 2023

Hasil Sementara & Klasemen Liga 1 BRI, Rabu 1 Maret 2023: PSM Pertahankan Puncak, Bhayangkara Tak Tergoyahkan

PSIS Lepas Bek Muda dan Pelatih Fisiknya Untuk Bantu Bina Timnas Indonesia U-23 Indira Sajafri di SEA Games 2023

Video: Shin Tae-yong Akui Faktor Cuaca Jadi Tantangan Timnas Indonesia U-20 di Laga Pertama Piala Asia U-20 2023

Formasi Penerimaan Servis Dalam Bola Voli Halaman All

Foto: 4 Pemain yang Bisa Jadi Senjata Timnas Indonesia U-20 Lawan Irak di Piala Asia U-20 2023 JAKARTA – Bola voli merupakan salah satu olahraga yang digemari masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri, terdapat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang bertanggung jawab terhadap perkembangan olahraga di tanah air.

Bagaimana sejarah perkembangan bola voli yang digemari banyak orang? Dan apa saja teknik dan aturan dalam permainan bola voli?

Olahraga bola voli pertama kali ditemukan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 di Amerika Serikat. Sebelumnya game ini bernama Minitonet. Seiring berjalannya waktu, game ini berganti nama

Di awal cerita, Morgan bertemu James Naismith (pencipta bola basket). Pertemuan tersebut menginspirasi Morgan untuk bermain bola voli. Dari sejarahnya, penemuan permainan bola voli terhitung hanya empat tahun setelah terciptanya permainan bola basket.

Pencipta Bola Voli Mini: 3 Atlet Berprestasi Organisasi

Secara struktural, bola voli dinaungi dan diarahkan oleh Fédération Internationale de Volleyball (FIVB) yang disepakati menjadi badan induk bola voli internasional. Di Indonesia, sebagaimana disebutkan di atas, bola voli berada di bawah naungan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Terkait perubahan nama permainan bola voli tersebut, Minitonette awalnya dibuat khusus untuk anggota YMCA untuk orang dewasa. Pada tahun 1896, kemudian nama tersebut diubah menjadi Volleyball (bola voli) tepatnya pada pertandingan pertama event internasional YMCA Training School.

Mengenai teknik permainannya, Morgan menjelaskan kepada seluruh instruktur pendidikan jasmani bahwa permainan tersebut dimainkan oleh dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari lima orang pegawai. Selain itu, permainan ini bisa dimainkan di dalam atau di luar lapangan. Bahkan ada juga yang memainkan game ini dengan jumlah pemain yang banyak.

Olahraga bola voli masuk ke Indonesia (saat itu Hindia Belanda) sekitar tahun 1928. Namun permainan ini tidak begitu populer pada masa itu karena hanya dimainkan oleh kalangan tertentu saja seperti kalangan bangsawan dan Belanda.

Baca Juga  Apakah Perbedaan Utama Teks Prosedur Dengan Jenis Teks Lainnya

Tugas Hakim Garis Bola Voli

Pada awal perkembangannya, olahraga bola voli di Indonesia dipelopori oleh guru pendidikan jasmani dari Belanda. Selain itu, permainan tersebut dimainkan oleh tentara selama latihan lapangan terbuka dari waktu ke waktu. Mereka juga sering menyelenggarakan pertandingan antar grup.

Apalagi perkembangan permainan bola voli begitu pesat sehingga banyak bermunculan klub-klub dari kota-kota besar. Fenomena ini menyebabkan lahirnya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia pada 22 Januari 1955.

Berbeda dengan olahraga lainnya, bola voli tidak memiliki batasan waktu. Tim pemenang adalah tim yang dapat mencapai atau telah mencapai 25 point atau poin

Aturan bola voli sangat mudah dipahami. Pemain harus mempertahankan bola agar net jatuh ke area grupnya sendiri, dan tetap menggerakkan bola melewati net dengan maksimal 3 kali sentuhan.

Pengertian Sepak Bola

Permainan dimulai dengan servis, servis adalah serangan pertama yang dilancarkan oleh tim/pasukan, servis ini memiliki dua jenis, yaitu servis bawah dan servis.

Biasanya lapangan bola voli berukuran 9 m x 18 m, dengan lebar garis serang kurang lebih 3 m di belakang garis tengah.

Tinggi jaring untuk pemain putra 2,43 meter dan untuk pemain putri 2,24 meter, lebar jaring 1 meter sesuai aturan yang berlaku dan jarak tiang ke tepi lapangan 0,5 – 1 meter.

Ukuran bola voli yang diterima secara internasional adalah memiliki keliling 65–67 cm, beratnya sekitar 260–280 g, dan memiliki tekanan udara standar 0,30–0,325 kg/cm2.

Modul Bola Voli 9

Demikian penjelasan seluruh sejarah perkembangan bola voli dengan aturan mainnya di dunia internasional maupun di Indonesia. Selamat berolahraga, tahukah Anda siapa yang menemukan bola voli? Penemu bola voli adalah William George Morgan. William pertama kali menemukan bola voli pada tahun 1985 di Holyoke, Massachusetts, AS.

William adalah instruktur pendidikan jasmani di Young Men’s Christian Association (YMCA). Awalnya, William terinspirasi oleh James Naismith, penemu permainan bola basket. Bola voli sendiri merupakan gabungan dari beberapa cabang olahraga seperti baseball, tenis, basket, dan bola tangan.

Lalu William membuat permainan baru bernama mintonette yang artinya bola voli. Awalnya, game Mintonette dibuat untuk anggota dewasa YMCA. Permainan kemudian menjadi populer dan populer di seluruh dunia.

Pada tahun 1896, mintonette diubah menjadi bola voli. Pergantian nama tersebut sekaligus menjadi official match pertama ajang YMCA Training School.

Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya

Di Indonesia, bola voli pertama kali diperkenalkan pada tahun 1928 pada masa penjajahan Belanda. Saat itu, bola voli hanya dimainkan oleh para bangsawan dan orang-orang Belanda. Bola voli masuk ke masyarakat Indonesia ketika guru pendidikan jasmani datang dari Belanda.

Setelah itu, permainan bola voli pun berkembang pesat di Indonesia karena sering dimainkan oleh tentara. Kemudian lahirlah klub-klub bola voli di seluruh Indonesia. Op

Permainan bola voli, pengertian bola voli, pengertian service dalam permainan bola voli, pengertian passing bawah dalam permainan bola voli, pengertian smash dalam permainan bola voli, game permainan bola voli, pengertian tentang permainan bola voli, tuliskan pengertian permainan bola voli, ukuran permainan bola voli, materi permainan bola voli, pengertian permainan bola voli lengkap, jelaskan pengertian permainan bola voli