Pengertian Benua – Halodoc, Jakarta – Sebagian orang sering mendengar istilah daratan namun bingung bagaimana menjelaskannya. Lalu apa yang dimaksud dengan benua? Benua adalah suatu daratan yang mempunyai ciri atau ciri tertentu.

Pada awalnya hanya ada satu benua di permukaan bumi yang disebut Pangaea. Kemudian benua-benua tersebut terpisah dan saling menjauh atau saling mendekat. Selama jutaan tahun, benua yang kita kenal sekarang terbentuk.

Pengertian Benua

Beberapa ahli geografi mengatakan bahwa ada tujuh benua di dunia, yang lain – enam dan lima benua. Mereka yang menyebutkan lima benua membaginya menjadi benua Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia.

Jelaskan 3 Karakteristik Benua Asia Keunikan Yang Menakjubkan

Benua-benua tersebut berbeda dalam hal geografi, iklim, flora, fauna dan kehidupan manusia yang menjadi ciri khas masing-masing daerah. Untuk lebih memahami ciri-ciri kelima benua tersebut, Anda bisa membaca penjelasannya di bawah ini.

Benua Asia terletak antara 26°BT – 170°BT dan 11°LS – 80°LU. Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil saja yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia.

Benua Asia berbatasan dengan Samudera Arktik di utara, Samudera Hindia di selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Mediterania, Laut Suez Terusan, dan Laut Merah di sebelah barat, serta Selat Bering dan Samudera Pasifik di sebelah timur.

Benua Asia terbagi menjadi beberapa kawasan atau kawasan, yaitu Asia Barat atau Asia Barat Daya (Middle East Asia), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Rusia.

Ulangan Harian Ips 9

Benua Asia mempunyai ciri atau ciri khas yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Perbedaan-perbedaan ini lebih bersifat budaya daripada regional.

Benua Amerika sering disebut dengan Benua Merah, karena benua ini merupakan rumah bagi suku Indian yang suka mewarnai kulitnya dengan cat merah.

Benua Amerika terletak pada 170°BT-35°BB dan 83°LU-55°LS. Benua Amerika berbatasan dengan Samudera Arktik di sebelah utara, Laut Weddell, Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik di sebelah selatan, Samudera Atlantik di sebelah timur, dan Samudera Pasifik di sebelah barat.

Baca Juga  Motivasi Ikut Pmr

Luas permukaan benua Amerika mencapai 42.057.100 km2. Secara geografis benua Amerika terbagi menjadi empat wilayah atau region, yaitu Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah, dan kepulauan Karibia yang mengelilingi Amerika Tengah.

Memahami 4 Lempeng Di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Benua Eropa disebut Benua Biru. Ada dua alasan: pertama, kebanyakan orang Eropa bermata biru. Kedua, sejak dahulu kala banyak terdapat kerajaan-kerajaan terkenal di benua Eropa, itulah sebabnya dikenal istilah darah biru (bangsawan).

Benua Eropa terletak antara 9°BB – 60°BT dan 35°LU – 80°LU. Iklim benua Eropa adalah subtropis dan sedang. Benua Eropa mengalami empat musim: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Luas permukaan benua Eropa mencapai 10.355.000 km2. Benua Eropa berbatasan dengan Samudera Arktik di sebelah utara, Laut Mediterania di sebelah selatan, Samudera Atlantik di sebelah barat, dan Benua Asia di sebelah timur. Batas antara benua Eropa dan benua Asia adalah Pegunungan Ural, Selat Dardanella, dan Laut Kaspia.

Eropa terbagi menjadi empat kawasan, yaitu Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara, yang didasarkan pada perbedaan kondisi geografis, termasuk aspek fisik dan budaya.

Sejarah Revolusi Amerika Dan Dampaknya Pada Dunia

Saat ini, regionalisasi jenis ini mulai memudar karena adanya ikatan ekonomi dan politik melalui institusi Uni Eropa.

Benua Afrika sering disebut dengan “benua gelap” karena sebagian besar penduduknya berkulit hitam. Istilah ini awalnya digunakan oleh bangsa Perancis yang sebelumnya pernah menjajah benua Afrika. Afrika terletak 17°LU – 34°LS.

Benua Afrika dilintasi garis khatulistiwa yang berarti sebagian besar wilayahnya beriklim tropis, kecuali bagian paling utara dan selatan yang mulai bertransisi ke iklim subtropis. Kondisi iklim ini disebabkan oleh luasnya wilayah yang dikelilingi oleh dataran tinggi.

Benua Afrika berbatasan dengan Laut Mediterania di utara, Samudera Hindia di selatan dan timur, serta Samudera Atlantik di barat.

Pengertian Benua Dan Jenis Jenisnya Yang Ada Di Dunia

Luas permukaan Afrika mencapai 30.290.000 km2. Secara geografis benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

Terletak di sebelah selatan Indonesia, benua ini memiliki keunikan karena meskipun terletak di Asia bagian selatan, namun penduduknya sebagian besar adalah orang Kaukasia, banyak di antaranya adalah atau keturunan Eropa.

Australia terletak antara 113o E – 115o E dan 10o S – 43o S. Artinya sebagian wilayah Australia mempunyai iklim tropis, subtropis, dan sedang. Wilayah utara Australia secara geografis berbatasan dengan Laut Timor, Laut Arafura, dan Selat Torres.

Di sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Koral. Berbatasan dengan Samudera Hindia di selatan. Berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah barat.

Baca Juga  Bentuk Latihan Pemanasan Yang Benar Sebelum Melakukan Senam Irama Adalah

Lembar Kerja Benua Untuk Kelas 8 Di Quizizz

Luas permukaan benua Australia mencapai 8.945.000 km2, lebarnya sekitar 3.200 km, dan panjangnya 3.700 km. Australia mempunyai wilayah yang sangat luas. Namun, sekitar 2/3 wilayahnya berupa gurun.

New South Wales adalah negara bagian tertua dan terpadat. Negara bagian terbesar adalah Australia Barat. Victoria adalah negara bagian terkecil dan terpadat kedua.

Enam+ 01:00 VIDEO: Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem sedang diselidiki atas tuduhan pengaturan pertandingan F1 di Arab Saudi

Hasil Lengkap BRI Liga 1 2023/2024 Malam Ini: Persija Kalah di Kandang Persib, Persi Diamkan Barito

Radio Edukasi :: Cerdas, Santun Dan Menghibur ::

Hasil PLN Mobile Proliga 2023 Hari Ini: Perusahaan Jakarta Pertamina Fastron di Puncak Tuan Rumah Bandung BJB Tandamata Libas

VIDEO: Jakarta BNI 46 menutup putaran pertama PLN Mobile Proliga 2023 dengan kemenangan atas Bank Palembang Sumsel Babel

Foto: Jadi Kebanggaan Lokal Berikut 4 pemain Manchester City asal Inggris yang sudah tampil 50 kali atau lebih di Liga Champions

Gambar: 4 lulusan Premier League dalam rekor tak terkalahkan Al Hilal dan puncak peringkat sementara Saudi Pro League 2023/2024

Benua, Letak, Dan Luas Benua Asia Activity

Foto: Pendekatan berbeda dari para pemain Real Sociedad dan upaya menghentikan Kylian Mbappe membuat PSG mencapai perempat final Liga Champions. Peta animasi berkode warna menunjukkan berbagai benua dan wilayah. Tergantung pada pengaturan dan modelnya, beberapa benua dapat dihubungkan atau dipisahkan. Misalnya, Eurasia lebih sering terbagi menjadi Eropa dan Asia (merah), sedangkan Amerika Utara dan Amerika Selatan terkadang digabungkan dan disebut Amerika (hijau).

Benua atau Benua adalah beberapa daratan yang menempati wilayah yang sangat luas di permukaan bumi. Benua dikelompokkan berdasarkan konvensi (perjanjian) dan bukan berdasarkan standar baku. Benua ini terbagi menjadi tujuh wilayah yang secara umum disebut benua, yaitu (dari yang terbesar hingga terkecil): Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia.

Dalam geologi, benua termasuk kerak benua yang terdapat pada lempeng benua yang juga mengandung pecahan benua, seperti Madagaskar, yang umumnya tidak dianggap sebagai benua. Beberapa benua geologis merupakan wilayah benua yang terendam air laut, seperti wilayah Zealandia. .

Pulau-pulau samudera sering kali dikelompokkan dengan benua tetangga untuk membagi permukaan daratan menjadi beberapa wilayah. Berdasarkan pembagian tersebut, wilayah Samudera Pasifik dikelompokkan bersama dengan benua Australia menjadi wilayah yang dikenal.

The Distinct Characteristics Of The Americas

Benua secara umum dipahami sebagai kumpulan wilayah daratan yang disatukan membentuk suatu wilayah daratan yang luas, idealnya dipisahkan oleh suatu perairan yang sangat luas.

Baca Juga  Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Kitab Suci Alquran

Namun sebenarnya benua-benua tersebut tidak dipisahkan oleh perairan seperti halnya benua Asia dan Eropa yang disatukan oleh perbatasan darat yang lebarnya bermil-mil.

Selain itu, kriteria luasnya juga tidak dapat dipenuhi karena Greenland yang lebih kecil dari Australia tergolong pulau. Berdasarkan hal tersebut, pengertian benua belum mempunyai definisi yang pasti. Namun ada beberapa faktor yang dapat dijadikan kriteria klasifikasi, seperti kawasan lempeng tektonik, flora dan fauna endemik, budaya lokal, dan kepercayaan masyarakat setempat terhadap status kawasan tempat tinggalnya sebagai benua. untuk menyatakan bahwa tanah tersebut. dapat digolongkan sebagai benua.

Dalam arti sempit, benua adalah suatu wilayah daratan luas yang menyatu dan secara umum dianggap sebagai satu wilayah yang sama.

Benua Adalah Daratan Luas, Pahami Karakteristik Dan Perbedaannya Dengan Pulau

Namun dari sudut pandang geologi atau geografi fisik, pengertian benua dapat diperluas mencakup wilayah yang ditutupi oleh laut dangkal, landas kontinen, lereng benua, dan pulau-pulau yang terletak di daratan. landas kontinen, yang secara geologis merupakan bagian dari landas kontinen. dari daratan. Menurut definisi benua yang dimaksud, tepi landas kontinen adalah tepi benua yang sebenarnya, karena garis pantai dapat berubah seiring dengan perubahan permukaan laut, sehingga pulau-pulau di Britania Raya dan Irlandia juga merupakan bagian dari benua tersebut. Eropa. . seperti benua Australia dan pulau-pulau di sekitar pulau Papua.sebagai satu benua.

Karena konstruksi budaya, konsep benua dapat diperluas melampaui landas kontinen hingga mencakup pulau-pulau samudera dan bagian-bagian benua. Menurut konsep ini, Islandia dianggap sebagai bagian dari Eropa dan Madagaskar dianggap sebagai bagian dari Afrika. Namun, jika kita mengekstrapolasi konsep ini secara ekstrem, beberapa ahli geografi mengelompokkan lempeng benua Australia bersama pulau-pulau Pasifik lainnya menjadi satu benua yang disebut Oseania. Dengan cara ini, seluruh permukaan bumi terbagi menjadi benua-benua atau kuasi-benua.

Cita-cita agar setiap benua menjadi daratan terpisah telah diterima secara umum sepanjang sejarah, karena hanya Antartika dan Australia yang benar-benar terpisah dari benua lain karena tujuh daratan yang diakui sebagai benua.

Asia dan Afrika dihubungkan oleh Tanah Genting Suez, sedangkan Amerika Utara dan Amerika Selatan dihubungkan oleh Tanah Genting Panama. Dalam kedua kasus tersebut, daratan sepenuhnya dipisahkan oleh air (kecuali Terusan Suez dan Terusan Panama (keduanya sempit, dangkal, dan buatan manusia).

Kondisi Alam Benua Australia, Iklim, Dan Letak Astronomis Geografis

Amerika Utara dan Amerika Selatan dianggap sebagai benua terpisah dalam model tujuh benua, meskipun keputusan ini baru berlaku pada tahun 1950-an di Amerika Serikat, yang sebelumnya telah menerapkan model enam benua di mana Amerika Utara dan Selatan menjadi benua Amerika.

Kriteria daratan yang terpisah juga tidak berlaku untuk benua Asia dan Afrika, karena secara fisiologis Asia dan Afrika terhubung menjadi satu kesatuan daratan yang disebut Eurasia. Pemisahan Asia dan Eropa sebagai benua lebih merupakan akibat dari Eurosentrisme, karena Eropa sebanding dengan Tiongkok dan India dalam hal keragaman budaya dan sejarah serta fisik.

Jika

Tanjung benua, benua motor, benua bali, amanah benua, pengertian benua asia, hotel benua, benua, benua beton, pengertian lereng benua, pengertian benua australia, pengertian benua afrika, pengertian benua dan samudra