Penerapan Patriotisme Melalui Keteladanan Misalnya – PENILAIAN NILAI-NILAI NASIONAL DAN PATRIOTISME YANG DIGUNAKAN DALAM KEGIATAN PERILAKU SEMANGAT NASIONAL DAN PATRIOTISME PADA PENDUDUK, DALAM NEGARA DAN KEHIDUPAN PEMERINTAHAN DI LINGKUNGAN RWANDANA YANG BELAJAR DI RWANDANA 1 PUNDONG.

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui sejauh mana nilai-nilai patriotisme dan patriotisme digunakan dalam materi-materi yang berkaitan dengan semangat patriotisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berpemerintahan. dalam PKn yang belajar di SMA Negeri 1 Pundong. )

Penerapan Patriotisme Melalui Keteladanan Misalnya

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitiannya, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif karena penelitian ini digunakan untuk menjelaskan, menjelaskan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam implementasi penerapan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme dalam pikiran materi semangat semangat. negara dan patriotisme. patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berpemerintahan. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi observasi, wawancara dan dokumen.

Semangat Patriotisme Dan Nasionalisme

Hasil penelitian dapat dipastikan bahwa proses pemantapan nilai-nilai kewarganegaraan dan patriotisme melalui pendidikan warga negara dalam semangat negara, patriotisme dan patriotisme dalam kehidupan berkeluarga, berbangsa dan bernegara sudah terlaksana. melalui etnis Berbagai strategi pembelajaran dituangkan ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan dilaksanakan dengan berbagai metode pengajaran, diskusi dan penugasan berdasarkan program yang dikembangkan dalam program kerja. Pembelajaran nilai-nilai patriotisme dan cinta tanah air juga dilakukan melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan langsung oleh pihak sekolah seperti upacara bendera, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menyanyikan lagu daerah, memperingati hari besar nasional dan lain-lain. Dalam proses penanaman nilai-nilai patriotisme dan patriotisme di kalangan pelajar, banyak kendala yang dihadapi, seperti kurangnya teladan di kalangan pemimpin negara saat ini. Secara khusus metode pembelajarannya meliputi pembelajaran beberapa jam terhadap materi-materi yang berkaitan dengan perilaku semangat kebangsaan, patriotisme, dan cinta tanah air dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan bernegara. Kekuatan untuk mengatasi kendala dalam proses penanaman nilai-nilai cinta tanah air dan cinta tanah air adalah dalam setiap kegiatan pembelajaran menampilkan 18 kegiatan yang dilakukan di luar pembelajaran yang dilakukan sekolah yaitu upacara bendera, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia. . dan menyanyikan lagu daerah. peringatan hari nasional dan berbagai kegiatan lainnya.

Baca Juga  Interval Melodis Terdiri Atas Interval Nada

Institut Mutu Nasional di Indonesia. 2016. Kursus Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama (SMA)/Madrasah Aliyah (MA), tersedia: http://bsnp-indonesia.org/id/ (5 September 2015).

Sugiman A.M. (2017). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI NASIONAL DAN PATRIOTISME YANG DIGUNAKAN DALAM KEGIATAN SEMANGAT NASIONAL DAN PATRIOTISME DALAM MASYARAKAT, DALAM NEGARA DAN KEHIDUPAN PEMERINTAHAN PADA SISWA RWANDANA DI RWANDAN 1 PUNDONG. Jurnal Pendidikan Perguruan Tinggi, 8(2), 174-199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370

Membentuk karakter siswa melalui keteladanan guru