Nilai-nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila Dari Sila 1 Sampai 5 – Mengetahui pentingnya Pancasila sebagai dasar negara, hasil karya Pancasila dan lambang Pancasila – Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia. Di dalamnya terdapat aturan-aturan yang dijadikan pedoman hidup masyarakat Indonesia. Prinsip-prinsip Pancasila mempunyai makna tersendiri yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari setiap orang Indonesia.

Berikut pengertian dan makna lambang Pancasila serta penerapannya pada setiap sila yang ada. Simak informasi berikut ini.

Nilai-nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila Dari Sila 1 Sampai 5

Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yaitu kata panca yang berarti lima dan kata sila yang mempunyai arti dasar. Secara kolektif, Pancasila mengacu pada lima dasar negara Indonesia.

Di Bawah Ini Merupakan Nilai Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Ke Lima Pancasila, Kecuali Yg No 4 Ya

Pancasila yang dilambangkan dengan lambang burung Garuda mempunyai arti sumber kekuatan. Selain itu, warna emas pada burung Garuda mempunyai makna sebagai simbol kejayaan.

Menurut buku Pancasila Sebagai Ideologi dan Landasan Negara, sebagai pedoman bagi bangsa Indonesia sendiri, Pancasila mempunyai sembilan tugas yang dapat digunakan oleh bangsa Indonesia. Berikut sembilan pengamalan Pancasila.

Sebagai pengamalan sebagai pedoman hidup, Pancasila terbagi menjadi lima kaidah yang wajib diterapkan setiap orang Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Di bawah ini adalah lima prinsip dan maknanya.

Baca Juga  To Get Attention

Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan sila pertama Pancasila yang artinya kita sebagai bangsa Indonesia harus beriman dan bertaqwa kepada Tuhan. Dalam hal ini tentunya sesuai dengan agama yang kita anut dan keyakinan masing-masing orang.

Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Pertama Pancasila, Begini Penjelasannya

Dengan demikian, prinsip ini mempunyai makna bahwa kita sebagai bangsa yang hidup berdampingan harus bisa saling menghormati antar umat beragama untuk menciptakan lingkungan yang sejahtera dan damai.

Manusia yang Adil dan Beradab merupakan sila kedua Pancasila yang artinya kita sebagai bangsa Indonesia diminta untuk memiliki pemahaman batin mengenai kesetaraan semua orang, agar kita dapat saling mencintai dan menghormati sebagai individu.

Selain itu, dalam asas ini kita diajak untuk saling menjaga, membantu, melindungi kebenaran dan keadilan yang ada, serta mempunyai kesempatan untuk saling bekerjasama demi terciptanya perdamaian di seluruh negeri Indonesia. .

Persatuan Indonesia merupakan sila ketiga Pancasila yang artinya sebagai bangsa Indonesia kita harus senantiasa mengedepankan tujuan persatuan, harkat dan martabat serta kepentingan seluruh negara dibandingkan kepentingan masing-masing individu.

Ketentuan Yang Sesuai Nilai Nilai Dasar Yang Te

Pada sila ketiga ini, kita diminta bersikap dan menjadi individu yang siap dan rela berkorban demi kemerdekaan Indonesia, menunjukkan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia sebagai tanah air, dan bangga terhadap negara Indonesia.

Demokrasi yang berpedoman pada kebijaksanaan dan ketekunan dalam perundingan perwakilan merupakan sila keempat Pancasila yang artinya kita bangsa Indonesia terpanggil untuk tidak memaksakan pilih kasih atau pilih kasih, dan mendahulukan atau mendahulukan kepentingan rakyat, baik rakyat biasa maupun nasional.

Ketika kita membuat keputusan di berbagai bidang, di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu dihadapkan pada pilihan berbeda yang harus diambil. Dalam prinsip ini, kita didorong untuk mengambil pilihan yang mengedepankan tujuan bersama dan menyelesaikan permasalahan yang ada melalui negosiasi dan dialog.

Baca Juga  Guna Membuat Undang-undang Dpr Bekerja Sama Dengan

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan sila kelima Pancasila yang artinya kita sebagai bangsa Indonesia dituntut untuk bertindak adil dalam segala perbuatan, dalam mengambil keputusan yang harus diterima satu sama lain melalui gotong royong.

Dibawah Ini Yang Termasuk Nilai Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Kedua Pancasila Adalah​

Selain itu, kita harus bisa menyeimbangkan hak dan tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia dengan menghormati hak orang lain dan tetap menjalankan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lambang Pancasila adalah burung Garuda yang merupakan gambar kekuasaan berwarna emas yang melambangkan kejayaan.

Selain itu, burung Garuda pada lambang Pancasila terdiri dari tujuh belas buku, delapan bulu pada bagian ekor, sembilan belas bulu pada pangkal ekor, dan empat puluh lima bulu pada bagian leher. menunjukkan masa kemerdekaan yang telah dicapai Indonesia. Diumumkan pada 17 Agustus 1945.

Pada lambang Pancasila juga kita dapat melihat burung Garuda yang memuat gulungan bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Dalam hal ini Bhinneka Tunggal Ika berarti kesatuan dalam keberagaman di Indonesia. Walaupun masyarakat Indonesia terdiri dari suku, ras, dan budaya yang berbeda-beda, namun mereka merupakan satu kesatuan.

Isi Butir Butir Pancasila Sila 1, 2, 3, 4, 5 Dan Penjelasannya

Namun pada lambang Pancasila sendiri terdapat sebuah perisai yang masing-masing bagiannya melambangkan lambang sila Pancasila. Berikut pengertian lambang masing-masing sila Pancasila.

Sila pertama, Tuhan Yang Maha Esa, dilambangkan dengan lambang bintang emas dalam perisai hitam. Hal ini menunjukkan bahwa setiap masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Warna emas menunjukkan makna cahaya spiritual yang dimiliki setiap manusia. Saat ini warna hitam pada perisai mengacu pada warna asli atau warna alam yang melambangkan Tuhan yang menjadi sumber segala sumber daya di dunia ini.

Baca Juga  Hubungan Abu Bakar Dengan Nabi Selain Sahabat Adalah

Selain itu, meskipun terdapat perbedaan dan perbedaan agama yang dianut, namun setiap orang saling menghargai satu sama lain dan keyakinannya.

Hadapi Pandemi Dengan Nilai Pancasila

Sila kedua yaitu keadilan dan peradaban digambarkan dengan simbol rantai ketujuh belas yang tidak terputus. Dan pada rantai yang ada terdapat dua bentuk yaitu lingkaran dan persegi panjang. Bentuk rantai yang melingkar melambangkan perempuan dan bentuk rantai yang persegi panjang melambangkan laki-laki.

Dengan menggambarkan mata rantai yang tidak terputus tersebut, ia menunjukkan bahwa setiap bangsa Indonesia merupakan generasi pewaris kemerdekaan Indonesia dan saling berkaitan serta saling membutuhkan.

Sila ketiga, Persatuan Indonesia diibaratkan pohon beringin yang menjadi tempat berlindung atau perlindungan bagi setiap orang Indonesia. Selain itu, pohon beringin juga dikenal sebagai simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, karena pohon beringin mempunyai akar yang panjang sehingga membantu pertumbuhan dan pertumbuhan pohon tersebut.

Pohon beringin merupakan gambaran atau filosofi yang dapat disembunyikan dan disembunyikan oleh setiap orang Indonesia dalam bayang-bayang bangsa Indonesia karena setiap bangsa mempunyai kedudukan yang sama dan saling menghormati.

Nilai Nilai Pancasila Yang Terkandung Dalam Sila Ke 1 Dan Ke 4​

Sila keempat, demokrasi arif dan bijaksana dalam musyawarah perwakilan, ditunjukkan dengan lambang kepala banteng yang mengacu pada kekuasaan rakyat dalam kutipan BPIP RI. Kepala banteng juga bisa diartikan sebagai hewan sosial yang berkumpul secara teratur, seperti halnya masyarakat Indonesia yang melakukan segala sesuatunya dengan musyawarah.

Kepala banteng pada sila keempat juga dapat diartikan sebagai pedoman yang mengatur masyarakat Indonesia dalam berdiskusi dan bekerja sama untuk memecahkan suatu permasalahan atau mencari solusi demi kepentingan umum.

Sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh Indonesia yang diwujudkan dalam padi dan kapas memberikan makna kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Beras bisa dijadikan lambang makanan, dan kapas bisa dijadikan lambang pakaian. Kedua hal tersebut merupakan hal atau kebutuhan pokok yang harus dibiayai oleh setiap masyarakat Indonesia.

Hal ini juga dapat diartikan, Indonesia sebagai negara mempunyai tanggung jawab dan tanggung jawab untuk mencapai kesejahteraan bagi semua orang dan mengutamakan kebutuhan bersama khususnya masyarakat Indonesia.

Nilai Nilai Yang Terkandung Dalam Sila 1 Pancasila

Menulis adalah keterampilan yang saya nikmati dalam mencari informasi. Topik favorit saya untuk ditulis adalah Indonesia, pendidikan dan ide-ide yang terkait dengan komunikasi Islam.