Negara Asean Paling Timur – S atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara yang disingkat ASEAN memiliki 10 negara anggota. Jika melihat peta ASEAN, negara manakah yang paling utara di ASEAN?

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Negara Asean Paling Timur

Selanjutnya, jumlah negara anggota ASEAN bertambah menjadi 10 negara seiring bergabungnya Laos, Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Kamboja. Lalu negara manakah yang paling utara di ASEAN?

Potensi Sumber Daya Alam Negara Negara Asean

Jika digabung seluruh negara ASEAN, luasnya mencapai 4,5 juta kilometer persegi. Luas wilayah negara-negara ASEAN sama dengan 3% dari total luas daratan jika dilihat dari peta ASEAN.

Indonesia merupakan negara terbesar di ASEAN dengan luas 1,9 juta kilometer persegi. Sedangkan Singapura merupakan negara terkecil di ASEAN dengan luas hanya 721,5 kilometer persegi.

Melihat peta ASEAN, beberapa negara ASEAN merupakan kepulauan. Dua samudera yang mengelilingi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Luas maritim ASEAN hampir tiga kali lipat luas daratannya.

Secara geografis peta ASEAN terletak pada 28 Lintang Selatan – 11 Lintang Selatan dan 92 Bujur Timur – 141 Bujur Timur dengan rincian perbatasan negara-negara ASEAN sebagai berikut:

Peta Asean (association Of Southeast Asian Nations) Pptx

Mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya mengenai negara paling utara di ASEAN yaitu. Myanmar dan ciri geografis negara paling utara ASEAN, yaitu. Myanmar.

Negara paling utara ASEAN yaitu Myanmar terbentang dari 10°LU hingga 28°30′LU jika dilihat dari peta ASEAN.

Negara paling utara ASEAN yaitu Myanmar bergabung menjadi negara anggota ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997. Myanmar menjadi negara ASEAN kesembilan yang bergabung dengan ASEAN setelah Laos pada tanggal 23 Juli 1997 dan mengungguli Kamboja pada tanggal 30 April 1999.

Selain menjadi negara paling utara di ASEAN, Myanmar juga menjadi negara paling utara di Asia Tenggara. Myanmar berbentuk seperti naga dengan ekor panjang yang membentang ke selatan sepanjang Semenanjung Malaya.

Baca Juga  Sistem Tanam Paksa Yang Sangat Merugikan Rakyat Indonesia Dicetuskan Oleh

Luas Wilayah Daratan Asean, Indonesia Nomor Wahid

Negara ASEAN ini berbatasan dengan Tiongkok di utara dan timur laut, Laos di timur, Thailand di tenggara, Laut Andaman dan Teluk Benggala di selatan dan barat daya, Bangladesh di barat, dan India di barat laut.

Negara paling utara di ASEAN, Myanmar, memiliki panjang total sekitar 2.050 kilometer dari utara ke selatan dan lebar sekitar 930 kilometer di sekitar garis lintang kota Mandalay, di tengah negara. Timur ke barat.

Inilah jawaban atas pertanyaan tentang Myanmar, negara paling utara di ASEAN. Hal ini terlihat dari peta ASEAN dimana Myanmar merupakan wilayah paling utara ASEAN.

Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Negara Paling Makmur Di Asia 2023

Peta Penunjukan Negara ASEAN ASEAN, negara paling utara di ASEAN, yaitu negara paling utara di ASEAN yang berada di kawasan Asia Tenggara dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (anggota ASEAN. kondisi alam. Apa perbedaan alam kondisi masing-masing negara di ASEAN?

Perlu dicatat bahwa geografi berada di balik berdirinya ASEAN. Selain letak geografisnya yang berdekatan dalam satu kawasan, negara-negara ASEAN juga mempunyai kondisi alam yang serupa.

Namun selain hal tersebut, ada juga faktor yang melatarbelakangi berdirinya ASEAN, sebagaimana tertuang dalam buku Tri Prasetyon Pengantar ASEAN dan Negara-Negaranya (2019), yaitu:

Saat ini total ada 10 negara Asia Tenggara yang bergabung dengan ASEAN. Kondisi alam negara-negara ini sangat berbeda.

Negara Asean Yang Merdeka Di Bulan Agustus

Indonesia merupakan negara terluas di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah 1,905 juta km2 yang terbentang dari Aceh hingga Papua.

Selain wilayah tersebut, Indonesia juga memiliki lingkungan alam yang bercirikan iklim tropis dan curah hujan yang relatif tinggi dibandingkan negara lain di Asia Tenggara.

Hal ini membuat Indonesia terkenal dengan banyaknya hutan, mulai dari hutan hujan tropis hingga sabana atau padang rumput.

Negara Melayu ini mempunyai iklim tropis dengan curah hujan yang relatif tinggi. Selain itu Malaysia juga mempunyai hutan tropis yang lebat dan beberapa bukit yang tinggi, puncak tertingginya adalah Gunung Kinabalu (4.095,2 m) di kota Sabah.

Landmark Negara Di Asia Tenggara Yang Jadi Ikon Wisata

Negara industri dan termaju di kawasan Asia Tenggara ini memiliki luas wilayah 728,6 km2 dan merupakan pusat pelabuhan laut di benua Asia.

Baca Juga  Berbakti Kepada Orang Tua Akan Mendatangkan Keberkahan Sebagai Berikut

Singapura juga merupakan negara yang menghubungkan Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan. Singapura juga didominasi oleh dataran rendah dan beberapa bukit kecil di sekitar pusat kota.

Filipina merupakan negara dengan 7.641 pulau dengan luas 300.000 km2. Negara alami Filipina berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi dan mempunyai tiga kelompok wilayah utama yaitu Luzon, Busaya dan Mindanao.

Di sisi lain, negara yang dipimpin oleh Bongbong Marcos ini memiliki iklim tropis dengan tiga musim yang berbeda. Ada musim hujan, musim dingin, dan musim panas atau kemarau.

Negara Yang Terletak Paling Barat Di Dunia Dan Asean

Negara yang dijuluki negeri gajah putih ini memiliki luas 514.000 km2 dan terletak di tengah Asia Tenggara.

Keadaan alami Thailand dicirikan oleh dataran tinggi pegunungan, dataran tengah, dan daerah pegunungan. Thailand mempunyai iklim tropis yang sangat dipengaruhi oleh angin muson.

Negara tetangga Indonesia ini memiliki luas wilayah 5.765 km2 yang sebagian besar terdiri dari rawa bakau dan perbukitan.

Seperti negara ASEAN lainnya, Brunei Darussalam mempunyai iklim subtropis dengan curah hujan sekitar 2000 mm/tahun.

Keunggulan Negara Negara Asean: Indonesia, Malaysia, Singapura

Kondisi alam Vietnam dipenuhi dataran rendah dan banyak pegunungan. Salah satunya adalah Pahar Anam yang puncaknya setinggi 1.800 meter. Vietnam juga memiliki daerah dataran rendah yang dikenal dengan nama Delta Sungai Mekong.

Laos merupakan negara komunis dengan luas wilayah 236.800 km2 yang permukaannya berupa pegunungan berhutan lebat.

Gunung Phu Quoc di Laos merupakan puncak tertinggi di negara tersebut, dipimpin oleh Thonglun Sisulith. Laos mempunyai tiga musim, yaitu musim hujan panas, musim dingin, dan musim kemarau (peralihan).

Negara Myanmar memiliki luas wilayah 676.578 km2 dan berbatasan langsung dengan India dan Bangladesh di sebelah barat serta Thailand dan Laos di sebelah timur.

Negara Anggota Asean

Kondisi alam Myanmar terbagi menjadi dua bagian, yaitu Myanmar bagian selatan yang beriklim tropis dan Myanmar bagian utara yang beriklim subtropis.

Terakhir ada Kamboja yang luasnya hanya 181.035 hektar dan berbatasan langsung dengan Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di selatan. Kemudian suhu rata-rata negara kerajaan ini sekitar 22 derajat Celcius, yang mana negara-negara di kawasan ASEAN memiliki banyak sumber daya alam yang dapat meningkatkan pembangunan negaranya. Hampir seluruh negara anggota ASEAN memiliki sumber daya alam hayati dan non hayati yang melimpah.

Baca Juga  Dimasa Atau Di Masa

Rata-rata negara-negara ASEAN lebih banyak mempunyai sumber daya alam berupa pertambangan, kecuali Singapura. Kekayaan sumber daya alam pertambangan menjadikan negara-negara tersebut sebagai eksportir utama.

Merujuk pada website Kemendikbud dan buku Jelajah Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 2 untuk SMP/MTs Kelas VIII karya Dwi Sumpani Vati, sumber daya alam tidak hanya berupa hasil pertambangan tetapi juga dapat berupa hasil laut, hasil hutan dll. Untuk mempelajari lebih lanjut, berikut adalah sumber daya terbaik untuk negara-negara ASEAN.

Negara Asean Apa Yang Terletak Paling Utara,paling Selatan,paling Barat,dan Paling Timur

Indonesia unggul dalam sumber daya alam berupa makanan laut, kopi, minyak sawit, kakao, karet dan produk karet, produk pertanian, obat-obatan herbal, logam mulia, dan minyak bumi. Menurut laporan Food and Agriculture Organization (FAO), potensi sumber daya laut Indonesia mencapai 6,5 juta ton per tahun.

Banyaknya gunung berapi di Indonesia juga menjadikan tanah di sekitarnya subur dan memungkinkan budidaya berbagai tanaman rempah, mulai dari cabai, bawang, kunyit, jahe dan lain-lain. Potensi pertambangan Indonesia tidak kalah dengan negara lain karena Indonesia mempunyai banyak lautan.

Thailand adalah pengekspor utama produk alami seperti beras, jagung, tebu, umbi-umbian, karet, cengkeh, jati, dan kayu ulin. Thailand juga dikenal sebagai wilayah paling produktif dalam produksi beras.

Hal ini menjadikan Thailand juga dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara. Selain itu, Thailand mempunyai potensi karet, kopra, kapas, singkong, kelapa, lada, jagung, tebu, dan kedelai yang sangat besar.

Inilah 5 Negara Pendiri Asean Dan Sejarah Terbentuknya

Malaysia terletak di daerah dataran tinggi dan dikelilingi oleh banyak gunung. Artinya tanah Malaysia sangat subur, dan hasil alam yang dominan antara lain gas alam, minyak, beras, karet, minyak sawit, dan teh.

Kehutanan di Malaysia juga berperan penting dalam menggerakkan perekonomian Malaysia. 40% produk karet dunia berasal dari negara tetangga ini.

Filipina memiliki banyak gunung berapi di pegunungan di Samudera Pasifik. Keberadaan gunung berapi tersebut menjadikan Filipina sangat subur untuk kegiatan pertanian. Selain itu, produk pertanian mempunyai potensi dan nilai jual yang tinggi, seperti ekspor emas dan perak.

Vietnam adalah pengekspor utama sumber daya alam seperti beras, karet, kedelai, kopi dan teh. Produksi pertanian Vietnam https:///tag/vietnam adalah beras, sehingga negara tersebut dapat menjadi reservoir beras bagi negara-negara lain di kawasan ASEAN. Kekayaan alam Vietnam dipengaruhi oleh banyaknya gunung berapi yang menjadikan tanah di sekitarnya subur.

Uji Kompetensi Ips Viii.5

Produk alam potensial Myanmar antara lain bijih nikel, gas alam, dan produk pertanian. Kegiatan pertanian di Myanmar meliputi teh, tembakau, tebu, sayuran, gandum, kapas dan wijen. Bahkan untuk hasil hutan, Myanmar memiliki kekayaan kayu jati dan kayu ulin.

Laos adalah satu-satunya negara ASEAN yang tidak memiliki daratan. Namun potensi sumber daya alam Laos tidak bisa dianggap remeh. Ekspor negara ini antara lain Adi, kopi, tembakau, dan sumber daya pertambangan.

Brunei merupakan negara yang mengandalkan sumber daya alam sebagai sumber devisa utama. Artinya aktivitas ekspor Brunei Darussalam sangat tinggi.